P. 1
Sejarah Singkat Lahirnya Pancasila

Sejarah Singkat Lahirnya Pancasila

|Views: 4,063|Likes:
Published by zacklyadrian

More info:

Published by: zacklyadrian on Aug 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2013

pdf

text

original

Sejarah Singkat Lahirnya Pancasila

I.Sejarah Terbentuknya BPUPKI
Sejarah lahirnya Pancasila bermula pada akhir tahun 1944.Ketika itu kedudukan jepang semakin terdesak.Jepang selalu menderita kekalahan dalam Perang Asia-Pasifik.Bahkan di Indonesia berkabar perlawanan yang dilakukan rakyat maupun tentara PETA.Keadaan di negeri Jepang semakin buruk,moral masyarakat semakin menurun.Hal-hal yang tidak menguntungkan menyebabkan jatuhnya Kabinet Tojo pada tanggal 17 Juli 1944 dan digantikan oleh kabinet Kuniaki Koiso. Pada tanggal 7 September 1944 di dalam sidang istimewa Parlemen Jepang di Tokyo,Perdana Menteri Koiso mengungumkan bahwa daerah Hindia Timur (Indonesia) diperkenankan merdeka kelak di kemudian hari. Pada tahun 1944 Pulau Saipan direbut oleh sekutu.Angkatan perang Jepang dipukul mundur angkatan perang Amerika Serikat dari Papua Nugini,Kepulauan Solomon,dan Kepulauan Marshall,maka seluruh garis pertahanan Jepang di Pasifik mulai hancur berarti kekalahan Jepang di ambang pintu.Sekutu terus menyerbu kota-kota di Indonesia seperti Ambon,Makassar,Manado dan Surabaya. Menghadapi situasi gawat tersebut,pemerintah pendudukan Jepang di Jawa dibawah pimpinan Letnan Jenderal Kumaciki Harada berusaha meyakinkan bangsa Indonesia tantang janji Kemerdekaan.Pada tanggal 1Maret 1945 diumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau dalam bahasa Jepangnya Dokuritsu Junbi Cosakai. Maksud dan tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting berkaitan dengan
1

kemudian mulai bersidang. Ketua BPUPKI adalah dr K. Suroso sebagai kepala sekretariat dengan dibantu oleh Toyohito Masuda dan M.R.sehingga seluruhnya berjumlah 63 orang. II.Berikut pandangan dari mereka mengenai dasar negara Indonesia merdeka.G.1 Juni 1945. K.segala sesuatu yang menyangkut pembentukan negara Indonesia merdeka.Sedangkan sidang kedua berlangsung dari tanggal 19-17 Juli 1945.dan Ir. Pringgodigdo.r.Sidan BPUPKI berlangsung dua tahap yaitu sidang pertama tanggal 29 Mei .T. BPUPKI ini dilantik pada tanggal 28 Mei 1945 di gedung Cuo Sangi In yang dihadiri oleh seluruh anggota BPUPKI dan dua pembesar Jepang yakni Jenderal Itagaki dan Jenderal Yaiciro Nagano.Proses Sidang BPUPKI Setelah anggota BPUPKI dilantik.Ia dibantu 2 orang ketua muda yaitu seorang Jepang Shucokan Cirebon bernama Ichibangase R. Sidang BPUPKI I (29 Mei – 1 Juni 1945) Pada waktu sidang pertama BPUPKI Dr.BPUPKI mulai bersidang tanggal 29 Mei 1945.T.Selanjutnya.Dalam hal ini tugas BPUPKI adalah menyusun Dasar dan Konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan. Soekarno Mereka memberikan pandangannya mengenai dasar negara Indonesia merdeka.R. 2 .tampilah tiga orang pembicara.Masalah yang dimaksudnya adalah suatu rumusan calon dasar negara Indonesia yang akan dibentuk.Anggota BPUPKI ada 60 orang termasuk 4 golongan Arab serta golongan peranakan Belanda dan terdapat pula 7 orang Jepang dalam pengurus istimewa yakni tanpa hak suara.P.yaitu Muh Yamin. A.Soepomo. Radjiman Wediodinigrat mengajukan suatu maslah khusunya yang akan dibahas dalam sidang tersebut. Radjiman Wediodiningrat.

Yamin mendapat kesempatan yang pertama untuk mengemukakan pidatonya di hadapan sidang lengkap BPUPKI.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Perlu dicatat bahwa usul lima asas dasar negara yang dikemukakan oleh Muh. b.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 5.Kebangsaan persatuan Indonesia 3.Pidato Muh.Peri Kemanusiaan 3. Hal ini karena yang seharusnya menjadi dasar filsafat negara haruslah dapat menciptakan kekuatan yang bersifat kekeluargaan dan menyatu kerja sama antara yang memerintah dan 3 .Di dalam pembukaan dari rancangan UUD itu tercantum perumusan lima asas dasar negara yang berbunyi seagai berikut. Yamin secara lisan dan dikemukakan secara tertulis terdapat perbedaan.Peri Ketuhanan 4.baik perumusan kata-katanya maupun sistematikanya.Kesejahteraan Rakyat Setelah berpidato beliau menyampaikan usul tertulis mengenai rancangan UUD Republik Indonesia.Peri Kebangsaan 2.Muh.Ketuhanan Yang Maha Esa 2. 1.Pada hari itulah ia menganjurkan ide integralistik sebagai dasar negara. Supomo yang memang ahli hukum memberikan uraiannya tentang dasar negara yang seharusnya dapat digunakan jika negara Indonesia kelak merdeka pada kemudian hari.Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab 4.antara lain: 1. Yamin itu berisikan lima asas dasar untuk negara Indonesia merdeka yang diidam-idamkan itu.Peri Kerakyatan 5.Muhammad Yamin (29 Mei 1945) Pada hari pertama sidang.a.Prof Supomo (31 Mei 1945) Pada tanggal 31 Mei 1945 Prof.

Ir. Sebelum reses. 1.Pada waktu itu hanya ada saran-saran atau usulan mengenai rumusan dasar negara bagi Indonesia merdeka.Pania kecil itu berjumlah 8 orang.Pendapat Supomo ini mengacu pada ide integralistik yang didasari oleh pikiran Spinoza dan Hegel yamg mencakup asas-asas: 1.Keseimbangan lahir dan batin 4.Internasionalisme atau perikemanusiaan 3.Musyawarah 5. Soekarno mengucapkan pidatonya di hadapan sidang BPUPKI hari ketiga.Usul mengenai nama Pancasila ini kemudian diterima oleh sidang.Kebangsaan Indonesia 2.Dalam pidato itu dikemukakan/diusulkan juga lima hal untuk menjadi dasar-dasar negara merdeka.Keadilan rakyat c.Ketuhanan yang berkebudayaan Untuk lima dasar negara itu beliau usulkan pula agar diberi nama Pancasila.Dikatakannya bahwa nama ini berasal dari seorang ahli bahasa kawan beliau tetapi tidak dikatakannya siapa.terdiri dari: 4 . Sidang pertama BPUPKI berakhir tanggal 1 juni 1945.Kekeluargaan 3.diperintah.Ir.Mufakat atau demokrasi 4.Kesejahteraan Sosial 5.dibentuklah panitia kecil di bawah pimpinan Ir.Setelah itu BPUPKI mengadakan reses selama lebih dari satu bulan.yang perumusan serta sistematikanya sebagai berikut. Soekarno. Soekarno (1 Juni 1945) Pada tanggal 1 Juni 1945.Persatuan 2.Dalam sidang pertama ini tidak menghasilkan kesimpulan atau perumusan.

A.Mereka terdiri atas: 1.A. Dalam pertemuan itu pula terbentuk panitia kecil lain yang berjumlah 9 orang.mereka berhasil merumuskan maksud dan tujuan negara Indonesia merdeka.yang kemudian dikenal dengan Panitia Sembilan. Maramis 6.Ir.Sutardjo Kartohadikusumo 4.Otto Iskandardinata 7.Mr.Mr. Moh Hatta 3.Drs.Moh.Ki Bagus Hadikusumo 6.1. Ahmad Soebardjo 5. Soekarno melaporkan bahwa pada tanggal 22 Juni 1945 Panitia Kecil itu mengadakan pertemuan dengan 38 anggota BPUPKI.sebagian diantaranya menghadiri sidang Cuo Sangi In.Rumusan itu diterima secara bulat dan 5 .Hasil pertemuan itu adalah telah ditampungnya suara-suara dan usul-usul lisan anggota BPUPKI. Muh Yamin 4. Hatta 3. Soekarno 2.H.Wachid Hasyim 5.Abdulkahar Muzakkir 7. Agus Salim 9. Akhirnya. Ir.Mr.usul dan konsepsi para anggota untuk diserahkan melalui sekretariat.pada tanggal 22 Juni 1945.Muhammad Yamin Tugas mereka adalah menampung saran.Wachid Hasyim 8.Abikusno Cokrosuyoso Panitia Sembilan tersebut berkumpul menyusun rumusan dasar negara berdasarkan pemandangan umum para anggota.Ir. Soekarno 2.

Perubahan Pada Sila Pancasila Dalam sidang BPUPKI kedua.Memilih Presiden dan Wakil Presiden.Sehari setelah Proklamasi kemerdekaan.tanggal 10-17 Juli 1945.Sebelum mengesahkan Preambul. Pada intinya.Bung Hatta terlebih dahulu mengemukakan bahwa pada tanggal 17 Agustus 1945 sore hari.hasil yang dicapai adalah merumuskan rancangan Hukum Dasar.terjadi proses yang cukup panjang.Mengesahkan rancangan Hukum Dasar dengan preambulnya(pembukaannya) 2.dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya 2.PPKI mengadakan sidang.dengan acara utama 1.Muh Yamin rumusan hasil Panitia Sembilan itu diberi nama Jakarta Charter atau Piagam Jakarta Rumusan dasar negara Indonesia Merdeka berdasar Piagam Jakarta sebagai berikut.di belakang kata ’’Ketuhanan’’ yang berbunyi ’’dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya’’ 6 .Sejarah berjalan terus sampai PPKI terbentuk dan Indonesia merdeka.ada utusan dari Indonesia bagian timur yang menemuinya.Persatuan Indonesia 4.ditandatangani.Oleh Mr. 1.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia III.sesaat setelah Proklamasi Kemerdekaan.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 5.rakyat Indonesia bagian Timur mengusulkan agar pada alinea keempat preambul atau sila pertama pada pancasila. Untuk pengesahan Preambul.Kemanusiaan yang adil dan beradab 3.Ketuhanan.

Persatuan Indonesia 4.Jika tidak.dihapus. Oleh karena pendekatan yang terus-menerus dan demi persatuan dan kesatuan.antara lain kepada Ki Bagus Hadikusumo.mengingat Indonesia baru saja merdeka. Hasan.KH. Hatta disampaikan kepada sidang pleno PPKI. Wachid Hasyim dan Teuku Muh.Kemanusiaan yang adil dan beradab 3.yang baru saja diproklamasikan.maka rakyat Indonesia bagian timur lebih baikmemisahkan diri dari negara RI. Dan inilah hasil akhir dari perumusan Pancasila 1.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 7 .akhirnya tokoh-tokoh Islam itu merelakan dicoretnya ’’dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemelukpemeluknya’’di belakang kata Ketuhanan dan diganti dengan ’’Yang Maha Esa’’.khususnya kepada para anggota tokoh-tokoh Islam.Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Moh Hatta berusaha meyakinkan tokoh-tokoh Islam.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 5.Usul ini oleh Moh.demi persatuan dan kesatuan bangsa.

8 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->