P. 1
Lamp Iran

Lamp Iran

|Views: 33|Likes:
Published by Arie Adhitya

More info:

Published by: Arie Adhitya on Aug 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

77

Lampiran 1 PEDOMAN WAWANCARA UNTUK GURU Nama Tanggal : …………………………….. : ……………………………..

No 1 1. 2. 3.

Pernyataan yang diajukan 2 Apakah Bapak / Ibu pernah menerapkan metode pemberian tugas dalam proses pembelajaran ? Apakah metode pemberian tugas cocok diterapkan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial? Apakah penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan penguasaan materi Ilmu Pengatahuan Sosial terhadap kelas IV? Bagaimana tanggapan Ibu / Bapak terhadap penggunaan metode pemberian tugas di kelas IV? Apakah kekurangan metode pemberian tugas pada pembelajaran Ilmu Pengatahuan Sosial? Apakah kelebihan metode pemberian tugas dalam pembelajaran Ilmu Pengatahuan Sosial?

Respon Guru 3

4. 5. 6.

Lampiran 2 PEDOMAN OBSERVASI DALAM PEMBELAJARAN

Perhatian terhadap pelajaran b. Kreativitas siswa dalam mengemukakan pendapat 2. : Aktivitas dan Sikap Siswa dalam Pembelajaran A B C V V V D E Aspek yang Diobservasi Aktivitas siswa dalam pembelajaran a. Partisipasi siswa dalam bertanya c. Keseriusan dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas b.78 (Tindakan Kesatu) Into Observasi No 1. Pemahaman materi V V Keterangan : A : Sangat Baik B : Baik C : Cukup D : Kurang E : Sangat Kurang Lampiran 3 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Tindakan Kesatu) . Sikap dalam pembelajaran a.

Ceramah . Kompetensi Dasar : Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan Dengan Sumber Daya Alam dengan potensi lain di Daerahnya.Pemberian Tugas .79 Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan Ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi : Ilmu Pengatahuan Sosial : IV / II :1 : 2 x 35 menit : Menganal Sumber Daya Alam.Setelah melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu menyebutkan acam-macam Sumber Daya Alam di dalam perekonomian baik lingkungan Kabupaten / Kota / Provinsi. kegiatan ekonomi Dan kemajuan teknologi di lingkungan Kabupaten / Kota / Provinsi.Membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dengan pemanfaatan Sumber Daya Alam di daratan. Tujuan Pembelajaran .Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi Dengan Sumber Daya Alam di daratan . I. Metode Pembelajaran .Tanya Jawab . II.Aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan potensi lain di Daerah. Indicator : . Materi Pokok . III.

Membuat kesimpulan dari hasil laporan siswa .Mengkondisikan siswa pada situasi belajar . V. Kegaiatan Awal . Karangan Asy’ari hal 107 – 109 VI.Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD Kelas 4.Lembar kerja Siswa . Penerbit Erlangga. 3.Siswa mengamati gambar-gambar kegiatan ekonomi .Pemberian tugas Pekerjaan Rumah sebagai pengayaan. Alat/Bahan dan Sumber Belajar Alat atau Bahan : .80 IV.Siswa melaporkan hasil kerjanya.Siswa mencatat kesimpulan . Kegaiatan Akhir (20 menit) .Tanya Jawab tentang materi Sumber Daya Alam yang sudah dipelajari .Apersepsi 2.Gambar berbagai kegiatan ekonomi .Peta persebaran Sumber Daya Alam Indonesia . Kegaiatan Inti (40 menit) . Langkah-langkah Pembelajaran 1.Lingkungan Siswa Sumber Belajar : .Siswa mengerjakan tugas daftar tentang kegiatan ekonomi dengan pemanfaatan Sumber Daya Alam di daratan . Penilaian Jenis Tes Bentuk Tes Instrument : Tertulis : Isian : Terlampir di LKS .Tanya Jawab dari isi gambar .

81 Karawang . S. 19660601994052001 Deni Abdul Mugni Lampiran 4 LEMBAR KERJA SISWA (Tindakan Kesatu) . Agustus 2012 Mengatahui : Kepala SDN Cintalaksana II Peneliti Nurhasanah.Pd NIP.

…………………………………………. …………………………………………. ………………… 3. 8. …………………………………………. 4. 10. 2. ………………………………………….82 Mata Pelajaran Kelas / Semester Materi Pokok : Ilmu Pengatahuan Sosial : IV / II : Aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di daerah Petunjuk Kegiatan “ Tuliskan nama-nama kegaiatan Ekonomi yang memanfaatkan Sumber Daya Alam di daratan yang ada di daerah tempat tinggalmu! Masukan informasi-informasi tersebut ke dalam table di bawah ini!” No 1. ………………… 2. …………………………………………. 9. 5. …………………………………………. . : …………………… : …………………… : 1. ………………… Lampiran 5 LEMBAR KERJA SISWA (Tindakan Kesatu) Mata Pelajaran : Ilmu Pengatahuan Sosial . …………………………………………. …………………………………………. 3. 6. …………………………………………. 7. Nama Kegiatan Ekonomi ……………………………… ……………………………… ……………………………… ……………………………… ……………………………… ……………………………… ……………………………… ……………………………… ……………………………… ……………………………… Kelompok Ketua Anggota Sumber Daya Alam yang Dimanfaatkan …………………………………………. .

2.83 Kelas / Semester Materi Pokok : IV / II : Aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di daerah Nama : …………………………… No. 9. lemari.. 10. 7. 3.. 5. 4. Hasil olahan minyak bumi yang dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan adalah ……. Kayu Jati. 1. ………………………… Lampiran 6 PEDOMAN OBSERVASI DALAM PEMBELAJARAN (Tindakan Kedua) Inti Observasi: Aktivitas dan Sikap Siswa dalam Pembelajaran . karet dan rotan merupakan hasil Sumber Daya Alam ……. Sebagian besar penduduk Indonesia hidup dengan bercocok tanam. Soal Segala macam kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya disebut …………… Minyak tanah. Orang yang melakukan kegiatan bercocok tanam disebut …………. batu bara dan mineral termasuk kepada Sumber Daya Alam…… Hasil hutan berupa…. 8.. 6. Jawaban ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… Negara agraris adalah Negara yang sebagian ………………………… besar penduduknya bekerja …… ………………………… Kegiatan mengolah minyak dan gas bumi di ………………………… Indonesia ditangani oleh …. maka Indonesia disebur sebagai Negara……. Sumber Daya Alam yang digunakan untuk membuat perhiasan adalan ……. Dapat digunakan untuk membuat kursi. dan alat rumah tangga lain.

Sikap dalam pembelajaran c. Pemahaman materi V V Keterangan : A : Sangat Baik B : Baik C : Cukup D : Kurang E : Sangat Kurang Lampiran 7 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Tindakan Kedua) Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan Ke Alokasi Waktu : Ilmu Pengatahuan Sosial : IV / II :1 : 2 x 35 menit . Perhatian terhadap pelajaran e. Aspek yang Diobservasi Aktivitas Siswa d. Keseriusan dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas d.84 No 1. Partisipasi siswa dalam bertanya f. Kreativitas siswa dalam mengemukakan pendapat A B C D V E V V 2.

I.Setelah melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu menyebutkan acam-macam Sumber Daya Alam di dalam perekonomian baik lingkungan Kabupaten / Kota / Provinsi.Apersepsi . Kompetensi Dasar : Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan Dengan Sumber Daya Alam dengan potensi lain di Daerahnya. Indikator : . Metode Pembelajaran .85 Standar Kompetensi : Menganal Sumber Daya Alam.Menyampaikan tujuan yang akan diberikan . kegiatan ekonomi Dan kemajuan teknologi di lingkungan Kabupaten / Kota / Provinsi. III. II. Tujuan Pembelajaran .Ceramah .Mengarahkan siswa pada situasi belajar .Tanya Jawab .Membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dengan pemanfaatan Sumber Daya Alam di daratan.Aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan potensi lain di Daerah. Kegaiatan Awal (15 menit) . Langkah-langkah Pembelajaran 1. Materi Pokok .Penugasan IV.Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi Dengan Sumber Daya Alam di daratan .

Penilaian Jenis Tes Bentuk Tes Instrument : Tertulis : Isian : Terlampir di LKS .Pemberian tugas Pekerjaan Rumah sebagai tindak lanjut.Tanya Jawab tentang bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dengan Sumber Daya Alam di perairan.Siswa mencatat kesimpulan . Alat/Bahan dan Sumber Belajar Alat atau Bahan : . . Penerbit Erlangga.Gambar berbagai kegiatan ekonomi .Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD Kelas 4.Lembar kerja Siswa (LKS) . V.Peta persebaran Sumber Daya Alam Indonesia . 3. Karangan Asy’ari hal 110– 111 VI.Lingkungan Siswa Sumber Belajar : .Membuat kesimpulan dari materi tersebut . Kegaiatan Inti (40 menit) .Menjelaskan materi tentang kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam perairan. Kegaiatan Akhir (20 menit) .Siswa melaporkan hasilnya.86 2.Menugaskan siswa untuk menuliskan tentang kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan pemanfaatan Sumber Daya Alam di perairan . .

Pd NIP. S. 19660601994052001 Deni Abdul Mugni Lampiran 8 LEMBAR KERJA SISWA (Tindakan Kedua) Mata Pelajaran Kelas / Semester Materi Pokok : Ilmu Pengatahuan Sosial : IV / II : Aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di daerah .87 Karawang . Agustus 2012 Mengatahui : Kepala SDN Cintalaksana II Peneliti Nurhasanah.

………………… 3. Kelompok Ketua Anggota : …………………… : …………………… : 1. ……………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………. Lampiran 9 LEMBAR KERJA SISWA (Tindakan Kedua) Mata Pelajaran Kelas / Semester Materi Pokok : Ilmu Pengatahuan Sosial : IV / II : Aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di daerah Nama : …………………………… . ……………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………. …………………. ………………… 4.88 Petunjuk Kagiatan “Jelaskan manfaat air untuk kegiatan perekonomian masyarakat yang ada di sekitarmu ! Jawaban …………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………. . ……………………………………………………………………………………. ………………… 2. . ……………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………….

. ………………………… Pembuatan garam dan budi daya ikan ………………………… memanfaatkan Sumber Daya Alam…. 3. Waduk Jatiluhur terdapat di Provinsi …… Ojek Wisata Pantai Carita terletak di ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… Provinsi……. 4. Perhatian terhadap pelajaran b. ………………………… Pembangkit listrik tenaga air memanfaatkan ………………………… Sumber Daya Alam……. 10. Nelayan meningkatkan ………………………… perekonomian ………………………… keluarga dengan hasil penjualan……. Aspek yang Diobservasi Aktivitas Siswa a. 1. Soal Jawaban Ikan dan rumput laut merupakan sumber daya ………………………… alam biotic yang terdapat di ……. 5. 9.. 7. 6... ………………………… Wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau ………………………… yang dikelilingi oleh …….89 No.. 2. Manusia memerlukan air untuk ……. V A B V V V C D E . ………………………… Lampiran 10 PEDOMAN OBSERVASI DALAM PEMBELAJARAN (Tindakan Ketiga) Inti Observasi: Aktivitas dan Sikap Siswa dalam Pembelajaran No 1. ………………………… Sungai di Kalimantan digunakan untuk …… ………………………… Petambak merupakan orang yang melakukan ………………………… kegiatan ekonomi di daerah ……. Keterampilan siswa dalam menunjukan letak tempat pada peta persebaran SDA Indonesia. Partisipasi siswa dalam bertanya c. 8. Kreativitas siswa dalam mengemukakan pendapat d.

Pemahaman materi V V Keterangan : A : Sangat Baik B : Baik C : Cukup D : Kurang E : Sangat Kurang Lampiran 11 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Tindakan Ketiga) Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan Ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi : Ilmu Pengatahuan Sosial : IV / II :1 : 2 x 35 menit : Menganal Sumber Daya Alam. Kompetensi Dasar : Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan Dengan Sumber Daya Alam dengan potensi lain di Daerahnya. Indikator : . Sikap dalam pembelajaran a. Keseriusan dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas b.90 2.Menjelaskan pengaruh kondisi alam terhadap . kegiatan ekonomi Dan kemajuan teknologi di lingkungan Kabupaten / Kota / Provinsi.

Membuat kesimpulan dari hasil Tanya jawab. Tujuan Pembelajaran .Tanya jawab tentang pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi. Metode Pembelajaran . I.91 Kegiatan Ekonomi. .Aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan potensi lain di Daerah.Setelah melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu menyebutkan acam-macam Sumber Daya Alam di dalam perekonomian baik lingkungan Kabupaten / Kota / Provinsi. Kegaiatan Awal (15 menit) .Menjelaskan materi tentang potensi lain di daerah yang berkaitan dengan ekonomi. . II. Langkah-langkah Pembelajaran 1. III. Kegaiatan Inti (40 menit) .Tanya Jawab .Menugaskan siswa untuk mencatat kesimpulan .Penugasan IV. .Menyampaikan tujuan yang akan diberikan .Ceramah .Mengelompokan Sumber Daya Alam serta kegunaannya atau manfaatnya.Mengarahkan siswa pada situasi belajar .Apersepsi 2. Materi Pokok . .

Siswa mencatat kesimpulan .Pemberian tugas Pekerjaan Rumah sebagai tindak lanjut. Alat/Bahan dan Sumber Belajar Alat atau Bahan : . Penerbit Erlangga.Membuat kesimpulan dari materi tersebut .Lembar kerja Siswa (LKS) .Peta persebaran Sumber Daya Alam Indonesia . Penilaian Jenis Tes Bentuk Tes Instrument : Tertulis : Isian : Terlampir di LKS Karawang . Karangan Asy’ari hal 111– 112 VI.Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD Kelas 4. V.Gambar berbagai kegiatan ekonomi .Lingkungan Siswa Sumber Belajar : . Agustus 2012 .92 3. Kegaiatan Akhir (20 menit) .

S. Jenis Sumber Daya Alam Minyak Bumi Dapat digunakan Untk Bahan Bakar . 19660601994052001 Deni Abdul Mugni Lampiran 12 LEMBAR KERJA SISWA (Tindakan Ketiga) Mata Pelajaran Kelas / Semester Materi Pokok : Ilmu Pengatahuan Sosial : IV / II : Aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di daerah Petunjuk Kagiatan “Apa saja Sumber Daya Alam yang terkait dengan kegiatan ekonomi? Tuliskan dalam table di bawah ini ! No 1.93 Mengatahui : Kepala SDN Cintalaksana II Peneliti Nurhasanah.Pd NIP.

3. ………………… 2. …………………. ………………… 3. 8. Lampiran 13 LEMBAR KERJA SISWA (Tindakan Ketiga) Mata Pelajaran Kelas / Semester Materi Pokok : Ilmu Pengatahuan Sosial : IV / II : Aktivitas Ekonomi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan Potensi Lain di daerah Nama No. : …………………………… Jawaban ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… . Manusia diciptakan oleh Tuhan untuk mengelola dan ……. 4. Sumber Daya Alam Kelestarian Sumber Daya Alam bergantung pada sikap dan cara kita……. . 3. ………………… 4.94 2. 9.. . 10 Kelompok Ketua Anggota : …………………… : …………………… : 1. 7. 1. Soal Sumber Daya Alam akan bermanfaat maksimal apabila dikelola dengan ……. 2. 6. 5..

Perencanaan Tindakan Refleksi ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… ………………………… SIKLUS I Observasi Perencanaan Tindakan Refleksi Observasi Perencanaan Tindakan Perencanaan Tindakan SIKLUS II Alur Pelaksanaan Penelitian Tindakan kelas Model Kemmis Perencanaan dan Mc. potensi lain yag berkaitan dengan kegiatan ekonomi adalah…. 9. 8.Tindakan 1999:70 Refleksi ini menggunakan metode Classroom action III SIKLUS Peneliti research. 10. yang tahap pelaksanaannya dilakukan beberapa kali Perencanaan putaran dan tindakan perbaikan sampai model dianggap memenuhi Tindakan Observasi syarat yang diinginkan oleh peneliti .95 4. Orang yang bekerja dibidang jasa tinggal di daerah …… Manusia harus mengusahakan pelestarian sumber daya alam. Sumber Daya Alam Indonesia tersebar dari……. 6. Setiap daerah memiliki Sumber daya Alam yang …….. khususnya sumber daya alam yang……. sampai marauke Sumber Daya Alam diolah untuk kepentingan….di daerah masing-masing …… Selain Sumber daya alam. Potensi Sumber Daya Alam yang ada di daerah harus dikelola sebaik-baiknya untuk pertumbuhan…. Taggart (Kasbolah.. 5. ……. 7.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->