SIKAP POSITIF TERHADAP NILAI-NILAI PANCASILA

KELOMPOK V :
ANGGA MAHAPUTRA (04) BINTANG DAMAYANTI (09) DITHA SASMITHA (11) KUSUMA YUDA (21) MAHAINDRA PUTRA (22) VERY ADE ANDREANA (34)

Pancasila akan makin kehilangan relevansinya. bisa pula Pancasila berubah menjadi ideology tertutup. Sikap positif yang paling dibutuhkan untuk menjadikan Pancasila sebagai ideology terbuka yang berwibawa adalah terus – menerus secara konsisten berjuang memperkecil kesenjangan antara ideal-ideal Pancasila dengan kenyataan kehidupan berbangsa sehari-hari. dan dasar Negara Kesatuan RI benar-benar sesuai dengan kepribadian bangsa dan jiwa bangsa Indonesia serta merupakan sarana untuk mengatasi dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh bangsa dan Negara Indonesia. karena terbuka untuk ditafsirkan oleh siapa saja. bisa terjadi Pancasila semata-mata ditafsirkan sesuai dengan kepentingan si penafsir.SIKAP POSITIF TERHADAP NILAINILAI PANCASILA Sikap positif warga Negara terhadap nilai-nilai Pancasila terlihat dalam sejarah perjuangan bangsa dan Negara Republik Indonesia. Pancasila hanya akan berkembang kalau segenap komponen masyarakat bersedia bersikap proaktif. terus-menerus melakukan reinterpretasi (penafsiran ulang) terhadap Pancasila dalam suasana dialog kritis –konstruktif. Kedua. Bila masyarakat bersikap pasif. pandangan hidup bangsa. berbangsa. Pertama. karena penafsirannya didominasi oleh penguasa atau kelompok masyarakat tertentu. Atau. Sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 telah terbukti bahwa Pancasila yang merupakan ideology. dan bernegara seharihari. . Sikap positif itu terutama adalah kesediaan segenap komponen masyarakat untuk aktif mengungkapkan pemahamannya mengenai Pancasila. Sikap positif lain adalah kesediaan segenap komponen bangsa menjadikan nilai-nilai Pancasila makin tampak nyata dalam kehidupan bermasyarakat.

tidak memaksakan agama lain.tidak melakukan pemborosan.tolong menolong.Toleransi dalam kehidupan beragama Tampilan sikap positif terhadap sila kedua antara lain : 1.ikhlas dan amanah menjadi pejabat.Kedaulatan rakyat.sopan santu dan susila 4.Cinta tanah air dan bangsa.Selalu menghormati orang yang sedang melaksanakan ibadah 2.Hikmah kebijaksanaan melalui pikiran yang sehat 3.merasa senasib sepenanggungan 5.Tidak melakukan penistaan agama 5.Memberikan kebebasan orang lain memeluk agama dan keyakinan 3.tidak merusak lingkungan.tidak memaksakan kehendak 3.Keluhuran budi.bekerja sama dengan orang demi kesejahteraan bersama 2.pelayan publik .tidak memaksakan kehendak kepada orang lain 2.Menghargai harkat dan martabat manusia yang sederajat 3.ras dan agama Tampilan sikap positif terhadap sila ketiga antara lain : 1.kerjakeras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.tanpa membedakan suku.Keseimbangan antara kepentingan pribadi dan golongan.Tidak menghina pemeluk agama dan keyakinan orang lain 4.tidak hanya memikirkan diri sendiri tetapi juga orang lain Tampilan sikap positif terhadap sila keempat antar lain : 1.Tanggung jawab berdasarkan hati nurani.Mengakui dan menghargai keberadaan orang lain 2.Menunjukan kehidupan kebangsaan yang bebas.menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan.ikut uasaha pembelaan negara sesuai profesi masing-masing 4Pengakuan dan kebersamaan dalam keberagaman.ini sesuai dengan nilai kesetaraan artinya setiap manusia memiliki kesejajaran .tidak menggelapkan barang negara.Saling ketergantungan satu sama lain.Tata pergaulan dunia yang universal.Adapun sikap positif terhadap nilai-nilai pancasila Tampilan sikap positif terhadap sila pertama antara lain : 1.

Perlakuan yang adil dalam berbagai kehidupan/tidak diskriminasi 2.mengutamakan kepentingan bersama Tampilan sikap positif terhadap sila kelima antara lain : 1.selalu musyawarah dalam menyelesaikan masalah.Kemakmuran masyarakat yang berkeadilan 3.Keseimbangan yang adil antara kebutuhan jasmani dan rohani.Mufakat atas kehendak rakyat bersama 5.4.materiil dan spiritual .Keseimbangan yang adil dalam antara kehidupan pribadi dan masyarakat 4.Asas kekeluargaan dalam musyawarah.