BAB 1 PENDAHULUAN

Badan usaha adalah kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Badan Usaha seringkali disamakan dengan perusahaan, walaupun pada kenyataannya berbeda. Perbedaan utamanya, Badan Usaha adalah lembaga sementara perusahaan adalah tempat dimana Badan Usaha itu mengelola faktor-faktor produksi.  Jenis-Jenis Badan Usaha di Indonesia 1. Koperasi 2. BUMN     3. BUMS  Perusahaan Persekutuan     Firma Persekutuan Komanditer Perseroan Terbatas Perjan Perum Persero BUMD

Yayasan

Dari badan usaha tersebut, kelompok kami akan membahas lebih dalam tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

BAB 2 PEMBAHASAN

Di Indonesia, Badan Usaha Milik Negara adalah badan usaha yang sebagian atau seluruh kepemilikannya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia. BUMN dapat pula berupa perusahaan nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan barang atau jasa bagi masyarakat. Pada beberapa BUMN di Indonesia, pemerintah telah melakukan perubahan mendasar pada kepemilikannya dengan membuat BUMN tersebut menjadi perusahaan terbuka yang sahamnya bisa dimiliki oleh publik. Contohnya adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Sejak tahun 2001 seluruh BUMN dikoordinasikan pengelolaannya oleh Kementerian BUMN, yang dipimpin oleh seorang Menteri BUMN.  Ciri-Ciri BUMN
 

Penguasaan badan usaha dimiliki oleh pemerintah. Pengawasan dilakukan, baik secara hirarki maupun secara fungsional dilakukan oleh pemerintah.

    

Kekuasaan penuh dalam menjalankan kegiatan usaha berada di tangan pemerintah. Pemerintah berwenang menetapkan kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan usaha. Semua risiko yang terjadi sepenuhnya merupakan tanggung jawab pemerintah. Untuk mengisi kas negara, karena merupakan salah satu sumber penghasilan negara. Agar pengusaha swasta tidak memonopoli usaha yang menguasai hajat hidup orang banyak.

 

Melayani kepentingan umum atau pelayanan kepada masyarakat. Merupakan lembaga ekonomi yang tidak mempunyai tujuan utama mencari keuntungan, tetapi dibenarkan untuk memupuk keuntungan.

 

Merupakan salah satu stabilisator perekonomian negara. Dapat meningkatkan produktivitas, efektivitas, dan efisiensi serta terjaminnya prinsipprinsip ekonomi.

Modal seluruhnya dimiliki oleh negara dari kekayaan negara yang dipisahkan.

besarnya tidak lebih dari 49%. Peranan pemerintah sebagai pemegang saham.  Ciri-ciri Persero adalah sebagai berikut:   Pendirian persero diusulkan oleh menteri kepada presiden Pelaksanaan pendirian dilakukan oleh mentri dengan memperhatikan perundangundangan    Statusnya berupa perseroan terbatas yang diatur berdasarkan undang-undang Modalnya berbentuk saham Sebagian atau seluruh modalnya adalah milik negara dari kekayaan negara yang dipisahkan    Organ persero adalah RUPS. Bila memperoleh keuntungan. Bila sahamnya dimiliki oleh masyarakat. sedangkan minimal 51% sahamnya dimiliki oleh negara.Indonesia  Jenis-Jenis BUMN Jenis-jenis BUMN yang ada di Indonesia adalah: 1. maka sebagai pemegang saham perseroan terbatas      RUPS bertindak sebagai kekuasaan tertinggi perusahaan Dipimpin oleh direksi Laporan tahunan diserahkan ke RUPS untuk disahkan Tidak mendapat fasilitas negara Tujuan utama memperoleh keuntungan . maka menteri berlaku sebagai RUPS.     Pinjaman pemerintah dalam bentuk obligasi. Pinjaman kepada bank atau lembaga keuangan bukan bank. Perusahaan Perseroan (Persero) Perusahaan Persero adalah BUMN yang berbentuk perseroan terbatas (PT) yang modal/sahamnya paling sedikit 51% dimiliki oleh pemerintah. yang tujuannya mengejar keuntungan. maka dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Maksud dan tujuan mendirikan persero ialah untuk menyediakan barang dan atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat dan mengejar keuntungan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Modal juga diperoleh dari bantuan luar negeri. direksi dan komisaris Menteri yang ditunjuk memiliki kuasa sebagai pemegang saham milik pemerintah Apabila seluruh saham dimiliki pemerintah. jika hanya sebagian.

Fungsi RUPS dalam persero pemerintah ialah memegang segala wewenang yang ada dalam perusahaan tersebut. Jika persero mengalami kerugian dan terbelit utang maka t a n g g u n g jawab sahamyang dimiliki. Privatisasi adalah penjualan sebagian atau seluruh saham persero kepada pihak lain untuk peningkatan kualitas. Karena. Pengangkatan dan pemberhentian dilakukan okeh RUPS. memungkinkan negara dalam menanggung kerugian. Komisaris adalah organ persero yang bertugas dalam pengawasan kinerja persero itu.  Hubungan-hubungan usaha diatur dalam hukum perdata Pegawainya berstatus pegawai swasta  Kelebihan persero adalah:    Bertujuan mencari laba. Dengan status pegawai perusahaan swasta. tetapi lebih mengutamakan profesionalisme (keahlian). Persero terbuka sesuai kebijakan pemerintah tentang privatisasi. Pada persero k i n e r j a n ya lebih efisien.  Adapun kelemahan persero adalah:    A d a n ya program privatisasi oleh pemerintah. k a r e n a adanya pihak lain yang ikut memegang saham. Direksi persero adalah orang yang bertanggung jawab atas pengurusan persero baik di dalam maupun diluar pengadilan. RUPS juga berwenang untuk mengganti komisaris dan direksi. karena persero tidak m e n d a p a t fasilitas dari negara. A d a n ya p a j a k a t a s b a d a n u s a h a b e r b e n t u k p e r s e r o Kerahasiaan badan usaha dan perusahaan k u r a n g t e r j a m i n . Laba yang didapat digunakan untuk kepentingannegara dan masyarakat. hanya terbatas pada p e r s e r o untuk dikendalikan oleh badan usaha swasta asing. Persero yang tidak bisa diubah ialah: . budaya kerja di p e r s e r o umumnya lebih baik dibanding perjan dan perum. Persero yang diprivatisasi adalah yang unsur usahanya kompetitif dan teknologinya cepat berubah. dan melaporkannya pada RUPS. penghargaan dan penggajian pegawai perusahaan swasta tidak mengutamakan  senioritas dan masa kerja.

PT Tambang Timah Tbk. pegawai negeri sipil kurangproduktif karena dalam menghargai karyawan lebih mementingkanu n s u r s e n i o r i t a s d a n m a s a k e r j a d i b a n d i n g u n s u r p r o f e s i o n a l i s m e karyawan. 2.b i d a n g u s a h a p e n t i n g ya n g m e n g u a s a i h a j a t h i d u p orang banyak. PT Indo Farma Tbk. PT. PT Indosat Tbk (pada akhir tahun 2002 41. Tingkat produktivitas kurang. Pada umumnya.PT Bank BNI Tbk.    Persero yang menurut perundang-undangan harus berbentuk BUMN Persero yang bergerak di bidang hankam negara Persero yang diberi tugas khusus untuk kepentingan masyarakat Persero yang bergerak di bidang Sumber Daya Alam yang secara tegas dilarang diprivatisasi oleh UU Di Indonesia sendiri yang sudah menjadi Persero adalah PT. dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Perusahaan Jawatan (Perjan) Perusahaan Jawatan (perjan) sebagai salah satu bentuk BUMN memiliki modal yang berasal dari negara. T u j u a n u t a m a n ya a d a l a h m e m b e r i k a n l a ya n a n k e p a d a m a s y a r a k a t . PT Kimia Farma Tbk. karena status pegawainya a d a l a h pengawai negeri sipil. PP (Pembangunan Perumahan). Ciri-ciri Perusahaan Jawatan antara lain sebagai berikut:    memberikan pelayanan kepada masyarakat merupakan bagian dari suatu departemen pemerintah dipimpin oleh seorang kepala yang bertanggung jawab langsung kepada menteri atau dirjen departemen yang bersangkutan  status karyawannya adalan pegawai negeri  Kelebihan perjan adalah:      M e n a n g a n i b i d a n g . Seluruh modalnya adalah milik negara.94% saham Persero ini telah dijual kepada Swasta sehingga perusahaan ini bukan BUMN lagi). Besarnya modal Perusahaan Jawatan ditetapkan melalui APBN.Garuda Indonesia Airways(GIA). .  Kelemahan Perjan adalah: Sering terjadi pemborosan karena tidak adanya perusahaansaingan.

Dipimpin oleh seorang direksi/direktur. sehingga perjan menjadisapi perahan untuk kepentingan kelompok tersebut.  Ciri-ciri Perusahaan Umum (Perum):    Melayani kepentingan masyarakat umum. sekarang ini sudah tidak ada lagi BUMN yang berbentukperjan. Djamil Perjan RS Fatmawati Perjan RS Hasan Sadikin Perjan RS Sardjito Perjan RS M. J i k a p e r j a n r u g i . . Sebagai catatan. Wahidin Perjan RS Kanker Dharmais Perjan RS Persahabatan Perjan Kereta Api(PJKA) (sekarang PT Kereta Api Indonesia (Persero)) Perjan Pegadaian (sekarang Perum Penggadaian) 3.tetapi sekaligus mencari keuntungan. Mempunyai kekayaan sendiri dan bergerak di perusahaan swasta. b e r a r t i n e g a r a ya n g d i r u g i k a n .  Sering menjadi alat politik kelompok tertentu. perusahaan umum (PERUM) bebas membuat kontrak kerja dengan semua pihak. Husein Perjan RS Dr. Semua sudah berubah menjadi perum atau persero  Contoh Perusahaan Jawatan (Perjan):                Perjan RS Jantung Harapan Kita Perjan RS Cipto Mangunkusumo Perjan RS AB Harahap Kita Perjan RS Sanglah Perjan RS Kariadi Perjan RS M. Artinya. Perusahaan Umum (Perum) Perusahaan Umum(PERUM) adalah suatu perusahaan negara yang bertujuan untuk melayani kepentingan umum.

berarti negara yang dirugikan. Pekerjanya adalah pegawai perusahaan swasta. Kewenangan pemerintah daerah membentuk dan mengelola BUMD ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah No. juga m e r a i h l a b a (keuntungan). Sering menjadi alat politik kelompok tertentu sehingga perum m e n j a d i sapi perahan (diperas) untuk kepentingan kelompok tersebut. 4. Tingkat produktivitas pegawai umumnya masih di bawah pegawaiperseroan (PT).  D e n g a n s t a t u s p e g a w a i p e r u s a h a a n n e g a r a a t a u d a e r a h . Memupuk keuntungan untuk mengisi kas negara. Bertujuan memberikan l a ya n a n yang kepada didapat m a s ya r a k a t digunakan sekaligus lagi sebagai m e n c a r i keuntungan.   Modalnya dapat berupa saham atau obligasi bagi perusahaan yang go public.Perum Balai Pustaka. perum bekerja lebih efisien karena selain memberil a y a n a n dituntut untuk kepada masyarakat. PerumANTARA. Contohnya : Perum Pegadaian. Perum Jasatirta. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah daerah.  Kelebihan Perum:   M e n a n g a n i b i d a n g . b u d a ya k e r j a d i perum umumnya lebih baik dibanding perjan. Jika perum rugi.b i d a n g u s a h a ya n g p e n t i n g . danapembangunan.  Kelemahan Perum adalah:     Masih t e r j a d i p e m b o r o s a n ( inefisiensi) karena tidak adanya perusahaansaingan.   Dikelola dengan modal pemerintah yang terpisah dari kekayaan negara.Perum Peruri.Perum Perumnas. b a i k p u s a t a t a u d a e r a h . Dibanding perjan. . Perum DAMRI. Dapat menghimpun dana dari pihak. 25 Tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan provinsi sebagai daerah otonom.   Keuntungan S e l u r u h m o d a l n ya m i l i k p e m e r i n t a h .

  Kedudukan hukumnya. . Ciri-ciri BUMD adalah sebagai berikut:         Pemerintah memegang hak atas segala kekayaan dan usaha Pemerintah berkedudukan sebagai pemegang saham dalam pemodalan perusahaan Pemerintah memiliki wewenang dan kekuasaan dalam menetapkan kebijakan perusahaan Pengawasan dilakukan alat pelengkap negara yang berwenang Melayani kepentingan umum. Status karyawannya. selain mencari keuntungan Sebagai stabillisator perekonomian dalam rangka menyejahterakan rakyat Sebagai sumber pemasukan negara Seluruh atau sebagian besar modalnya milik negara lain. dan mewakili BUMN di pengadilan  Tujuan Pendirian BUMD:      Memberikan sumbangsih pada perekonomian nasional dan penerimaan kas negara Mengejar dan mencari keuntungan Pemenuhan hajat hidup orang banyak Perintis kegiatan-kegiatan usaha Memberikan bantuan dan perlindungan pada usaha kecil dan lemah  Contoh BUMD adalah:    Bank Pembangunan Daerah (BPD) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Perusahaan Daerah Angkutan Kota (bus kota) Diantara keempat badan hukum tersebut memang terdapat perbedaan dalam hal:  Dimasukkan tidaknya permodalan dari badan-badan usaha tersebut dalam Anggaran Belanja Negara. apakah sebagai pegawai negeri atau naik. baik berupa bank maupun nonbank  Direksi bertanggung jawab penuh atas BUMN.

2.  Kelebihan dan Kekurangan BUMN BUMN memiliki kelebihan-kelebihan adalah:     Seluruh keuntungan BUMN menjadi keuntungan Negara.Berbeda dengan ketiga jenis Perusahaan Milik Negara yang disebut terlebih dahulu yang didirikan berdasarkan Undang-undang No. Merupakan sarana untuk melaksanakan pembangunan. Khusus untuk Daerah Khusus Ibukota Jakarta pengesahannya adalah dari presiden.   Membuka dan memperluas kesempatan kerja bagi penduduk angkatan kerja. BUMN patungan antara pemerintah dengan BUMN lain. Badan usaha uang sebagian sahamnya dimiliki oleh Negara. BUMN patungan antara pemerintah dengan daerah. 3. Memberi kemudahan kepada masyarakat luas dalam memperoleh berbagai alat pemenuhan kebutuhan hidup yang berupa barang atau jasa.baik migas maupun non migas. Selanjutnya dalam rangka peningkatan efisiensi dan produktifitas perusahaan milik Negara. tetapi statusnya disamakan dengan BUMN. 2. maka dikeluarkan SK Menteri Keuangan No. 9/1969 maka perusahaan daerah didirikan dengan suatu peraturan daerah dan telah mendapat pengesahan dari instansi atasan yaitu: Menteri Dalam Negeri bagi daerah tingkat I dan Gubernur bagi daerah tingkat II. Mencegah monopoli pasar atas barang dan jasa yang merupakan kebutuhan masyarakat banyak oleh sekelompok pengusaha swasta yang bermodal kuat.00/1994 dimana dalam BAB I pasal1 dikatakan bahwa yang dimaksud dengan BUMN adalah sebagai berikut: 1. 840/KMK. yaitu: 1. Kekayaan Negara pada BUMN yang dipisahkan berdasarkan peraturan pemerintah. Badan usaha patungan BUMN dengan swasta nasional/asing dimana Negara memiliki saham mayoritas (minimal 51 %). Badan usaha yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Negara.  Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi komoditi ekspor sebagai sumber devisa. . Menyediakan jasa-jasa bagi masyarakat. 4.

lemah dalam persaingan. sehingga menimbulkan political cost yang sulitdiukur Aset yang besar dan tidak disertai utilitas optimal berakibat over-investment dan pemborosan yang membebani BUMN itu sendiri Kemudahan dari negara adalah bentuk subsidi yang setara dengan cost bagi rakyat banyak Perlakuan istimewa Negara kepada BUMN menjadikannya tidak peka terhadap lingkungan usahanya.  Keterlibatan birokrasi dalam BUMN yang berlangsung lama sering menyulitkan direksi untuk bertindak objektif. Menghimpun dana untuk mengisi kas negara . .yang selanjutnya dipergunakan untuk memajukan dan mengembangkan perekonomian negara. sehingga hilangnya momentum yang berakhir pada kerugian  Privileges yang diberikan birokrasi harus dikompensasi dengan memberikan kemudahan kepada pihak lain melalui policy direction yang menjadi political cost bagi BUMN. BUMN juga memiliki kekurangan-kekurangan adalah :. lamban mengambil keputusan. tidak lincah dalam bertindak.       Keterlibatan birokrasi dengan kepentingannya menimbulkan penyimpangan policy direction yang merugikan BUMN sendiri Policy direction yang merugikan timbul karena adanya kepentingan elite BUMN yang ditampilkan melalui formal policy Birokrat di BUMN sulit membedakan dirinya sebagai birokrat atau professional perusahaan.

apabila terjadi monopoli pasar atas barang dan jasa yang memenuhi hajat hidup orang banyak. yang lazim dikenal sebagai sapi perahan bagi oknum pejabat atau partai. Merupakan sarana untuk melaksanakan pembangunan.BAB 3 KESIMPULAN BUMN utama berkembang dengan monopoli atau peraturan khusus yang bertentangan dengan semangat persaingan usaha sehat (UU no. tetapi beberapa BUMN lain berhasil memperkokoh posisi bisnisnya. Mencegah monopoli pasar atas barang dan jasa yang merupakan kebutuhan masyarakat banyak oleh sekelompok pengusaha swasta yang bermodal kuat.  Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi komoditi ekspor sebagai sumber devisa. pemerintah giat melakukan privatisasi dan mengakhiri berbagai praktek persaingan tidak sehat. tidak jarang BUMN bertindak selaku pelaku bisnis sekaligus sebagai regulator. Fungsi regulasi usaha dipisahkan dari BUMN.Karena. Menyediakan jasa-jasa bagi masyarakat.   Membuka dan memperluas kesempatan kerja bagi penduduk angkatan kerja.maka dapat dipastikan bahwa rakyat kecil yang akan menjadi korban sebagai akibat dari tingkat harga yang cenderung meningkat. Pasca krisis moneter 1998.  Menghimpun dana untuk mengisi kas negara . BUMN kerap menjadi sumberkorupsi.yang selanjutnya dipergunakan untuk memajukan dan mengembangkan perekonomian negara.  Kelebihan dan Kekurangan BUMN BUMN memiliki kelebihan-kelebihan adalah:     Seluruh keuntungan BUMN menjadi keuntungan Negara. Memberi kemudahan kepada masyarakat luas dalam memperoleh berbagai alat pemenuhan kebutuhan hidup yang berupa barang atau jasa.pemerintah mempunyai tujuan untuk mencegah monopoli pasar atas barang dan jasa publik oleh perusahaan swasta yang kuat. banyak BUMN yang terancam gulung tikar. Sebagai akibatnya. .baik migas maupun non migas. Dengan mengelola berbagai produksi BUMN. 5 tahun 1999).

Sekarang sudah tidak ada perusahaan BUMN yang menggunakan model perjan karena besarnya biaya untuk memelihara perjan-perjan tersebut sesuai dengan Undang Undang (UU) Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN.KAI 2. sehingga menimbulkan political cost yang sulit diukur Aset yang besar dan tidak disertai utilitas optimal berakibat over-investment dan pemborosan yang membebani BUMN itusendiri Kemudahan dari negara adalah bentuk subsidi yang setara dengan cost bagi rakyat banyak Perlakuan istimewa Negara kepada BUMN menjadikannya tidak peka terhadap lingkungan usahanya. Besarnya modal Perusahaan Jawatan ditetapkan melalui APBN.       Keterlibatan birokrasi dengan kepentingannya menimbulkan penyimpangan policy direction yang merugikan BUMN sendiri Policy direction yang merugikan timbul karena adanya kepentingan elite BUMN yang ditampilkan melalui formal policy Birokrat di BUMN sulit membedakan dirinya sebagai birokrat atau professional perusahaan. Perusahaan Umum (Perum) Perusahaan Umum(PERUM) adalah suatu perusahaan negara yang bertujuan untuk melayani kepentingan umum.  Keterlibatan birokrasi dalam BUMN yang berlangsung lama sering menyulitkan direksi untuk bertindak objektif. Perjan ini berorientasi pelayanan padamasyarakat. Sehingga selalu merugi.BUMN juga memiliki kekurangan-kekurangan adalah :.tetapi sekaligus mencari keuntungan. sehingga hilangnya momentum yang berakhir pada kerugian  Privileges yang diberikan birokrasi harus dikompensasi dengan memberikan kemudahan kepada pihak lain melalui policy direction yang menjadi political cost bagi BUMN.  BUMN terdiri dari: 1. lamban mengambil keputusan. lemah dalam persaingan. Perusahaan Jawatan(Perjan) Perusahaan Jawatan (perjan) sebagai salah satu bentuk BUMN memiliki modal yang berasal dari negara. Contoh Perjan: PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) kini berganti menjadi PT. Perum adalah perjan yang . tidak lincah dalam bertindak.

sehingga pemerintah terpaksa menjual sebagian saham Perum tersebut kepada publik (go public) dan statusnya diubah menjadi persero. Perusahaan Perseroan(Persero) Perusahaan persero adalah BUMN yang berbentuk perseroan terbatas (PT) yang modal/sahamnya paling sedikit 51% dimiliki oleh pemerintah. perum di kelola oleh negara dengan status pegawainya sebagai Pegawai Negeri. Referensi  Ekonomi Kelas XII. Slamet Sukanti . 3. yang tujuannya mengejar keuntungan. 25 Tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan provinsi sebagai daerah otonom. Namun perusahaan masih merugi meskipun status Perjan diubah menjadi Perum. Persero dipimpin oleh direksi. Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta. Sudirman Jamal dan Drs.sudah diubah. Tujuannya tidak lagi berorientasi pelayanan tetapi sudah profit oriented. H. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah perusahaan yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah daerah. Perusahaan ini tidak memperoleh fasilitas negara. 4. tujuan didirikannya Persero yang pertama adalah mencari keuntungan dan yang kedua memberi pelayanan kepada umum. Kewenangan pemerintah daerah membentuk dan mengelola BUMD ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah No. persero adalah salah satu Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau Daerah. Modal pendiriannya berasal sebagian atau seluruhnya dari kekayaan negara yang dipisahkan berupa saham-saham. Sukiwaty. Sama seperti Perjan. Berbeda dengan Perum atau Perjan. Dra. Hj. Badan usaha ditulis PT < nama perusahaan > (Persero). Drs.

saat Direksi PT Merpati Nusantara Airlines menyewa . Siapa yang akan diperiksa. Darmono tidak mengungkapkan kapan gelar perkara akan dilakukan. siapa yang jadi tersangka. Gelar perkara dilakukan sebelum penetapan tersangka kasus dugaan korupsi senilai Rp9 miliar ini. Darmono mengatakan perkara PT Merpati Nusantara Airlines ini masih dalam tahap penyelidikan." kata Wakil Jaksa Agung Darmono di Jakarta. "Nanti seterusnya akan kami informasikan. Kasus ini berawal pada tahun 2006. akan djadikan tersangka.KASUS DAN SOLUSI KEJAKSAAN GELAR PERKARA KASUS PT MERPATI Kejaksaan Juga Menangani Dugaan Penggelembungan Harga Pembelian Pesawat Ma60. 3 Agustus 2011." kata Darmono. tidak boleh. "Hasil penyelidikan yang dilakukan oleh JAM Pidsus nanti sebelum menentukan tersangkanya siapa." katanya. "Kalau pemanggilan orang dan sebagainya tidak etis untuk diinformasikan. Alasannya." kata dia. "Nanti akan kami informasikan berdasarkan hasil penyelidikan secara menyeluruh. sebagai bentuk tranparasi kami terhadap masyarakat. pemanggilan itu terlalu teknis untuk diungkapkan ke publik. Rabu. VIVAnews -Kejaksaan Agung akan melakukan gelar perkara kasus dugaan korupsi penyewaan pesawat MA60 oleh PT Merpati Nusantara Airlines. diharapkan dapat diekspos terlebih dahulu. Dia juga tak mau mengatakan siapa tersangka yang sudah dibidik oleh kejaksaan terkait kasus ini. Dia juga menolak menyebutkan siapa saja yang akan diperiksa terkait kasus ini. Siapa yang paling bertanggung jawab secara pidana.

Kejaksaan sendiri telah memeriksa mantan Dirut Merpati Cucuk Suryosuprojo dan Hotasi Nababan sebagai saksi. Sardjono Jhoni. Namun. Namun.dua pesawat Boeing 737 dari perusahaan TALG di Amerika Serikat. Kejaksaan juga menangani dugaan penggelembungan harga pembelian pesawat MA60 di PT Merpati. (kd) . hingga kini pesawat tersebut belum pernah diterima PT Merpati Nusantara Airlines. Kasus ini mencuat setelah Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu melaporkan adanya dugaan praktek penggelembungan harga pesawat Merpati tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Tim Jaksa Penyidik kemudian mengendus adanya indikasi tindak pidana korupsi sebesar satu juta dolar AS dalam kasus tersebut. Biaya sewa untuk masing-masing pesawat seharga US$500 ribu. Selain kasus penyewaan pesawat. sehingga meningkatkan status kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan. kejaksaan juga telah memeriksa Presiden Direktur Merpati. Selain itu. belum diketahui sejauh mana perkembangan kasus ini. sebagai saksi. Uang sebesar US$1 juta sudah dibayarkan ke rekening Hume & Associates melalui transfer Bank Mandiri.

Merpati telah mengirimkan security deposit ke TALG sebesar US$ 500. dokumen-dokumen yang disita merupakan bahan sebagai pembanding dalam penyelidikan yang masih dilakukan. Hal ini membuat negara mengalami kerugian sebesar US$ 1 juta. Adapun perjanjian sewa yang dimaksud yaitu perjanjian sewa yang dilakukan antara PT MNA dengan perusahaan leasing asal Amerika Serikat. Namun. Noor mengungkapkan.KORUPSI. penyitaan dilakukan oleh penyelidik kemarin. penyidik juga telah menyita dokumen-dokumen pendukung lainnya. Selain itu. Atas penyewaan tersebut. Merpati memberikan deposit senilai US$ 1 juta kepada TALG. Rabu (11/1) di kantor PT MNA. TALG. Hingga saat ini sudah ada tiga orang tersangka dalam kasus itu. KEJAKSAAN SITA DOKUMEN MERPATI AIRLINES JAKARTA. Kasus ini berawal ketika Merpati berniat menyewa dua unit pesawat Boeing 737-400 dan 737-500 dari TALG.000. Menurut Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Noor Rachmad. saksi yang terakhir ditetapkan adalah bekas General Manager Procurement Merpati Toni Sudjiarto. "Penyidik telah menyita dokumen yang terkait perjanjian sewa. Adapun tersangka yang dimaksud di antaranya. . diharapkan penyidik bisa mengembangkan lebih luas lagi kasus ini. kali ini Kejagung mengaku telah melakukan penyitaan sejumlah dokumen terkait kasus tersebut. Setelah pekan lalu pihak Kejaksaan Agung menetapkan tersangka baru dalam kasus ini. mantan Direktur Utama Merpati Hotasi Nababan dan bekas Direktur Keuangan Guntur Aradea. Ketiga tersangka tersebut diduga merupakan orang yang bertanggungjawab dalam pengadaan pesawat di perusahaan milik pemerintah tersebut. pesawat ternyata tak kunjung datang. Untuk menyewa pesawat itu. Dengan adanya dokumen-dokumen tersebut." tutur Noor. Seperti diketahui. Pengungkapan kasus korupsi di tubuh PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) terus berlanjut." kata Noor. Selain itu. setelah menyerahkan deposit itu. "Penyidik masih mencari kebenaran material terkait data penyewaan tersebut.

khususnya Bank pemerintah lebih besar Perlakuan birokrasi berbeda dengan swasta Definisi negara sebagai pemilik dan pemerintah sebagai regulator sulit untuk dipisahkan dan melekat pada BUMN itu sendiri. Kekuatan BUMN antara lain:       Jumlah dan nilai aset yang besar Posisi dan bidang usaha yang strategis Akses ke kekuasaan lebih besar Akses ke sumber pendanaan. BUMN yang ada diprivatisasi 100% o Prioritas utama adalah bank-bank BUMN dan perusahaan sekuritas diswastakan 100% karena menjadi beban negara o BUMN yang memiliki posisi strategis dan menguasai hajat hidup orang banyak dan bidang usahanya tidak dilaksanakan swasta. perlu dipertahankan. Keterlibatan pemerintah melalui : o Pola rekruitmen yang objektif dan terukur o Perencanaan anggaran. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pembenahan dalam BUMN yaitu antara lain:      Meminimalkan keterlibatan birokrasi di BUMN Redefinisi BUMN menjadi Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR) sehingga pertanggungjawaban pengelola BUMN kepada rakyat. misi dan sisi perusahaan o Evaluasi kerja BUMN melalui mekanisme rapat umum pemegang saham (RUPS) sedangkan yang .Dari kedua artikel tersebut dapat dilihat bahwa kekuatan BUMN mengakibatkan banyak oknum-oknum yang memanfaatkannya untuk kepentingan diri sendiri.  Hilangkan political cost dengan public accountability dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan. Budaya mundur bagi direksi-komisaris BUMN harus mulai ditanamkan sehingga ada kejelasan hubungan antara performance dan punishment. Pengelola yang berprestasi dipertahankan dan dipromosikan bermasalah diberhentikan berdasarkan kriteria yang objektif Melakukan review terhadap keberadaan BUMN melalui : o BUMN yang bergerak dalam bidang usaha yang telah dilaksanakan masyarakat atau swasta tidak perlu lagi ada BUMN.

Bagaimana kalau dibalik: tidak mungkinkah anggapan itu hanya cermin dari pepatah “rumput di halaman tetangga lebih hijau”. Mumtaz Amin Rais. Yang ada barulah rumor. MENGABDIKAH DI BUMN? LEBIH SULITKAH? Benarkah menjadi eksekutif di BUMN itu lebih sulit dibanding di swasta? Benarkah menjadi direksi di perusahaan negara itu lebih makan hati? Lebih tersiksa? Lebih terkungkung birokrasi? Lebih terbelit peraturan? Lebih tidak ada hope? Jawabnya: entahlah. Persepsi. sebaiknya didengar juga suara-suara dari kalangan eksekutif swasta. Bagaimana dengan citra campur tangan yang tinggi di BUMN? Ini pun kelihatannya juga hanya kambing hitam. sebuah kambing hitam untuk pembenaran dari kegagalan? Atau sebuah kambing hitam untuk sebuah ketidakmampuan? Agar lebih fair. kalau lagi sial. seorang eksekutif swasta tidak ubahnya penghuni kebun binatang. saya lihat. Tidak banyak yang aneh-aneh. hukumannya langsung di depan mata: diberhentikan. Komisi VI DPR yang membawahkan BUMN sangat proporsional. Di swasta juga sering ditemukan kenyataan ini: banyak pemilik perusahaan swasta yang maunya aneh-aneh. Atau bahkan lebih negatif lagi: sebagai kambing hitam? Yakni. Anggota yang lain juga tidak ada yang sampai menghujat tanpa alasan yang kuat. Apalagi. Belum ada penelitian ilmiahnya. cerita soal campur tangan . Tidak sampai satu menit. Dengan demikian. dan langsung pada pokok persoalan. Katakanlah direksi BUMN mengeluh seringnya dipanggil DPR sebagai salah satu bentuk campur tangan. Menteri yang mewakili pemilik BUMN setidaknya tidak akan pernah mencaci maki eksekutifnya di depan umum. sudah seperti anggota parlemen dari Inggris. Bagi seorang eksekutif swasta yang tidak bisa mencapai target. Bahkan. Bahkan. Anggapan. cerita betapa stresnya mengejar target dari sang pemilik perusahaan. Kalau bertanya sangat singkat. Di swasta campur tangan pemilik jauh lebih dalam. yakni menghadapi pemilik perusahaan yang mulutnya kotor. mungkin artikel berikut ini dapat mewakili apa yang dirasakan para pekerja BUMN. Misalnya.Selain artikel tersebut. Tapi. Jelaslah. Kediktatoran mereka juga luar biasa! Sangat biasa pemilik perusahaan swasta memaksakan kehendaknya. Di sisi ini jelas menjadi eksekutif di swasta jauh lebih sulit. Mereka tentu bisa banyak bercerita. padat. salah satu anggota DPR di situ. campur tangan pemilik perusahaan swasta jauh lebih mendalam. Di BUMN konsekuensi tidak mencapai target tidak ada. pemanggilan oleh DPR itu tidak sampai memiliki konsekuensi seberat pemanggilan oleh pemilik perusahaan swasta.

pada akhirnya sebenarnya kembali ke who is he! Kalau dibilang menjadi direksi di BUMN itu sulit dan bekerja di swasta ternyata juga sulit. Bukan Peter Drucker. Tidak mikir utang. tapi juga gagal. memilih hidup yang paling nikmat itu! . Yang paling tepat menjawabnya adalah orang yang tingkatan hidupnya lebih tinggi dari saya. saya curiga orang-orang yang sering mengembuskan wacana bahwa menjadi eksekutif di BUMN itu sulit adalah orang-orang yang pada dasarnya memang tidak bisa bekerja. Bukankah di swasta Anda juga sering terjepit oleh besarnya dominasi keluarga pemilik? Apalagi kalau si pemilik akhirnya sudah punya anak dan anak itu tumbuh dewasa dan menghasilkan menantu-menantu? Dengan demikian. bisa jadi kerepotan eksekutif di swasta juga bertambah-tambah. Bagaimana dengan iklim korporasinya? Sebenarnya juga sama saja. dia akan cenderung beralasan “terlalu banyak dicampuri sih!”. tidak cukup kuat juga alasan bahwa menjadi eksekutif di BUMN itu lebih sulit karena iklim korporasinya kurang mendukung. kambing hitam. “Tidak pernah ditengok sih!”. soal pemaksaan kehendak. Di dunia ini alasan. Maka. Bukan Rhenald Kasali atau Tanri Abeng atau Hermawan Kartajaya.pemilik. tidak mikir target. Orang yang sering diberi nasihat atasannya. Saya melihat campur tangan itu lebih banyak lantaran justru diundang oleh eksekutif itu sendiri. Dialah seenak-enaknya orang. Orang seperti dialah yang barangkali justru heran melihat orang-orang yang sibuk! Maksud saya: maka berhentilah mengeluh! Maksud saya: tetapkanlah tekad! Mau jadi direksi BUMN atau mau di swasta. he he. dia akan bilang. dan sebangsanya terlalu mudah dicari. Sebaliknya. bukan pula Jack Welch. dan soal kediktatoran pemilik di swasta jauh lebih besar daripada di BUMN. Tidakkah Anda pusing menjadi eksekutif swasta yang pemiliknya berambisi terjun ke politik? Maka. Di swasta pun kini akan tertular penyakit itu. Untuk soal ini pun saya meragukannya. tidak mikir tanggung jawab. Bagaimana soal campur tangan politik? Memang ada anggapan campur tangan politik sangat menonjol di BUMN. tapi gagal dalam melaksanakan pekerjaannya. orang yang diberi kepercayaan penuh. lalu di mana dong bekerja yang enak? Yang tidak sulit? Yang tidak repot? Yang tidak stres? Yang gajinya besar? Yang fasilitasnya baik? Yang bisa bermewah-mewah? Yang bisa semaunya? Saya tidak bisa menjawab itu. dalih. Dengan banyaknya pemilik perusahaan swasta yang terjun ke politik. Sebebas-bebasnya manusia. Yang paling tepat menjawab pertanyaan itu adalah seseorang yang lagi menikmati tidurnya yang pulas pada hari Senin pukul 10 pagi di bawah jembatan kereta api Manggarai dengan hanya beralaskan karton. Atau mau. Hanya berbeda nuansanya.

Istilah “mengabdi di BUMN” tidak lebih dari sebuah kemunafikan.J. Masih banyak orang lain yang tanpa mengeluh bisa menunjukkan kemajuan! Lihatlah direksi bank-bank BUMN itu. mungkin inilah untuk kali terakhir saya menggunakan kata “mengabdi di BUMN”. Padahal. Masih banyak orang lain yang mau bekerja. Setelah ini saya ingin menghapus istilah “mengabdi” itu. salah satu dari tiga orang itu terus bekerja keras sambil menahan sakitnya yang berat. dan Ignasius Jonan (Dirut Kereta Api Indonesia). Barangkali memang sudah waktunya BUMN bukan lagi tempat mengabdi. bekerja! Daripada mengeluh terus. dalam pengertian seperti itu. Sama sekali tidak kalah dengan direksi bank swasta. Setiap ada pihak yang mengucapkan kata “mengabdi di BUMN”. Mereka begitu majunya. Mereka terus menghasilkan prestasi dari sela-sela jepitan birokrasi dan peraturan. Mana ada direksi yang dikontrol begitu ketat dari dua jurusan sekaligus melebihi direksi bank BUMN” Buktinya. pasti ada mau yang ingin dia sampaikan. . bekerja. tinggallah kita fokus di pilihan itu. Bahkan. Lihatlah pemilihan Marketeers of The Year yang sudah lima tahun dilaksanakan Marks Plus-nya Hermawan Kartajaya. direksi bank BUMN itu terjepit antara peraturan birokrasi BUMN dan peraturan yang ketat dari bank sentral. Kecuali mereka benar-benar mau bekerja keras di BUMN tanpa digaji! Sudah waktunya BUMN hanya sebagai tempat membuat prestasi. bank-bank BUMN kita luar biasa. Banyak sekali mantan pejabat BUMN yang ingin terus memiliki rumah jabatan dengan alasan sudah puluhan tahun mengabdi di BUMN. Tidak ada pikiran lain kecuali bekerja. Lino (Dirut Pelindo 2). Mereka adalah orang-orang yang sambil mengeluh terus bekerja keras. Tommy Soetomo (Dirut Angkasapura 1). Lihat pulalah para direksi BUMN yang malam itu memenangi berbagai kategori inovasi di BUMN. berhentilah bekerja. Selalu ada udang di balik batu di balik istilah “mengabdi di BUMN” itu. Terlalu banyak orang BUMN yang memanfaatkan istilah mengabdi untuk tujuan-tujuan tersembunyi. Maaf. Mereka adalah orang-orang andal yang mau mengabdi di BUMN.Maksud saya: kalau pilihan sudah dijatuhkan. bekerja! Lihatlah tiga CEO BUMN yang minggu lalu terpilih sebagai CEO BUMN of The Year: R. Empat tahun berturut-turut Marketeers of The Yearnya adalah direksi BUMN! Swasta baru menang satu kali! Para Marketeers of The Year dari BUMN itu adalah tipe orang-orang yang tidak pandai mengeluh! Mereka adalah tipe orang yang bekerja. bekerja. Sepenuh hati.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful