KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahNya, sehingga kami dapat menyusun laporan “Pengaruh Lama Perendaman terhadap Pertumbuhan Biji Kacang Hijau” ini dengan baik. Laporan ini disusun berdasarkan hasil-dari pengamatan kami terhadap perendaman dan pertumbuhan biji kacang hijau. Penulis menyadari tidak akan bisa menyelesaikan laporan ini dengan baik tanpa adanya bantuan, bimbingan, serta dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada kerabat dan teman-teman. Kami berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Kami pun menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kami berterima kasih apabila ada saran dan kritik dari semua pihak demi kesempurnaan laporan ini.

Jepara, 06 Agustus 2012,

Penulis

DAFTAR ISI
1

....................................5 D..............................................................4 Bab III Metodologi Penelitian.............5 A..........................5 C..............5 Bab IV Hasil atau Data......................................................................................................7 A.................................10 C......7 B.................................................................................................................................................................................................................................... alat dan Bahan...................................................................... Variabel.........................11 BAB I 2 ..........................................................................................................................................................2 Bab I Pendahuluan..3 A.................................................... Latar Belakang............................................................................................................................................................................ Kacang Hijau........................................................................... Rumusan Masalah.....................................................4 A........................................................................................................... Grafik......................11 E........................ Tujuan.................................................... Lampiran Gambar.............................................Tabel Pengamatan.............................................................................................................. Pertumbuhan Tanaman...................................3 B......................................3 C......................................... Analisis..............3 Bab II Tinjauan Pustaka..................................4 B.................................................................. Hipotesis.. Langkah Kerja..................................5 B...............................Kata Pengantar.......................................................................................10 D.......................1 Daftar Isi............................................. Kesimpulan.................

LATAR BELAKANG Perkecambahan merupakan proses pertumbuhan dan perkembangan embrio. Proses ini disebut proses fisika. Perkecambahan dimulai dengan proses penyerapan air ke dalam sel-sel biji (imbibisi). Hasil dari perkecambahan adalah munculnya tumbuhan kecil dari dalam biji. TUJUAN Mengetahui dan mengamati pengaruh lamanya perendaman terhadap pertumbuhan biji kacang hijau.PENDAHULUAN A. Perkecambahan melibatkan proses kimia dan fisika. Selanjutnya plumula tumbuh dan berkembang menjadi batang dan daun. B. BAB II 3 . Masuknya air ke dalam biji menyebabkan enzim aktif bekerja. RUMUSAN MASALAH Apakah lama perendaman berpengaruh terhadap pertumbuhan biji kacang hijau ? C. Bekerjanya enzim merupakan proses kimia. Perubahan embrio saat perkecambahan umumnya adalah radikula tumbuh dan berkembang menjadi akar.

dan nutrien-nutriennya dipindahkan ke bagian embrio yang sedang tumbuh. karena kotiledonnya berada di atas tanah. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua aktifitas kehidupan yang tidak dapat dipisahkan. kacang hijau termasuk tipe perkecambahan epigeal. belum lama muncul dari biji dan masih hidup dari persediaan makanan yang terdapat di dalam biji. Enzim-enzim akan mulai mencerna bahan-bahan yang disimpan pada endosperma atau kotiledon. yang disebut dengan proses imbibisi. dinamakan kecambah (plantula). BAB III METODOLOGI PENELITIAN 4 . Masa dormansi adalah berhentinya pertumbuhan pada tumbuhan dikarenakan kondisi lingkungan yang tidak sesuai.TINJAUAN PUSTAKA A. Awal perkecambahan dimulai dengan berakhirnya masa dormansi. Berakhirnya masa dormansi ditandai dengan dengan masuknya air ke dalam biji suatu tumbuhan. B. Kacang hijau memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. PERTUMBUHAN TANAMAN Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible. KACANG HIJAU Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang masih kecil. Imbibisi terjadi karena penyerapan air akibat potensial air yang rendah pada biji yang kering. karena prosesnya berjalan bersamaan. Berdasarkan tipe perkecambahannya. Perkembangan adalah peristiwa perubahan biologis menuju kedewasaan. Air yang berimbibisi menyebabkan biji mengembang dan memecahkan kulit pembungkusnya dan juga memicu perubahan metabolik pada embrio yang menyebabkan biji tersebut melanjutkan pertumbuhan.

HIPOTESIS Kacang hijau yang lama direndam akan memiliki pertumbuhan yang cepat (panjang). Kapas 3. Variabel Terikat C. Variable Bebas 2. dengan perlakuan : a. sedangkan kacang hijau yang tidak direndam sama sekali akan memiliki pertumbuhan yang lambat (pendek). PC (biji kacang hijau direndam selama 4 jam) 5 . Mengambil 50 biji kacang hijau dengan kondisi yang baik. VARIABEL 1. PA (biji kacang hijau direndam selama 1 jam) c. Air 5. Po (biji kacang hijau tanpa direndam) b.A. LANGKAH KERJA 1. PB (biji kacang hijau direndam selama 2 jam) d. Gelas plastik 10 buah 2. Merendam biji kacang hijau. Variabel Kontrol 3. ALAT dan BAHAN 1. Penggaris 4. Biji kacang hijau : Kacang Hijau : Lama Perendaman : Pertumbuhan tanaman kacang hijau D. B. 2.

Meletakkan gelas plastic ditempat yang sama/tidak terpisahkan.e. Mengisi gelas plastik dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air. kemudian menulis hasil pengukurannya pada tabel.mengamati dan mengukur tinggi kecambah kacang hijau dengan menggunakan penggaris pada hari ke-6. 5. PD (biji kacang hijau direndam selama 5 jam) 3. BAB IV HASIL DAN DATA PENGAMATAN 6 . 4. Memasukkan 5 biji kacang hijau kedalam tiap-tiap gelas plastic.

Perkecambahan dengan media kapas 7 . Perendaman PD PC PB PA PO 2. LAMPIRAN GAMBAR 1.A.

3. Masa Pertumbuhan 8 .

9 .

B. TABEL PENGAMATAN No. Perlakuan Lama Tinggi Tanaman (cm) 10 .

7 10.5 9.8 PA (1 jam) PC (4 jam) Po (0 jam) PB (2 jam) PD (6 jam) PERLAKUAN D.Perendaman (jam) 1 2 3 4 5 PO 1 8.3 8.7 9.4 2 8.1 10.1 9.9 9. GRAFIK GRAFIK PENGAMATAN Pengaruh Lama Perendaman terhadap Pertumbuhan Biji Kacang Hijau PANJANG KECAMBAH ( CM) 12 10 8 6 4 2 0 8.5 9.1 10.3 9.5 10.7 10.9 10.1 9.8 0 1 2 4 6 PA PB PC PD C.9 9.2 Rata-rata 8.4 11. ANALISIS 11 .

5 cm. Kacang hijau yang direndam selama 4 jam memiliki panjang 10. Perendaman yang lama akan menyebabkan kacang hijau tumbuh lebih cepat (panjang).8 cm. sehingga tumbuh lebih cepat.1 cm.7 cm. Sedangkan biji yang tidak direndam akan tumbuh lambat (pendek) karena sulit untuk memecah kulit pembungkusnya. 5. Hal itu dikarenakan biji kacang hijau lebih banyak menyerap air sehingga mengembang dan mudah untuk memecahkan kulit pembungkusnya. Kacang hijau yang direndam selama 6 jam tumbuh lebih tinggi. 3. dengan panjang 10. Kacang hijau yang tidak direndam tumbuh paling pendek.1 cm. Kacang hijau yang direndam selama 2 jam memiliki panjang 9. Kacang hijau yang direndam selama 1 jam memiliki panjang 9. 2.Dari percobaan yang telah dilakukan. E. KESIMPULAN Perendaman mempengaruhi pertumbuhan kacang hijau. Hal ini dikarenakan kecambah yang lama direndam menyerap banyak air. 4. yaitu dengan panjang 8. 12 . dapat dianalisa bahwa : 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful