JUDUL Pendingin Udara ( AC ) Ruangan dan Lemari Es TUJUAN Mengetahui bagian-bagian dari pendingin udara (AC) ruangan Mengamati

sistem kerja pendingin udara (AC) ruangan Mengetahui bagian-bagian dari lemari Es TEORI SINGKAT 1. AC Ruangan Pendingin udara terdiri dari, secara sederhana, bahan pendingin (refrigerant) di dalam dua coil, condenser (pengembun) dan evaporator (penguap). Pada condenser, sebuah kompressor memberikan tekanan udara pada bahan pendingin, menurunkan suhunya. Bahan dingin (coolant) yang diberi tekanan udara mengalir dari coil condenser ke coil evaporator, dimana udara sekitar didinginkan lewat proses kontaknya dengan coil dan bahan dingin mengangkut/mengambil panas dari udara. Lalu bahan dingin yang terpanasi mengalir kembali ke condenser untuk diberi tekanan udara lagi. Di dalam pendingin udara ruangan (RAC: room air conditioner), semua komponen mesin dimasukkan dalam sebuah rumah/bodi. 2. Lemari Es Refrigerator dan freezer, seperti halnya AC, terdiri dari dua komponen pokok -sebuah coil condenser dan sebuah coil evaporator. Bahan pendingin cair disirkulasikan melalui coil-coil ini oleh sebuah kompressor dan sebuah motor. Cairan bahan pendingin didinginkan di dalam condenser; lalu dialirkan ke evaporator. Pada evaporator, udara di dalam unit didinginkan oleh kontaknya udara dengan coil yang berisi cairan. Condenser pada refrigerator atau freezer adalah coil yang terletak diluar unit; evaporator adalah coil yang terletak di dalam unit. Bahan pendingin disirkulasikan melalui sistem ini oleh sebuah kompressor. Sistem unit kompressor, yang menggerakkan bahan pendingin melalui sistem coil, digerakkan oleh sebuah motor kapasitor. Komponen-komponen dasar yang lain pada sistem pendingin/defrost (penghancur bunga es) termasuk sakelar, termostat, heater (pemanas), condenser, dan kipas

saat power unit dimatikan. Fan motor Fan motor digunakan sebagai tenaga penggerak untuk memutar daun kipas. RAC mempunyai satu atau dua kapasitor. Setelah pencabutan steker unit. Kapasitor menyimpan muatan listrik. terletak di belakang panel kontrol dan dekat kipas. Pendingin udara (AC) ruangan Bagian-bagian pendingin udara (AC) ruangan: Kompresor Kompresor bertugas menghisap atau menekan bahan pendingin sehingga bahan pendingin tersebut beredar dalam unit mesin pendingin. pastikan bahwa steker pesawat tidak terhubung pada jaringan. Anda harus membuang muatan listriknya. pastikan bahwa steker pesawat tidak terhubung pada jaringan. Lemari Es Sebelum bekerja dengan refrigerator dan freezer. Sebelum Anda mengerjakan beberapa pekerjaan pada refrigerator atau freezer jenis kapasitor. Sebelum Anda bekerja dengan pesawat RAC. atau Anda akan merasakan arus kejut yang hebat HASIL PENGAMATAN 1. AC Ruangan Sebelum bekerja dengan pendingin udara. 2. pada saat power ke unit dimatikan. atau Anda akan menerima arus kejut yang hebat. cek untuk melihat jika otor/kompressor mempunyai kapasitor. Kondensor Kondensor bertugas mengembunkan uap (bahan pendingin) menjadi cairan sehingga dapat dipakai kembali dalam siklus pendingin. Blower terletak di luar ruangan. Kondensor terletak di luar ruangan. Kapasitor menyimpan muatan listrik. Anda harus melepas kapasitor dan membuang muatan listriknya. komponen ini terletak pada bodi sebelah atas motor. Blower Blower berfungsi untuk menghisap udara panas pada kondensor. Evaporator . Kompresor terletak di luar ruangan.KESELAMATAN KERJA 1.

selector switch. 2. kapasitor. kabel listrik. Alat-alat listrik pada AC ruangan yaitu: fan motor. Prinsip kerja aliran udara AC ruangan dibagi dua bagian. yang dikontrol dengan termostat. Filter Filter berfungsi menyaring kotoran yang terbawa oleh bahan pendingin sehimgga tidak masuk ke pipa kapiler. Kondensor Kondensor merupakan alat penukar panas ntuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair. Pipa kapiler disambung menghubungkan filter dan evaporator. . yaitu bagian indoor (bagian yang dingin) dan bagian outdoor (bagian yang panas). overload motor protector. kemudian masuk ke filter. masuk ke pipa kapiler. Lemari Es Bagian-bagian lemari Es: Kompresor Kompresor berfungsi memompa bahan pendingin keseluruh bagian lemari es. Setelah keluar dari kompressor bahan pendingin keluar dan masuk ke kondensor. Termostat Termostat terletak di belakang panel kontrol . pengatur suhu. Sistem kerja pendingin udara (AC) ruangan: Sistem kerja AC dimulai dengan penyerapan bahan pendingin oleh kompressor. bagian ini diperpanjang dari termostat masuk ke wilayah coil evaporator. Tugasnya mendeteksi suhu. Dan yang terakhir masuk ke evaporator dan di evaporatorlah tempat terjadinya pendinginan. Saat lemari es berjalan kondensor akan terasa hangat bila dipegang. starting relay. Pipa Kapiler Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekanan bahan pendingin cair yang mengalir di pipa tersebut dan mengatur bahan pendingin cair yang mengalir dari sisi tekanan tinggi ke tekanan rendah. Termostat mempunyai balon penyensor yang menempel padanya.Evaporator berfungsi menguapkan bahan pendingin cair menjadi gas dengan mengambil udara panas dari ruangan yang dihisap oleh fan motor. Evaporator terletak di dalam ruangan.

2. Fan motor evaporator. Heater Heater berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat pada evaporator dan mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es. Overload motor protector Merupakan kmponen pengaman yang letaknya menyatu dengan terminal kompresor. Thermostat sering disebut dengan saklar otomatis pengatur suhu. Jika suhu evaporator sesuai dengan pengatur suhu thermostat maka secara otomatis thermostat akan memutus listrik ke kompresor. Bahan pendingin (refrigerant) Refrigerant merupakan zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair atau sebaliknya. berfungsi menghisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor dan juga berfungsi untuk mendinginkan kompresor. Fan motor Fan motor pada lemari es ada dua yaitu: 1. Cara kerjanya mirip dengan sekring yaitu dapat menyambung dan memutus aliran listrik.Filter Filter berfungsi menyaring kotoran yang mungkin terbawa aliran bahan pendingin yang keluar setelah melakukan sirkulasi agar tidak masuk ke dalam kompresor dan pipa kapiler. berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator keseluruh bagian rak. . Contoh refrigerant yaitu freon. Evaporator Evaporator merupakan alat penguap bahan pendingin agar efektif dalam menyerap panas dan menguapkan bahan pendingin. Thermostat Thermostat berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan batasan suhu pada setiap bagian kulkas. Fan motor kondensor.

blower. termostat. Filter. Kondensor. fan motor. 2. evaporator. Bagian indoor merupakan bagian yang dingin dan bagian outdoor merupakan bagian yang panas. Fan motor. Bagian-bagian lemari es terdiri dari: Kompresor.Thermostat. Overload motor protector.KESIMPULAN Dari pengamatan yang didapatkan dapat disimpulkan: 1. Bagian-bagian pendingin ruangan terdiri dari: kompresor. filter. 3. Bahan pendingin (refrigerant) . kondensor. pipa kapiler. Heater. Prinsip kerja AC ruangan bibagi menjadi dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Evaporator.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful