P. 1
Proposal Puskesmas

Proposal Puskesmas

|Views: 3,690|Likes:
Published by yantilinda

More info:

Published by: yantilinda on Aug 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Puskesmas merupakan sebuah organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat dan memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok yang wajib diselenggarakan oleh Pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Puskesmas dengan tujuannya yaitu mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional yakni meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi- tingginya.

Pusat Kesehatan Masyarakat, disingkat Puskesmas, adalah Organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan menitikberatkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan. Puskesmas bertujuan untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional yakni meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang setinggitingginya. Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis kesehatan di bawah supervisi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Secara umum, puskesmas harus memberikan pelayanan preventif, promotif, kuratif sampai dengan rehabilitatif baik melalui upaya kesehatan perorangan (UKP) atau upaya kesehatan masyarakat (UKM). Puskesmas dapat memberikan pelayanan rawat inap selain pelayanan rawat jalan. Hal ini disepakati oleh puskesmas dan dinas kesehatan yang

Yang dimaksud dengan magang adalah kegiatan yang dilakukan di lapangan selama periode tertentu untuk menjadikan para mahasiswa lebih memahami bidang studinya. maka dengan adanya program magang ini merupakan salah satu sistem yang tepat dalam mendidik mahasiswa di lapangan. Ditengah-tengah arus kompetisi yang semakin kuat maka perlu diadakan suatu kegiatan yang terencana dan sistematik dan aplikatif untuk melatih dan mendidik mahasiswa agar menjadi intelektual muda yang berkualitas dan tanggap terhadap masalah-masalah yang timbul di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan mampu mencari solusinya. namun bersifat fleksibel dan realistis dengan situasi yang dihadapinya dan dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan kondisi wilayah kerja dan kemampuannya . antara lain dengan meningkatkan intelektualitas. laporan magang. sehingga mahasiswa tidak hanya terpaku pada teori saja. yang mana hal ini sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan pengalaman. Dimana persiapan magang meliputi kegiatan pembekalan magang.bersangkutan. seminar laporan dan pengumpulan laporan. posyandu. keterampilan (skill) dan pengabdian mahasiswa melalui disiplin ilmu sebagai implementasi terhadap ilmu pengetahuan yang diterima dibangku kuliah agar mahasiswa dapat menjawab tantangan zaman yang semakin pesat. puskesmas keliling. pelepasan mahasiswa. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas SDM. puskesmas biasanya memiliki subunit pelayanan seperti puskesmas pembantu. Perawat memberikan pelayanan di masyarakat. surat perijinan. pelaksanaan magang. pos kesehatan desa maupun pos bersalin desa (polindes). Pada pelaksanaan magang ini mahasiswa dituntut untuk memadukan ilmu yang diperoleh dalam mengikuti perkuliahan dengan kegiatan nyata yang ada di lapangan yang telah di sesuaikan dengan peminatan yang telah di tentukan dalam hal ini yaitu pada bidang promosi kesehatan peningkatan pengetahuan ibu tentang Asi ekslusif. Dalam merealisasikan dan mencapai tujuan tersebut di atas.

Mahasiswa dapat menerapkan teori yang di dapat selama perkuliahan 2. Manfaat 1. Manfaat bagi mahasiswa : a. Menerapkan prinsip-prinsip promosi kesehatan dan menguikuti kegiatan dilapangan yang di lakukan di Puskesmas Loa Ipuh. Manfaat bagi Fakultas Kesehatan Masyarakat : .A. penyesuaian sikap dan pengetahuan di dunia kerja khususnya dalam bidang promosi kesehatan mengenai pengetahuan ibu tentang Asi ekslusif 2. Merumuskan alternatif pemecahan masalah pada bidang promosi kesehatan mengenai peningkatan pengetahuan ibu tentang Asi Ekslusif masalah di Puskesmas Loa ipuh d. Tujuan Khusus a. B. Tujuan Umum Tujuan Umum yang ingin dicapai dalam kegiatan magang ini adalah untuk memperoleh pengalaman keterampilan. Mengidentifikasi masalah pada bidang promosi kesehatan tentang peningkatan pengetahuan ibu mengenai Asi ekslusif di instansi tempat magang c. Manfaat bagi instansi kesehatan : Manfaat dari magang ini adalah membantu instansi kesehatan dalam rangka menetapkan kebijakan kesehatan khususnya di bidang promosi kesehatan kesehatan. 3. Mengidentifikasi Program Promosi Kesehatan mengenai Peningkatan Pengetahuan ibu tentang Asi ekslusif yang ada di Puskesmas Loa Ipuh b. Mahasiswa dapat memahami prinsip-prinsip promosi kesehatan b. Tujuan Adapun tujuan yang ingin di capai dalam kegiatan magang ini adalah sebagai berikut: 1.

Mewujudkan program perguruan tinggi dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Sebagai kegiatan evaluasi penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat. b.a. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->