PROGRAM TAHUNAN DAN PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN: IPA KELAS: IV SD. NO.

1 SAMBANGAN

PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : IPA Kelas : IV NO SEMESTER 1 I 1. 1.1 1.2 1.3 UH. 1 1.4 2 I 2. 2.1 2.2 2.3 2.4 3. 3.1 3.2 4. 4.1

SK/KD Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaanya. Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya. Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh. Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya. Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya. Menyebutkan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya. Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya. Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya. Menjelaskan hubungan antara bunga dan fungsinya.

ALOKASI WAKTU 3X 1X 2X 1X 1X 1X 1X 2X 1X 2X 2X 1X 2X 2X

KETERANGAN

UH. 2 3 I UH. 3 I

4

Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Mengidenifikasi jenis-jenis makanan hewan. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Memahami daur hidup beragam henis makhluk hidup. Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis hewan di lingkungan sekitar mis: kecoak, kucing, ayam, kupu-kupu. 4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan misalnya: kucing, ayam, ikan. 5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidung dengan lingkungannya. 5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan makan dimakan antara makhluk hidup (rantai makanan). 5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan.

5

I

PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : IPA Kelas : IV 6 I 6.

UH. 5 7 II

Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai penggunaan benda berdasarkan sifatnya. 6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu. 6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair -> padat -> cair, cair -> gas -> cair, padat -> gas. 6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya. 7. Memahami gaya dapat mengubah arah gerak dan/atau bentuk suatu benda. 7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (tarikan dan dorongan) dapat mengubah gerak suatu benda. 7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (tarikan dan dorongan) dapat mengubah bentuk suatu benda. 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. 8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya. 8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya. 8.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan adanya perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya: roket kertas, baling-baling, pesawat kertas, parasut. 8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik. 9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit. 9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan daratan yang disebabkan oleh air dan hujan. 9.2 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi. 9.3 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari. 10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan. 10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan fisik (angin, air, cahaya, matahari dan gelombang laut) 10.2 Menjelaskan pengaruh erosi, banjir, longsor, abrasi bagi lingkungan.

1X 1X 2X 26 2 x 2 x 35 menit 3 x 2 x 35 menit

8

II

3 x 2 x 35 menit 1 x 2 x 35 menit 2 x 2 x 35 menit 1 x 2 x 35 menit 4 x 2 x 35 menit 1 x 2 x 35 menit 2 x 2 x 35 menit 2 x 2 x 35 menit 2 x 2 x 35 menit

9

II

10

II

A. 19621012 198304 2 011 .2 – 2011 Mengetahui. Bintang Mahaeni. teknologi dan masyarakat.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan. 19660403 198703 2 011 Putu Astini.4 Mendeskripsikan cara menanggulagi terjadinya erosi. 11. dan lonsor) 10. 1 Sambangan Guru Bidang Studi.SD NIP. 11. S. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.Pd.A. abrasi.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan. A. 11. 3 x 2 x 35 menit 2 x 2 x 35 menit 2 x 2 x 35 menit 2 x 2 x 35 menit 2 x 2 x 35 menit 11 II Sambangan. abrasi.3 Mendiskusikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi. banjir. dan longsor. banjir. 24 .Pd NIP.PROGRAM TAHUNAN Mata Pelajaran : IPA Kelas : IV 10. S. Kepala SD No.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan. 11.

Mendeskripsikan hubungan antara hubungan antara struktur organ tubuh struktur kerangka tubuh manusia dengan manusia dengan fungsinya. Memelihara keseharan rangka 1. Fungsi rangka.Rangka menguatkan dan menegakkan tubuh .Rangka melindungi bagian tubuh penting c. serta fungsinya. Rangka manusia.Rangka anggota gerak badan terdiri dari:  Rangka tangan 6 tulang  Rangka kaki 8 tulang .Rangka kepala (tengkorak) 8 tulang . IX Juli 2011 X . . Penyakit yang menyerang rangka. fungsi dan pemeliharannya. .PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 STANDAR NO KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI 1 1.Rangka badan 22 tulang . Bagian-bagia rangka yaitu: .Osteoporosis (tulang keropos) . Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh.Rangka sendi terdiri dari:  Sendi Engsel  Sendi Pelana  Sendi Peluru  Sendi Putar  Sendi Geser (Rata) b. I.Rangka menentukan bentuk tubuh . Mengenal rangka manusia a. Memahami 1. pemeliharaannya. MATERI POKOK URAIAN MATERI A.Rangka merupakn tempat melekatnya otot .2.TBC tulang (tulang lemah dan bernanah) ALOKASI BULAN WAKTU PELAKSANAAN 3X Juli 2011 1 MINGGU KE 2 3 4 X X 5 KET X 1.1.

Usahakan agar punggung dalam posisi tegak ketika mengangkat beban dari lantai. dan perawatan alat indera. Mendeskripsikan hubungan antara sruktur panca indera B. . kalsium.Usahakan duduk dan berdiri selalu dalam posisi tegak. Bersikap tubuh yang benar. fungsi. Makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang adalah makanan yang mengandung vit. dan fosfor. 1. lekuk lutut bukan punggung. Memakan makanan bergizi dan berolahraga teratur. D.Lordosis yaitu tulang punggung terlalu bengkok ke depan.l. . . .Kifosis yaitu tulang belakan terlalu bengkok ke belakang.Skoliosis yaitu tulang punggung yang terlalu bengkok ke kiri atau ke kanan 3.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 .Usahakan tangan kanan dan kiri membawa beban yang beratnya sama. 1. Bagian-bagian. Beberapa gangguan pada tulang belakang a. . . Mengenal alat indera manusia. 2X Agustus 2011 X X .3.Rematik (nyeri pada persendian) 2.

Mata (Indera Penglihat)  Bagian-bagian mata. dan otot mata. .Bagian yang melindungi mata: alis mata. o Retina (selaput jala) letaknya paling belakang berfungsi menerima cahaya yang masuk. o Kornea (selaput bening) meneruskan cahaya yang masuk ke mata. a. o Iris (selaput pelangi) dan pupil (anak mata) warna iris memberi wana pada mata. o Badan bening terletak dibelakang lensa. o Lensa mata terletak dibelakang pupil untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata dan meneruskan cahaya yang masuk agar tepat jatuh pada retina. Kemampuan mata mencekung atau mencembung disebut daya akomodasi. Di retina terdapat ujung- . bulu mata. kelenjar mata air mata.Bagian yang erat kaitannya dengan fungsi penglihatan. .PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 dengan fungsinya. kelopak mata. bentuknya seperti agar-agar berfungsi meneruskan cahaya yang melewati lensa ke selaput jala. Iris bekerja sama dengan pupil mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata.

1. o Saraf mata berfungsi meneruskan rangsang cahaya ke otak. . .Miopi (rabun jauh) dapat diatasi dengan kacamata berlensa cekung. ada yang tidak. Kemampuan bagian-bagian mata juga dapat berbeda yaitu ada yang mampu melihat jauh. kelainan dan penyakit yang dapat menyerang mata a.4.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 ujung saraf penerima. Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera. Kemampuan mata setiap orang untuk melihat dapat berbeda. Ujungujung saraf penerima yang ada di retina meneruskan ke otak. diarahkan oleh lensa mata sehingga bayangan benda jatuh ke retina. Tanpa cahaya mata tidak dapat menjalankan fungsinya.  Kepekaan mata terhadap rangsangan.l.  Cara kerja mata Mata bekerja saat menerima cahaya.  Memelihara kesehata mata. Ada yang kuat melihat pada remang-remang.Hipermetropi (rabun dekat) dapat diatasi dengan kacamata berlensa cembung (plus) . ada yang kuat melihat pada cahaya yang kuat. Cahaya masuk melalui pupil.Presbiopi (mata tua) dapat diatasi dengan 1X .

. b.Telinga luar terdiri dari daun telinga. 2. . . 3. dan saluran telinga luar. 4.Buta warna. sanggurdi). Makan makanan yang vitamin A.tulang-tulang pendengaran (tulang martil.Mata merah karena kemasukan benda asing. .Katarak menyerang orang lanjut usia. Mata tidak mampu membedakan warna. Pada buta warna total hanya mampu melihat warna putih dan hitam. Membiasakan membaca buku dengan jarak 30 cm dan penerangan yang cukup.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 kacamata berlensa ganda. Menjaga kebersihan mata sehingga tidak kemasukan kotoran. Telinga (Indera Pendengar)  Bagian-bagian telinga. Mata tampak diselimuti lapisan putih. dan .Telinga tengah terdiri dari selaput pendengaran (gendang telinga). . . lubang telinga. Segera periksa ke dokter jika mata mulai tidak mampu melihat dengan baik. Kelainan dan penyakit mata dapat dicegah dengan: 1. landasan.Rabun senja: tidak mampu melihat senja hari karena kurang makan bervitamin A. sifatnya sementara.

Keuarnya cairan berbau busuk disebut penyakit congek. Daun telinga berfungsi sebagai corong untuk mengumpulkan getaran bunyi dan masuk melalui lubang telinga menuju ke gendang telinga sehingga ikut brgetar. Bisul dalam elinga rasa nyerinya sangat luar biasa. dan saraf pendengaran.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 saluran Eustachius. sakulus dan utrikulus.  Cara kerja telinga. rumah sifut. Getaran cairan limfa merangsang ujung-ujung saraf. . .Telinga dalam terdiri dari tiga saluran setengah lingkaran. Ujungujung saraf menyampaikan rangsang bunyi ke otak akhirnya kita dapat mendengar bunyi.Tuli dapat dibantu dengan alat bantu dengar.Bisul atau luka akibat infeksi karena kebiasaan buruk mengorek telinga. Untuk menghindar dari penyakit sebaiknya: . Getarannya menggetarkan tulang-tulang pendengaran. Kemampuan setiap orang untuk mendengarkan bunyi berbeda-beda. . Dengan pengobaan intensif penyakit ini dapat disembuhkan.  Kepekaan telinga terhadap rangsang. . tingkap jorong dan rumah sifut.  Memelihara kesehatan telinga.

Penyakit ini dapat dicegah dengan . Penyakit yang menyerang lidah adalah sariawan. . Rangsangan tersebut dilanjutkan ke otak.Permukaan lidah kasar karena ada bintil-bintil yang disebut Papila.Lidah juga sebagai alat bicara dan pengatur letak makanan.Lidah merupakan otot tebal. c. Jika sering berdering segera dibawa ke dokter. 3. Kepekaan lidah setiap orang berbeda-beda. Kebersihan dijaga dengan teratur.Pada pangkal lidah terdapat kelenjar limfa.  Cara kerja lidah: .PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 1.  Kepekaan lidah terhadap rangsang. Lidah (Indera Pengecap)  Bagian-bagiannya: .Pada bintil-bintil lidah terdapat saraf pengecap. Menghindari bunyi yang keras. . .  Merawat Kesehatan Lidah.Permukaannya berlapiskan selaput yang berlendir.Makanan/minuman yang masuk ke mulut memberi rangsangan ke ujung-ujung saraf pengecap. . 2. .

.  Perawatan Kesehatan Bau. d.Hindari makanan yang terlalu panas atau dingin. 2. Bau dicium masuk ke rongga hidung dan menimbulkan rangsangan dan diterima oleh ujung-ujung saraf pembau diteruskan ke otak. 4. Bau harum. . 5. Bau busuk.  Kepekaan hidung terhadap bau setiap orang memiliki kepekaan membau yang berbedabeda. Bau agak tajak.Bagian hidung yang sangat sensitif terhadap bau terdapat pada bagian atas (di dalam) ronggal hidung.Rongga hidung bagian depan terdapat rambut halus dan selaput lendir yang berguna untuk menyaring udara.Gunakan sikat gigi yang bersih dan lembut. Lidah dapat dirawat dengan cara: .PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 mengonsumsi vit. Hidung (Indera Pembau)  Bagian-bagian Hidung. Bau sumpek atau membius. .  Cara kerja hidung. C. . Bau agak asam. Otak dapat membedakan 5 macam bau yaitu: 1. 3.

Lapisan dalam tersusun dari jaringan lemak.Segeralah ke dokter jika pilek lebih dari satu minggu. pembuluh darah. Kulit (Indera Peraba)  Bagian-bagian kulit.Terjadinya penyumbatan rongga hidung kerena pilek. . kelenjar minyak. e. Anosmia diakibatkan oleh: .Gangguan pada urat saraf indera pembau. saluran keringat. .Kulit terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan luar (epidermis) dan lapisan dalam (dermis).Kulit ari terdiri dari sel-sel mati yang selalu mengelupas kemudian diganti sel-sel di bawahnya.Hidung harus dibersihkan setiap hari. atau pembengkakan kelenjar polip.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 Ketidakmampuan hidung mencium bau dinamakan ANOSMIA. . Lapisan malphigi tersusun dari sel-sel aktif membelah diri yang terluar mati dan menggantikan sel kulit ari yang mengelupas.Laposan luar tersusun dari 2 lapisan. . . . dan saraf pernerima . . kelenjar keringat. yaitu kulit ari dan lapisan malpighi. Kulit ari berfungsi mencegah masuknnya bakteri dan menguapnya air dari dalam tubuh.

Beberapa penyakit dapat menyerang kulit seperti: .  Memelihara kesehata n kulit. .Jerawat dapat dicegah dengan membersihkan kulit dengan teratur. Struktur akar  Bagian-bagian akar yaitu: 1X Agustus 2011 X . Bagian-bagian tumbuhan. mandi 2 kali sehari.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 rangsang yang disebut RESEPTOR. 1.  Cara kerja kulit Sentuhan dari luar menghasilkan rangsang dan diterima Reseptor kemudian diteruskan ke otak sehingga kita dapat meraba suatu benda. 2. cuci kaki dan tangan sebelum tidur. daun bunga.Panu disebabkan oleh jamur dicegah dengan menjaga kebersihan pakaian. C.  Kepekaan kulit terhadap rangsangan berguna untuk membedakan kehalusan kain sutra asli dengan yang lainnya. Struktur tumbuhan  Bagian-bagian tumbuhan yaitu akar. E.1 Menyebutkan hubungan antara struktur tumbuhan dengan fungsinya. baang. makan makanan yang mengandung vit. Memahami hubungan antara struktur baian tumbuhan dengan fungsinya. . 2. buah dan biji.Kadas ditimbulkan oleh jamur dan gatal. 2 2.

Batang basah (bayam) 2.Akar serabut dimiliki tumbuhan berbjiji satu dan akar tunggang dimiliki tumbuhan biji berkeping dua. Akar nafas .Ada 2 jenis akar yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar gantung 3. penopang dan penyimpan cadangan makanan pada tumbuhan. Batang. 4. 3. 1X Agustus 2011 X 2.Rambut akar penyerap .Ada beberapa macam tumbuhan yang memilii akar khusus mis: 1. Akar tunjang 4. Batang berkayu (berkambium) 3.3 Menjelaskan hubungan antara struktu daun tumbuhan dengan . .Tudung akar menembus tanah .PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 .Bentuk daun bermacam-macam yang dipengaruhi oleh tulang daun seperti: menyirip.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan kegunaannya. Batang tumbuhan digolongkan menjadi 3 jenis yaitu: 1. Akar pelekat 2. . 2. Batang rumput (beruas-ruas) .Batang berguna sebagai pengangkut. Daun.

Tangkai bunga 2. tangkai. menjari. . Daun tunggal. Benang sari 6.Kegunaan daun adalah sebagai tempat pemasakan makanan. dan helai daun. . dau sebagai alat pernafasan. 1. Putik . 6.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dan fungsinya.Daun yang lengkap hendaknya memiliki pelepah. Daun majemuk . Mahkota 5. . daging. Bunga . melengkung.Ada dua jenis daun berdasarkan jumlah helainya pada tangkai daun. Dasar bunga 3.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 fungsinya. 5.Struktur buah terdiri dari tangkai. 2. 2. Buah dan Biji .Kegunaan bunga sebagai hiasan tumbuhan dan tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan. daun sebagai tempat berlangsungnya proses penguapan. kulit.Struktur bunga yaitu: 1. dan sejajar. Kelopak 4. dan biji.

. 1X September 2011 X 3.Kegunaan buah dan biji yaitu: buah melindungi biji yang merupakan bakal tumbuhan baru.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 . dan pemakan segala.Omnivora (pemakan tumbuhan dan hewan) E. daging. Menggolongkan hewan sesuai dengan makanannya yaitu: .Herbivora (pemakan tumbuhan) . gigi taring yang kokoh dan sangat tajam. 3. 2. Ciri-ciri hewan pemakan tumbuhan. 2X September 2011 X X . Jenis makanan hewan dapat berupa tumbuhan dan hewan. 1.Omnivora: selain makan biji.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Jenis Makanan Hewan.Karnivora (pemakan daging) .Pemakan tumbuhan: giginya tidak bertaring tajam. . Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makannya. Berbagai jenis makanan hewan. 3 3.Karnivora: memiliki kuku. D. Penggolongan Hewan (2) F. .1 Mengidentifikasikan jenis-jenis hewan. daun-daunan juga makan cacing tanah.

Cara Merawat dan Memelihara Hewan Peliharaan.1 Mendeskripsikan daur hidup beragam jenis hiduo beberapa jenis makhluk hidup hewan di lingkungan sekitar. Memahami daur 4.Daur hidup hewan tanpa metamorfosis tidak mengakibatkan perubahan bentuk yang sangat erbeda pada hewan misalnya lipas (kecoak) dan belalang. Daur Hidup Hewan 1. 1. Cara memelihara hewan yang benar: . ayam dan ikan.Tanpa metamorfosis (ayam) . .Memberi makanan yang sehat. . 1X Oktober 2011 X X . nyamuk dan katak.Daur hidup hewan dengan metamorfosis dialami hewan yang saan lahir berbeda sekali bentuknya dengan hewan dewasa mis: kupukupu. ayam.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 4 4.Menjaga kebersihan tubuh hewan . mis: kecoa. 2X September 2011 X X 4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan misalnya: kucing. . H.Membuat kandang hewan Hewan peliharaan perlu dirawat agar dapat hidup sehat.Dengan metamorfosis di bedakan menjadi 2 yaitu: a. kupukupu G. Berdasarkan ada tidaknya proses metamorfosis daur hidup hewan dibedakan menjadi 2 yaitu: . kucing. lalat. Metamorfosis sempurna (lengkap) b. Metaorfosis tidak sempurna.

air. yang lain tidak rugi dan tidak untung)  Simbiosis parasitisme (yang satu untung. Saling Ketergantungan Antara Makhluk Hidup. Rantai makanan tersusun dari produsen (penghasil) dan konsumen (pemakai) J. makan (rantai makanan) antara makhluk hidup.Membentuk rantai makanan. . yang satu rugi) .1 Mengidentifikasi hubungan sesama beberapa jenis makhluk hidup dan hubungan khas antara makhluk (simbiosis) dan hidup dengan hubungan makan di lingkungannya. Memahami 5. Hubungah antara makhluk hidup denga makhluk hidup lain.2 Mendeskripsikan hubungan makhluk hidup dengan lingkungan 2X Oktober 2011 X X . Pencemaran (dapat merusak tanah.Menghasilkan jenis-jenis hubungan erat yang khas yaitu:  Sismbiosis mutualisme (saling menguntungkan)  Simbiosis komensalisme (yang satu untung. I. 1. Pengaruh Perubahan Lingkungan Setiap perubahan lingkungan akan berpengaruh terhadap berlangsungnya kehidupan. Berbagai hal menyebabkan berubah mis: 1.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 5 5. Penebangan dan kebakaran hutan (pepohonan dihutan melindungi permukaan bumi dari banjir dan tanah longsor) 2X Oktober 2011 X X 5. dan udara) 2.

. Perubahan wujud padat menjadi cair (es 1X Oktober 2011 X 6. Sifat-sifat benda padat. 6. 3.Bentuk benda pada dapat di ubah dengan perlakuaan tertentu. tidak mengikuti bentuk wadahnya. dan gas memiliki sifat tertentu. dan kebakaran hutan merusak kelestarian lingkungan. 6 6. Sifat-sifat benda gas. penebangan. cair. padat -> gas 1X Oktober 2011 X .Benda cair meresap melalui celah-celah kecil.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 Pencemaran. 2. . mengisi seluruh ruangan.Benuk benda cair tidak tetap. selalu mengikuti bentuk wadahnya. . Perubahan wujud benda cair menjadi padat (air yang di bekukan) disebut membeku 2. K.bentuk benda gas tidak tetap. . .Benda cair mengalir ke tempat yang rendah. .Benda cair mengalir ke segala arah .Bentuk benda padat tetap. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya.Bentuk permukaan benda car yang tenang selalu mendatar.  Perubahan wujud benda 1. Cair.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair -> padat -> cair. Benda Padat.1 Mengidentifikasikan wujud benda padat. Sifat benda cair .Benda gas menekan ke segala arah. dan Gas 1. . cair -> gas -> cair.

sofa. untuk ngepel. 3. berguna untuk baju. kapuk. Perubahan wujud benda padat menjadi benda gas (kamper atau kapur barus yang diletakkan di udara bebas/terbuka lamakelamaan habis karena berubah menjadi gas) disebut menyublim. Contoh lain es kering. dan gelas (kaca) berguna untuk membuat payung dan jas hujan. Bahan dak kuat dan keras antara lain: besi. 5. November 2011 X X . dan kertas berguna untuk: membuat pakaian. Perubahan wujud benda cair menjadi benda gas (air yang dipanaskan akan menguap disebut menguap. sampul buku. 6. tanah liat yang dibakar. sutera. 2X 1. untuk baju olahraga. digunakan sebagai alat masak. kaus. 3. Bahan yang lembut dan lentur antara lain: kain katun. Sifat bahan dan kegunaannya. Bahan yang menyerap air antara lain: kain katun. bahan dasarnya karbon dioksida. kasur.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya L. kain pel. 4. Bahan yang tahan api antara lain: logam dan serat asbes.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 yang dibiarkan di udara bebas) disebut mencair. busa. 4. 2. Benda yang tidak tembus air antara lain plastik.

Bahan yang tembus pandang andalah kaca. 1 Sambangan Guru Bidang Studi. Karena sifatnya yang tembus pandang. 6. A. S. Bintang Mahaeni. Bahan yang keras dan lentur antara lain: karet dan per logam berguna untuk ban mobil. Gelas (kaca) digunakan untuk membuat kaca jendela rumah dan mobil. umah menjadi terang disiang hari.A. 19 . Sambangan. gunting.Pd.A.7 – 2011 Mengetahui.SD NIP.Pd NIP. 19621012 198304 2 011 . Kepala SD No. dan kayu berguna untuk berbagai furnitur (mebel) sebagai pemotong seperti pisau. 7.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/I TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 batu. 19660403 198703 2 011 Putu Astini. gergaji. pring bed. S.

Gaya daat mengubah/mangakibatkan benda bergerak menjadi bergerak diam. . maka makin besar perubahan benda yang dapat terjadi. 2. Gaya mengakibatkan benda bergerak cepat menjadi bergerak makin lambat. gaya gesekan. Makin besar gaya yang bekerja pada benda. Mamahami gaya 7.Gaya adalah tarikan atau dorongan. 3. 5.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 NO STANDAR KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI 1 7. dapat mengubah gerak suatu benda) MATERI POKOK URAIAN MATERI Gaya .1 Mengumpulkan hasil dapat mengubah percobaan bahwa gaya gerak dan/atau (dorongan dan tarikan bentuk suatu benda. 4. gaya otot.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (tarikan dan dorongan) dapat mengubah bentuk suatu benda. ALOKASI BULAN WAKTU PELAKSANAAN 2 x 2 x 35 Desember menit 1 MINGGU KE 2 3 4 KET 5 √ 7. Gaya ada bermacam-macam yaitu: gaya pegas.Gaya dapat berpengaruh terhadap gerak benda yaitu: 1. Gaya mengakibatkan benda diam menjadi bergerak. gaya gravitasi (tarik bumi). Pengaruh Gaya Terhadap Bentuk Benda 2 x 2 x 35 . Gaya dapat mengakibatkan benda bergerak menjadi lebih cepat. Gaya dapat mengakibatkan benda bergerak berubah arah. Penerapan Gaya Dapat Mempengaruhi Desember √ . gaya magnet.Berbagai kegiatan sehari-hari menunjukkan menit bahwa bentuk benda dapat berubah saat mendapat gaya.

PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 Bentuk Benda . 2. 1. Contoh: matahari.Dalam sehari-hari banyak kegiatan atau kejadia yang berhubungan dengan sifat gaya mempengaruhi bentuk benda contoh membuat adonan kue. angin laut B. Semua getaran benda yang dapat menhasilkan 1 x 2 x 35 menit Januari √ 2 x 2 x 35 menit Januari √ . b. Macam-macam perpindahan panas. c. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari 8. Contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari. tetapi pengaruhnya dapat dirasakan. a. memasak sayur. 2 8. angin darat. dll. Konduksi yakni perpindahan panas melalui zat perntara. Energi Pans (Kalor) . . Energi Bunyi Bunyi terjadi apabila ada benda yang bergeta. 3.Saat merebus air. A. Konveksi yakni perpindahan panas secara aliran.Energi tidak dapat dilihat. Radiasi yakni perpindahan panas secara pancaran langsung.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifatsifatnya. Sumber energi panas adalah semua benda yang dapat menghasilkan panas.

minyak tanah.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya. Energi Alternatif Sumber energi yang sering digunakan manusia dari dahulu berasal dari fosil misalnya: bensi. Hewan yang bisa mendengar misalnya jangkrik. batu bara dll yang keberadaannya semakin terbatas karena digunakan terus menerus sedangkan terbentuknya kembali sumber energi tersebut memerlukan waktu berjuta-juta tahun. Untuk menanggulangi kebutuhan akan energi.000 getaran diap detik. Berbagai sumber energi alternatif yaitu matahari. Bunyi ultrasonik: yang frekuensinya di atas 20. C. dan panas bumi. 2. 1 x 2 x 35 menit Januari √ .000 getaran tiap detik mampu di dengar oleh manusia. angin. air. 3. Berdasarkan dari frekuensinya ada 3 macam bunyi yaitu: 1. 1. maka dibutuhkan energi alternatif.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 bunyi disebut sumber bunyi contoh: gitar yang dipetik. 8. Bunyi audiosonik: yang frekuensinya 20 – 20. Bunyi infrasonik: yang frekuensinya kurang dari 20 getaran tiap detik. Hewan yang mampu mendengarkan seperti kelelwar dan lumba-lumba.

Aerogenerator. Air: aliran air yang deras merupakan sumber energi gerak yang dapat dimanfaatkan untuk memutar turbin yang dihubungkan dengan generato sehingga generator berputar menghasilkan listrik. Prosesnya adalah: air dialirkan kedalam tanah sehingga didalam tanah mendidih dan menghasilkan uap panas. Alat-alat yang menggunakan energi alternatif. Pusat bumi terbentuk dari batuan yang sangat panas. Dampak pemanfaatan energi alternatif. Matahari: . a. a.Mesin penggiling jagung dan pompa air . – panel surya yaitu memanfaatkan energi matahai untuk memanaskan air. Panas bumi. 3. Energi elaternatif tidak menimbulkan . Uap panas tersebut dapa memutar turbin dan turbin memutar generator sehingga listrik dihasilkan. Energi panas ini dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. d. c.sel surya yaitu mengubah energi matahari enegi listrik. b. Angin: dimanfaatkan untuk orang sejak zaman dahulu: .Kapal layar .PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 2. memanfaatkan energi angin untuk menghasilkan listrik.

Banyak getaran yang terjadi dalam satu detik disebut kekerapan atau frekuensi. Menguji hasil karya. 8.Satu getaran per detik disebut satu Hertz dilambangkan dengan Hz. Penerapan Konsep Perubahan Gerak Akibat Pengaruh Udara.Bunyi yang frekuensinya tidak teratur disebu desah. 1. 4. .3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan adanya perubahan energi gerak akibat pengaru udara mis: roket kertas.Semua getaran benda yang dapat menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. 2 x 2 x 35 menit Januari √ A.Simpangan terjauh dari kedudukan Februari √ .Frekuensi adalah banyaknya getaran dalam menit waktu satu detik.Frekuensi menentukan tinggi rendahnya bunyi. Merangkai bahan. . parasut. . Energi Bunyi 1 x 2 x 35 . .Bunyi dihasilkan oleh getaran .PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 polusi seperti halnya energi dari fosil b. baling-balin. pesawat kertas.Bunyi yang frekuensinya teratur disebut nada. Mengumpulkan alat/bahan. .4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik. Penentuan karya yang akan dibuat. 8. 2. . .Membuat model baling-baling kertas. 3. Energi alternatif tidak akan habis walapun terus menerus digunakan. .

Bunyi dapat dipantulkan dan dapat diserap. a. Memahami perubahan penampakan permukaan bumi dan benda langit. b. a. Bunyi pantul yang memperkeras bunyi asli.Pemantulan bunyi dapat menimbulkan. 3 9. .1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan daratan yang disebabkan aoleh air dan hujan. 9. . b. gema . A. c. . benda cair.Bunyi dadpat merambat melalui benda gas. Tanaman menjadi tumbuh dengan baik.Pernyerapan bunyi dapat dilakukan dengan peredam bunyi. Tanah longsor terjadi akibat hujan deras. . . c. .PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 kesetambangan disebut amplitudo.Ahli sains Paul Langevin membuat alat benarama sonar yang berguna untuk mengetahui posisi suatu benda atau menghitung kedalaman air dibawah suatu benda atau menghitung kedalaman air dibawah kapal. 1 x 2 x 35 menit Februari √ . Gaung atau kerdam. benda padat. Udara menjadi lebih segar. Perubahan Lingkungan 1.Amplitudo menentukan kuat lemanya bunyi. Kenampakan daratan yang disebabkan oleh air dan hujan.Resonansi adalah peristiwa turut bergetarnya suatu benda (termasuk udara) karena pengaruh getaran benda lain.

1. Hutan sangat penting bagi kehidupan. 4. 2. Pengaruh pasang surut air laut bagi nelayan dan deramaga yang dangkal. Erosi pada gunung yang gundul. .Nelayan tidak bisa melaut jika ombak tinggi. Banyak manfaat yang diperoleh dari hutan. Pengaruh pasang naik bagi nelayan dan dermaga yang dangkal adalah. Namun hutan akan berpengaruh tidak baik bagi hewan jika rusak.Kapal-kapal berlabuh di dermaga karena air laut tinggi sehingga kapal laut tidak 1 x 2 x 35 menit 1 x 2 x 35 menit Februari Februari √ √ 1 x 2 x 35 menit Februari √ . Erosi artinya pengkisan tanah oleh air dan hujan. Pengaruh Kebakaran Hutan Bagi Hewan. . Pengaruh erosi bagi tumbuhan yaitu kehilangan humus dan kekuatan akar berkurang. e. B. C. Cara menanggulangi erosi adalah dengan reboisasi/penghijauan dan membuat terasering/sangkedan. Banjir merusak lingkungan.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 d. .Petani garam memanfaatkan pasang naik untuk mengisi petak-petak ladang garam. 3.

lingkaran. 1. Pengaruh pasang surut air laut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal adalah: Petani garam memperoleh garam Nelayan dapat melaut Kapal-kapal tidak berlabuh. 2. Kadang-kadang bulan nampak seperti sabit. - - . Kenampakan bulan dari hari ke hari Bentuk bulan nampak berubah-ubah.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 2. 9. Kedudukan bulan berubah-ubah. dan setengah lingkaran. Pengaruh laut dari bulan adalah terjadinya pasang surut air laut. Pada bulan purnama bumi akan terlihat terang sedangkan ketika bulan mati bumi terlihat gelap. Bentuk bulan berubah-ubah selama 29 ½ hari Pengaruh posisi bulan terhadap kenampakan bumi. tersangkut di dasar dermaga. Bumi dan Alam Semesta Kedudukan bulan dari hari ke hari Bentuk bulan bulat Bulan terlihat di malam hari Bulan muncul dari timur dan tenggelam di barat. 1 x 2 x 35 menit Februari √ 1 x 2 x 35 menit Maret √ √ 1 x 2 x 35 menit Maret 3. Kedudukan bulan yang berubah-ubah akan mempengaruhi kenampakan bumi.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari A.

2 Menjelaskan pengaruh erosi. Abrasi Bagi Lingkungan. Longsor. Banjir mengakibatkan jembatan putus. merepotkan pejalan kaki. Abrasi terjadi akibat hantaman gelombang air laut. Mendiskusikan berbagai penyebab perubahan fisik (angin. 2. cahaya matahari dan gelombang laut) A. abrasi bagi lingkungan. . Pengaruh Erosi.Korosi: pengikisan tanah oleh angin B. Banjir. 3. Erosi tanah sering terjadi dilereng-lereng bukit yang menyebabkan: . Akibat abrasi disekitar pantai menjadi rusak/terkikis. 4.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 4 10.1 perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan. Tanah longsor terjadi pada daerah gundul. 1 x 2 x 35 menit 2 x 2 x 35 menit √ Maret √ . jalan tergenang air. Memahami 10. air. Banjir biasanya terjdi setelah hujan sehingga sungai meluap. Tanah longsor dapat merusak tanaman dan rumah penduduk.Air dapat mendatangkan bencana banjir.Tanah menjadi tandus. .Erosi: pengikisan tanah oleh air. Tanah longsor juga terjadi saat.Abrasi: pengikisan tanah/pantai oleh gelombang air laut. . 1.Berkurangnya kesuburan tanah. . Perubahan Lingkungan Fisik yang Disebabkan oleh Air . mengundang bibit penyakit. longsor. juga dapat merusak 1 x 2 x 35 menit Maret √ 10. erosi dan tanah longsor. banjir.

b.Usaha melestarikan dari tanah longsor yaitu: reboisasi.3 Mendiskusikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi.Usaha melestarikan dari abrasi yaitu: menanam pohon bakau.Reboisasi . Tanah yang gundul akan mudah terkikis air hujan. Usaha-usaha untuk melestarikan lingkungan akibat tanah longsor dan abrasi . Oleh sebab itu hendaknya diadakan gerakan untuk mencegahnya dengan berbagai usaha. C. Proses Terjadinya Erosi pada Permukaan Tanah a. Cara menanggulangi kerusakan lingkungan akibat erosi dan banjir .1 Menjelaskan hubungan hubungan antara antara sumber daya sumber daya alam alam dengan dengan lingkungan. bekerja sama dengan orang-orang yang bijak. hutan lindung. aturan larangan. dan longsor) ekosistem pantai.Sumber daya alam (SDA) adalah segala benda yang ada di alam yang dapat memenuhi kebuthuan manusia. abrasi.Tidak membuang sampah sembarangn c. 2 x 2 x 35 menit Maret April √ √ 1 x 2 x 35 menit April √ 1 x 2 x 35 menit April √ 1 x 2 x 35 menit April √ 5 11. lingkungan 1 x 2 x 35 menit April √ . tebang pilih tanam. Sumber Daya Alam . banjir. A. memasang beton pemecah ombak.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 10. Memahami 11. . mis: menerapkan UU yang mengatur tentang lingkungan. melakukan sosialisasi tentang cara mencegah erosi.

SDA dikelompokkan menjadi 2 yaitu: yang dapat diperbaharui mi: tumbuhan. Hubungan Sumber Daya Alam dengan Terknologi yang Digunakan Manusia Teknologi yang dihasilkan manusia memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari alam. jenis logam (besi.Tanah longsor dll Manusia sebagaipenentu kelestarian sumber daya alam.Hutan menjadi gundul . Bahan-bahan dari alam dapat dibuat untuk menghasilkan teknologi sedangkan teknologi dapat digunakan mengolah sumber daya alam C. tanah. Pengambilan Sumber Daya Alam dan Dampak yang Ditimbulkan. dan makhluk tak hidup (non hayati) . Sumber daya alam dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia. karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. timah dll) B. seng. air.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan 2 x 2 x 35 menit Mei √ √ . maka keadaan alam dan 1 x 2 x 35 menit April √ 11. Jika pengambilan SDA secara seenaknya dapat mengakibatkan: .2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan. 1 x 2 x 35 menit April Mei √ √ 11.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 teknologi dan masyarakat .Sumber daya alam ada yang berasal dari makhluk hidup (hayati). dan yang tidak dapat diperbaharui mis: batu bara. hewan. minyak bumi. angin.

Akibat yang ditimbulkan dari pengambilan sumber daya alam secara liar. A.A. Kepala SD No. 2. berburu hewan. dll. 19660403 198703 2 011 Putu Astini.Menangkap ikan dengan bahan peledak.7 – 2011 Mengetahui. 19621012 198304 2 011 . Sambangan. 19 .A.Melarang perburuan hewan langka. Pengambilan sumber daya alam tanpa pelestarian contohnya: . Bintang Mahaeni. 1. S.Banyak ikan-ikan kecil mati .Pd NIP. Usaha-usaha pelestarian sumber daya alam dan lingkungan mis: .SD NIP.Hewan menjadi langka 3. . S.PROGRAM SEMESTER MATA PELAJARAN : IPA KELAS/SEMESTER : IV/II TAHUN PELAJARAN : 2010/2011 lingkungan akan rusak. 1 Sambangan Guru Bidang Studi. yaitu: .Pd.Melarang penangkapan ikan dengan bahan peledak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.