Kerja Sama Ekonomi Islam (Syirkah

)

6. 2. 5. 3.Kelompok 4 1. 4. Rian Fahadi Shaviera Lazwardi Shilvy Syahru Ramadhan Yudi Putra Wardhana Zacky Aulia Mursi .

” (QS. Prinsip kerjasama dalam Islam tertera dalam firman Allah SWT: “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa. sesungguhnya Allah amat berat siksaNya. Al-Maidah: 2) . yang bekerja demi kesejahteraan orang lain. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah. dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. sehingga memberikan harapan bagi pengembangan daya guna seseorang.Kerjasama atau cooperation merupakan bentuk lain dari organiasi bisnis yang berorientasi pada jasa yang dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi realisasi tujuan-tujuan ekonomi. Kerjasama adalah gabungan individualisme dan kepedulian sosial yang terjalin erat.

Keduanya merupakan bentuk kerja sama ekonomi. muzaraah dan mukhabarah.Kita mungkin mempunyai tabungan di sebuah bank atau polis di sebuah asuransi. Untuk menumbuhkan perekonomian yang sehat. musyarakah. . diperlukan suatu kerja sama yang baik. Adapun bentuk kerjasama itu banyak bentuknya seperti syirkah. mudarabah. musaqah.

Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.” (HR. Secara terminologis. dan bertakwalah kamu kepada Allah.Syirkah Syirkah berasal dari bahasa Arab yang artinya “pencampuran” (sehingga sulit dibedakan). ikatan kerja sama yang dilakukan dua orang atau lebih dalam perdagangan. Syirkah merupakan upaya saling menolong antarsesama manusia. dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Oleh karena itu. syirkah sangat dianjurkan dalam Islam sebagaimana firman Allah dalam surah AlMaidah ayat 2: “…dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa. “Rasulullah SAW bersabda: Allah berfirman. Abu Dawud) . “Dari Abu Hurairah ra berkata. apabila salah satu berkhianat maka Aku keluar dari mereka. Al-Maidah: 2) Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya.”(Q. syirkah biasa diartikan sebagai perserikatan dagang. Aku adalah Pihak Ketiga bagi dua orang yang bekerja sama selama tidak ada salah satu yang mengkhianatinya.S.

Keuntungan diambilkan dari laba harta perserikatan. bukan dari harta lain. . Artinya. dengan izin pihak lain. salah satu pihak bertindak hukum terhadap objek perserikatan itu. Persentase pembagian keuntungan untuk setiap yang berserikat dijelaskan ketika berlangsungnya akad. dianggap wakil seluruh pihak yang berserikat. Perserikatan itu merupakan transaksi yang biasa diwakilkan. 2. 3.Syarat Umum Syirkah 1.

yaitu perserikatan yang muncul akibat tindakan hukum orang yang berserikat. yaitu: a) Syirkah Ikhtiyar. b) . atau wakaf dari orang lain. lalu kedua orang itu menerima pemberian hibah. yaitu sesuatu yang ditetapkan menjadi milik dua orang atau lebih tanpa kehendak dari mereka. Harta warisan itu menjadi milik bersama orang-orang yang menerima warisan itu. atau mereka menerima harta hibah.Syirkah Al-Amlak (Perserikatan Dalam Kepemilikan) Syirkah Al-Amlak terbagi menjadi dua bentuk. wasiat atau wakaf tersebut dan menjadi milik mereka secara berserikat. (perserikatan yang muncul secara paksa. seperti dua orang yang bersepakat membeli suatu barang. wasiat. bukan atas keinginan orang yang berserikat). seperti harta warisan yang mereka terima dari seorang yang wafat. Syirkah Jabr.

Modal yang digabungkan oleh setiap pihak tidak harus sama jumlahnya. kerja. yaitu perserikatan dua orang atau lebih pada suatu objek. yaitu perserikatan dalam modal (harta) dalam suatu perdagangan yang dilakukan dua orang atau lebih dan keuntungan dibagi bersama. baik dalam masalah modal. b) c) .Syirkah Al-‘uqud (Perserikatan Berdasarkan Suatu Akad) Syirkah Al-‘uqud terbagi menjadi 5 bentuk sebagai berikut: a) Syirkah Al-‘inan. seperti pandai besi. Hasil atau imbalan yang diterima dari pekerjaan itu dibagi bersama sesuai dengan kesepakatan mereka berdua. yaitu perserikatan yang dilaksanakan oleh dua pihak untuk menerima suatu pekerjaan. serta melakukan tindakan hukum yang sama sehingga setiap pihak dapat bertindak hukum atas nama orang-orang yang berserikat tersebut. tetapi boleh salah satu pihak memiliki modal yang lebih besar. binatu. Syirkah Al-Mufawwadah. dengan syarat setiap pihak memasukkan modal yang sama jumlahnya. Keuntungan dari perserikatan ini dibagi sesuai kesepakatan bersama. Syirkah Al-Abdan/Al-‘amal. dan tukang jahit. Adapun kerugiannya sesuai dengan persentase modalnya masing-masing. setiap pihak yang mengingatkan diri dalam perserikatan ini mempunyai hak dan kewajiban yang sama. maupun keuntungan. Unsur penting dalam perserikatan ini adalah.

.Syirkah Al-Wujuh. Dalam perserikatan ini. pihak yang berserikat membeli barang secara kredit. Di zaman sekarang. yaitu serikat yang dilakukan dua orang atau lebih yang tidak punya modal sama sekali. yang keuntungan dibagi sesuai dengan kesepakatan bersama. sehingga mereka meraih keuntungan. Hukum perserikatan seperti inipun diperselisihkan ulama fiqih. hanya atas dasar suatu kepercayaan. kemudian barang yang mereka kredit itu mereka jual dengan harga tunai. sedangkan keuntungan yang diperoleh dibagi bersama. Adapun kerugian yang diderita menjadi tanggungan pemilik modal saja. yaitu persetujuan antara pemilik modal dan seorang pekerja untuk mengelola uang dari pemilik modal dalam perdagangan tertentu. dan mereka melakukan suatu pembelian dengan kredit serta menjualnya dengan harga konstan. perserikatan ini mirip makelar dan banyak dilakukan orang. Syirkah Al-Mudarabah.