P. 1
Tata Tertib Laboratorium Komputer

Tata Tertib Laboratorium Komputer

|Views: 67|Likes:
Published by BSr Fauzi Lobom

More info:

Published by: BSr Fauzi Lobom on Aug 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

TATA TERTIB LABORATORIUM KOMPUTER SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT

I.

PENGGUNA LABORATORIUM TIDAK DIPERBOLEHKAN 1. MASUK RUANGAN LABORATORIUM BILA TIDAK SEIZIN / SEPENGETAHUAN PETUGAS/PEMBIMBING 2. MEMINDAHKAN/MENGAMBIL PERALATAN KOMPUTER, DENGAN ALASAN APAPUN 3. MEMBUKA CASING DENGAN ALASAN APAPUN DAN TIDAK MENCOBA UNTUK MEMPERBAIKI SENDIRI PERANGKAT COMPUTER DAN PERALATANNYA JIKA TERJADI KERUSAKAN/MASALAH PADA PERANGKAT TERSEBUT DIPERSILAHKAN MELAPOR KEPADA FASILITATOR ATAUPUN PETUGAS LAB (KECUALI PRAKTEK BONGKAR PASANG 4. MEMBAWA DISKET/CD/FLASH DISK DARI LUAR UNTUK DIPERGUNAKAN DI RUANG LABORATORIUM (TANPA SEIJIN PETUGAS) 5. MEMBUANG SAMPAH DI SEMBARANG TEMPAT 6. MEMBAWA/MEMPERGUNAKAN PERALATAN KOMPUTER YANG TIDAK SEMESTINYA 7. MEMBAWA TAS KE DALAM RUANG LABORATORIUM KOMPUTER DAN MENGGUNAKAN ALAT KOMUNIKASI APAPUN SEPERTI (HANDPHONE, HEADPONE, DLL) 8. MEMBAWA/MAKAN, MINUMAN KE DALAM RUANG LABORATORIUM KOMPUTER 9. CORAT-CORET DI MEJA/KOMPUTER/TEMBOK DAN LAIN-LAIN 10. MENGUBAH JARINGAN LISTRIK TANPA SEIJIN PETUGAS 11. MEROKOK DI DALAM RUANG LABORATORIUM KOMPUTER WAJIB DITAATI DAN DILAKSANAKAN BAGI PEMAKAI LABORATORIUM KOMPUTER 1. MENTAATI TATA TERTIB DAN KETENTUAN YANG BERLAKU (ADMINISTRASI YANG TELAH DITENTUKAN) 2. MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER DENGAN PROSEDUR YANG BENAR 3. MERAPIKAN DAN MENATA KEMBALI PERALATAN KOMPUTER, MEJA, KURSI DAN SEBAGAINYA SETELAH DIGUNAKAN 4. MELEPAS ALAS KAKI DAN MELETAKKAN DI LUAR RUANG LABORATORIUM KOMPUTER 5. MELETAKKAN ALAS KAKI DAN TAS PADA TEMPAT YANG TELAH DISEDIAKAN 6. MENJAGA DAN BERTANGGUNGJAWAB ATAS KEBERSIHAN, KERUSAKAN, KEHILANGAN ALAT-ALAT LABORATORIUM KOMPUTER 7. PADA SAAT PELAJARAN SEMUA SISWA WAJIB MENTAATI TATA TERTIB SEKOLAH (KEGIATAN DENGAN PAKAIAN SERAGAM SEKOLAH RAPI) 8. MENANDATANGANI DAFTAR HADIR DAN PERNYATAAN YANG TELAH DISEDIAKAN 9. BAGI SISWA BERHAK MENDAPATKAN SERTIFIKAT KEHADIRAN MINIMAL 80% DAN MENGIKUTI UJIAN AKHIR 10. UNTUK KEPERLUAN SEKOLAH/OSIS HARUS SEIJIN PETUGAS DENGAN PERSETUJUAN KEPALA SEKOLAH SELAKU PENANGGUNGJAWAB LABORATORIUM KOMPUTER PENGGUNA LABORATORIUM DI LUAR JAM YANG TELAH DITETAPKAN 1. HARUS ADA IJIN DARI KEPALA SEKOLAH/PETUGAS DAN MENUNJUKKAN PERMOHONAN IZIN DARI INSTANSI TERKAIT 2. MENTAATI TATA TERTIB SEBAGAIMANA TERCANTUM DIATAS 3. MENTAATI KETENTUAN ADMINISTRASI (SISTEM SISWA) SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG TELAH DIATUR PADA PERENCANAAN ANGGARAN YANG TELAH DITETAPKAN PENGGUNAAN PRINTER DILUAR KETENTUAN PERATURAN ADMINISTRASI KENAKAN BIAYA TATA TERTIB TERKAIT YANG BELUM TERCANTUM DIATAS, DIATUR KEMUDIAN

II.

III.

IV.

V.

SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT
KODE ETIK PENGGUNAAN KOMPUTER

SURAT KESANGGUPAN (silahkan membaca tata tertib lab komputer)

Sebagai Siswa SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT yang memerlukan komputer harus melengkapi pernyataan ini dan menyerahkan kembali kepada pengelola laboratorium komputer.

Dengan menandatangani surat kesanggupan ini, anda telah menyetujui dan akan mematuhi tata tertib penggunaan komputer di lingkungan SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT

Saya telah memahami dan menyetujui serta akan mematuhi tata tertib dan kode etik pengunaan komputer di lingkungan SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT. Pelanggaran terhadap tata terib dan kode etik penggunaan komputer akan diberikan sanksi.

Nama Nomor Siswa Jurusan Kelas

: : : :

........................................................ ........................................................ ........................................................ .........................................................

Tanda Tangan Tanggal

: :

......................................................... .........................................................

Mengetahui/menyetujui Orang tua Siswa/Wali

...............................................

LABORATORIUM KOMPUTER SMK NEGERI I LOGAS TANAH DARAT
Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era globalisasi adalah mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan-tantangan dalam masyarakat yang sangat cepat perubahannya. Tantangan yang dihadapi para siswa lulusan SMK adalah menjadi pekerja yang memiliki keterampilan dan keahlian dalam Era Asean Free Trade Area (AFTA) dan Asean Free Labor (AFLA). Integrasi perekonomian nasional dengan perekonomian regional/ global seperti AFTA, APEC, WTO/GATT memang tidak bisa dihindari. Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, kenyataan integrasi perekonomian dunia ini memang harus dihadapi. Kemahiran komputer (dan juga kemampuan berbahasa Inggris) merupakan kriteria utama yang umumnya diajukan sebagai syarat memasuki lapangan kerja di Indonesia (dan di seluruh dunia).

Mengingat lulusan SMK di seluruh wilayah Nusantara ini cenderung bekerja di dunia usaha dan industri, dan dengan adanya komputer yang telah merambah di segala bidang kehidupan manusia, maka dibutuhkan suatu komitmen dan tanggung jawab terhadap system pendidikan guna meningkatkan kemahiran komputer bagi siswa SMK. Sayangnya, biaya untuk membuat laboratorium komputer (LABKOM) yang representatif dan lengkap cukup mahal serta sulit dijangkau oleh SMK di tingkat Kabupaten/Kota.

Dalam konteks kebijakan Otonomi Daerah, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) mutlak diperlukan untuk meningkatkan pemberdayaan seluruh potensi wilayah yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan ketenagakerjaan. Dengan demikian upaya penataan dan pengembangan program pendidikan perlu diperhatikan dengan seksama, agar tetap relevan dengan kebutuhan pembangunan.

“Alhamdulillah …… agustus 2012 SMK Negeri 1 Logas Tanah Darat telah memiliki laboratorium computer dengan 20 Unit computer Client(siswa) dan 1 komputer Guru lengkap dengan meja dan kursi dan 1 computer administrasi, 1 Proyektor dengan dilengkapi fasilitas Jaringan LAN (Local Area Network) ini merupakan bantuan dari Bank MANDIRI bekerjasama dengan PT CITRA melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Community Development (CD) perusahaan ke sekolah, Perjuangan dan Do’a “ , merupakan salah satu semboyan dan konsep utama yang harus dimiliki oleh jiwa seorang pendidik atau warga suatu instansi pendidikan atau warga Sekolah. Melalui konsep tersebut InsyaAlloh pengembangan dan peningkatan mutu Sekolah dalam berbagai segi dapat terlaksana.

Mengingat mengembangkan keterampilan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) maka perlu dilakukan upaya manajemen dan pengembangan laboratorium komputer yang baik untuk mendukung pentingnya peranan laboratorium dalam akselerasi proses pembelajaran, computer dalam peran dan fungsi laboratorium secara optimal. Masih ada beberapa masalah penting / fital yang harus diselesaikan dalam pengembangan Laboratorium Komputer , apalagi mengingat kalau Lab Komputer dipakai secara

berkesinambungan. Sehingga perlu perawatan secara khusus. Kesinambungan adalah faktor utama. Pada program di masa lalu untuk menyediakan teknologi bagi SMK kebanyakan mencapai sedikit sukses dalam jangka waktu yang cukup lama dan jarang sekali menunjukkan perkembangan. Untuk itu perlu adanya program Pengembangan Laboratorium Komputer. Masalah yang sering timbul berkaitan dengan Perawatan Lab Komputer, yaitu:

1. Anggaran untuk perawatan fasilitas Lab Komputer 2. Karyawan untuk perawatan dan pengembangan Lab Komputer 3. Teknisi Ahli untuk Memperbaiki fasilitas Lab Komputer yang bermasalah 4. Modul/bahan ajar 5. Guru biasanya hanya tahu cara mengajar tetapi kurang memahami proses perbaikan fasilitas Lab Komputer. Pengembangan Laboratorium komputer ini tidak lepas dari partisifasi orang tua siswa melalui iuran komputer dan kerjasama seluruh warga sekolah. Pentingnya pemanfaatan dan pengembangan Laboratorium Komputer. a. Diharapkan dapat menfasilitasi pengembangan mata pelajaran KKPI (Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi) sebagai bagian dasar pemanfaatan teknologi untuk mempersiapkan peserta didik yang memadai agar dimasa depan dapat berperan sebagai kontribusi dari penguasaan komputer. b. Untuk menunjang proses pembelajaran yang bermutu, teratur dan berkelanjutan. c Meningkatkan pengalaman dan keterampilan dalam mengimplementasikan penguasaan komputer pada mata pelajaran lainnya. d. Memberikan dampak kepada siswa untuk lebih terampil mengkomunikasikan teori dengan praktik dalam PBM. e. Memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui praktik-praktik lapangan. Rencana pemanfaatan dan pengembangan jangka panjang. a. Membantu siswa agar lebih mudah dalam mempelajari fungsi, prinsip dan cara kerja komputer b. Mengoptimalkan pemanfaatan alat kepada semua peserta didik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. c. Memelihara, menambah dan mengembangkan alat untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan teknologi.

Rencana pemanfaatan jangka menengah a. Jika komputer terhubung dengan internet akan menjadi salah satu sumber belajar sebagai sarana untuk mengakses informasi, sebagai model pembelajaran berwawasan ke depan yang sangat bermanfaat. b. Semua peserta didik diharapkan dapat menggunakan alat-alat dan memanfaatkan alata-alat secara optimal serta dapat mengkomunikasikan dengan keadaan nyata c. Dengan penguasaan komputer membantu peserta didik dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah. d. Dengan penguasaan komputer membantu peserta didik menvisualisasikan materi-materi pelajaran. 4. Rencana pemanfaatan dan pengembangan kedepan atau masa yang akan datang a. Laboran atau teknisi : Mengikutsertakan laboran dalam pelatihan-pelatihan/Workshop b. PBM : Mengimplementasikan dan memanfaatkan secara optimal semua alat dalam kegiatan interaksi belajar mengajar c. Sumber dan bahan belajar : Meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber belajar dan bahan ajar untuk ketercapaian output yang bermutu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->