KOMPETENSI DASAR Menggunakan gerak-gerik, mimik, dan intonasi sesuai watak tokoh dalam pementasan drama

.Seorang pemain drama harus menguasai beberapa teknik pementasan agar betul-betul menjiwai perannya.

Intonasi (naik/turun. tinggi/rendah) . Artikulasi (pelafalan) c. Tempo (cepat/lambat) d. Volume (keras/lemah) b.VOKAL a.

kening. mata. dll) . mulut. bibir.MIMIK Ekspresi wajah (alis.

GESTURE Gerakan anggota tubuh untuk mengekspresikan adegan .

Tidak boleh terpaku hanya pada satu posisi saja .BLOCKING Penempatan posisi seorang pemain drama di atas panggung Prinsip : .Tidak boleh membelakangi penonton. .

PANGGUNG pasif netral aktif .

anda sempat ragu untuk membuka amplop tersebut. . Anda dinyatakan TIDAK LULUS. Namun Anda tetap berusaha tegar menerima kenyataan tersebut. Awalnya.SITUASI 1 Anda adalah seorang pelajar SMA yang sedang memegang amplop pengumuman kelulusan. Dan ternyata setelah dibuka. Inti dari adegan ini adalah Anda meluapkan kesedihan dan (mungkin) kemarahan Anda setelah mengetahui Anda tidak lulus. akhirnya Anda memutuskan untuk membuka amplop tersebut. Namun.

Inti adegan ini adalah Anda berusaha untuk tetap sabar memberikan pelajaran di tengah hiruk-pikuk siswa TK yang asyik dengan tingkahnya masing-masing.SITUASI 2 Anda berperan sebagai seorang guru TK (taman kanak-kanak) yang tengah mengajar di dalam ruang kelas. . Anda tentu bisa membayangkan bagaimana situasi di dalam ruang kelas TK. tentunya ramai dan hampir tak terkendali.

Pada suatu hari Anda menagih hutang dari seorang janda tua miskin yang sudah lama tidak melunasi hutangnya. Inti adegan adalah Anda berusaha mengusir janda tua tersebut dari rumahnya sebagai ganti pembayaran hutangnya.SITUASI 3 Anda berperan sebagai seorang rentenir/lintah darat yang tidak punya perasaan. .

Baiklah. bismilillahirrahmanirrahiim (membuka amplop itu dan melihat kertas pengumuman di dalamnya). Andi : (Bimbang) Buka nggak ya …? (berhenti dan terdiam) Buka enggak ya …? Andi : Sebenarnya aku penasaran dengan isi pengumuman itu. Tidaaaaaakkkkkk ! Andi : . Amplop itu berisi pengumuman kelulusannya. (sambil meremas amplop tersebut) (Termenung) Tapi cepat atau lambat. … Tapi sejujurnya aku belum siap menghadapi kemungkinan yang terburuk. Andi sedang berjalan mondar-mandir sambil memegang sebuah amplop. amplop itu tetap harus kubuka. Di kamar tersebut.Contoh Naskah Monolog Panggung menggambarkan sebuah kamar. Nggak mungkin … ini mustahil.

SELAMAT MENCOBA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful