P. 1
Hal Menarik Dan Mengesankan Dari Cerpen

Hal Menarik Dan Mengesankan Dari Cerpen

|Views: 1,006|Likes:
Published by yussamat

More info:

Published by: yussamat on Aug 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2013

pdf

text

original

MENGEMUKAKAN HAL-HAL MENARIK DAN MENGESANKAN DARI CERPEN MELALUI DISKUSI

Oleh : M.Nurus,S.Pd

Cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa.Dalam cerpen dikisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang berkesan.

a.Ceritanya fiktif atau rekaan tetapi logis dengan kehidupan sebenarnya. b.Pokok ceritanya berfokus pada satu aspek cerita. c.Terbatas pada pengungkapan hal-hal yang penting saja. d.Peristiwa disajikan secara cermat dan jelas.

Puisi,novel,drama,dan cerpen merupakan bagian dari karya sastra.Dalam karya sastra selalu ada unsur yang selau melekat.Unsur Apakah itu ? Unsur tersebut ada dua,yaitu : 1.Unsur Intrisik 2.Unsur Ekstinsik

Unsur intrisik cerpen adalah unsur membahas dari dalam cerpen itu sendiri.

yang

Adapun yang termasuk unsur intrinsik cerpen adalah sebagai berikut : 1.Tema 2.Tokoh dan karaktersitik 3.Alur/Plot 4.Latar/Setting 5.Sudut Pandang 6.Amanat/Pesan

Tema adalah gagasan pokok yang mendasari suatu cerita.Tema fiksi termasuk cerpen,umumnya diklasifikasikan menjadi tema jasmaniah,tema moral,tema sosial,dan tema ketuhanan.

Tokoh adalah pelaku dalam cerita.Perwatakan adalah karakter yang dimiliki tokoh. Tokoh dalam suatu cerita dibagi tiga,yaitu : a.Tokoh Protogonis yaitu tokoh yang berwatak baik. b.Tokoh Anagonis yaitu tokoh yang berwatak jelek dan senang menimbulkan hal yang tidak baku. c.Tokoh Tirtagonis yaitu tokoh yang bertindak sebagai pendamai atau penengah dalam mengatasi permasalahan atau pertentangan (konflik) yang terjadi.

Alur adalah rangkaian peristiwa yang sambung-menyambung dalam sebuah cerita berdasarkan logika sebab-akibat. Alur berdasarkan urutannya dibagi tiga,yaitu : a.Alur maju yaitu alur yang jalan peristiwanya dimulai dari awal sampai akhir. b.Alur Mundur yaitu alaur yang jalan peristiwanya dimulai dari akhir ke awal. c.Alur Campuran yaitu alur yang jalan peristiwanya menggunakan keduanya (Alur maju dan mundur) Alur dalam merangkai peristiwanya dibagi menjadi lima tahap,yaitu : a.Pengenalan masalah (Eksposisi) b.Permintaan masalah (Rising action) c.Puncak ketegangan (Klimaks) d.Penurunan masalah (Falling action) e.Penyelesaian masalh (Sulution)

Latar adalah unsur dalam suatu cerita menujukkan dimana,bagaimana,dan kapan peristiwa-peristiwa dalam kisah itu berlangsung. Latar berdasarkan jenisnya dibagi tiga,yaitu: a.Latar tempat adalah hal-hal yang berkaitan dengan masalah geografis. b.Latar waktu adalah hal-hal yang berkaitan dengan masalah-masalah historis atau waktu. c.Latar sosial adalah latar yang berhubungan dengan kemasyarakatan.

Sudut pandang adalah cara pengarang menempatkan dirinya terhadap cerita atau dari sudut mana pengarang memandang ceritanya. Berikut ini beberapa sudut pandang yang dapat digunakan pengarang dalam bercerita. a. Sudut pandang orang pertama, sudut pandang ini biasanya menggunakan kata ganti aku atau saya. Dalam hal ini pengarang seakan-akan terlibat dalam cerita dan bertindak sebagai tokoh cerita. b. Sudut pandang orang ketiga, sudut pandang ini biasanya menggunakan kata ganti orang ketiga seperti dia, ia atau nama orang yang dijadikan sebagai titik berat cerita. c. Sudut pandang pengamat serba tahu, Dalam hal ini pengarang bertindak seolah-olah mengetahui segala peristiwa yang dialami tokoh dan tingkah laku tokoh. d. Sudut pandang campuran, (sudut pandang orang pertama dan pengamat serba tahu). Pengarang mula-mula menggunakan sudut pandang orang pertama. Selanjutnya serba tahu dan bagian akhir kembali ke orang pertama.

Amanat yaitu pelajaran tentang nilai kehidupan yang disampaikan dalam cerpen.

Unsur Ekstrisik cerpen adalah unsur yang membahas dari faktor luar cerpen itu sendiri.
Unsur Ekstrinsik Cerpen adalah : a.Latar belakang pengarang (daerah asal,keluarga,lingkungan,pemikiran,dan lain-lain) b.Keadaan sosial budaya (agama,sosial,budaya,ekonomi,politik,moral) yang terjadi saat penulisan cerpen.

Daya tarik cerpen bisa disebabkan oleh berbagai hal.Seperti halnya ketertarikan Anda kepada seseorang yang bisa disebabkan oleh penampilan, tutur kata, kepintaran, keluarga,atau kekayaan.Mungkin juga disebabkan oleh hal sepele,misalnya karena ia memiliki tahi lalat yang mirip dengan yang dipunyai ibu Anda.Demikian pula halnya ketertarikan Anda pada cerpen,dapat disebabkan oleh hal-hal berikut. a.Temanya yang langka atau seperti peristiwa yang pernah Anda alami, b.Alurnya yang mendebarkan, c.Cara penyelesaian cerita yang penuh kejutan, d.tokoh-tokohnya yang penuh simpatik dan heroik e.Latarnya yang penuh pesona,atau f.Rangkaian katanya yang memikat.

Bacalah Kutipan cerpen “Mbah Parto” di bawah ini dengan baik ! Sejak berpisah dengan burung perkutut kesayangannya,Mbah Parto sakit.Bukan sakit encok seperti biasanya,namun sakitnya lebih merupakan sakit rohani ketimbang sakit jasmani.Tiga bulan yang lalu,burung perkutut yang sudah “Kung” itu dibeli Pak Umar.Sebetulnya,Mbah Parto tak hendak melepaskan burung kesayangannya.Namun,karena Pak Umar mendesak dan meninggikan penawarannya sampai delapan ratus ribu rupiah,akhirnya Mbah Parto merelakan perkutut itu dibeli.Ia mengira dengan uang sebanyak itu dia dapat membeli perkutut lagi dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan hidup.Akan tetapi,yang terjadi di luar perkiraannya.Tubuhnya semakin kurus dan pada akhirnya,jasmaninya pun tak kuat,ia terbaring sakit.

a.Catlah hal menarik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut! b.Bagaimana watak Mbah Parto dalam cerpen terebut! c.Pesan apakah yang ingin disampaikan dalam cerpen tersebut!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->