Promosi merupakan teknik komunikasi yang secara penggunaannya atau penyampaiannya dengan menggunakan media seperti: pers, televisi

, radio, papan nama, poster dan lain-lain yang bertujuannya untuk menarik minat konsumen terhadap hasil produksi suatu perusahaan. Promosi sebagai media untuk menjembatani kepentingan produsen dengan konsumen.  Menurut Stanton (1996:138), mengatakan bahwa “Promosi merupakan usaha dalam bidang informasi, himbauan (persuasion = bujukan) dan komunikasi”.  Sedangkan menurut Swastha (1999:237), “Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organsasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasran”.

Promosi Penjualan terdiri dari insentif jangka panjang untuk mendorong alasan pembelanjaan atau penjualan produk atau jasa. Kalau iklan menyodorkan alasan untuk membeli suatu produk atau jasa, maka promosi penjualan menekankan alasan mengapa kita harus membeli sekarang juga. Promosi penjualan mencakup suatu variasi yang luas dari alat-alat promosi yang didesain untuk merangsang respons pasar yang lebih cepat atau yang lebih kuat.

dan nilai emosional dari produk atau jasa tersebut. Manfaat extra Manfaat lain yang bukan bagian utama dari produk atau jasa tersebut. prestise. Manfaat yang dimiliki setiap produk atau jasa dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu: Fungsi Apa yang dapat dilakukan oleh produk atau jasa tersebut. Citra Gaya. atau alasan mengapa calon pembeli harus membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Inti dari kegiatan promosi adalah manfaat. .

Mungkin pelanggan membeli produk kita jika disediakan kupon-kupon potongan harga. Tenaga penjual akan beroperasi dengan lebih giat sebagai respons atas diselenggarakannya kontes-kontes berhadiah untuk kinerja terbaik. dan produk-produk gratis. hadiahhadiah dan jaminan-jaminan. . Pengecer akan bekerja lebih keras jika diberi penawaran diskon harga. Promosi penjualan dapat diarahkan pada pengecer. jatah iklan dan display. paket harga. pelanggan dan tenaga penjualan.

terutama dalam pasar konsumen antara lain: Manajer produk menghadapi tekanan yang lebih besar untuk meningkatkan penjualan mereka dari yang sekarang. konsumen sudah lebih berorientasi kesepakatan. B. dan pengecer meminta lebih banyak kesepakatan dari pabrikan. dan promosi dipandang sebagai alat penjualan yang efektif untuk jangka pendek. promosi penjualan mencapai 75% atau lebih dari seluruh pengeluaran pemasaran. dibandingkan dengan peningkatan periklanan yang hanya sebesar 7. . kesemrawutan media. Pengeluaran promosi penjualan telah meningkat 12% per tahun.6%. Pertumbuhan Promosi Penjualan Dewasa ini. dan batasan hukum. Efisiensi iklan telah menurun karena meningkatnya harga. Semakin lama semakin banyak kompetitor yang menggunakan promosi penjualan untuk membantu mendiferensiasi penawaran mereka. pada kebanyakan perusahaan pembuat barang konsumen dalam kemasan. Akhirnya. perusahaan menghadapi kompetisi lebih keras dan merk-merk yang berkompetensi kurang terdiferensiasi. Beberapa faktor telah memberi kontribusi pada pertumbuhan yang cepat dari promosi penjualan. Secara eksternal.

atau mendapatkan wiraniaga untuk mencari langganan baru. membuat mereka membeli di muka. atau menahan dan memberi penghargaan pada konsumen yang loyal. Tujuan Promosi Penjualan Ada beberapa hal yang menjadi tujuan dari promosi penjualan. membuat pengecer mendagangkan produk baru dan memberi ruang lebih banyak untuk persediaan. memancing konsumen agar meninggalkan produk pesaing. antara lain : Promosi Konsumen Penjual bisa menggunakan promosi konsumen untuk meningkatkan penjualan jangka pendek atau untuk membangun pangsa pasar jangka panjang. Promosi Dagang Tujuan promosi dagang mencakup. . Armada Penjualan Tujuannya meliputi mendapatkan lebih banyak dukungan. C. atau untuk membuat konsumen meninggalkan produk yang sudah matang. Tujuannya adalah untuk menarik konsumen agar mau mencoba produk baru. armada penjualan untuk produk sekarang atau produk baru.

Dengan memperkenalkan penggunan baru/tambahan untuk produk yang sudah ada melalui promosi penjualan. produk harus memberikan manfaat yang dijanjikan kepada konsumen. Guna memberikan efek jangka panjang. . dan ini akan membangun pola belanja konsumen atas produk itu. Bila produknya memberikan keuntungan yang dijanjikan. D. Keberhasilanya tergantung produknya. Membangun pola belanja konsumen Dengan cara membujuk para pembeli pertama untuk membeli ulang. pemakaian sering kali dapat ditingkatkan. antara lain : Meluncurkan produk baru Teknik promosi penjualan dengan pemberian insentif jangka pendeknya dapat digunakan untuk membantu peluncuran produk baru atau formula baru dari produk yang telah ada. Tugas Pokok Promosi Penjualan Ada lima tugas pokok promosi penjualan. Jika tidak pembelian ulang tak akan terjadi. Meningkatkan pemakaian suatu produk. promosi penjualan dapat membantu terjadinya pembelian ulang.

 Menetralisir kegiatan promosi pesaing Promosi penjualan seringkali digunakan untuk mengimbangi kegiatan pesaing. khususnya mereka yang menggunakan media kampanye yang efektif. Tujuanya adalah untuk memelihara konsumen yang ada sekarang. Meningkatkan penjualan produk pengiring(Companion produk) Promosi penjualan tidak saja dapat menaikan penjualan suatu produk. . Perusahaan market leader yang berkepentingan melindungi marek sharenya terhadap serangan dari luar sering menggunakn promosi penjualan dengan cara ini. tapi dapat juga mempengaruhi peningkatan penjualan produk pengiringnya.

Ada sampel yang diberikan cuma-cuma. Memberikan sampel merupakan cara yang yang paling efektif sekaligus juga paling mahal untuk memperkenalkan produk baru. Sampel dapat dibagikan langsung ke rumah-rumah. Paket Harga (Price Pack) Pengurangan harga yang dicantumkan oleh produsen langsung pada label atau kemasan. dibagikan di toko. Kupon dapat meningkatkan penjualan merk yang sudah matang atau mempromosikan percobaan awal suatu merk baru. atau ditempelkan pada iklan. Alat-alat Promosi Penjualan Alat Promosi Konsumen Sampel Sejumlah kecil produk yang ditawarkan kepada konsumen untuk dicoba. Kupon Sertifikat yang memberi pembeli potongan harga untuk pembelian produk tertentu. Paket harga menawarkan harga produk tertentu lebih murah kepada konsumen. Hadiah kadang-kadang juga dikirimkan untuk konsumen yang memberikan bukti pembelian. digabungkan dengan produk lain. E. Hadiah (Premium) Barang yang ditawarkan gratis atau dengan harga sangat miring sebagai insentif untuk membeli suatu produk. tetapi ada juga yang dijual dengan harga pengganti ongkos. Tawaran Pengembalian Uang (Rabat) Tawaran untuk mengembalikan sebagian uang pembelian suatu prosuk kepada konsumen yang mengirimkan “bukti pengembalian” ke perusahaan manufaktur. dikirimkan via pos . .

barang ini diberikan sebagai hadiah kepada konsumen. . Kontes. Penghargaan Atas Kesetiaan (Patronage Reward) Uang tunai atau hadiah lain yang sitawarkan bagi penggunaan suatu produk atau jasa perusahaan secara regular. entah dengan keberuntungan atau dengan usaha ekstra. uang tunai. dengan cetakan nama pemasangan iklan di situ. Barang Promosi (Advertising Specialties) Pernik-pernik yang bermanfaat. perjalanan. dan Permain an Kegiatan promosi yang memberikan konsumen peluang untuk memenangkan sesuatu. atau barang. Undian. Promosi Point Of Purchase Display atau peragaan yang bberlangsung di tempat pembayaran atau penjualan.

atau untuk memberi pengurangan harga bagi pelanggan mereka. Keringanan Uang promosi yang dibayarkan perusahaan kepada pengecer sebagai imbalan atas persetujuannya untuk menampilkan produk pabrik dalam suatu cara. Keringanan display mengompensasi mereka untuk menggunakan display istimewa. Alat Promosi Dagang Diskon Pengurangan langsung dari harga barang pada pembelian selama suatu periode waktu yang dinyatakan. Agen dapat menggunakan diskon itu demi mendapatkan laba secara langsung untuk iklan. Barang Gratis Barang dagangan ekstra yang ditawarkan kepada para perantara yang membeli sejumlah atau yang menampilkan suatu rasa atau ukuran tertentu. . Pengurangan tersebut mendorong pengedar untuk membeli dalam jumlah besar atau menjual produk tertentu. Keringanan periklanan mengompensasi pengecer untuk mengiklankan produk.

menghargai pelanggan. . Perusahaan yang menjual pada industri mempertontonkan produk mereka pada pameran dagang. Alat Promosi Bisnis Promosi bisnis ini digunakan untuk menghasilkan prospek bisnis. Alat promosi bisnis yang digunakan adalah konvensi dan pameran dagang. Banyak perusahaan dan rekanan dagangan mengorganisir konvensi dan pameran dagang untuk mempromosikan produk mereka. serta kontes penjualan. Pameran dagang juga membantu perusahaan mencapai banyak prospek yang tidak dicapai oleh armada penjualan mereka. menstimulasi pembelian. dan memotivasi wiraniaga.

insentif lebih besar akan menghasilkan respons penjualan lebih besar . antara lain : Besar insentif Pemasar harus memutuskan besar insentif. Mengembangkan Program Promosi Penjualan Pemasar harus mengambil beberapa keputusan untuk menetapkan program promosi penjualan lengkap. F. Insentif minimum tertentu diperlukan bila promosi diharapkan sukses.

Semakin lama semakin banyak pemasar membaurkan beberapa media ke dalam konsep kampanye total. Bila promosi berlangsung terlalu lama. seperti nilai insentif. Promosi dan pendistribusian promosi Setiap metode distribusi mencakup tingkat jangkauan dan biaya yang berbeda. . dan setelah promosi. selama. Evaluasi Metode evaluasi paling umum adalah membandingkan penjualan sebelum. Promosi penjualan dapat juga dievaluasi lewat percobaan yang mengubah beberapa faktor. Lama promosi Bila periode promosi penjualan terlalu pendek. dan metode distribusi. banyak calon akankehilangan kesempatan. lama pemberian. transaksi akan kehilangan kekuatan yang mempengaruhi konsumen melakukan aksi “beli sekarang”.

dan bagaimana promosi memengaruhi pola pembelian mereka. Survei Survei dapat memberikan informasi mengenai berapa banyak konsumen yang dapat mengingat promosi. apa pendapat mereka mengenainya. .

Show Show yaitu suatu bentuk dari elemen bauran promosi yang menggunakan alat show sebagai salah satu alat promosinya. Cara – Cara Promosi Penjualan Adapun beberapa cara–cara dalam promosi penjulan yang biasa digunakan oleh perusahaan adalah sebagai berikut: Display Display yaitu keinginan membeli sesuatu. . yang tidak di dorong oleh seseorang. tetapi di dorong oleh daya tarik atau oleh penglihatan ataupun oleh perasaan lainnya. G. biasanya exposition diadakan selang beberapa tahun dimana perusahaan berkaliber internasional turut serta untuk memajukan produk baru mereka. Exposition Exposition merupakan suatu alat yang ampuh untuk tingkat internasional.

Trading Stamp Cap dagang yang diberikan pada bon penjualan. Packaging Para konsumen menilai terhadap suatu barang lebih baik dari barang lainnya hanya dengan melihat kemasan luarnya saja atau melihat pembungkusnya saja walaupun isi dan kualitasnya sama. Demonstrasi Demonstrasi adalah kegiatan yang diperlihatkan pada khalayak ramai yang bertujuan untuk membentuk konsumen. . biasanya memperlihatkan pemakaian produk tersebut. cap disimpan oleh para pelanggan dan bila mereka sudah mengumpulkan dalam jumlah tertentu mereka akan mendapat premium dan mungkin dalam bentuk uang atau barang.

warna. Labeling Merupakan suatu keterangan atau ciri dari suatu produk. Grade Labeling adalah mencantumkan keterangan tentang ciri barang. Descriptive labeling adalah penempatan keterangan – keterangan secara terinci. misalnya unsur analisis kimia. ukuran. persentasi campuran. Biasanya barang – barang yang ditawarkan dalam spesialis ini mengalami penurunan harga dan umumnya konsumen mengharapkan Price reduction itu. tetapi dapat juga departemen tertentu dari toko itu. . pengguna produk dan sebagainya. Special Sales Spesialis sales ini dapat dilakukan untuk semua barang – barang yang dijual dalam suatu toko.

. Promosi penjualan menghasilkan respons-respons yang lebih cepat dan terukur dalam penjualan daripada yang dapat dilakukan oleh iklan.Promosi penjualan adalah suatu usaha yang terdiri dari insentif jangka panjang dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga terdorong untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.