KLIPING AGAMA

KERJASAMA ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM MEMBANGUN KEBERSAMAAN

KELOMPOK 2 :
o

PUTRO DEN ARDANTO / 07 RICKY JITRO SIMATUPANG / 08 STANISLAUS KRIS BANGKIT TRI PUTRA / 09 DAME DISNA SITUMORANG / 10 EDELWAIS KOLIBRI / 11

o

o

o

o

maka dari itu kerjasama antar umat beragama dalam membangun kebersamaan sangatlah penting baik bagi kehidupan diri sendiri maupun bagi kehidupan manusia lain serta bagi kehidupan makhluk lain yang seperti adanya Tuhan menciptakannya bagi pendukung kehidupan umat manusia di bumi. seperti yang selama ini kita tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa terlepas dari sistem peradaban antar manusia lain. . Hambatan-hambatan dalam kerjasama antar umat beragama untuk membangun kebersamaan A.o ISNI SETYA WARDINI / 12 Pada kliping ini. Latar belakang dan dasar kerjasama antar umat beragama dalam membangun kebersamaan. pokok bahasannya meliputi : a. Hal-hal yang melatar belakangi serta mendasari kerjasama antar umat beragama dalam membangun kebersamaan b. Di bumi ini. Tanpa adanya manusia lain. kita tidak dapat hidup seperti sekarang ini. Cara-cara untuk membangun kebersamaan antar umat beragama d. Bentuk-bentuk kerjasama antar umat beragama dalam membangun kebersamaan c. kita bukanlah seorang individual karena kita diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk hidup saling mendukung dan saling mengisi satu sama lainnya.

Mengajarkan cara hidup : semua agama mengajarkan kepada penganutnya untuk hidup baik. Fungsi dasar agama adalah sebagai berikut : 1. 3. Bentuk-bentuk dialog kerjasama . maka diharapkan semua penganut agama menyadari dan menghayatinya yang sebenar-benarnya dan berusaha untuk menjalin kerjasama dalam membangun kebersamaan untuk mencapai persaudaraan sejati. Mewartakan arti hidup : agama memberikan pandangan hidup dan meyakinkan penganutnya untuk meyakini pandangan hidup tersebut. Dan peran pemuka agama pun sangat diperlukan untuk menekankan hal tersebut. Kenapa demikian ? Sebab apabila umat beragama tidak tahu fungsi dasar agama merupakan hal yang fatal. Dengan adanya banyak agama dan aliran kepercayaan yang memiliki cara dan keyakinan berbeda namun satu tujuan yakni Allah sendiri.Seperti halnya di dalam hidup beragama. Bisa jadi umat beragama tersebut salah mengartikan dan melakukan tindakan-tindakan yang sesuai bagi mereka dan tidak sesuai menurut fungsi dasar agama. Bentuk-bentuk kerjasama antar umat beragama dalam membangun kebersamaan A. Di dunia ini banyak sekali agama ataupun aliran kepercayaan. Mewartakan keselamatan : semua agama mewartakan dan menjanjikan keselamatan bukan bencana. Peran para pemuka agama masing-masing untuk memberikan titik tekan dasar fungsifungsi agama sangatlah penting. 2. beretika dan bermoral. B. Dari fungsi agama di atas. maka sepatutnya dibentuk suatu kerjasama antar umat beragama untuk membangun kebersamaan sehingga terwujud persaudaraan sejati. Di Indonesia saja ada 5 agama dan 1 aliran kepercayaan yang secara sah diakui oleh Pemerintah.

Dari berbagai dialog dan kerjasama. juga dapat dipetik pembelajaran misalnya:  Dari Agama Hindu. d. Hidup saling bertegur sapa.Beberapa bentuk dialog yang dapat ditempuh dalam membangun kebersamaan antara lain : a. Dialog Iman Saling membagikan (sayang) atas kesaksian hidup sebagai orang beriman. kontemplasi. Budha dan Aliran kepercayaan: penekanan dalam hal-hal batin meditasi. Konsili Vatikan II mengatakan bahwa dalam ajaran Islam pasti ada banyak kebenaran keselamatan yang dapat kita timba.  Aliran Kepercayaan dan Agama asli tentang: tentang kedekatan alam semesta dan lingkungan hidup. (doa batin. b. Dialog karya Ada banyak karya demi kepentingan umum dan demi kemanusiaan yang mendorong manusia untuk bekerjasama. yoga). ekosistem serta keseimbangan alam.  Dari Agama Konghucu dan Budha: penekanan dan penghayatan pada hidup moral dan perilaku. Dalam pelestarian lingkungan hidup kita dapat menimba inspirasi dari sini. c. Dalam kehidupan umat Katolik hidup berdampingan dengan umat Islam. Dialog Teologis Ada banyak ajaran Islam yang indah dan menyelamatkan. demikian juga sebaliknya. B. dan hidup rukun. sera praktek hidup yang baik. .

maksudnya saling membagikan (syaring) atas kesaksian hidup sebagai seorang beriman bahkan saling meneguhkan. menghargai. misalnya penanggulan bencana. mengakui. Mengadakan atau melaksanakan dialog . 3. 5. dimana setiap umatnya pasti selalu membaca dan membahas Alkitabnya setiap saat baik secara berkelompok maupun pribadi. C. 2. dan berdialog satu sama lain. Dari agama Islam: Saling menghargai pada saat perayaan hari besar. Menyelenggarakan kerjasama dalam aksi – aksi sosial. berikut akan diungkapkan cara-cara untuk membangun kebersamaan antar umat beragama : 1. Menumbuh-kembangkan sikap dasar yang mutlak perlu bagi kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Juga mau dan selalu berusaha untuk saling berelasi dan bekerjasama. Berusaha meningkatkan pemahaman akan pihak lain melalui study bersama atau saling tukar informasi tentang kekayaan rohani/keagamaan masing-masing. Misalnya sikap mau dan senantiasa berusaha untuk SALING terbuka. Misalnya: umat islam berkunjung kerumah orang katolik pada saat perayaan natal dan sebaliknya. Doa bersama atau ibadat bersama. 4. . Cara-cara untuk membangun kebersamaan antar umat beragama Dari penjabaran bentuk-bentuk menjalin kerjasama antar umat beragama dalam membangun kebersamaan. memahami.  Dari agama Kristen Protestan : penekanan pada sabda.

antar umat Dalam kehidupan bermasyarakat. yang ditinjau dari segi keadilan dan kebenaran tidak cocok dengan saudara-saudari dari golongan agama lain. berikut fakta tidak adanya kerjasama antar umat sehingga tidak terwujud suatu kebersamaan : a. agama lain dipandang sebagai saingan yang berbahaya. Hambatan-hambatan dalam kerjasama beragama untuk membangun kebersamaan. • • • Pencemaran simbol-simbol agama oleh pemeluk agama lain. D. Khasmir: antara umat hindu dan islam . Perbedaan pandangan seperti ini yang bisa dijadikan jalan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menyulut api perselisihan. Berikut point-point mengenai hambatanhambatan dalam kerjasama antar umat beragama untuk membangun kebersamaan : • Agama sering diperalat atau ditunggangi demi kepentingan lain yang bersifat politik dan ekonomi Fanatisme agama yang sempit karna kurang memahami agamanya sendiri dan agama orang lain Merasa posisi dan pengaruhnya terancam karena adanya agama lain. sehingga mempersulit hubungan dengan mereka. banyak pengajaranpengajaran yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok atau agama seringkali ada perbedaan pandangan. Hal ini sering membakar emosi massa. Irlandia utara: antara umat katolik dan protestan b. karena agama sering diyakini sebagai benteng terakhir untuk menegakan martabat pribadi atau kelompoknya Bertitik tolak dari hambatan-hambatan di atas. penilaianpenilaian. Berusaha untuk senantiasa menghindari cara-cara yang dapat merusak kerukunan dan toleransi antar umat beragama. tindakan-tindakan. Misalnya mengadakan berbagai upaya untuk menghindari kata-kata.6.

karena takut dan sudah kehilangan segala-galanya.Agama mempunyai 3 fungsi dasar : keselamatan 1. Kesimpulan. Mewartakan 2. baik yang mengobarkan perang. agama maupun umum Traumatic yang mengalaminya sarana prasarana bagi yang • • • • berkepanjangan Segala kegiatan baik ekonomi. menghindari perbuatan yang . berdialog secara teologis dan juga saling membagikan tentang kesaksian hidup beragama.c. Mewartakan arti hidup 3. Thailand selatan: antara umat islam dan budha Kerusuhan yang bernuansakan agama adalah hal yang cukup memperhatinkan. yaitu saling bekerja sama dalam kehidupan antar umat. Ambon. -Terdapat bentuk-bentuk dialog antar agama. poso: antara umat protestan dan islam d. Mengajarkan cara hidup Yang diharapkan semua penganut agama menyadari dan menghayatinya yang sebenar-benarnya dan berusaha untuk menjalin kerjasama dalam membangun kebersamaan untuk mencapai persaudaraan sejati. Berikut akibat dari kerusuhan yang bernuansa agama : • Hilangnya begitu banyak nyawa menjadi sia-sia. sebab hal itu dapat berakibat buruk dan yang lebih ditakutkan lagi akan mengurangi stabilitas suatu daerah tempat kejadian bahkan Negara. pelaku perang. pendidikan maupun keagamaan tidak dapat berjalan lagi E. yaitu saling menghargai dan menghormati. maupun orang yang tidak tahu menahu Terjadinya gelombang pengungsian. Kesimpulan yang didapat dari penjelasan diatas adalah sebagai berikut: . Terjadinya bumi hangus. -Banyak cara yang dapat dilakukan dalam membangun persaudaraan antar umat beragama.

-Dari fakta. kebenaran. . penyebab maupun akibat peperangan atau kerusuhan yang bernuansa agamis sungguh seringkali menjadi hambatan dalam berdialog atau bekerjasama membangun kebersamaan. seperti dalam perkataan.membuat umat agama lain tersinggung. keadilan dan kesejahteraan bersama. Sehingga sulit dapat diciptakan suatu kedamaian. juga tindakan.