P. 1
Pengertian Hotel

Pengertian Hotel

|Views: 149|Likes:
Published by Ef Zet

More info:

Published by: Ef Zet on Aug 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

A.

Pengertian Hotel

Kata Hotel berasal dari bahasa Perancisyaitu “tempat pendatang” hostel atau artinya buat “bangunan penampungan

penyedia pondokan dan makanan untuk umum”. Oleh sebab itu, keberadaan hostel untuk

menyediakan kebutuhan masyarakat sebagai tempat tinggal sementara. Hostel inilah cikal bakal hotel yang ada sekarang ini. Hotel merupakan pendukung dari beberapa kegiatan sektor pariwisata yang menyadiakan sarana akomodasi dan tempat pertemuan antara wisatawan dan pelaku industri. Pengertian hotel berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no KM 94/HK103/MPPT 1987 adalah sebagai berikut: “Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunannya untuk menyediakan jasa pelayanan, penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan didalam keputusan pemerintah”.

Dari pengertian diatas, maka hotel juga dapat definisi seperti di bawah ini :

1. Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil (Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987) 2. Sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran (Lawson, 1976:27) 3. Bangunan yang dikelola secara komersil dengan memberikan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan fasilitas sebagai berikut :
o

Jasa penginapan

Menelusuri kemajuan hotel sekarang ini perkembangannya sangat signifikan. serta guest house baik yang dikelola sebagai usaha swasta (seperti halnya hotel melati) ataupun mess yang dikelola oleh perusahaanperusahaan sebagai tempat menginap bagi para tamu yang ada kaitannya dengan kegiatan perusahaan. HRD Sales and Marketing. Secara umum.1996:8) Di Indonesia. Semua departemen tersebut saling mendukung dan tidak dapat berdiri sendiri dalam operasinya dan mempunyai tujuan yang sama yaitu Bagaimana membuat tamu merasa puas dan nyaman ketika mereka menggunakan hotel tersebut. jenis dan karakter semakin beragam membuat pilihan bagi traveller semakin banyak dan beragam. Departemen-departemen yang ada di hotel dapat dikelompokkan sebagai berikut: o o o o o Housekeeping. terutama pertambahan jumlah kamar. . lokasi yang menyebar dan merata. di Indonesia dikenal hotel berbintang. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap keinginan pelanggan yang terus meningkat. hotel melati yang tarifnya cukup terjangkau namun hanya menyediakan tempat menginap dan sarapan pagi. Engineering.(Endar Sri. hotel selalu dikonotasikan sebagai bangunan untuk penginapan yang mahal. model dan arsitektur. Hotel operasianal memiliki beberapa divisi atau department. Front Office. Tiap departemen dipimpin oleh seorang menejer dan menejer tersebut bertanggung jawab kepada General Manager sebagai pimpinan tertinggi dalam suatu organisasi hotel. Hotel mengalami perubahan dan terus akan berubah ke arah modern.o o o o Pelayanan makanan dan minuman Pelayanan barang bawaan Pencucian pakaian Penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya.

1997. Tidak bekerja yang sifatnya menghasilkan upah ataupun bayaran. Pengertian Pariwisata Menurut definisi yang luas pariwisata adalah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. p. yaitu : (dikutip dari Ekonomi Pariwisata. alam dan ilmu. sebagai usaha mencari keseimbangan atau keserasian dan kebahagiaan dengan lingkungan hidup dalam dimensi sosial. Dalam kesimpulannya pariwisata adalah keseluruhan fenomena (gejala) dan hubungan-hubungan yang ditimbulkan oleh perjalanan dan persinggahan manusia di luar tempat tinggalnya.194). (Sejarah Pariwisata dan Perkembangannya di Indonesia. c. Sedangkan wisatawan adalah orang yang melakukan kegiatan wisata. Harus bersifat sukarela (voluntary) dalam arti tidak terjadi karena dipaksa. B. hal.Pengertian Kepariwisataan Kepariwisataan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan pariwisata (Yoeti. bersifat sementara. Food and Beverage Product. Public Relation. budaya. IT. 3) C. Wisata merupakan suatu kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata. Accounting. dilakukan perorangan maupun kelompok. Dengan maksud bukan untuk tinggal menetap dan tidak berkaitan dengan pekerjaan-pekerjaan yang menghasilkan upah. Harus bersifat sementara b. “Tourism is . hal 21) a. Suatu perjalanan dianggap sebagai perjalanan wisata bila memenuhi tiga persyaratan yang diperlukan. Security.o o o o o o Food and Beverage Service.

atraksi wisata dan aktifitasnya. E .Wisatawan mancanegara (interntional tourist) yaitu. Sedangkan faktor ketersediaan dipengaruhi oleh transportasi. Menurut Musanef: Wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata.Pengertian Wisman (wisatawan Mancanegara) wisatawan adalah orang yang melakukan perjalanan untuk berlibur. bersenang-senang. dsb. D. Visitors are defined as tourist and the remainder as same-day visitors”. berbisnis.an integrated system and can be viewed in terms of demand and supply. berobat. Wisata adalah bepergian bersama-sama untuk memperluas pengetahuan.Pengertian Wisata 1.Pada garis besarnya. Wisata juga bisa diartikan sebagai piknik 2. The demand is made up of domestic and international tourist market. services and related infrastructure. and information and promotion. fasilitas-fasilitas. tourist facilities. Faktor permintaan terkait oleh permintaan pasar wisatawan domestik dan mancanegara. . tourist attractions and activities. pelayanan dan prasarana terkait serta informasi dan promosi. definisi tersebut menunjukkan bahwa kepariwisataan memiliki arti keterpaduan yang di satu sisi diperani oleh faktor permintaan dan faktor ketersediaan.wisatawan yang mengadakan perjalanan ke daerah tujuan wisata yang bersal dari luar negeri. berolahraga serta menuntut ilmu dan mengunjungi tempattempat yang indah atau sebuah negara tertentu . Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. The supply is comprised of transportations.

Pengertian Hotel. Pariwisata. Kepariwisataan. Wisman (wisatawan Mancanegara) Nama:Olivia Putri CR. Wisata. Kelas:XII APH II .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->