Revitalisasi pendidikan Islam

Kelompok 10
Sifa Fujiatul Kurnia Elsa Suci Mutiara Novia Rizqi

Jadi. . secara etimologi revitalisasi berarti proses.Pengertian Revitalisasi • Dalam kamus besar Bahasa Indonesia Revitalisasi berasal dari kata vital yang berarti “sangat penting (untuk kehidupan). pengertian revitalisasi ini secara umum adalah usaha-usaha untuk menjadikan sesuatu itu menjadi penting dan perlu sekali. cara. dan perbuatan menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya kurang terberdaya menjadi lebih berdaya.

.Pengertian Pendidikan • Pendidikan berasal dari kata “didik” atau “mendidik” yang berarti “memelihara atau memberi latihan (ajaran. Pendidikan yang diberi awalan pe dan akhiran an yang berarti “Proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. tuntunan.

Dalam pendidikan Islam. 3. Berdasarkan informasi Al-Qur’an. dan berketerampilan sehingga tidak menjadi beban ornag lain. Rohani yang berkualitas tinggi yang terletak pada kalbu/hatinya. kuat. Cerdas serta pandai sebagai wujud akal yang berkembang. pendidikan ditujukan untuk memanusiakan manusia. Manusia itu sendiri dalam pandangan Islam adalah manusia yang sempurna.Pendidikan Islam Pendidikan Islam merupakan bimbingan yang diberikan oleh orang kepada orang lain agar ia berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam. Jasmaninya sehat. ciri manusia sempurna itu adalah: 1. . 2.

dalam masyarakat global saat ini. efektif. termasuk pada tingkat lembaga pendidikan. penerapan tata kelola yang bersih dan baik (clean and good governance) merupakan imbas positif dari demokratisasi pada level pemerintahan yang kemudian menjadi tuntutan di semua level organisasi. • Inovasi dan pembaharuan juga diperlukan dalam pola pengelolaan pendidikan Islam. secara tidak langsung.Revitalisasi Pendidikan Islam • Revitalisasi pendidikan islam berarti perubahan yang lebih baik dalam system pendidikan islam. . institusi pendidikan Islam dituntut memiliki kinerja yang produktif. Di pihak lain. transparan. Sebab. dan akuntabel. baik atau buruknya pengelolaan pendidikan akan berdampak pada layanan terhadap peserta didik di semua jenjang pendidikan. Sebab.

Dari saat ke saat. Guru adalah juga muaddib.Aspek-Aspek dalam Revitalisasi Pendidikan Islam • Dalam perspektif Islam. yang bertugas mengasuh. dan pengayaan wawasan. intelektualitas. guru bukan hanya bertugas sebatas ta’liim semata. peserta didik diupayakan semaksimal mungkin dapat memiliki kecerdasan dalam berbagai dimensinya. serta sebagai avant garde dalam pengembangan dan pembumian al-akhlaaq al-shalih. tapi juga tarbiyyah. emosional-spritualitas. dan skill. metode mendidik. . guru perlu memacu dirinya untuk terus mengembangkan keilmuan. dan mendidik secara profesional. Melalui tangannya. Pencapaian ke arah sana memerlukan kesiapan guru untuk terus mengembangkan dirinya. memberikan ketrampilan.

Benang Kusut Sistem pendidikan • • • • • Maraknya KKN Angka pengangguran yang tinggi Transaksi jual beli gelar kesarjanaan Mutu pendidikan yang rendah Sistem NEM .

.

Reformasi Pendidikan Islam pada Era Globalisasi Pembaharuan atau modernisasi adalah sebuah tema perubahan yang dikenal dalam Islam dengan tajdid. yaitu upaya untuk menyesuaikan dengan kehidupan kontemporer dengan jalan menafsiran sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kondisi masyarakat (Abu al-Hasan al-Nadawi. Upaya ini pada dasarnya berpijak pada karakteristik ajaran Islam yang bersifat paripurna dan universal. 1977:71). .

Tercapainya tujuan hablum minallah 2). Tercapainya tujuan hablum minannas 3). Terciptanya tujuan hablum minal’alam. . maka kurikulum pendidikan Islam itu harus berorientasi pada 1).Berpedoman pada lingkup pendidikan Islam yang ingin dicapai.

2. Pendidikan (education). yaitu: 1. yaitu mempersiapkan mereka untuk menduduki posisi ekonomi tertentu. 3. artinya untuk menciptakan kelompok elit yang pada gilirannya akan memberikan sumbangan besar bagi kelanjutan program modernisasi. . Penyekolahan (schooling). Sosialisasi. artinya pendidikan merupakan wahana bagi integrasi anak didik ke dalam nilai-nilai kelompok atau nasional yang dominant.fungsi pokok pendidikan dalam masyarakat modern ada tiga bagian.

Pemerintah bersama masyarakat perlu sekali mengembangkan sekolah model yang melibatkan partisipasi masyarakat yang nantinya bisa ditiru dan dikembangkan di berbagai wilayah. kondisi. Adalah suatu kenyataan historisantropologis dan politis bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai ragam budaya dan agama. sebuah pendidikan yang meperhatikan potensi dan minat individu. . Yaitu. namun tetap memiliki wawasan dan komitmen kebangsaan dan kemanusiaan universal. dan kebutuhan wilayah.

Pertama. saat ini diperlukan model pendidikan agama sebagai perspektif.Kurikulum pendidikan di era globalisasi seharusnya tidak mendikotomikan antara sains dengan agama. 2. 1. yaitu pendidikan agama di bawah Departemen Agama. yang menuntut keseimbangan tataran kehidupan duniawi dan ukhrowi. Kedua adalah pendidikan agama sebagai filter. Model ini menjadi jawaban dan pelengkap dari model yang dikembangkan sebelumnya. . yakni pendidikan agama di sekolah umum. • Selain itu. model pendidikan agama sebagai tambahan informasi. Konsep pendidikan Islam sendiri memiliki prinsip jelas tentang integrasi sains dan agama dalam pendidikan.

• Pendidikan agama bukan hanya tanggung jawab lembaga-lembaga pendidikan Islam. . berorientasi ke depan (future oriented) dan tidak backward looking (melihat ke belakang). maka syaratnya adalah memiliki rasionalitas. kalau kita berbicara masalah modernitas. tapi lebih utama adalah tanggung jawab keluarga. Jadi model keislaman seperti inilah yang seharusnya dikembangkan melalui lembaga-lembaga pendidikan Islam. Karena. Inilah yang menjadi ciri modernitas.• Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan adalah Islam yang kompatibel dengan modernitas. demokratis dan toleran terhadap perbedaan.

Terima Kasih  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful