guru selalu mendominasi dalam pembelajaran, pola pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru, pemilihan metode

belum tepat

ANALISIS PROFIL DAN PEDOMAN PETA MUTU PENDIDIKAN DI Bagaimana Pemecahannya? SNP PEMENUHAN
SATUAN PENDIDIKAN
Pendekatan kontekstual merupakan suatu konsep belajar yang menuntut guru mampu menghadirkan situasi dunia nyata baik2012 di kelas maupun di luar kelas. Metode pembelajaran harus dapat mendorong aktivitas siswa yang tidak hanya terbatas pada aktivitas fisik, tetapi bersifat psikis seperti aktivitas mental.

1

TUJUAN Peserta dapat memahami dan menggunakan Pedoman Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan dalam implementasi Sistem Untuk pengawasPenjaminan Mutu Pendidikan sekolah. penelitian dan Diri Sekolah (EDS) pengembangan. dan sosial . supervisi (SPMP) di Satuan Pendidikan manajerial. ada 6 dimensi kompetensi yakni: keperibadian. supervisi melalui instrumen Evaluasi akademik. evaluasi pendidikan.

5. Apa yang menjadi acuan mutu bagi satuan pendidikan? Bolehkah satuan pendidikan mengembangkan acuan mutu sendiri? Mengapa? Sebutkan peran dan fungsi satuan pendidikan dalam implementasi program penjaminan mutu pendidikan. 4. 6. Bagaimana tahapan kegiatan sistem penjaminan mutu pendidikan dikembangkan di satuan pendidikan? . 3. 2. Apa manfaat pedoman pemenuhan SNP bagi satuan pendidikan? Sebutkan peran dan tanggung jawab satuan pendidikan dalam implementasi SPMP.diskusi kelompok 1.

tanggung jawab. dan yang harus dilaksanakan oleh unsur-unsur yang ada pada satuan pendidikan. 2. Secara umum adalah untuk memberikan acuan bagi satuan pendidikan dalam melaksanakan penjaminan mutu pendidikan secara sinergis dan berkelanjutan. . Secara khusus adalah untuk mengatur peran.TUJUAN MANUAL MUTU 1.

ACUAN MUTU PENDIDIKAN SNP Kualifikasi dan Kompetensi Penilaian Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Proses dan Isi Kompetensi Lulusan Sarana & Prasarana Pengelolaan Kesejahteraan Pembiayaan .

kebijakan peningkatan mutu pendidikan. 3. Menyusun pelaporan pemetaan mutu satuan pendidikan kepada Dinas pendidikan Kabupaten/Kota. Menyediakan data bagi pihak lain guna kepentingan akreditasi. Melakukan evaluasi diri sebagai dasar perencanaan program pemenuhan dan peningkatan mutu secara internal. 4. fasilitasi.TUGAS POKOK DAN FUNGSI SATUAN PENDIDIKAN DALAM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN 1. Melaksanakan proses pejaminan mutu guna mencapai delapan Standar Nasional Pendidikan. . pemenuhan standar. dan audit kinerja. perencanaan program. 2. dan data dasar yang diperlukan oleh unit lain guna mendukung pemenuhan standar dan pengembangan mutu pendidikan.

TAHAPAN KEGIATAN SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI SATUAN PENDIDIKAN .

Pemenuhan standar dilakukan pada kondisi standar atau salah satu atau beberapa indikator pada standar yang belum sesuai dengan standar nasional pendidikan (SNP). .Asumsi Pemenuhan SNP pada Satuan Pendidikan Pemenuhan standar didasarkan pada hasil pemetaan di satuan pendidikan.

. ………… …...... ... ……………. ……….SNP dan Upaya Pemenuhannya INDIKATOR PEMENUHAN ALASAN LANGKAH PEMENUHAN PERSONIL WAKTU HASIL Sudah melaksanakan KTSP untuk semua mata pelajaran. ………… …. ………… ….

2. 4. Tuliskan hasil kerja kelompok yang berupa tambahan informasi dg menggunakan warna merah di tabel terkait.Kerja Kelompok: 1. Presentasikan hasil kerja kelompok untuk ditanggapi secara pleno. Reviu setiap komponen dalam tabel Pemenuhan SNP. . 3. Bentuk 8 kelompok kerja sesuai dengan 8 SNP.

INDIKATOR PEMENUHAN • Indikator yang harus dicapai oleh satuan pendidikan dalam upaya pemenuhan SNP. . • Dielaborasikan dari setiap SNP (setiap SNP dijabarkan ke dalam beberapa indikator) • SNP dapat dikatakan tercapai/terpenuhi bila semua indikator terkait sudah dicapai.

.ALASAN • Informasi yang perlu dipahami oleh satuan pendidikan tentang pentingnya melaksanakan langkah-langkah pemenuhan dalam upaya mencapai indikator terkait. • Dengan memahami alasan ini. satuan pendidikan dapat lebih termotivasi untuk melaksanakan berbagai program peningkatan mutu sesuai dengan langkah-langkah pemenuhan SNP.

• Rangkaian kegiatan yang secara keseluruhan merupakan prasyarat pemenuhan SNP • Tanpa melaksanakan langkah-langkah pemenuhan seperti yang tercantum dalam pedoman ini . .sangat sulit bagi satuan pendidikan untuk dapat dikatakan sudah mencapai standar.LANGKAH PEMENUHAN • Upaya yang perlu dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam mencapai indikator terkait.

PERSONALIA • Pihak-pihak minimal yang harus terlibat dalam upaya melaksanakan langkah-langkah pemenuhan • Semua personalia yang terlibat dipastikan bahwa mereka memahami dan menguasai kegiatan-kegiatan yang tercantum dalam langkah pemenuhan. .

WAKTU (Alokasi) waktu kapan dan berapa lama yang dibutuhkan untuk melaksanakan langkah-langkah pemenuhan dalam mencapai semua indikator dari setiap SNP. .

rencana kerja. . • Dapat berupa dokumen. atau laporan pelaksanaan kegiatan • Secara keseluruhan. kumpulan hasil akan merupakan bukti fisik yang dapat menguatkan hasil penilaian bahwa SNP sudah tercapai.HASIL • Produk yang harus tersedia di satuan pendidikan yang dapat menunjukkan bahwa indikator terkait sudah tercapai.

TERIMAKASIH Semoga Bermanfaat .