Analisis Sistem Yang Sedang Berjalan

ANALISIS SISTEM YANG SEDANG BERJALAN

Analisis system dari rental warrior yang sudah berjalan bisa kita bagi dari beberapa bagian sebagai berikut : KEKURANGAN
1. Dalam performancenya rental ini masih terlalu lama untuk 1 orangnya, terlalu banyak

dalam pembuatan laporan ada 4 laporan laporan koleksi kaset cd/dvd, member, sirkulasi peminjaman, sirkulasi pengembalian dalam jangka waktu 1 minggu jadi 1 orang bisa menghabiskan waktu hampir 5 menit itupun tergantung jumlah kaset yang akan dipinjam.
2. Dalam pembuatan laporan masih terlalu lama karena program yang dibuat tidak dapat

mengubah data kedalam bentuk laporan yang akan di cetak atau di print hanya menyimpan data id penyawa yang meminjam, kaset dvd/vcd yang dipinjam dan kaset dvd/vcd yang telah dikembalikan . jadi masih dengan cara manual dalam penyusunan laporanya sehingga memerlukan waktu yang 1-2 hari untuk menyusunya.
3. Program belum bisa membedakan antara member dan Non member sehingga operator

yang melakukanya secara manual.
4. Terlalu banyak informasi jumlah dan judul kaset yang tidak akurat contohnya jumlah

kaset yang masih ada di rental tidak akurat selain itu kaset yang dipinjam, kaset yang belum dikembalikan datanya pun tidak akurat. 5. Penghitungan denda masih dilakukan secara manual. 6. Pengupdetan katalog untuk kaset yang yang dapat dipinjam masih terlalu lama hal itu membuat kaset yang baru dan yang dapat dipinjam tidak dapat langsung muncul dalam katalog. 7. Pencetakan nota peminjaman masih dilakukan manual oleh operator belum system yang digunakan dalam program belum bisa digunakan untuk mencetak nota. KELEBIHAN
1. Proses pencarian dvd/vcd yang akan dipinjam sudah menggunakan PC. 2. Dalam pengembalian kaset dvd/vcd bisa dilakukan dengan cepat.

4. Penyimpanan data sudah dengan PC atau tidak manual. Dari data-data yang disimpan dapat disusun kedalam format laporan sehingga tidak perlu menyusunya secara manual yang memerlukan waktu yang lama. Dapan mencetak /pengeprintnan nota pembayaran saat meminjam nota pada denda bila dikenai denda. 6. Dan memberikan kepuasan bagi para konsumen yang meyewa di rental kaset warior. 5. 3. Dari yang kami sebutkan diatas mungkin dapat membuat system untuk rental dvd/vcd kaset dengan lebih baik dan efisien waktu dan lebih mudah dalam penggunaanya bagi operator sehingga dapat melakukan pelayanan dengan cepat.3. 2. . Informasi kaset yang baru dan yang dapat dipinjam lebih akurat karana akan kami lengkapi auto update untuk kaset yang telah dipinjam dan pengimputan kaset yang baru dengan memasukan kode dan judul kaset serta jumlah kaset. Dari beberapa kelemahan dan kelebihan dari analiasis yang telah kami lakukan di rental warior sekarang ini maka kami membuat sebuah system yang dapat mentupi kekurangankekurangan tersebut yaitu : 1. Dalam pengimputan data kaset dapat dilakukan dengan cepat dan tidak berbelit belit seperti dengan memasukan kode kaset yang akan dipinjam sehingga judul kaset yang akan dipijam akan mucul dengan sendirinya. Program juga bisa membedakan yang member mapun yang bukan member dengan memasukan id member. Penghitungan denda juga bisa dilakukan saat pengembalian kaset.

THROUGHTPUT : A.ANALISIS PIECES Performance. Economy. Pencarian dan pembuatan laporan data penyewaan vcd/dvd memerlukan waktu yang lama karena pembuatanya masih bersifat manual. sirkulasi pengembalian dalam jangka waktu 1 minggu. 2. REKOMENDASI : 1. Service 1. Adapun pengembalian rata-rata 1 menit. B. PERFORMANCE ( Kinerja Sistem) 1. Jumlah beban kerja lebih besar dalam mengerjakan 4 laporan yaitu laporan koleksi kaset cd/dvd. Rata-rata transaksi peminjaman membutuhkan waktu 5 menit per transaksi. . member. Eficiency. sirkulasi peminjaman. RESPON TIME : A. Dibutuhkan sistem baru yang bisa meningkatkan response time menjadi 1 menit perorang sehingga 1 jam bisa melayani sekitar 30-50 orang. B. Belum adanya service yang membedakan antara member danNon member. Control. Information.

B. Informasi sudah relevan. dipinjam. 5. 3. REKOMENDASI : 1. Katalog tidak bisa diupdate dengan cepat sehingga banyak koleksi kaset baru yang belum bisa ditampilkan pada katalog kaset yang bisa dipinjam. Pencarian kaset juga bisa lebih akurat data dvd/vcd baru dan yang dapat Pada system yang baru adanya service yang membedakan antara member dan 4. 2. 2. UPTODATE : A. Banyak informasi tentang jumlah dan judul kaset yang tidak akurat. INFORMATION (Informasi) 1. data peminjam. non member dan memberikan diskon peminjaman kepada member yang pinjam lebih dari 3 kaset. 2.2. Dalam pengembalian juga bisa dilakukan dengan lebih cepat. Dengan system yang baru data peminjam dan data kaset dvd/vcd yang belum dikembalikan juga dapat lebih akurat dalam pendataanya. Pembuatan laporan yang seharusnya selesai dalam waktu satu hari dapat molor menjadi 1 hari. Dengan system baru Jumlah beban kerja dalam pembuatan laporan berkurang dan tidak menghabiskan banyak waktu bahkan sampai 1-2 hari karena system akan bisa menyusun laporan dari data-data yang ada atau yang disimpan. Dengan system yang baru nanti akan lebih meringankan beban kerja admin yang mana dapat mendata judul buku. penghitungan denda. RELEVAN: A. AKURASI : A.2 hari bahkan 3 hari. data kaset belum dikembalikan juga belum akurat. 3. .

3.3. BIAYA : A. Banyaknya kaset-kaset yang hilang dapat memepengaruhi perubahan modal maupun income sebuah toko. B. Dapat mempercepat penyelesaian laporan dengan menggunakan system yang baru. Biaya promosi dan pembuatan kartu member dapat menambah beban modal awal toko. serta pendataan kaset-kaset yang hilang mapun rusak dapat dilakukan dengan cepat sehingga menekan pengeluaran dan waktu. 2. REKOMENDASI : 1. CONTROL (Pengendalian) 1. 3. Dengan menggunakan teknologi yang ada (internet) dapat menekan biaya promosi. Perhitungan denda nanti akan lebih mudah dilakukan karena tidak melakukanya dengan manual. Denda yang tidak akurat perhitungannya mengurangi pendapatan toko. PERHITUNGAN : . kaset yang tidak mengembalikan kasetnya dapat dicari. 4. Dengan system yang baru dapat melakukan perhitungan denda dengan akurat Dapat melakukan pendataan kaset-kaset dengan baik sehingga para penyewa dan tidak melakukanya dengan manual. PENDAPATAN: A. 4. ECONOMY (Ekonomi) 1. 2. dengan cara melakukan iklan di internet melalu web atau pemesanan iklan di situs-situs periklanan.

Komputer belum diberdayakan untuk mendukung pelayanan toko ini. Perhitungan denda dan pencetakan nota dilakukan oleh system jadi akan sulit bagi operator untuk melakukan kecurangan. 2. Lebih memperdayakan menggunakan computer kepada pegawai agar data yang dihasilkan lebih akurat. PEGAWAI : A. Data yang tersimpan dalam bentuk arsip kertas rentan terhadap kerusakan baik terkena virus maupun dari orang yang sengaja merusaknya. 5. Perlu banyak petugas untuk mengawasi maupun melakukan pelayanan transaksi peminjaman dan pengembalian. Pencatatan denda langsung dilakukan oleh system selain menctak nota denda. Perhitungan Denda bisa dimainkan oleh operator. 3. Memeberi pengarahan ataupun pelatihan kepada para pegawai nya. Menggunakan PC dalam pencatatan peminjaman dan pengembalian sehingga efektif dalam bekerja. Keakuratan dalam pencatatan denda maupun peminjaman blm akurat. REKOMENDASI : 1.A. REKOMENDASI : 1. EFICIENCY (Efisiensi) 1. KERUSAKAN : A. B. . B. 2. C. KOMPUTERISASI: A. 2. Kemampuan SDM sebagai pengelolaan toko yang belum memadai. 2. 3. Pegawai toko mengeluhkan beban kerja yang kurang aman dalam pengawasan peminjaman. Data yang disimpin diberi password login agar tidak ada orang luar yang merusaknya. PC penyimpan data diberi antivirus yang dapat mendeteksi virus dan menghapusnya serta memperbaiki data.

SERVICE (Pelayanan). Pelayanan peminjaman yang dilakukan oleh operator masih sangat lama data yang dihasilkan tidak terlalu akurat dan dalam mencetak maupun mengeprint nota masih dilakukan dengan cara manual. Di perlukan CCTV di berbagai sudut untuk mengawasi setiap sudut toko agar para pegawai menjadi merasa aman. seperti yang dengan memasukan kode kaset dvd/vcd yang akan dipinjam 2. PENGEMBALIAN : A. 1.4. 2. 6. Dengan menggunakan system yang baru pada saat peminjaman dapat dilakukan dengan cepat dan data yang akurat. 3. . REKOMENDASI : 1. PEMINJAMAN : A. System dapat menyusun laporan sesuai dengan format sesuai data yang ada dalam system sehingga data yang dihasilkan lebih akurat dan efisiensi waktu. Layanan pelaporan laporan ke Pihak Manajer juga tidak bisa cepat dan real time. PELAPORAN : A. Pelayanan pada saat pengembalian terlalu lama sehingga tidak memuaskan konsumen pencetakan nota denda masih manual atau belum di print melalui system. Pelayanan pengembalian juga dapat dilakukan dengan cepat dengan menunjukan nota saat meminjam atau kaset yang dipinjam atau juga ID yang diberikan kepada operator sehingga pengembalian dapat dilakukan dengan epat dan efisien waktu 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful