Thailand (Muangthai

)

a. Batas-batas Negara
1) Letak astronomis : 6˚ LU - 21˚ LU dan 97˚ BT - 106˚ BT. 2) Letak geografis :  Utara : Negara Myanmar dan Laos.  Selatan : Negara Malaysia dan Teluk Siam.  Timur : Negara Laos dan Kamboja.  Barat : Negara Myanmar dan Laut Andaman.

Di wilayah tersebut.444. Oleh karena semenanjung ini sempit dan menghubungkan dua daratan yang lebih luas di mana sisi Barat serta Timurnya merupakan laut. Penganut agama Islam berada di sekitar perbatasan Thailand dengan Malaysia. Di Kota Bangkok terdapat banyak kuil atau anchor . Plato Korat. Para penduduk yang bermatapencaharian sebagai petani umumnya menyebar di daerah Sungai Chao Phraya. Semakin ke Utara. 2) Iklim Bagian Utara Thailand (terutama di pegunungan Utara. Sekitar 90% penduduk Thailand menganut agama Buddha dan sisanya (10%) menganut agama Hindu. Anchor terbesar di Thailand adalah Anchor Wat Phra Kaeo (Kuil Buddha Zamrud) yang terdapat di Kota Bangkok. Bagian Selatan Thailand beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi dan terjadi di Bulan Desember-Januari.595 meter di atas permukaan air laut (mdpl).500 meter dengan banyak tumbuhan pohon jati. (b) Dataran Tinggi Korat yang terletak di bagian Timur Laut merupakan pegunungan kapur yang kering dan berpasir. Keadaan Penduduk Jumlah penduduk Thailand adalah 65. dan Semenanjung Thailand.371 jiwa dengan kepadatan 128 jiwa/km2. dan Melayu. . maka daerah tersebut dinamakan “Tanah Genting”. Bahasa resmi negara Thailand adalah bahasa Thai atau Siam. suhu atau temperatur udara akan lebih rendah (akibat adanya faktor letak lintang yang semakin tinggi). Plato Korat. (c) Pegunungan Utara dan Barat merupakan pegunungan yang memiliki ketinggian berkisar 1. dan Lembah Sungai Chao Phraya) beriklim musim yang dipengaruhi oleh perubahan arah angin musim.b. Di daerah ini terdapat puncak tertinggi di Thailand. Pegunungan Utara. Bagian Tengah merupakan dataran rendah (Lembah Sungai Chao Phraya) yang merupakan daerah tersubur di Thailand. yaitu Gunung Inthanon dengan ketinggian mencapai 2. Suhu udara rata-rata di Thailand antara lain 2430 ˚C. Di sisi Baratnya adalah Laut Andaman dan di sisi Timurnya adalah Teluk Siam. Keadaan Alam 1) Bentang alam Bentang alam negara Thailand dapat dibedakan menjadi empat jenis sebagai berikut. (a) Bagian Selatan berbentuk semenanjung yang memanjang. Mayoritas penduduk Thailand berasal dari Suku Thai (berjumlah sekitar 85%) serta sisanya (15%) merupakan orang Cina. Nasrani. India. c. yaitu akibat pengaruh angin musim Barat Daya. dan Islam. musim hujan terjadi di Bulan April-Oktober.

Dahulu negara ini bernama Siam dan beribu kota di Ayuthya. sejak tahun 1939 (oleh karena bersekutu dengan Jepang). yaitu beras. Pertanian padi di negara Thailand banyak diusahakan di Lembah Sungai Chao Phraya. 4) Perdagangan Negara Thailand mengembangkan perdagangan antarnegara dengan komoditas ekspor utamanya.  Pattaya : Kota wisata pantai yang sangat indah. wolfram. Bidang Ekonomi 1) Pertanian Komoditas utama pertanian negara Thailand adalah padi.d. timbel. . nama Siam diubah menjadi Thailand atau Muangthai yang diambil dari nama suku terbesar di negara tersebut. Selain itu. Tempat tempat wisata yang terkenal di Thailand antara lain sebagai berikut. bijih besi. Peternakan yang terkenal di Thailand adalah kerbau dan babi. mobil. Namun.  Bangkok : Ibu kota negara Thailand sekaligus kota pariwisata yang menarik dengan sebutan kota air. Hasil pertanian Thailand lainnya adalah jagung. keramahtamahan orang Thailand juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kepala negara dijabat oleh raja sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri. mangan. kopi. batu bara. Bentuk Pemerintahan Bentuk pemerintahan Thailand adalah kerajaan (monarki) yang beribu kota di Bangkok. karet. yaitu di Sungai Chao Phraya. kayu. dan emas. Negara Thailand mengimpor komoditas minyak bumi. yute (serat).  Chiang Mai : Kota terbesar kedua setelah Bangkok dan merupakan kota wisata yang menarik di kawasan pegunungan Thailand Utara. dan gula. dan tembakau. timah putih. mesin-mesin industri. alat-alat listrik. Tambang lain yang dihasilkan oleh negara Thailand adalah zink. dan cengkih. ikan laut. motor. e. Hasil hutan yang utama di Negara Thailand adalah kayu jati dan kayu besi. 5) Pariwisata Negara Thailand memiliki keindahan alam yang dapat dijadikan sebagai objek wisata yang menarik. yaitu Suku Thai. yakni dihasilkan di Semenanjung Thailand. tembaga. dan pupuk dari negara lain. 2) Perkebunan Hasil perkebunan utama negara Thailand adalah karet. Di Bangkok terdapat pasar terapung dan bangunanbangunan pagoda yang indah. Thailand terkenal dengan sebutan lumbung padi Asia Tenggara. 3) Pertambangan Hasil tambang utama negara Thailand ialah timah. Di samping keindahan alamnya.

2) Letak geografis : . Bentuk Kerjasama   Ekspor dari Thailand ke Indonesia : gula. madu. dan bijih baja.f. Impor dari Indonesia ke Thailand : ikan segar.107˚ 30´ BT. dan sayuran segar. Batas-batas Negara 1) Letak astronomis : 13˚ 30´ LU – 23˚ LU dan 100˚ BT . tembaga. Laos a. beras.

217. Berdasarkan lingkungan alam yang memengaruhinya. Suku Pegunungan (Meo dan Yao). Bidang Ekonomi 1) Pertanian . Inggris. Lembah Sungai Mekong yang luas dimanfaatkan untuk lahan pertanian dengan hasil utama pertaniannya adalah padi. Ciri khas bentang alam lain di Laos ialah Sungai Mekong dan cabang-cabangnya yang sekaligus menjadi batas negara Laos dengan Thailand. Musim kemarau di wilayah negara Laos terjadi di bulan November-April sedangkan musim penghujannya berlangsung antara bulan Mei-Oktober. yaitu Suku Lao. c. Keadaan Penduduk Penduduk Laos terdiri atas beberapa suku. dan Thai. Wilayah Laos bagian Timur yang berbatasan dengan Vietnam merupakan pegunungan dan berjurang (Kordilera Annam). d. Bahasa resmi negara Laos ialah bahasa Lao. Agama atau kepercayaan yang dianut penduduk Laos antara lain agama Buddha dan kepercayaan terhadap roh (animisme). akan tetapi terdapat beberapa bahasa lain yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kha.    Utara : Negara Cina (Republik Rakyat Cina) Selatan : Negara Kamboja Timur : Negara Vietnam Barat : Negara Thailand b. Keadaan Alam 1) Bentang alam Negara Laos terletak di Semenanjung Indocina. negara Laos beriklim tropis. 2) Iklim Berdasarkan letak astronomis atau letak lintangnya. dan Suku Perbukitan (Montagnard). negara Laos beriklim laut hangat yang dipengaruhi oleh angin musim. yaitu bahasa Prancis. Jumlah penduduk negara Laos ialah ±6.141 jiwa dengan kepadatan rata-rata 26 jiwa/km2. Wilayah Laos sebagian besar merupakan pegunungan yang menjulang tinggi dan berteras-teras serta berhutan tropis yang lebat.

mesin-mesin. timah. dan kulit binatang. dan emas. alat listrik. 3) Pertambangan Laos memiliki sumber tambang yang cukup banyak dengan hasil tambang utamanya antara lain timbel. yaitu timah. dan budaya. 5) Pariwisata Objek wisata di negara Laos cukup menarik. perak. sepeda. Negara Laos merdeka sejak tanggal 2 Desember 1975. ekonomi. Selain itu. dan tembakau. kayu. Bentuk Pemerintahan Bentuk pemerintahan negara Laos adalah Republik Rakyat Komunis. negara Laos mengimpor komoditas seperti kendaraan bermotor. dan besi baja. bentuk pemerintahan negara Laos adalah kerajaan berkonstitusi. salah satu di antaranya adalah peninggalan bangunan budaya lama seperti Taman Buddha. . 2) Perkebunan Hasil perkebunan di Laos antara lain kopi. f. kayu jati. e. Kepala negara dijabat oleh presiden sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri. kapas. Bentuk Kerjasama Negara Indonesia dan Laos telah lama menjalin kerja sama yang baik melalui kerja sama di bidang sosial. Sebelum tahun 1975. dan buah-buahan.Laos merupakan negara agraris dengan hasil pertanian utamanya antara lain padi. jagung. 4) Perdagangan Negara Laos mengembangkan perdagangan antarnegara dengan komoditas ekspor utamanya.