RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas / Semester : III / I Waktu

: 2 x 35 menit Standar Kompetensi : I. Makhluk hidup dan proses kehidupan Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup Indikator : - Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup - Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-ciri. Tujuan Pembelajaran : Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa dapat : - Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup - Menyebutkan perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup - Membandingkan ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup Materi Pembelajaran : Ciri - Ciri Makhluk Hidup dan Makhluk Tak Hidup Ciri - ciri makhluk hidup : a. Makhluk hidup bernapas b. Makhluk hidup membutuhkan makanan c. Makhluk hidup mengalami pertumbuhan d. Makhluk hidup menerima dan menanggapi rangsangan e. Makhluk hidup bergerak f. Makhluk hidup bereproduksi (menghasilkan keturunan). Ciri - ciri makhluk tak hidup (benda mati) : a. Tidak bernapas b. Tidak membutuhkan makanan c. Tidak mengalami pertumbuhan d. Tidak mampu menerima dan menanggapi rangsangan e. Tidak bergerak (diam) f. Tidak mengalami reproduksi (tidak menghasilkan keturunan). Metode Pembelajaran : - Ceramah - Tanya jawab - Demonstrasi - Penugasan. Langkah – langkah Pembelajaran : Kegiatan Awal : - Guru mengucapkan salam - Guru mengabsen siswa - Guru dan siswa bersama - sama menyanyikan lagu “Burung Kakak Tua”

- Guru memberitahukan secara sekilas kepada siswa mengenai tujuan pembelajaran ini agar siswa lebih semangat lagi dalam belajar, sekaligus memberikan motivasi kepada siswa. Kegiatan Inti : - Guru meminta siswa untuk mengamati gambar - gambar yang telah tersedia di depan kelas (gambar gambar manusia, hewan dan tumbuhan dengan berbagai aktivitas, seperti makan, berjalan, berlari, batang tumbuhan yang membengkok ke arah datangnya cahaya, dll). - Guru meminta siswa menyebutkan ciri - ciri makhluk hidup yang dapat dilihat melalui gambar gambar tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk menambahkan / melengkapi ciri - ciri lainnya yang mereka ketahui. - Guru mengoreksi jawaban - jawaban siswa atau pernyataan siswa mengenai ciri - ciri makhluk hidup

hewan c. papan tulis. baik itu bertambah besar atau berubah menjadi kecil) . (Contoh : sebuah kursi tidak akan berubah ukurannya.. Pilihan Ganda 1. (Contoh : meja tidak dapat berpindah bila tidak didorong atau ditarik oleh manusia) 2. udara d. seperti meja.Nontulis => melalui keaktifan siswa di dalam kelas. misalnya dalam tanya jawab. Makhluk hidup memiliki ciri sebagai berikut. yaitu mengamati tumbuhan Putri Malu (bila ada di lingkungan rumah siswa).benda tersebut termasuk ke dalam golongan makhluk tak hidup. Makhluk hidup bernapas : dibuktikan dengan guru menyuruh siswa untuk menghirup dan menghembuskan udara melalui hidungnya. hewan dan tumbuhan dengan berbagai aktivitasnya. manusia b. . dll.. makan c.ciri makhluk tak hidup. a.sama dengan siswa menyimpulkan ciri . .Guru menguji ingatan dan pemahaman siswa melalu tanya jawab mengenai ciri . Makhluk tak hidup tidak dapat bernapas.ciri makhluk hidup dan ciri -ciri makhluk tak hidup.hal yang kurang dimengerti atau tidak dimengerti. . dinding.Guru menjelaskan kepada siswa mengapa benda . . yaitu gambar – gambar manusia. tumbuhan 2. . a. Alat gerak pada ikan berupa …. diam 3.ciri tersebut dan melengkapinya.Guru bersama . Penilaian : .benda tersebut termasuk benda mati dan memberikan siswa kesempatan untuk menjawabnya.Buku Paket IPA kelas III Penerbit Erlangga . Misalnya seperti : Menjelaskan ciri makhluk hidup : 1. kursi. kecuali …. Berikut ini yang tidak termasuk makhluk hidup adalah …. Antara lain : 1. bernapas b. Makhluk tak hidup tidak mengalami pertumbuhan dan tidak membutuhkan makanan. dll. serta memberikan contoh konkret kepada siswa agar siswa lebih mudah memahaminya.Guru menanyakan pada siswa mengapa benda . sisik c.Gambar – gambar pendukung. tumbuh d. kemudian guru menyuruh siswa untuk membandingkannya dan menuliskannya di buku catatan. (Contoh : pintu tidak dapat bernapas) 3. itu menunjukkan bahwa makhluk hidup mengalami pertumbuhan. sirip .Tertulis => melalui soal – soal yang diberikan. Kegiatan Akhir : . Soal – Soal Evaluasi A.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal . kulit b. Makhluk tak hidup tidak dapat bergerak.Guru meminta siswa memperhatikan dan mengamati benda . .Guru memberikan siswa soal – soal evaluasi dan juga tugas di rumah berupa melakukan pengamatan di alam terbuka / daerah sekitar rumah. Bahan / Sumber Belajar : . yang mana tumbuhan Puti Malu tersebut akan mangatup/menutup bila disentuh untuk membuktikan ciri makhluk hidup menerima dan menanggapi rangsangan. Makhluk hidup tumbuh : contoh ketika di kelas I tinggi badan dan berat badan siswa tidak sama dengan ketika di kelas III.benda mati di sekitarnya. sayap d. 2..ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup yang telah dibahas sebelumnya. yaitu dengan menjelaskan ciri .tersebut kemudian menyebutkan kembali ciri . a.

4. burung B. a. hati d. udara 2. Agar tubuh kita tumbuh besar dan tinggi. Katak bergerak dengan cara …... sirip 4. Bernapas 4. Hewan air pada umumnya bernapas dengan menggunakan …. 5.4. d. a. Pilihan Ganda 1. insang b.. 2. . kucing b. burung d. d. semut c.. Batu dan air merupakan contoh makhluk ….. 3. paru – paru c. kita harus makan makanan yang…. Hewan yang bergerak dengan cara terbang ialah ….. kelinci B. b. Oksigen diperlukan untuk …. insang 5.. b. Tempat menyimpan cadangan makanan. c. Melompat 5. Akar berfungsi sebagai …. Kunci Jawaban A. jantung 5. Makhluk tak hidup 2. Sehat dan bergizi 3. diam 3. Uraian 1. Lengkapi pertanyaan berikut dengan jawaban yang benar : 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful