P. 1
Belajar Cara Setir Mobil Tanpa Perlu Kursus.rtf

Belajar Cara Setir Mobil Tanpa Perlu Kursus.rtf

|Views: 1,434|Likes:
Published by anggi_cupi

More info:

Published by: anggi_cupi on Aug 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2013

pdf

text

original

Belajar Cara Setir Mobil Tanpa Perlu Kursus Panduan Cara Setir Mobil Tanpa Perlu Kursus Artikel

saya ini sengaja saya susun untuk mengingat pengalaman saya belajar setir mobil beberapa tahun yang lalu, saya menulis ini juga untuk menyemangati diri agar segera bisa memiliki "Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia". Dalam menuliskan ini saya banyak juga mengambil referensi dari blog http://bima.ipb.ac.id/~anita/kursus_stir_mobil.htm Ok, langsung saja kita mulai pelajaran setir mobil sendiri tanpa kursus: 1. Posisi: - Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bergantian) - Siapkan mobil dan surat-suratnya 2. Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol 1) Pasang tali / sabuk pengaman 2) Putar kunci untuk menghidupkan mesin 3) Hidupkan AC 4) Turunkan Rem Tangan 5) Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1 6) Angkat kopling pelan2 7) sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak 3. Memundurkan mobil 1) Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R 2) Angkat kopling pelan2. Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur. Atur bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling sekuku sampai dengan ? kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat agar mesin tidak mati) 4. Ganti gigi pada saat mobil berjalan (kaki kanan masih menginjak gas) 1) Injak kopling habis 2) Angkat gas 3) Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki 4) Angkat kopling pelan2 5) Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya 6) Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengkat gas saja 5. Melalui polisi tidur 1) Angkat gas, tempel pedal rem 2) Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1 3) Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku sampai setengah kopling atau kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya.

Jalankan mobil merayap: Angkat kopling sekuku (Dengan posisi ini mobil akan berjalan merayap) 12. Injak gas sedikit sampai dirasa mobil bisa melewati polisi tidur 5) Setelah dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2 6. tempel gas b) Injak kopling habis c) Angkat gas d) Pindahkan gigi ke gigi 1 e) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap (=bergerak perlahan). lihat jalur apakah bebas jika ada mobil yang ingin lewat maka injak lagi kopling sekuku sambil menempel rem atau menempel . dan injak kopling sekuku kalau ingin mengurangi jalan merayapnya mobil. Menghadapi macet di lampu merah menggunakan rem 1) Injak kopling habis 2) Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan) 3) Pindahkan gigi ke gigi 1 3) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya 9. Belok balik (berputar balik 180o) ke kanan П a) Jika mobil melaju terlalu cepat. Menghadapi macet di lampu merah tanpa menggunakan rem. atau ketika hendak keluar dari gang ke jalan raya 1) Injak kopling habis 2) Tempelkan kaki di rem 3) Pindahkan gigi ke gigi 1 3) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap 4) atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya 5) Tempel kaki di gas 10. Menambah/mengurangi gigi 1) Injak kopling habis 2) Angkat gas 3) Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki 3) Tempel gas 4) Angkat kaki dari kopling pelan2 7. Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat 1) Injak rem pelan2 sampai terasa mobil berhenti 2) Injak kopling habis 3) Pindahkan gigi ke gigi 0 4) Angkat rem tangan 8. Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem) 11.4) jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi.

2. Macet di jalan tanjakan 1) Gigi dalam posisi gigi 1 (sebaiknya selalu gunakan gigi 1 kalau jalanan macet) 2) Injak kopling habis 3) Angkat kopling perlahan2. injak rem. jalankan mobil hanya dengan gas saja 14. Jika jalur sudah bebas hambatan. kurangi laju jalannya mobil dengan menginjak kopling sekuku .Jika jalur sudah bebas kembali ankat kopling sekukumkembali (mobil akan merayap maju kembali) g) Setelah mobil berhasil belok dan dirasa sudah lurus. angkat kaki dari kopling. angkat kopling sekuku (mobil merayap maju) f) Putar stir 2 x ke kanan (putar stir habis) (ingat jangan memutar stir dalam keadaan mobil diam/berhenti. injak kopling.Jika jalur aman.Jika jalur sibuk berhentikan mobil dengan kombinasi mengangkat kopling sekuku dengan menempel rem (biasanya jika kopling diangkat sekuku akan terasa mobil bergetar sedikit) . bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit. Jika jalan menanjak. jika sudah sesuai dengan kondisi jalan yang dihadapi lepaskan kaki dari pedal kopling biarkan jalannya mobil hanya diatur oleh gas (gunakan gigi 1. .Jika jalan menanjak.gas (sebaiknya dipilih memberhentikan mobil dengan menempel gas agar jika mau jalan lagi tinggal lepaskan gas dan angkat kopling saja sekuku). dan 3 saja jika berada di dalam kota) 13. . tempel gas. injak rem. Menghidupkan mobil yang mati mesin tiba2 1) Jangan panik ! 2) Injak kopling habis 3) Angkat kopling perlahan2.Jika mobil sedah bergerak stabil. Jika mobil didepan berhenti di tanjakan . rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan. pindahkan gigi . angkat kopling perlahan.Jika mobil di depan mulai bergerak sedikit di jalan tanjakan . angkat kopling perlahan sampai ? kopling (rasakan sampai mobil bergetar)(agar mobil tidak mundur ketika melapas rem).Jika mobil di depan berhenti lama. rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan . injak kopling habis. bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit . bisa merusak komponen mobilnya nanti) (lihat jalur apakah bebas atau tidak) . tempel gas (sesuaikan dengan kondisi lalu lintas). jalankan/belokkan mobil dengan mengangkat kopling sekuku (mobil akan maju merayap).Jika mobil sudah lurus. segera putar balik stir 2x ke kiri sambil mobil maju merayap . baru lepaskan rem.

angkat kopling sekuku. Jadi maju dan berhentinya mobil hanya menggunakan kombinasi kopling dan gas ! . MOBIL BERJALAN) 4) Injak kopling sekuku diimbangi dengan menginjak/menempel gas sedikit (mobil akan berhent. tekan rem tangan. rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan .Jika mobil di depan berhenti lama. tekan rem tangan. pindahkan gigi ke gigi 0. angkat kaki dari kopling. injak kopling. Tanjakan tanpa menggunakan rem 1) Gigi dalam posisi gigi 1 2) Injak kopling 3) Angkat kopling sekuku (mobil akan bergerak maju perlahan. Macet di jalan rata 1) Gigi dalam posisi gigi 1 2) Injak kopling habis 3) Angkat kopling perlahan2. angkat rem tangan. angkat rem tangan. masukkan gigi ke gigi 1. injak kopling habis. injak rem. injak habis kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju. injak gas (rasakan sampai terasa mobil berhenti perlahan) . tempel gas 15. Jika mobil di depan mulai bergerak maju. lalu angkat kopling sekuku rasakan mobil mulai maju merayap . Mobil sedang melaju cepat tiba2 mobil didepan jalan merayap . masukkan gigi ke gigi 1. angkat kopling sekuku sampai mobil terasa bergetar sedikit (agar mobil tidak mundur).ke gigi 0.Jika mobil di depan berhenti tiba2. angkat kaki dari kopling. Tiba2 ada orang menyeberang 1) Angkat gas 2) Injak rem 3) Injak kopling habis 17. Kombinasi kopling dangan gas ketika mobil didepan berhenti tiba2 lebih baik digunakan sehingga kalau mobil di depan maju tinggal angkat kopling sambil tempel gas. angkat kopling sampai terasa mobil maju jika perlu boleh tambahkan dengan menginjak gas 18. Untuk berjalan atau dan berhenti dalam posisi ini hanya menggunakan kombinasi injak dan angkat koling sekuku 16. MOBIL BERJALAN). MOBIL BERHENTIi) 5) Angkat kopling sekuku (mobil akan merayap maju kembali.Jika mobil di depan mulai bergerak maju sedikit. injak habis kopling. injak pedal rem. injak rem perlahan atau angkat kopling sekuku sambil injak gas sedikit.Jika mobil di depan mulai berhenti perlahan. Macet di jalan turunan 1) Gigi dalam posisi gigi 0 2) Mainkan rem saja tak perlu gas karena mobil akan berjalan dengan sendirinya tanpa di gas 19.

rasakan sampai mobil terasa berhenti secara perlahan2 (jangan menginjak rem terlalu cepat) 3) Pindahkan gigi ke gigi 0 4) Angkat rem tangan 21. injak lagi rem 11) injak kopling. Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan pelan 1) Injak kopling habis 2) Tempelkan kaki di rem. pindahkan gigi ke R 3) Mundurkan mobil hanya dengan menggerakkan kopling sedikit. Memutar mundur mobil 180o (putar melawan arah jam) 1) Injak kopling habis 2) Putar stir habis ke kanan 3) Pindahkan gigi ke gigi R 4) Angkat kopling sekuku (mobil bergerak mundur perlahan dengan buntut mobil ke kanan) 5) Jika posisi sudah lumayan lurus. Contoh cara Parkir(disebelah kiri jalan) 1) Injak kopling habis 2) Lepaskan gas 3) Pindahkan gigi ke gigi 1 4) Putar habis stir ke kiri (putar 2 x ) 5) Angkat kopling sekuku (mobil bergerak maju perlahan) 6) Atur mobil hingga parkir dengan ban lurus ke depan. pindahkan gigi ke R 12) Angkat kopling sekuku (mobil merayap mundur) 13) Luruskan stir agar posisi ban atau posis parkir menjadi lurus 23. injak kopling sekuku (untuk memberhentikan laju mobil) kemudian lihat dari kaca spion ruangan di belakang mobil apakah ada jarak atau tidak antara pantat mobil dengan sesuatu dibelakangnya) 6) Jika posisi aman. Parkir mundur di garasi bagain kiri jalan 1) Posisi belakang mobil sedikit sebelum tonggak pagar 2) Injak kopling habis. atau injak kopling dan tempel rem 20.caranya: .1) Injak rem perlahan 2) Injak kopling habis. injak habis kopling. pindahkan gigi ke gigi 1 8) Putar habis stir ke kiri ( 2 x putaran) 9) Angkat kopling sekuku (mobil mulai bergerak maju merayap lagi) 10) Jika masih belum dapat. gunanya agar power stering tidak cepat aus/rusak 22. pindahkan ke gigi 1 3) Angkat kopling sekuku biarkan mobil maju merayap 4) jika mobil di depannya berhenti tinggal menginjak kopling lalu angkat sedikit kombinasikan dengan menginjak gas sampai mobil terasa berhenti perlahan. maka angkat kopling sekuku (mobil merayap mundur kembali) 7) Setelah mobil lurus dan cukup buat memutar mobil kembali.

Berhentikan mobil ketika mundur 1) Angkat gas 2) Injak rem perlahan2 3) Injak kopling habis 25. injak lagi sekuku. tahan biarkan mobil merayap. Parkir mundur ke kanan 1) Injak kopling habis 2) Pindahkan gigi ke R 3) Tempel rem 4) Mundur lurus 5) Jalankan mundur perlahan dengan pola: jalan mundur pelan . angkat gas.injak kopling habis. Parkir maju 1) Lewatkan mobil sebagian besar badannya 2) Belokin stir 3) Jalankan mobil pelan2 kopling diangkat pelan2 sekuku 27. angkat/lepas rem 3) Angkat kopling sekuku Perhatikan ! Jika sudah dapat berhenti dengan kopling + tempel gas. angkat kopling sekuku. tahan. Melambatkan jalannya mobil ketika mundur (Mobil berjalan merayap) 1) Posisi gigi di R. lalu angkat lagi kopling sekuku.berhenti jalan .berhenti -jalan dengan cara: Injak kopling sekuku. maka jika gas ditambah sebesar apapun mobil tak akan bergerak 26. Mundur/parkir ke kanan 1) Putar stir habis ke kanan 2) Mundur merayap 3) Putar balik stir 4) Mundur lurus 28. tahan. tempel rem 2) Injak kopling. luruskan mobil dengan cara injak kopling 12) Putar balik stir 2 x ke kiri 13) Angkat kopling sekuku agar mobil bisa masuk pas ke dalam tempat parkir . tahan 4) Putar stir mobil 2 x ke kiri (putar habis) 5) Mobil luruskan (ban luruskan) dengan cara putar balik stir 2 x putaran ke kanan 6) Mundurkan lagi mobil sedikit agar mobil menjadi lurus 24. 6) Mata lihat ke kaca spion 7) Perhatikan: Mundur mobil harus diusahakan lurus segaris dengan trotoar Jika pantat mobil sudah sampai di ujung jalan atau kurang sedikit dari ujung jalan tempat parkir maka Injak kopling 8) Putar stir habis kekanan 2 x putaran 9) Angkat kopling sekuku 10) Jika jalan menanjak bantu tenaga mobil dengan menginjak gas 11) Jika kira2 mobil sudah masuk.

angkat kopling sekuku tahan. 2. dan parkir 11) Gigi 3 untuk jalan raya besar 12) Gigi 2 untuk jalan raya kecil/sempit. injak sekukuku taha.Jika kita salah perhitungan ketika membelokkan mundur mobil.Jangan lupa melihat kondisi jalur jalan sebelah kanan dan kiri serta belakang melalui kaca spion Perhatian saat menyetir mobil : 1) Stir tidak boleh diputar dalam keadaan mobil diam karena bisa merusak ban dan poros ban 2) Kalau jalan menanjak dan jalanan macet agak lama di tanjakan maka pakailah rem tangan jangan selalu mengandalkan kopling sebab kalau tidak dapat merusak mekanik kopling 3) Rem kaki tidak boleh diteka terus tapi harus dengan pola angkat. start awal berjalan. injak. maka 1) Injak kopling 2) Pindahkan gigi ke gigi 1 3) Majukan mobil sedikit.5 tak kuat jika digunakan untuk jalan tanjakan 9) Untuk menghindari mesin mati tiba2 maka angkatlah kopling pelan2 jangan menyentak dan sekaligus 10) setengah kopling berguna untuk jalan menanjak. 3 untuk jalan lambat dan tanjakan 8) Gigi 4. belok.14) Injak kopling 15) Tempel rem 16) Pindahkan gigi ke gigi 0 17) Angkat rem tangan 18) Lepaskan kaki dari kopling dan pedal rem 19) Matikan AC. DEMIKIAN TEKNIK DASAR SETIR MOBIL. angkat. matikan mesin mobil. jika kira2 sudah lurus (kontrol dengan cara mengatur ban mobil agr lurus dengan cara putar balik stir) 4) Mundurkan mobil dengan cara Injak kopling. injak (misalnya ketika turunan) sebab dapat menyebabkan rem terbakar 4) Pakailah selalu gigi 1 jika melalui jalan yang berlubang2 5) Untuk perjalanan dalam kota yang ramai dianjurkan untuk selalu menggunakan gigi 1 dan 2 saja 6) Kuasai emosi ketika berjalan lambat setelah berjalan cepat 7) Gigi 1. macet. copot sealt belt. pindahkan ke gigi R. SEMOGA DAPAT MENJADI BAHAN PELAJARAN BUAT KAMU YANG INGIN SEGERA BISA SETIR MOBIL . angkat lagi sekuku tahan. begitu seterusnya sampai posisi mobil benar2 masuk . belok/memutar mobil. gembog stir mobil. buka pintu . ambil kunci dan simpan. mundur.

usahakan untuk menengokkan kepala seperti saat dimana anda perlu untuk berpindah jalur atau berputar arah. yaitu dengan menyilangkannya dari bagian tulang bahu ke pinggul. 7. tekanan angin pada ban. Sekali pun mobil anda sudah mendukung teknologi ramah lingkungan.Cara Mengemudi Mobil Yang Baik & Benar – 10 Tips Mengemudi Mobil Matic dan Manual Berkendaraan dijalanan umum dengan kendaraan seperti mobil memerlukan antipasi dan persiapan tersendiri yang lebih dibandingkan berkendara dengan motor dan sejenisnya. Mengemudikan mobil dengan beban berlebih tentu tidak baik. Hal pertama tentu saja melakukan pemeriksaan pada kendaraan mobil anda. ban serta sistem pengereman yang baik. 6. 10 Tips Cara Mengemudi Mobil Yang Baik dan Benar Untuk itu. serta depan dengan kendaraan lain untuk menghindari keadaan mendadak. 1. Gunakan sabuk pengaman ( safety belt ) dengan baik dan benar. dengan demikian berat badan tubuh anda bisa terjaga dengan baik jika terjadi benturan atau hentakan mendadak. 2. baik sisi samping kiri dan kanan. memeriksa bagian bawah kendaraan dari kebocoran oli dan sebagainya. Untuk bagian tak terlihat. untuk itu sebaiknya pindahkan berbagai barang-barang yang kurang penting dari dalam kendaraan anda. mengecek lampu indikator. bukan berarti kita telah cukup dalam mempersiapkan diri untuk terhindar dari bahaya dijalan raya. selain mengganggu keseimbangan juga akan memboroskan bahan bakar. 8. Sebaiknya peganglah stir sesuai dengan prosedur. Berbagai aktifitas mengganggu juga perlu ditinggalkan seperti merokok. 3. Fokuslah dalam mengemudikan mobil. 4. Posisi kan dengan baik perangkat spion mobil bagian dalam dan luar sehingga anda bisa bisa melihat secara bebas berbagai posisi dari badan mobil dan keadaan sekitarnya dengan leluasa. yaitu idealnya posisi genggaman tangan ada di arah jam 3 dan jam 9 dan gunakanlah jari anda ketika perlu untuk menyalakan lampu belok atau wiper. atau pun menelpon. berikut ini adalah beberapa tips ( 10 tips ) yang perlu anda lakukan sewaktu akan / mengendarai mobil anda ke jalan raya. Intinya pastikan kondisi mobil anda sudah cukup prima untuk berjalan. 5. hingga memiliki mesin. hilangkan berbagai fikiran yang mengganggu konsentrasi anda berkendara. karena dengan besarnya ruang / jarak anda akan mampu melakukan antisipasi. Jagalah jarak aman. sebaiknya anda terlebih dulu menepi atau gunakan handsfree untuk mudahnya berkomunikasi telepon. jika memang hal tersebut memang dirasa perlu untuk dilakukan. seperti memeriksa minyak rem. Sekali pun mobil telah mendapatkan perawatan rutin. .

000 – 2.Kenali posisi pedal Gas seberapa efek powernya 5. CARA DASAR BELAJAR MENGEMUDI Langkah awal Anda harus benar-benar tahu tentang kondisi mobil yang anda mau di pake belajar/belajar mengemudi. karena mesin mobil yang hidup dalam keadaan diam selama 3 menit sama artinya seperti mesin mobil melakukan perjalanan 1 jam pada kecepatan rata-rata 50 km / jam.500 rpm 9.. Karena mesin berbahan bakar bensin umumnya baru bekerja optimal di kisaran putar 2.. Kopling. (untuk mobil manual).000 sampai dengan 2. Lakukanlah berbagai trik efesiensi bahan bakar yang aman.Kenali posisi tongkat Prosneleng beserta urutan giginya ( 1 2 3 4 5 R untk mundur) 2.Kenali posisi pedal Rem seberapa tekanannya! 1. 1.500 rpm. baik. Rem. posisikan pada posisi netral/ nol. benar dan cerdas diatas sehari-hari.namun bila type mobil anda yang tahun agak tua maka posisi rem tangan tersebut berada di sebelah depan di bawah kemudi sebelah kiri SETIR mobil anda pastikan terlepas dari fungsinya turunkan tuasnya. Jalankanlah 10 ( sepuluh ) tips cara mengemudi mobil yang hemat. Bila sudah anda mendapatkan posisi netral atau posisi nol. 10. seperti mengangkat injakkan kaki pada pedal gas lebih dulu dan biarkan mobil meluncur sebelum anda menginjak rem saat akan menikung. karena posisi .Untuk tahap berikutnya periksa kembali HANDREM atau rem tangan yang berposisi di sebelah kiri tempat duduk sopir atau di tengah antar posisi kursi sopir dan penumpang yang di sebelah kiri. antar gigi 3 dan 4 untuk mengetahui lebih jelas di goyang ke kanan dan k ekiri serta ke depan dan ke belakang. anda sudah mencapai posisi aman dalam tahap awal 2. senyaman mungkin.Bila posisi di atas sudah anda kuasai maka mulailah dengan posisi duduk di belakang kemuadi dengan nyaman. apa sudah sehat atau tidak dalam masalah dalam kondisi mesin.Sebelum menyalakan mesin mobil alangkah baikanya anda mengoreksi kondisi tongkat prosnileng ( stik prosnileng ). Posisi tersebut ada di tengah-tengah.Kenali posisi pedal Kopling tekan atau injak dan lepaskan secara perlahan 4. 3. Matikan mesin mobil jika anda berhenti atau menepi selama lebih dari 1 menit. Atau pun Areal yang anda mau pakai bila semua sudah memenuhi syarat atau standar keselamatan maka mulailah dengan sekarang….lakukanlah pengoperan gigi trasmisi pada rpm 2.Kenali putaran Stir full kekanan dan kekiri 3.

cara yang ke dua putarlah posisi stir tersebut full kekanan atau kekiri sampai mentok tak tersisa lalu kembalikan kearah berlawannya dengan dua kali putaran stir dan pastikan stir tesebuat ada pada posisi T. Atau mundurkan bila kaki kiri atau lutut kiri anda terlalu menekuk dan begitu pula dengan pegangan tangan kita di posisi stir. Langkah selanjutnya. atau anda tahan tongkat prosneleng tersebut ke posisi kiri lalu dorong ke arah depan bila anda menginnginkan untuk melaju kedepan. bedakan dan rasakan dengungan suara mesin dan getaranya dan anda harus tahu itu . akhirnya kita tidak bisa melakukan pemutaran setir dengan maksimal cepat dan tepat pada saat kita memasuki tikungan atau menghidardari rintangan 4. namun bila anda menginginkan untuk melakukan mudur maka tahan posisi tongkat prosneleng ka arah kanan sampai mentok lalu anda tarik ke belakang maka anda akan mendengar suara yang agak khas dari posisi prosneleng atret . lakukan dengan seharusnya saja jangan paksakan pandangan kita. 5. maka secara sepontan anda akan merasaka perbedaan getaran mobil anda dan akan mendengar suara mesin mobil anda . lalu putar lagi keposisi kanan . majukan dulu bila jangkauan kaki kiri anda belum bisa menggapai pedal kompling secara pas dan benar/secara full. Posisi kaki kiri hanya bertugas di posisi pedal kopling saja tidak bisa berpindah ke posisi pedal yang lain baik Rem maupun pedal gas hanya satu tugas kopling dan kaki kanan mulailah mencoba untuk menenkan pedal GAS dengan lembut. AWAS kami harap anda janga dulu langsung menghidupkan Audio mobil anda. tangan akan terbentur ke posisi badan dan jok mobil kita sendiri . Karena akan berpengaruh sekali pada saat anda melakukan putaran setir. Bila berada di posisi aman dan anda sudah bisa merasakan semua kaki kanan harus mencoba untuk menekan posisi pedal Rem supaya mobil anda tidak bergeser dari posisi parkirnya di sebabkan kondisi jalan yang tidak datar / tidak rata 7. Posisikan kaki kiri anda di posisi pedal kopling yaitu posisi pedal di sebelah kiri sendiri karena di bawah ada 3 pedal . Lalu masukan Posisi prosneleng keposisi kiri. 6.tempat duduk kita akan berpengaruh untuk kenyaman mengemudi kita baik pada saat belajar ataupun bagi anda yang sudah bisa dalam mengemudi bersadarlah ke belakang secara normal jangan berlebihan dan jangan memajukan badan terlalu kedepan dengan tujuan ingin melihat secara sepenuhnya untuk jangkauan pandangan kedepan mobil.karena kita butuh kosentrasi yang tinggi dalam tahap kita belajar mengemudi. Pastikan pegangan tangan kita di posisi setir ada pada posisi titik nol untuk mengetahui posisi titik nol tersebut yaitu kita bisa liat dari posisi roda depan mobil kita dalam posisi lurus dan pasti posisi setir kita akan berada di posisi titik nol pula. Kalau sudah siap semuanya instruksi di atas maka mulailah anda menghidupkan posisi mesin kendaraan putar tuas kontak / kunci mobil kita ke arah kanan satu tahap dulu maka biasanya akan terlapas dulu dari posisi kunci setir. putar lagi maka anda melihat di speedo miter mobil anda beberapa lampu tanda yang akan menyala denga warna merah atau orange namun di posisi tersebut kondisi mesin mobil belum bisa hidup. Terus tekan pedal Kopling dengan full dan tekan pedal Rem secukupnya .

Tips belajar setir mobil untuk wanita Pengalaman diajarin Bapak setir mobil dulu dan pengalaman ku mengajari tetangga kemaren. maka hasilnya saya pastikan hasil dari setuhan kaki kanan tersebut akan menimbulkan dengungan mesin yang halus. Lalu angkat ujung kakaki kiri anda secaha perlahan sekali rasakan kembali getaran mobil tersebut lalu bila anda sudah bisa merasakan perbedaanya dari getaran mobil tersebut yang di sebabkan adanya hasil pengan katan dari kaki kiri maka mulailah anda mengangkat sedikit demi sedikit kakik kanan anda dari pedal Rem denga catatan semua tumit kaki harus tetap berada di posisi lantai mobil 9. sampai anda bisa merasa rileks dan sedikit tenang serta bisa sedikit menikmati laju dari mobil tersebut.Bila anda sudah mersakan sedikit ketenanngan dan bisa mengemudikan mobil itu dengan rileks walaupun tanpa adanya GAS pada saat itu lajukan mobil tersebut dengan pelan dan sedikit demi sedikit lepaskan pijakan kaki kiri anda yang berada piosisi kopling angakat habis atau lepas habis namun denga catatan posisi kaki kiri tatap redy di posisi pedal kopling dengan kondisi tumit sebagai tumpuan tanpa adanya tekanan sedikitpun pada posisi pedal kopling tersebut dan kaki kanan mulailah untuk berpindah pada posisi pedal gas …AWAS pijakan kaki kanan di posisi Gas tidak boleh bertenaga atau anda harus menekan . sentuh sedikit demi sedikit. Dengan demikian anda kan dengan sigap dan refleks akan menginjak dua pedal yang sudah anda jaga. trik yang demikian yang sering di lupakan sehingga sering kali menimbulakan kecelakaan di posisi menikung.Bila anda mau memasuki rute MENIKUNG langkah aman lakukan pemutran stir dengan tenang dan jangan lupa tekan kopling di posisi setengah kopling demi manjaga keseimbangan dan kaki kanan posisikanstandby di posisi REM semua itu untuk menjaga agar anda tidak gugup bila menemukan sesuatu yang dapat membuat anda kaget saat anda mendapat rintangan setelah masuk ke posisi tikungan.( krek) 8. lakukan penyentuhan dengan lembut topangkan kaki kanan tersebut di atas pedal gas tanpa adanya tenaga untuk menekanya. KOPLING DAN REM namun bila itu tidak anda lakukan besar kemungkinan anda kan menekan GAS bila anda kaget di posisi tikungan tersebut dan yang pasti akan fatal. .Bila mobil anda sudah molai bergerak jangan terburu-buru untuk melakukan pelepasan akan semuanya baik pedal Kopling tahan dulu di posisi setengah Kopling dan kaki kanan tetap dulu stanby di posisi Rem . 10. membuatku bisa menarik sedikit hikmah. Wanita memegang setir mobil butuh keberanian yang extra untuk melaju. ternyata wanita itu membutuhkan 1000 kesabaran lebih banyak dibanding lelaki yang nyalinya jauh lebih besar.Posisikan kedua tumit anda yang menginjak Kopling maupun Rem untuk tetap menyentuh lantai body Mobil karena itu akan sangat membatu sekali ..namun tentunya cukup pelan saja 11. Tergantung anda menginginkan seberapa laju mobil yang anda kemudikan.

di saat2 . biar jalannya mobil ga ndut2an”. diklakson disana sini.. lha wong baru juga pegang stir. ada yang nglakson? biarin aja!! jalan masih lebar kok !!”. kalo tetanggaku kemaren aku bikinin dari tangkai pohon ditempel di lampu mobil pake selotip. takut nabrak”. pasang antena di bengkel. selanjutnya “dah sana muter2 sendiri”.. kalo dah gitu. dan menenangkan yang lagi belajar >>> jangan ikut panik dan malah menyuruh si wanita untuk mundur duduk dibelakang... persis seperti aku dulu belajar sama Bapak. “aduh mbaak. dah tau lagi belajar. kalo si mas. ga usah panik. nyerempet tembok di garasi Kalo wanita : “mbaak. sebagai pendamping/instruktur harus tenang juga. gak sia2 akhirnya aku bisa menggantikan Bapak perjalanan jauh Jogja – Malang Jadi tipsnya nih : 1. hajar bleh. biarkan saja dia menyelesaikan belajarnya. langsung kebut... eh bisa. dengarkan suara mesinnya >>> ini bisa melatih sense untuk seberapa kuatkah harusnya menginjak pedal gas dan kopling (buat yang masih manual). dan konsentrasi apa yang harus segera dilakukan : nolkan gigi – injak rem – nyalakan mesin mobil 5.... ngomel sepanjang jalan. instruktur mana yang gak jantungan. akan lebih mudah mengingat2 dengan praktek dan latihan soal 2. ini buat belajar mengira2 apakah sudut terjauh mobil masih bisa masuk ke jalan2 sempit atau untuk belajar parkir. saya ampe keringetan dingin ngajar si mas nyetir mobil. banting kiri banting kanan. hihihi. 4. “duuuh ini apa seh nglakson2 mulu. kasih tanda di pojok depan kiri mobil >>> kalo aku dulu dibikinin antena sendiri sama bapak. konsentrasi >>> kalo cewe lebih cepet khatam teori tapi susah praktek. tenang aja. aku musti gimana nih mbak”.. ini mesin mobil kok tiba2 mati seh”. hihihi jadi ingat dulu.Kalo lelaki.. meski harus berkorban. hedeh.. dibelakang ada mobil mercy”. Belajar menyeimbangkan kedua hal ini susah sekali untuk beberapa wanita 3. hehe. tenang tenang dan tenang. takut ini takut itu. kakiku aja sampe ikut2an ngerem saking tegangnya cukup sekali didampingi.. >>> yang namanya cewe pasti nature-nya “panikan”.... bapak cuman bilang “dah tenang aja. kalo aku bilang : “udaah gas aja !! sepi tuh. “mbaak. apalagi kalo tiba2 mesin mati di tengah jalan yang rame. sabar. maaakk... Kapan gas terlalu pelan dan rasanya mesin akan mati. “aduuh ga berani. mobil penyok di sana sini.. ini gimana? aku takut jalannya rame”.

siapa lagi yang bisa nganter? Mengatasi Kebosanan Dalam Rumah Tangga Usia pernikahan kami masih tergolong sangat muda. kadang mengajak nonton berduaan. saya kembali menjadi ibu rumah tangga tulen yang bekerja sehari 24 jam untuk memasak. waktu itu persis ulangtaun saya yang ke 23 Saat ini sudah berjalan hampir 4 tahun pernikahan kami.. memandikan. belajar berkesinambungan >>> Jangan pernah belajar nyetir terputus. Apalagi dengan kesibukan barunya. beberes rumah. ya tak lama lagi. dan kami pun sama2 menikah di usia yang cukup muda. mencuci dan menyetrika baju. Suami memang tipe laki2 romantis yang komitmen terhadap keluarga.. kabur tengah malam berdua setelah anak kami tertidur pulas.. terutama untuk anak. jadi saya bisa fokus ke rutinitas yang lain. setiap hari. buka kaca jendela mobil >>> Kalo ga yakin dengan posisi kemudi. ayoo belajar. ngepel. waktu bertemu dengannya yang hanya malam hari dan weekend itu hilang begitu saja ditelan waktu. weekend seringnya sakit. dan belajar mempercayai spion Jadi. tapi untungnya udah ga sering kluar kota lagi. jadi rasa2nya. dan segabruk pekerjaan rutin rumahtangga lainnya.. Rutinitas dan kesibukan kadang lupa membuat kita bersyukur betapa nikmat Tuhan begitu besar.yang sulit membuat pengalaman dan keberaniannya bertambah 6.. jangan pakai AC dulu. lama2 tutup jendela kaca. buat ibu2 yang blum bisa nyetir. menyuapi si kecil. intip saja keluar. seminggu sekali. minimal 1 jam. sebaiknya pertama belajar. nyapu. ini bisa digunakan untuk belajar parkir mundur juga.. posisi ban mengarah kemana. Saya sangat mencintai keluarga ini.. harus berani muter2 sendiri… 7. misal. atau sebulan sekali. haha… atau sekedar jalan-jalan sore bersama keluarga..... 2 bulan lagi tepat 4 tahun usianya. pentingnya apa? kalo sewaktu2 ada kondisi darurat... sementara bisnis online saya sudah saya serahkan ke sepupu saya sebagai asisten untuk mengelola sepenuhnya.. pulang kerja dalam keadaan capek. sedangkan suami tidak ada di tempat. tapi rasa bosan tetap mengganggu. kami berdua punya komitmen besar terhadap prioritas dan kebahagiaan keluarga. cuman kadang saya selalu berharap bisa berjumpa dengan suami dalam . Hingga beberapa waktu yang lalu nonton film “Date Night” yang mengingatkan saya bahwa saya dan suami mungkin telah terjebak dalam kebosanan rutinitas rumahtangga yang kadang bikin jenuh. ya pasti ilang lagi keberaniannya.. kalo bisa.. Beberapa hari terakhir saat kesibukan rutin kuliah saya mulai kosong.

seringkali suka experimen mencoba2 resep baru. biar hidup terasa baru. tapi lagi-lagi suami pulang dalam keadaan lelah dan kucel.. melihat mereka jadi mengingatkan kembali tentang apa yang menjadi impian saya waktu muda… Ya inilah yang selalu saya impikan. tak mau melewatkan sedikitpun momen perkembangannya… saya masih ingat bagaimana dia pertama kali lepas dari popoknya. hehe).... bagaimana dia pertama kali bisa menyebut dengan tepat warna2 dan sekarang sudah bisa menyebut bentuk angka2.. karena saya justru makin pusing kalo ke mall. tapi berhubung suami juga kadang2 ngga makan malam di rumah. liyat banyak orang kalap belanja.. setiap malam memandangi wajah mungilnya yang terlelap di samping saya. hehe.subhanallah… maka nikmat Tuhan yang mana lagi yang kamu dustakan.keadaan se-fresh dia berangkat ke kantor pagi hari. iseng2 merubah suasana. bagaimana dia pertama kali bisa berbicara... banyak teman2 lama yang baru saja menikah.. menghilangkan kebosanan tidak cukup dengan hanya refreshing keluar rumah dan kabur dari rutinitas belaka. Kalo sudah begitu. menghuni rumah mungil dengan segala isinya yang membuat saya merasa nyaman... apa-apa yang saya suka darinya. mencintai suami dengan segala kelebihan dan kekurangannya. memasak menjadi salah satu pelarian saya.. dan kini saya menjadi ibu dari seorang gadis mungil yang kini sedang lucu2nya. meski kadang saya cemburu dengan pekerjaan dan laptopnya. hahaha. eemm…. ya jadilah kami berdua juga yang menikmati… ahahaha… gendut dong?? tak apalah masa pertumbuhan ini. saya pusing. haha. dan ujung2nya akan merasa bersalah telah menghabiskan uang ga jelas kemana.... akhirnya berdua dengan adek sepupu saya. toh saya juga pernah ngantor dan itu juga yang dulu saya alami. bagaimana dia pertama kali disapih.. selain browsing n chatting tentunya. apa-apa yang membuatnya berbeda di mata saya waktu itu. saya masih ingat bagaimana pertama kami bertemu. anak2 jadi seneng juga ngeliyatnya. ngubah2 layout interior rumah. Tapi kadang masih bosen juga… pesan seorang sahabat yang punya 2 balita yang masih kecil “yang namanya bosan bisa melanda siapa saja. diajak ke-mall sama suami juga ga bakal ilang pusingnya. Baiti jannati.. saya pun selalu berpakaian rapi dan mandi sesaat suami pulang kantor (resep dari ibu tercinta “jangan pernah pakai daster yang kucel saat suami di rumah” ibu saya juga gitu. sedang masa pinter2nya... dll. Atau nggak. hihii. saya bukan tipe orang yang suka ngemall kalo pusing... tapi harus dimulai dari dalam hati . di rumah itu adalah waktu yang paling tepat untuuuk TIDUUUR. Atau diisi dengan acara menjahit... di rumah selalu rapi. ya sudahlah. waktu gadis juga bisa dilanda rasa bosan juga kan?” Hari ini buka2 facebook. sebuah kluarga yang insyaAllah sakinah mawaddah warohmah.

pasti ia akan protes. Belakangan. jurus apalagi yang harus ia gunakan dalam menghadapi Toni. seandainya para istri tahu apa saja yang tak disukai oleh suami. niscaya percekcokan itu tak bakal terjadi.tabloidnova. dan mulai berjalan dengan semangat pengantin baru semoga sakinah mawaddah wa rohmah. Riakriak kecil hampir pasti selalu mewarnai perjalanannya. Perkawinan memang bukanlah suatu kisah indah sepanjang masa.. singkirkan rasa bosan. Yang membuat Grace lebih kesal. Padahal. merefresh kembali niat dan tujuan.. love you hun.. the best gift from Allah. Grace seringkali curhat pada sahabatnya. Nah. Grace tak suka suaminya selalu menghabiskan akhir minggu dengan memancing bersama teman-temannya. nyaris setiap minggu diwarnai keributan antara dia dan suaminya itu. Zaza. Bagaimana pun hobi sangat berkaitan dengan kesenangan . ada baiknya Anda mengenali hal-hal apa saja yang biasanya tak disukai oleh para suami dari istrinya. Salah satu pemicunya adalah karena istri tak bisa mengerti apa yang sebetulnya dibutuhkan pasangannya.. suaminya.asp? id=1541 Buat catatan dan nasehat untuk pribadi. Grace bingung. Mereka tak tahu apa yang tak disukai oleh suaminya. Pemicunya sepele. Mudah2an berguna buat teman2 yg juga sedang dilanda kebosanan dlm rumahtangganya 9 Hal yang Tak Disukai Suami 13 February 2007 Artikel ini diambil seutuhnya dari http://www.com/articles.. Apalagi jika itu menyangkut hobi yang sudah lama ia geluti. suami paling tidak suka dilarang atau dibatasi oleh istri. ——————————————— START ——————————– Banyak pasangan suami-istri yang cekcok hanya karena masalah sepele. Di depan masih banyak peer yang harus dikerjakan dengan sungguhsungguh. love you my little princess. amiin. Pasalnya.. DILARANG MENEKUNI HOBI Umumnya. 1. berhenti menuntut. Toni sepertinya lebih mengutamakan hobi memancingnya itu ketimbang keluarga.terdalam. agar hubungan dengan suami tetap mesra.

Misalnya. mintalah agar memancingnya 2 kali sebulan saja. ya. ia lebih percaya diri dengan penampilannya yang sekarang. Jadi. suami akan sadar bahwa kehadirannya sangat dinantikan keluarga. karena ini menyangkut ruang gerak yang dibatasi. Ingat. Yang dapat Anda lakukan adalah memberikan masukan. Katakan bahwa Anda dan anak-anak menunggunya untuk makan malam bersama. Yang harus dilakukan: Bila suami sering pulang larut malam selewat jam kantor. hanya karena ia larut dengan hobinya. jika sebelumnya hampir tiap minggu ia pergi memancing. dengan ucapan sayang dan penuh perhatian. DIMINTA MENGUBAH PENAMPILAN Suami yang terbiasa berpenampilan cuek dengan rambut gondrong dan berpenampilan funky misalnya. Yang harus dilakukan: Tak perlu marah atau protes pada suami. Bisa juga Anda sampaikan melalui SMS. Mintalah suami untuk sedikit mengurangi intensitas penyaluran hobinya. Memangkas rambut atau berpenampilan lebih rapi. tentu agak sulit untuk mengubahnya dengan segera. Biasanya. Dengan demikian. TERLALU DIATUR “Papa harus pulang sebelum jam 8 malam. ingatkan ia dengan kata-kata yang enak didengar. Jika memungkinkan. 2. Biasanya. Sebaiknya. suami bukan semakin menurut. jauh sebelum Anda resmi jadi istrinya pun.dan kepuasaan batinnya. Misalnya. Yang Harus Dilakukan: Maksud Anda memang baik. ingatkan ia agar pulang jangan terlalu malam. Yang penting adalah cara penyampaian Anda. melainkan justru semakin menjadi-jadi. ingin melihat suami tampil lebih rapi dan berwibawa. meski ia sibuk dengan hobinya. Tapi jika gaya itu sudah menjadi bagian dari dirinya dan suami merasa nyaman dengan gaya itu. kebersamaan dengan keluarga tetap terjaga. Sebab. ada cara mudah yang bisa Anda lakukan. . 3. bawalah serta keluarga. hobi itu sudah lebih dulu akrab dalam kehidupannya. jika suami suka lupa waktu karena hobi. Apalagi kumpul-kumpul dulu sama teman-teman!” Sikap hobi mengatur tentu saja tidak disukai. misalnya. tentu saja tak bakal nyaman jika tiba-tiba Anda memintanya mengubah penampilan. Enggak boleh lewat.

jika Anda ingin perhiasan. misalnya. misalnya. Memaksanya membelikan Anda seperangkat perhiasan emas. Saat yang tepat untuk mengutarakan keinginan Anda pada suami adalah saat ia sedang merasa bahagia. Di saat itulah. penyebabnya . Kadangkala. ada komunikasi antara Anda berdua. Padahal. suami bukanlah anak kecil yang harus didikte untuk melakukan ini-itu. Di meja makan. Anda tiba-tiba menuduh suami berselingkuh dengan wanita lain. lho!” Guyon yang tanpa memaksa biasanya justru lebih ampuh ketimbang memaksa. Tidak ada angin tak ada hujan. Yang Harus Dilakukan: Banyak hal yang bisa dilakukan tanpa harus mendikte. Jika Anda ingin mengajaknya makan malam. TERLALU DIDIKTE Banyak istri yang terlalu mendikte suami. kok. Akibatnya. Yang penting. sementara Anda bertugas menjemput. Apalagi jika rasa cemburu yang ditampakkan istri sudah melewati batas kewajaran alias cemburu buta. DICEMBURUI BERLEBIHAN Tidak semua suami senang istrinya cemburu. bila Anda menghendaki suami meluangkan waktunya untuk Anda dan anak-anak. cobalah membicarakannya saat Anda berdua sedang santai. Anda bisa membicarakan hal-hal yang selama ini terasa mengganjal. lihatlah apakah itu memang memungkinkan atau tidak. utarakan saat kesebelasaannya menang. bisa terjadi keributan antara Anda dan suami. memaksanya makan malam di luar rumah di saat ia asyik menunggu siaran sepakbola di teve. tentu bukan sesuatu yang bijak. seseorang yang sedang bahagia akan mengabulkan apa saja yang diminta oleh apapun yang diminta oleh orang yang mereka cintai. DIPAKSA-PAKSA Siapa pun pasti akan merasa enggan jika dipaksa melakukan sesuatu yang di luar kehendaknya. 5. utarakan saat ia menerima kenaikan gaji atau menang tender. jeli-jelilah melihat situasi dan kondisi. Yang Harus Dilakukan: Kuncinya. Demikian pula suami. Membuat kesepakatan untuk berbagi tugas dalam hal pengasuhan anak. Suami bertugas mengantar anak ke sekolah. Contohnya. Biasanya. Jangan heran jika ia akhirnya merasa kesal karena Anda dikte terus-terusan. Bila Anda menginginkan suami membelikan sesuatu. Misalnya. 6. misalnya. 4.“Papa kelihatan lebih rapi kalo rambutnya dipangkas sedikit.

Misalnya mencurigainya telah berselingkuh. Biasanya seorang yang diliputi perasaan cemburu akan melakukan apa saja agar suaminya tidak melirik wanita lain. Inilah yang seringkali tidak disadari para istri. Intinya. ketahui dulu dengan jelas apa yang menjadi pemicu kecemburuan Anda. tak perlu melanjutkan kecurigaan itu. selama memang ada bukti. Apalagi bila Anda mencurigainya telah melakukan sesuatu yang tidak jujur di belakang Anda.hanya hal sepele. Yang Harus Dilakukan: Cemburu bisa merupakan pertanda cinta Anda kepada suami. gitu saja tidak becus!” Kalimat bernada . SELALU DICURIGAI Perasaan selalu dicurigai dan tidak pernah dipercaya tentu akan membuat suami merasa tidak nyaman. atau sekadar tak lagi mendapat perhatian. 7. Pada pasangan yang sudah memiliki anak. Memata-matai ruang gerak suami. Jadi. tak ada salahnya ditanyakan langsung kepadanya. Juga hindari pertanyaan yang menyudutkan. Ini bisa berarti Anda meragukan cinta suami. misalnya saat berangkat tidur. padahal belum tentu kebenarannya. misalnya. Ia menganggap tidak perlu sepenuhnya memberi perhatian untuk istri seperti saat awal perkawinan dulu. seperti perhatian suami yang berkurang. Carilah waktu yang tepat. merasa tak diperhatikan atau disayang lagi oleh suami. Yang Harus Dilakukan: Bila Anda merasa ada sesuatu hal yang mengganjal di hati dan berhubungan dengan tindak-tanduk suami. sebaiknya tahan emosi saat Anda menyampaikan unekunek atau kekesalan Anda. Apakah benar ada wanita lain. curiga boleh saja. Tapi jika yang Anda lakukan adalah cemburu yang berlebihan. lantas siapa lagi? 8. tak perlu cemburu buta pada suami tanpa alasan yang jelas. Ini akan menghindarkan Anda dari menaruh kecurigaan tak beralasan pada suami. Anda sudah langsung tersinggung. perhatian suami terkadang lebih tercurah untuk anakanaknya dibandingkan istri. Tapi ingat. tentu lain persoalannya. Kalau bukan Anda yang mempercayai suami. Jika suami membantah kecurigaan Anda dengan alasan yang masuk akal. DIBENTAK-BENTAK “Kamu ini gimana sih. Yang jelas.

Apalagi jika yang dilakukan suami tidak sesuai dengan kehendak hati. Tapi. dari segi latar belakang sosial. Anda harus tetap menghargainya sebagai suami. Atau penampilan istri yang jauh lebih menarik dibandingan suami. finansial maupun karier. Bahkan tak jarang dilakukan di depan anak-anak. Jadi. Akibatnya. (Kiriman: Merry Nababan. Yang Harus Dilakukan: Perkawinan adalah sesuatu yang sakral. Yang Harus Dilakukan: Emosi boleh saja. Lampiaskan kekesalan dan kekecewaan Anda.Sos. begitu Anda memutuskan menjadikan seorang lelaki sebagai pasangan hidup. suami hanyalah pelengkap status. Di matanya.tinggi seperti ini tak jarang kita temukan keluar dari mulut istri. tidak seharusnya Anda membentak apalagi mempermalukannya di depan anakanak atau umum. Ingat. 9. namun hormatilah ia sebagai sebagai kepala rumah tangga. tak lagi mereka indahkan. kenapa Anda tidak bisa menerima kekurangannya? Jangan memandang suami dari segi materi ataupun penampilan fisik. suami merasa minder dan tak dihargai. Dan yang harus diingat. Kalau ia bisa menerima kekurangan Anda. Boleh emosi. Hal-hal inilah yang seringkali membuat istri lantas menjadi sombong atau arogan. Ada yang disebabkan posisi suami yang memang jauh di bawah istri. Posisi suami sebagai kepala keluarga yang seharusnya dihormati. tegurlah di saat Anda hanya berdua saja. Penyebabnya tentu banyak dan bervariasi. tapi tetap dalam batas kewajaran. dan istri pun bersikap semena-mena padanya. – Jakarta) . TIDAK DIHARGAI Banyak istri yang berperilaku sepertinya tak lagi menghargai suaminya lagi. karena itu satu hal yang sangat manusiawi. tak semua suami bisa menerima sikap istri yang demikian. terimalah ia dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. S. bukan? Kalaupun ia melakukan kesalahan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->