Fungsi uang dibedakan menjadi 2,yaitu

:
1.Fungsi Asli
a. Uang sebagai alat penukar(medium of exchange)
Contoh:

Seorang Peternak menginginkan sekarung beras,tidak mungkin hasil ternaknya ditukar langsung dengan sekarung beras (bisa saja petani yang mempunyai beras itu tidak mau hewan milik peternak tersebut). oleh sebab itu peternak tersebut harus menjual hasil ternaknya, setelah terjual, barulah peternak tersebut dapat membeli sekarung beras.

b.Uang sebagai satuan hitung
Seorang nelayan mempunyai 2 perahu seharga Rp500.000,- (@ Rp250.000).Ia tidak bisa 1 buah menukar perahu tersebut dengan beberapa buah durian yang ia inginkan(karena tidak tahu akan mendapat berapa buah). Dalam hal ini uang sangat penting bagi nelayan tersebut. Jika harga sebuah durian adalah Rp10.000,-/kg, maka nelayan tersebut akan lebih mudah untuk menentukan berapa buah durian yang ia inginkan.
Contoh:

.Uang sebagai penimbun kekayaan Contoh: Setiap bulannya allen menerima gaji sebesar Rp12.000.. maka saya akan melihat dahulu harga buku tersebut.untuk mengkredit motor itu maka ia harus membayar DP(Down Payment) dan DP tersebut adalah Jaminan yang digunakan.500.dan saya membelinya dan menbayar dengan uang Rp50.setelah ia bekerja selama sebulanmaka ia akan mendapatkan uang sebagai alat untuk membayar jasanya(sebagai upah/gaji).000. ia ingin memiliki sebuah sepeda motor.Uang sebagai alat pembayaran Contoh: Seorang karyawan yang bekerja di suatu perusahaan.setelah 1 tahun maka uang yang ditabung akan bertambah dan mendapat bunga dari bank. . (dari tabungannya mungkin ia dapat membuat usaha baru.tiap hari ia bekerja dengan giat.Uang sebagai petunjuk harga Contoh: Jika saya ingin membeli sebuah buku. mungkin membuka perkebunan rambutan untuk menambah kekayaannya) c.- d.000. b.2.000.maka saya akan menerima kembalian Rp 20. jika harga buku tersebut adalah Rp30.dari gaji tersebut ia menabung Rp5.di bank. maka dari itu.Fungsi turunan a.000. ia pun memilih untuk mengkredit sepeda motor yang ia inginkan..Uang sebagai standar pembayaran yang di tangguhkan Contoh: Allen adalah seorang yang bekeja di sebuah lembaga khusus.000.