P. 1
Membuat Templates Joomla

Membuat Templates Joomla

|Views: 41|Likes:
Published by Alfath Maulid

More info:

Published by: Alfath Maulid on Aug 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2012

pdf

text

original

Membuat Templates Joomla 1.5 (bagian 1) Apa itu template Joomla?

Joomla merupakan salah satu Content Management System yang sangat terkenal. Joomla saat ini sering digunakan untuk membuat sebuah website professional. Banyak perusahaan maupun perorangan yang menggunakan joomla sebagai mesin untuk membentuk web mereka. Untuk dapat digunakan sebagai web untuk kepentingan tertentu, maka joomla harus dimodifikasi terlebih dahulu agar sesuai dengan keinginan kita, salah satunya adalah tampilan dari web tersebut. Lalu bagaimana cara merubah tampilan tersebut? Ya dengan mengganti templatenya! Banyak langkah yang digunakan untuk membuat tampilan joomla sesuai dengan keinginan kita, baik itu dengan mendownload secara gratis di internet, merubahnya, atau bahkan membeli templates. Salah satu web penyedia template seperti 24joomla.net, bamboo.com, dll. Apa yang kita butuhkan? Untuk membuat template joomla software yang dibutuhkan seperti Adobe Photoshop disini penulis menggunakan CS4 atau software grafis lain yang lebih anda sukai atau bagi anda yang memiliki Photoshop CS2 kebawah (CS1 atau 7.0), maka sudah terinstal otomatis program Adobe Image Ready sebagai fitur untuk animasi berbasis bitmapnya. Berikutnya adalah software HTML/CSS editor. Bagi anda yang sudah professional dan sudah paham tentang bahasa pemrograman web mungkin dapat menggunakan editor Notepad, Wordpad, atau Notepad++, namun untuk memudahkan disini penulis menggunakan Adobe Dreamweaver penulis menggunakan CS3 sebagai editor webnya karena dapat memudahkan dalam menulis bahasa pemrograman webnya. Atau aplikasi gratis lainnya yang dapat di unduh di internet misalnya Kompozer. Browser untuk membuka dan berselancar dunia maya (internet) Firefox versi 11 keatas atau google chrome, kenapa penulis menggunakan browser ini, karena browser ini sudah memiliki fitur Inspect Element (untuk google chrome) dan bagi anda yang lebih menyukai Mozilla Firefox anda perlu menginstall terlebih dahulu Firebug. Apa itu fitur Inspect Element dan Firebug? Fitur ini dapat mempermudah kita untuk melihat serta mengoreksi element yang sedang kita buat (sambil praktik kalian akan lebih mengerti). Dan yang terakhir tentu saja webserver untuk menyimpan serta menjalankan Joomla secara Offline. Anda dapat menggunakan XAMPP, Wamp, atau webserver lain yang dapat mengoperasikan Joomla. Disini penulis mengasumsikan bahwa anda sudah memahami bahasa dasar HTML, PHP, serta CSS. Bagi anda yang belum mahir silahkan baca buku yang berkaitan dengan hal tersebut. Mari kita mulai…!!!!! Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendesain telebih dahulu tampilan web anda sesuai dengan peruntukannya, apakah itu untuk kepentingan berdagang, sebagai forum, atau lainnya.

Buka editor Photoshop 2. Disini penulis akan mengangkat tema Go Green yaitu sebuah Website dari sebuah organisasi kemasyarakatan dibidang lingkungan.Sulit??? Anda dapat memulainya dengan membuat sketsa. Gambar 1 Sketsa Layout Web Setelah itu buatlah rancangan webnya di editor grafis misalnya pada Photoshop Membuat Tampilan Website dengan Photoshop 1. Buat sebuah file dengan dimensi 1000px x 1500px .

3. Selanjutnya buat sebuah tampilan misalnya seperti berikut .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->