P. 1
LAPORAN ENZIM KATALASE

LAPORAN ENZIM KATALASE

|Views: 125|Likes:
Published by Fatia Istiani Maula

More info:

Published by: Fatia Istiani Maula on Aug 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

ENZIM KATALASE

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI
ANGGOTA KELOMPOK XII RSBI 3

1. 2. 3. 4.

AMANDA DWITIYA PEBRIANI DESAK PUTU MEILINDA ASRI SWANTARI FATIA ISTIANI MAULA NI WAYAN YENI MARIATNI

SMA NEGERI 1 MATARAM 2011

ENZIM KATALASE
 Tujuan
1. Terampil melakukan percobaan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim katalase. 2. Dapat menjelaskan cara kerja enzim katalase. 3. Dapat menentukan factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim katalase.

 Alat dan Bahan
Bahan : 1. Hati dan jantung ayam 2. H2O2 3. HCl 4. NaOH 5. Es batu 6. Air suling 7. Korek api Alat : 1. Gelas kimia 2. Gelas ukur 3. Pipet 4. Pembakar spiritus 5. Tabung reaksi 6. Rak tabung reaksi 7. Thermometer

 Cara Kerja
1. Faktor suhu a. Ambillah 4 buah tabung reaksi beri label A,B dan C, isi masing-masing dengan sepotong hati ayam dengan ukuran yang sama.

b. Sementara itu siapkan 3 buah tabung reaksi dan isi dengan 1 ml H2O2 (hydrogen peroksida) c. Tuangkan H2O2 dari satu tabung ke dalam tabung reaksi A, dan secara cepat tutup denga ibu jari / sumbat tabung reaksi. d. Amati perubahan yang terjadi dan catat hasilnya pada tabel e. Masukkan tabung B pada gelas kimia yang berisi air bersuhu 600C selama 5 menit f. Tuangkan H2O2 dari salah satu tabung ke dalam tabung reaksi B, dan secara cepat tutup dengan ibu jari/sumbat tabung reaksi g. Amati perubahan yang terjadi dan catat hasilnya pada tabel h. Masukkan tabung C pada gelas kimia yang berisi air yang bersuhu 100C selama 5 menit i. Tuangkan H2O2 dari satu tabung ke dalam tabung reaksi C, dan secara cepat tutup dengan ibu jari/sumbat tabung reaksi j. Amati perubahan yang terjadi dan catat hasilnya pada tabel k. Tes dengan menggunakan lidi yang membara untuk mengetahui gas yang terbentuk

2. Faktor PH a. Ambillah 2 tabung reaksi dan beri label D dan E, isi masing-masing dengan sepotong hati ayam dengan ukuran yang sama. b. Sementara itu siapkan 2 buah tabung reaksi dan isi dengan 1 ml H2O2 (hydrogen peroksida) c. Pada tabung D tambahkan tetes 10 larutan NaOH d. Kemudian tuangkan 1 ml H2O2 ke dalam tabung reaksi D, dan secara cepat tutup dengan ibu jari/sumbat tabung reaksi e. Amati perubahan yang terjadi dan catat hasilnya pada tabel f. Pada tabung E tambahkan 10 tetes larutan HCl g. Kemudian tuangkan 1 ml H2O2 ke dalam tabung reaksi E, dan secara cepat tutup dengan ibu jari/sumbat tabung reaksi h. Amati perubahan yang terjadi dan catat hasilnya pada tabel i. Tes dengan menggunakan lidi yang membara untuk mengetahui gas yang terbentuk.

3. Faktor Konsentrasi Enzim a. Ambillah 2 tabung reaksi dan beri label F dan G, isi tabung F dengan 2 potong hati ayam, tabung G dengan 2 potong jantung/2 potong umbi b. Sementara itu siapkan 2 buah tabung reaksi dan isi masing-masing dengan 1 ml H2O2 (hydrogen peroksida) c. Tuangkan H2O2 dari satu tabung ke dalam tabung reaksi F, dan secara cepat tutup dengan ibu jari/sumbat tabung reaksi d. Amati perubahan yang terjadi dan catat hasilnya pada tabel e. Tuangkan H2O2 dari satu tabung ke dalam tabung reaksi G, dan secara cepat tutup dengan ibu jari/sumbat tabung reaksi f. Amati perubahan yang terjadi dan catat hasilnya pada table g. Tes dengan menggunakan lidi yang membara untuk mengetahui gas yang terbentuk

4. Faktor Konsentrasi Substrat a. Ambillah 1 tabung reaksi dan beri label H, isi tabung dengan 1 potong hati ayam b. Sementara itu siapkan 1 buah tabung reaksi dan isi masing-masing dengan 2 ml H2O2 (hydrogen peroksida) c. Tuangkan H2O2 dari satu tabung ke dalam tabung reaksi H, dan secara cepat tutup dengan ibu jari/sumbat tabung reaksi d. Amati perubahan yang terjadi dan catat hasilnya pada tabel e. Tes dengan menggunakan lidi yang membara untuk mengetahui gas yang terbentuk

 Tabel Pengamatan

Tab A

Perlakuan

Gelembung

Nyala Api Terang

1 potong hati ayam + 1 ml +++ H2O2 1 potong hati ayam (suhu 60˚) + 1 ml H2O2

B

Redup

C

1 potong hati ayam + 1 ml ++ NaOH + 1 ml H2O2

Terang

D

1 potong hati ayam + 1 ml HCl + 1 ml H2O2

Redup

E

2 potong hati ayam + 1 ml +++ H2O2

Terang

F

1 potong hati ayam + 2 ml +++ H2O2

Sangat terang

Keterangan : +++ = banyak sekali ++ = sedang + = sedikit

GAMBAR.

 Pembahasan
Enzim katalase adalah salah satu jenis enzim yang umum ditemui di dalam sel-sel makhluk hidup, salah satunya adalah sel tumbuhan. Enzim katalase adalah enzim perombak hidrogen peroksida yang bersifat racun dan merupakan sisa/hasil sampingan dari metabolisme. Apabila H2O2 tidak diuraikan oleh enzim ini, maka akan menyebabkan kematian pada sel-sel tumbuhan. Oleh sebab itu, enzim ini bekerja dengan merombak H2O2 menjadi substansi yang tidak berbahaya,yaitu berupa air dan oksigen. Dari hasil praktikum dapat diketahui:

Dalam extrak hati dengan H2O2 terdapat banyak sekali gelembung gas O2, itu menandakan bahwa di dalam extrak hati terdapat enzim katalase. Pada extrak hati dengan HCL + H2O2, pada percobaan pertama terdapat sedikit sekali gelembung sedangkan pada percobaan kedua tidak terdapat gelembung. Pada hasil dua percobaan itu tidak sama, tetapi tetap dapat disimpulkan bahwa dalam larutan itu ada sedikit sekali gelembung. Hal itu dikarenakan HCl dapat dapat merangsang/ mempengaruhi untuk membentuk enzim katalase walaupun hanya sedikit.

Pada ectrak hati dengan NaOH + H2O2 pada percobaan terjadi gelembung dengan jumlah sedang. Namun, menurut teori yang ada, seharusnya dalam percobaan dengan NaOH hanya terjadi sedikit gelembung. Dalam percobaan ini terjadi beberapa kesalahan sehingga menyebabkan ketidakcocokan antara teori dan hasil percobaan. Yang sebenarnya terjadi sedikit gelembung. Hal itu dikarenakan NaOH dapat merangsang/ mempengaruhi untuk membentuk enzim katalase walaupun hanya sedikit.

Pada extrak hati rebus terdapat sedikit gelembung gas gelembung, memiliki cukup banyak gelembung, itu menandakan bahwa kinerja enzim dipengaruhi oleh suhu. Artinya enzim itu rusak atau sudah tidak aktif.

 Pertanyaan
1. Tentukan variabel manipulasi, variabel respon, dan variabel control ! 2. Apa pengaruh pH, konsentrasi Enzim dan substrat? 3. Kesimpulan ! Jawab : 1. Variabel manipulasi : HCl, NaOH, suhu Variable respon : banyaknya gelombang gas timbul bara api Variable control : ekstrak hati, larutan 2 ml H2O2 2. Jawab :  pH yang teralalu asam atau terlalau basa tidak dapat merangsang kerja enzim katalase terlalu tinggi. pH terlalu tinggi/rendah hanya dapat member pengaruh sedikit terhadap pembentukan enzim katalase.  Suhu dapat mempengaruhi, suhu terlalu tinggi dapat merusak enzim.  Percobaan konsentrasi enzim dengan 2 potong hati ayam direaksikan dengan 1 ml H2O2 menghasilkan gelembung yang banyak, namun percobaan konsentrasi substrat dengan 1 potong hati ayam dengan 2 ml H2O2 menghasilkan lebih banyak gelembung. Jadi, walaupun sumber enzim banyak, namun jika zat perangsangnya sedikit atau tidak ada dapat mengurangi kerjan enzim tersebut. 3. Kesimpulan : Kerja enzim katalase dapat diuji dengan percobaan. Percobaan dilakukan dengan mencoba beberapa faktor yang mungkin berpengaruh terhadap kerja enzim. Banyak faktor yang memengaruhi kerja enzim katalase, antara lain diantaranya adalah suhu, tinggi/rendahnya pH, konsentrasi substrat, dan konsentrasi enzim.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->