1.

Alat Musik Melodis Alat musik melodis yaitu alat musik yang berfungsi untuk memainkan rangkaian susunan nada – nada merupakan melodi lagu. Berikut yang termasuk alat musik melodi. HARMONIKA

Dimainkan dengan jari – jari tangan atau dengan bantuan sebuah plectrum. Antonio de Torees Jurado Dari abad ke 19. Umumnya berdawai enam dari bahan kawat atau nilon. . Gitar yang diaminkan dalam bentuk pop biasanya memiliki plat jari pada badannya untuk melindungi badan gitar dari gesekan – gesekan. adalah alat musik petik yang sangat popular di masyarakat. Namun notasinya dituliskan satu oktaf lebih tinggi dari bunyi sebenarnya. Dalam kegiatan musik gitar berperan sebagai alat musik tunggal maupun pengiring musik/lagu. Alat Musik Harmonis Alat musik harmonis yaitu alat musik yang berfungsi untuk mengiringi perjalanan melodi lagu ( dengan menggunakan akor – akor tertentu ). Gitar Spanyol (klasik) didesain oleh tukang kayu dari Spanyol. Jangkauan nadanya cukup luas lebih dari tiga oktaf dimulai dari nada E oktaf besar.2. yang termasuk alat musik harmonis adalah sebagai berikut : GITAR Gitar.

dipakai pada orkes – orkes modern atau dangdut. adalah alat musik jenis rebana. Berikut ini yang termasuk alat musik ritmis : TAMBORIN Tamborin. dengan atau tanpa hiasan kerincing logam di sekitar bingkai atau kerangkanya.3. . Alat Musik Musik Ritmis Alat musik ritmis yaitu alat musik yang berfungsi untuk mengatur jalannya irama musik atau mengatur lagu.

Yang termasuk alat musik soliter adalah PIANO PIANO adalah alat music yang periang . baik dalam hal melodi. ritme. Alat Musik Soliter Alat musik soliter yaitu alat musik yang dapat berdiri sendiri.4. maupun paduan nada iringannya.