Definisi Software

Disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer. Macam Macam Software dan fungsinya macam-macam software beserta fungsinya Pengelompokan Perangkat Lunak berdasarkan Fungsinya Pembagian kelompok Software berdasarkan fungsinya: a) Sistem Operasi

MacOS.0. c) Programming Language Merupakan sebuah program yang berguna untuk menghasilkan program aplikasi lainnya. MS Windows (1. Bahasa Assembly.0. Visual Basic. 2000. FreeBSD. Knoppix. peringkas file (WinRAR. OpenBSD. dll. Solaris. Produk-produk Microsoft. 3. pembagi partisi (FDISK. RedHat. Java. Linux. XP. Pascal. McAfee. penjelasan Sistem Operasi secara lengkap akan dibahas pada Bab 4 contoh Sistem Operasi: 1. 3. dll. Partition Magic). NetBSD dll. 2.11. WinZIP dll) dll. Vista dst). Seluruh turunan UNIX. 98SE. 2. .Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengolah segala proses dan mengelola program-program di dalam komputer. 95. Norman dll). Longhorn. 98. b) BSD. dengan distro-distro. SuSE. MS-DOS.0. Belenix dll. a) Linux. b) Utility Program Merupakan Program yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja komputer seperti Antivirus (Norton family. ME. dengan variasi-variasi. •High-Level Language: C++. BSD. Terdapat dua macam programming software. Ubuntu dll. •Low-Level Language: Bahasa biner.

Dia hanya membicarakan fitur. Dia membicarakan tentang Tampilan layar. dll. pemilihan bahasa pemrograman dan alat bantu. Sebuah technical specification menggambarkan implementasi internal dari program tersebut. Bagian Software Sebuah functional specification menggambarkan bagaimana sebuah produk harus berjalan dari sudut pandang user. model hubungan database. dialog. algoritma. Dia tidak perduli dengan bagaimana hal itu diimplementasikan. .d) Application Program Merupakan program yang dipakai untuk keperluan sehari-hari. menu. Dia membicarakan tentang struktur data. dan seterusnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful