http://masud.lecture.ub.ac.id/files/2010/04/Presentasi-kelompok-Tape.pdf http://carapedia.com/tape_singkong_info447.

html http://id.wikipedia.org/wiki/Tapai http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080727085712AAWQQlD http://abynoel.wordpress.com/2008/08/15/pembuatan-tape-ubikayu/ http://www.gogreen.web.id/2007/08/tape-ubi-kayu.html http://herubest13.blogspot.com/2010/12/laporan-pratikum-biologi-membuat-tape.html http://haris1aja.wordpress.com/2010/04/28/cara-pembuatan-tape-singkong/ http://www.wonosari.com/t3541-resep-membuat-tape-singkong

Ketan merah http://donnake.multiply.com/recipes/item/1/Tape_ketan_pake_uli? &show_interstitial=1&u=%2Frecipes%2Fitem

Kadang kita menemukan tape singkong yang masih agak keras. Singkong yang telah diolah menjadi tape singkong mempunyai kandungan kalori yang sangat tinggi walaupun kandungan zat besinya berubah menjadi 0. dll. Tape singkong bisa dimakan begitu saja tanpa campuran apapun atau bisa juga menjadi bahan campuran es. Selain itu tape yang dihasilkan juga akan lebih manis. . 5. 6.5 kg singkong 1. 7. cake. tata singkong ke dalam wadah tertutup yang telah di alasi daun pisang Taburi dengan ragi tape sampai rata Tutup permukaan wadah dengan daun pisang lalu tutup rapat dengan tutup wadahnya Simpan di tempat yang hangat dan diamkan selama 2-3 hari. kemudian sisihkan dan tunggu sampai dingin Setelah dingin. haluskan Daun pisang untuk alas Cara membuat: 1. Kupas singkong. 3. itu disebabkan oleh proses fermentasi yang kurang sempurna. Selain itu.Cara Membuat Tape Singkong Tape singkong merupakan hasil fermentasi singkong dengan menggunakan ragi tape. kemudian cuci bersih dan potong sesuai selera Kukus singkong sampai matang. 2. Gunakan singkong jenis mentega supaya tape yang dihasilkan berwarna kuning cantik.5 butir ragi tape. 4. Berikut ini akan dijelaskan proses cara membuat tape singkong : TAPE SINGKONG Bahan: • • • 1. Tape siap dikonsumsi. pemilihan jenis bahan baku singkong juga sangat mempengaruhi hasil pembuatan tape singkong. jajan pasar.

Tapai (sering dieja sebagai tape) adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang dihasilkan dari proses peragian (fermentasi) bahan pangan berkarbohidrat. Bila dibuat dari ketan hitam maupun ketan putih. Endomycopsis burtonii. hasilnya disebut "tapai pulut" atau "tapai ketan".[1]. dan memiliki tekstur lengket[1] Umumnya. Mucor sp. berasa manis keasaman.. Rhizopus oryzae.[1] Tapai bisa dibuat dari singkong (ubi kayu) dan hasilnya dinamakan tapai singkong[1]. mengandung alkohol.. dan lain-lain. Candida utilis. cerevisiae umumnya berbentuk semi-cair. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. cari Tapai singkong dan ketan. . tapai diproduksi oleh industri kecil dan menengah sebagai kudapan atau hidangan pencuci mulut[1]. digunakan beberapa jenis mikroorganisme seperti Saccharomyces cerevisiae. seperti singkong dan ketan. Saccharomycopsis fibuligera. Pediococcus sp.Tapai Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Tapai hasil fermentasi dari S.[1] Dalam proses fermentasi tapai.

menggunakan air hujan bisa mengakibatkan tapai tidak berhasil dibuat. beras ketan perlu dimasak dan dikukus terlebih dahulu sebelum dibubuhi ragi[2]. melainkan berasal dari pewarna alami. Alatalat yang berminyak jika dipakai untuk mengolah bahan tapai bisa menyebabkan kegagalan fermentasi. pigmen yang dihasilkan oleh Monascus purpureus.[1] Warna tersebut tidak berasal dari pewarna buatan yang berbahaya.1 Keunggulan tapai o 2. kulit singkong harus dibuang terlebih dahulu[1].2 Kelemahan tapai 3 Istilah tapai di berbagai daerah 4 Produk olahan tapai 5 Referensi 6 Pranala luar [sunting] Pembuatan tapai Tapai ketan dari Kuningan yang dibungkus daun jambu air. Untuk membuat tapai singkong.[2] Air yang digunakan juga harus bersih[1]. Keranjang tersebut kemudian diperam pada suhu 28 – 30 °C selama 2 – 3 hari[1].Daftar isi [sembunyikan] • • • • • • 1 Pembuatan tapai 2 Pengaruh konsumsi tapai bagi kesehatan o 2.[1] Untuk membuat tapai ketan berwarna merah. Ragi adalah bibit jamur yang digunakan untuk membuat tapai. Selain rasanya yang manis dan aroma yang memikat. Dalam pembuatan tapai ketan. Agar pembuatan tape berhasil dengan baik alat-alat dan bahan-bahan yang digunakan harus bersih. Sedangkan tapai ketan warna hijau dibuat menggunakan ekstrak daun pandan. . [1] Pembuatan tapai memerlukan kecermatan dan kebersihan yang tinggi agar singkong atau ketan dapat menjadi lunak karena proses fermentasi yang berlangsung dengan baik[2]. Campuran tersebut ditutup dengan daun dan diinkubasi pada suhu 25-30 °C selama 2-4 hari sehingga menghasilkan alkohol dan teksturnya lebih lembut[2]. Ragi disebar pada singkong dan lapisan daun pisang yang digunakan sebagai alas dan penutup[1]. tapai juga dibuat dengan beberapa warna berbeda. terutama dari lemak atau minyak. Singkong dicuci lalu dikukus dan ditempatkan pada keranjang bambu yang dilapisi daun pisang[1]. digunakan angkak.

Masyarakat Jawa Barat lebih mengenal tapai singkong dengan sebutan peuyeum. kaum lanjut usia.[2] Tapai juga dikenal di kawasan Asia. sel otot. konsumsi tapai perlu dilakukan secara terkendali dan pembuatannya serta penyimpanannya pun dilakukan dengan higienis.[4] Kelebihan lain dari tapai adalah kemampuannya tapai mengikat dan mengeluarkan aflatoksin dari tubuh. terutama Asia Tenggara. Selain itu. atau penderita HIV3. terutama sistem pencernaan.[4] Aflaktosin merupakan zat toksik atau racun yang dihasilkan oleh kapang. Sedangkan tapai singkong selain bisa dijadikan campuran cendol. lao-chao atau chiu niang (Cina). karena meningkatkan jumlah bakteri dalam tubuh dan mengurangi jumlah bakteri jahat.[sunting] Pengaruh konsumsi tapai bagi kesehatan [sunting] Keunggulan tapai Fermentasi tapai dapat meningkatkan kandungan Vitamin B1 (tiamina) hingga tiga kali lipat[3]. seperti kecap. Tape juga nikmat disantap bersama tetel (istilah jawa untuk ulenan ketan putih) atau di Sunda biasa disebut ulen. Makanan ini memiliki nama lokal yang berbeda–beda di setiap negara. Konsumsi tapai dapat mencegah terjadinya anemia karena mikroorganisme yang berperan dalam fermentasinya mampu menghasilkan vitamin B12[5] [sunting] Kelemahan tapai Konsumsi tapai yang berlebihan dapat menimbulkan infeksi pada darah dan gangguan sistem pencernaan. tapai dapat dijadikan olahan lain atau dicampur dengan makanan dan minuman lainnya.[4] Cairan tapai dan tapai ketan diketahui mengandung bakteri asam laktat sebanyak ± satu juta per mililiter atau gramnya. chao (Kamboja). colenak. es campur atau es doger. beberapa jenis bakteri yang digunakan dalam pembuatan tapai berpotensi menyebabkan penyakit pada orang-orang dengan sistem imun yang terlalu lemah seperti anak-anak balita.[1] [sunting] Produk olahan tapai Selain dapat dikonsumsi secara langsung. tapai dapat digolongkan sebagai sumber probiotik bagi tubuh. Vitamin ini diperlukan oleh sistem saraf. [3] Karena mengandung berbagai macam bakteri “baik” yang aman dikonsumsi. Contohnya: tapai pulut untuk campuran cendol dan es campur. basi binubran (Filipina). Konsumsi tapai dalam batas normal diharapkan dapat mereduksi aflatoksin tersebut. penduduknya rentan menderita anemia[4]. sedangkan masyarakat Jawa Timur lebih sering menyebutnya tape telo. atau dapat juga diolah kembali menjadi wajik dan dodol.[4] Di beberapa negara tropis yang mengonsumsi singkong sebagai karbohidrat utama. dan sistem pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut.[4] Produk fermentasi ini diyakini dapat memberikan efek menyehatkan tubuh. . dapat pula diolah menjadi makanan gorengan rondo royal (tapai goreng). Hal ini dikarenakan singkong mengandung sianida yang bersifat toksik dalam tubuh manusia. contohnya tapai pulut (Malaysia).[2] [sunting] Istilah tapai di berbagai daerah Sebagian besar tapai yang ada di Indonesia dibuat dari fermentasi beras ketan (Oryza sativa glutinosa) atau singkong (Manihot esculenta). dll.[4]. Toksik ini banyak kita jumpai dalam kebutuhan pangan sehari-hari. dan khao-mak (Thailand). terutama Aspergillus flavus[4].

. cuci bersih singkong lalu kerok bagian luarnya agar kesat.. ragi tape (merk gedang) yang sudah diparut (spy lembut) taburkan selamg seling dgn singkong... sip deh! materi referensi: pengalaman pribadi!!! bahan nya singkong.ragi....Bagaimana cara membuat tape ? apa saja yg perlu disiapkan ? • 3 tahun lalu mang mau bikin tape apa? kalu tape singkong bahanya singkong yang pasti setlah itu baru ragi cara membuatya kamu rebus singkongya lalu dinginkan sejenak lalu lo taburin tu ragi setelah itu lo bungkus deh tu singkong yg udah dikasih ragi baru lo peram beberapa hari setelah itu baru lo nikmatin enak g'? tapi kalo tape keta aq ga' tau heheheheheh Gampang... klo tape ketan ragi n ketan diaduk dgn sendok secara rata bri sdkit gula pasir lalu peram... semua sdh pada ngejelasin prosesnya.. Yang paling penting adalah menjaga semua bahan tape terciprat apalagi bersentuhan dengan minyak goreng....... Kunci keberhasilannya ada pada: 1. Intinya membuat tape harus benar2 HIGIENIS..... singkong direbusin.. 3. tutup dgn daun pisang lalu peram selama 710 hari. Selama proses peragian simpan tape dalam daun pisang 4... . Ragi dan singkong yang bagus 2... Setelah dikupas. tape singkong: kukus jangan direbus... ragi di tumbuk... jangan dibuka buka lho tar gak jadi... lalu siapkan wadah alasi dgn daun pisang dinginkan singkong lalu tata dlm wadah.

kebutuhan akan serealia dan umbi-umbian sebagai sumber energi pun terus meningkat. Ndak boleh panci aluminium. Ditumbuk sampai halus. aku ndak tahu berapa banyak ragi tapenya. Kalau nutupnya pakai plastik.. Kalau aku dulu.. hal ini tergantung dari selera. ketan tersebut perlu dibiarkan supaya dingin. Panci tersebut dilapisi daun pisang di sisi dalam. ragi suka yang gelap-gelap. Dibuat sedemikian rupa sehingga luas permukaan ketan jadi sebesar mungkin (dijerengjereng)supaya cepet dingin. Jangan seluruhnya langsung dipindah. Mindahnya layer demi layer di pancinya.. tebal 0. Biar alkoholnya keluar banyak. Usaha penganekaragaman pangan sangat penting artinya sebagai usaha untuk mengatasi masalah ketergantungan pada satu bahan pangan pokok saja. Lalu buat larutan gula kira-kira 1 gelas. kasih pewarna merah. Pembuatan Tape Ubikayu Serealia dan umbi-umbian banyak tumbuh di Indonesia. lalu singkong nya diperam selama 3 hari. Siapkan tempat. Ragi juga berperan. air untuk masak. mesti ditutup lagi pakai tutup panci. 1 layer bisa 2-3 cm. dikasih pewarna. Seingatku. Plastik juga boleh. Serealia dan umbi-umbian sering dihidangkan dalam bentuk segar. jadi dhe tape nya. Diamkan saja selama 3-4 hari. 7. Begitu pula dengan bertambahnya penduduk. Kalau sudah masak. Kalau resep di atas tidak / kurang enak. 5. Supaya benar-benar dingin. Intinya adalah jangan ada cahaya yang masuk. supaya dibuka pada hari kelima.5 . aku ndak tau pasti. 4. ketan tersebut ditaburi ragi tape. Tanaman dengan kadar karbohidrat tinggi seperti halnya serealia dan umbi-umbian pada umumnya tahan terhadap suhu tinggi. parameter yang bisa diubah adalah jumlah ragi dan konsentrasi air gula. jangan dikasih pewarna kuning :-) 2.. ragi tape dalam bentuk bulatan pipih diameternya kira-kira 3 cm. ditaruh di tampah yang dialasi daun pisang.0 cm. Malamnya (pagi masak ketan). 1. 6. Kalau mau warna hijau seperti tape ketan muntilan. Terus lanjutkan sampai layer terakhir. Pindahkan ketan dari tampah kedalam panci. Berapa % kepekatan. Baru ditaburkan ke tape yang sudah dingin dan masih di tampah. Misal 1 gelas air putih suhu kamar. ngemis-ngemis sama mamaku. Kalau mau warna merah. boleh panci tapi mesti tahan asam. Misalnya dengan mengolah .3 buah. 8. jangan panas. Masak ketan seperti memasak nasi. Produksi serealia terutama beras sebagai bahan pangan pokok dan umbi-umbian cukup tinggi... alasin aja pakai plastik.trus taburin ragi nya diatas singkong hingga rata. rebusan atau kukusan. Tutup panci dengan daun pisang atau plastik di atasnya. kalau sekarang. Ada ragi yang bisa enak ada yang kurang enak. Ambil aja dulu 2 . kasih aja gula 20-30% pokoke lebih manis dari teh manis. Tiap layer disiram air gula merata. 3.1.. Mamaku dulu mendiamkannya 1/2 hari.

Tapai dari Jawa Tengah tidak tahan disimpan lama karena cepat sekali berair. Ubi kayu dalam keadaan segar tidak tahan lama. karbohidat mengalami proses peragian oleh mikroba atau jasad renik tertentu. sedangkan peuyeum dari Jawa Barat lebih tahan disimpan karena tahan berair. Ubi kayu atau singkong merupakan salah satu bahan makanan sumber karbohidrat (sumber energi). Bentuk olahan tersebut berupa tepung. tapai. Untuk pemasaran yang memerlukan waktu lama. Pada proses pembuatan tapai. tapioka (tepung singkong). A. Ubi kayu atau singkong merupakan salah satu bahan makanan sumber karbohidrat (sumber energi). sehingga sifat-sifat bahan berubah menjadi lebih enak dan sekaligus mudah dicerna. Selama ini orang berpendapat bahwa tapai dan peuyeum adalah sama. seperti gaplek. Ubi kayu yang bagus untuk dibuat tapai adalah yang umurnya 6 bulan 1 tahun. Pada hakekatnya semua makanan yang mengandung karbohidrat bisa diolah menjadi tapai. tapai. baru saja dicabut dari kebun dan langsung dikukus. peuyeum. gaplek. keripik dan lainya. Hal ini sesuai dengan program pemerintah khususnya dalam mengatasi masalah kebutuhan bahan pangan. terutama non-beras. ubi kayu harus diolah dulu menjadi bentuk lain yang lebih awet. karena ubi kayu berwarna kuning dagingnya lebih halus tanpa ada serat-serat yang kasar. Tetapi sampai sekarang yang lazim diolah adalah ketan dan ubi kayu (berdaging putih atau kuning). Tapai dari ubi kayu yang berdaging kuning lebih enak dari pada yang berwarna putih.serealia dan umbi-umbian menjadi berbagai bentuk awetan yang mempunyai rasa khas dan tahan lama disimpan. keripik singkong dan lain-lain. tetapi sebenarnya terdapat perbedaan yang sangat mendasar pada kedua cara pembuatannya hingga hasil akhirnyapun berlainan. BAHAN 1) Ubi kayu 5 kg 2) Ragi 5 lempeng 3) Air secukupnya 4) Ragi tapai 2 lempeng .

B. Rendam selama 1~2 jam dalam air bersih lalu kukus. Catatan: Pada saat pemeraman. CARA PEMBUATAN 1. 5. Masukkan satu per satu ke dalam keranjang yang telas dilapisi dengan daun talas atau plastik. ALAT 1) Pisau 2) Panci 3) Dandang 4) Daun talas atau plastik 5) Keranjang 6) Kain bersih untuk tutup tangan. Kupas ubi kayu lalu potong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan kemudian cuci. 3. Gerus ragi hingga halus kemudian taburkan hingga rata di atas ubi kayu. bila penyimpanannya terlalu lama maka tapai yang dihasilkan akan semakin berair dan rasanya pun semakin asam. '05 1:35 PM untuk semuanya Kategori: Gaya Pertimbangan Khusus: Layanan Makanan pembuka & Camilan Lainnya Vegetarian Sekehendak hati . Peram selama ± 3 hari 3 malam. 2. kemudian tutup. C. 4. Tape ketan pake uli May 6.

menurut pendapat gue bikin tape ketan adalah seperti bikin bubur ketan hitam. masukkan ketan. jangan dikasih pewarna kuning :-) 2. Haluskan ragi tape lalu taburkan ke atas ketan hitam yang dingin. direndam 1 jam 150 ml air . Kukus beras ketan hitam sampai matang. Ditumbuk sampai halus. kalau sekarang. 3. maka judulannya adalah dikasih ragi deh. Buat tape.0 cm. aku ndak tahu berapa banyak ragi tapenya. Sementara itu rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. aduk rata. 1/2 parut kelapa panjang kukus Bahan tape : 300 gram beras ketan hitam. Tutup dengan daun pisang diamkan selama 2 malam dalam suhu kamar. Mamaku dulu mendiamkannya 1/2 hari. dijualnya sama orang betawi asli. Kalau mau warna merah. aduk sampai terserap. Rebus air sampai mendidih. Buat uli. 4. kukus beras ketan selama 15 menit. Supaya benar-benar dingin. Masak ketan seperti memasak nasi. teh garam . Ambil aja dulu 2 . sisihkan. 1 bulatan ragi tape . air untuk masak. 1. direndam 1 jam 125 ml santan dari 1/2 butir kelapa 1 sendok . Kukus sampai matang. untuk 8 porsi Petunjuk Tuk buat tape ketan yg sukses ala donna adalah mengikuti jejak anjuran dari sbb nich (didapet dari internet pas lagi ngubek2x cari trik bikin tape ketan) hasilnya. ketan tersebut perlu dibiarkan supaya dingin. cuci bersih ketan hitam lalu kukus selama 20 menit. angkat lalu dinginkan. Malamnya (pagi masak ketan). cuman karena tape ketan. ketan tersebut ditaburi ragi tape. Tambahkan ketan kukus..3 buah. . kasih pewarna merah.Deskripsi: Makanan yg kalo dijakarta. ragi tape dalam bentuk bulatan pipih diameternya kira-kira 3 cm. sambil duduk diteras. 5. Seingatku. Tambahkan garam dan kelapa. Kalau mau warna hijau seperti tape ketan muntilan. Baru ditaburkan ke tape yang sudah dingin dan masih di tampah. 3. Angkat ketan lalu haluskan panas-panas. Bahan2x yg gue ikutin adalah sbb: Tape Uli Bahan uli : 300 gram beras ketan.. ditaruh di tampah yang dialasi daun pisang. Jadinya tape ketan ini adalah bubur ketan hitam plus ragi! begitu sih pendapat pribadi gue. Wah sedap! Bahan-bahan: Intinya sih. Kalau sudah masak.1. Bungkus dalam daun pisang. alasin aja pakai plastik. Dibuat sedemikian rupa sehingga luas permukaan ketan jadi sebesar mungkin (dijereng-jereng)supaya cepet dingin. 2.5 . dikasih pewarna. 3 sendok makan gula pasir daun pisang untuk membungkus Cara membuat : 1. aduk hingga santan terserap. tebal 0. Ini tape ketan plus uli adalah makanan yg super duper bikin kangen (kalo jauh dari jakarta ini) terus makannya biasanya sore2x.

tinggal liat deh hasilnya. bikinnya memang agak mirip seperti yg diterangin diatas --jadi ketan hitam yg udah empuk dan dingin diatas tampah atau tempat lempeng datar gitu. seperti ubi kayu. 8. Siapkan tempat. kemudian ditaburin lagi ragi dipermukaan yg ada diplastik dan belom kena ragi ini plus dipercikin air larutan gula manis. kalo belom memuaskan... Ndak boleh panci aluminium. Tiap layer disiram air gula merata. kemudian di iket dan di umpetin ditempat gelap bersama wadah yg gelap tempat naruh plastik berisi adonan ketan hitam-ragi+gula ini. Berapa % kepekatan. 7.layer perlayer pokoknya gue buatnya begitu sampe ketan hitam masuk semua diplastik yg disiapkan untuk bikin tape ketan ini.. .. kasih aja gula 20-30% pokoke lebih manis dari teh manis. Lalu buat larutan gula kira-kira 1 gelas. dengan melibatkan ragi dalam proses pembuatannya. Pindahkan ketan dari tampah kedalam panci.kalo gue. parameter yang bisa diubah adalah jumlah ragi dan konsentrasi air gula. berarti gatot kali yee! good luck deh yach dk Tape Ubi Kayu Label: Teknologi Fermentasi Tape adalah suatu produk fermentasi dari bahan-bahan sumber pati. . Ada ragi yang bisa enak ada yang kurang enak. supaya dibuka pada hari kelima. Prinsip pembuatan tape ketan sama dengan pembuatan tape beras ketan yaitu pembuatan starter (sudah dibahas pada bab pembuatan tape ketan) dan pembuatan tape. 6. 5. aku ndak tau pasti.. Terus lanjutkan sampai layer terakhir. boleh panci tapi mesti tahan asam. Panci tersebut dilapisi daun pisang di sisi dalam. cuman yg udah kena ragi ditaruhnya dibagian bawah. Kalau nutupnya pakai plastik.ditunggu sampai 3-4 hari. Kalau resep di atas tidak / kurang enak. ngemis-ngemis sama mamaku. Ragi juga berperan.gue sebarin bubuk ragi di ketan hitam bulet gede ini. Tutup panci dengan daun pisang atau plastik di atasnya. 1 layer bisa 2-3 cm. malemnya pas udah mo tidur. Dalam proses pembuatan tape diharapkan kandungan asam sianida yang beracun akan menurun. Mindahnya layer demi layer di pancinya... kemudian masukin sebagian ke plastik. mesti ditutup lagi pakai tutup panci.. Biar alkoholnya keluar banyak. . Intinya adalah jangan ada cahaya yang masuk..4. . kalo hasilnya asem dan apek. Misal 1 gelas air putih suhu kamar. udah ragi and larutan gula habis masuk semua diplastik eronan ini. udah gitu. alias kalo uenak (manis asem ketan tape gitu) berarti sukses. Plastik juga boleh. Diamkan saja selama 3-4 hari. ----.. dan ketan. ragi suka yang gelap-gelap. Jangan seluruhnya langsung dipindah.. Kalau aku dulu. jangan panas.. ubi jalar.

tapai singkong dikenal sebagai peuyeum (bahasa Sunda). Makanan ini populer di Jawa dan dikenal di seluruh tempat.Cara pembuatan tape ubi kayu yang dilakukan oleh masyarakat umumnya adalah sebagai berikut: ubi kayu dikupas. Lama pengukusan dan lama fermentasi sangat dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat setempat. Skema pembuatan ubi kayu dapat dilihat pada Gambar 25. alkohol dioksidasi menjadi asam-asam organik. tekstur tape yang sangat disukai adalah tape yang agak lembek dan di Jawa Barat lebih disukai tape yang kering dan agak keras. dan dikukus selama + 30 menit dan setelah dingin ditaburi dengan bubuk ragi sebanyak 1 gram untuk setiap kilogram ubi kayu. sehingga heksosa tersebut tidak lagi berperan sebagai pengikat. . Kadar asam sianida (HCN) selama fermentasi juga dapat turun. Asam-asam organik dari alkohol membentuk ester. Peningkatan kadar HCN selama fermentasi dapat terjadi karena kandungan linamarin akan dipecah oleh enzim â-glukosidase dan hidroksinitrilliase yang dihasilkan oleh mikroba dari ragi yang ditambahkan selama fermentasi. HCN tersebut diduga akan berikatan dengan gugus karbonil dari heksosa yang dihasilkan oleh pemecahan pati dan membentuk siahidrin. mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. yang merupakan pembektuk komponen cita rasa tape ubi kayu. Di Jawa Barat. Tata Cara Pengolahan Hasil Pengenalan : Tape singkong adalah tape yang dibuat dari singkong yang difermentasi. kadar HCN akan turun karena adanya aktivitas khamir yang memecah heksosa menjadi asam. yaitu setelah fermentasi berlangsung selama 3 hari setelah sebelumnya terjadi peningkatan. Cara Pembuatan Tape Singkong Oleh haris1aja 41 Komentar Kategori: Pengetahuan Tags: Makanan. Fermentasi dilakukan pada keranjang bambu yang diberi alas daun pisang dan dilakukan pada suhu ruang selama 2 hari.. dicuci bersih. Mula-mula pati dalam ubi kayu dipecah oleh enzim menjadi dextrin dan gula-gula sederhana. MS. Kemungkinan yang lain adalah adanya aktivitas enzim rhodanase dan mercaptopiruvat sulfur transferase yang akan merubah CN-menjadi SCN. Di Jawa Tengah. Pada fermentasi yang lebih lanjut. Cita rasa tape ubi kayu yang manis dan sedikit asam dibentuk melalui serangkaian proses. fermentasi dapat dilakukan dengan menggantung tape pada para-para yang dikenal sebagai tape gantung. Ir. Selain menggunakan wadah keranjang bambu. Gula-gula yang terbentuk ini selanjutnya dihidrolisis menjadi alkohol. Materi Teknologi Fermentasi dalam Pelatihan Teknologi Pertanian Oleh : Debby Sumanti. Setelah itu.. sehingga dapat melepas HCN.

2. 3. masukkan singkong ke dalam wadah lalu taburi dengan ragi yang telah dihaluskan dengan menggunakan saringan 10. Setelah air mendidih masukkan singkong ke dalam panci kukus. 3. 4. . 4. 7. 5. Air secukupnya Daun pisang Ragi yang telah dihaluskan Singkong 2 kg Cara Kerja : 1. Singkong yang telah diberi ragi ini kemudian ditutup kembali dengan daun pisang. Setelah matang. Setelah singkong ditutupi dengan daun pisang. Mengetahui peranan organisme Saccaromyces cereviceae dalam peragian. Potong singkong yang telah dikupas sesuai keinginan. 2. lalu kukus hingga singkong ¾ matang. Baskom Kain Lap Kompor Panci Kukus Penyaring Piring Pisau Sendok & Garpu Bahan : 1. Siapkan semua bahan. 11. yang basah dan lunak. 7.Pembuatan tapai melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae) yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya. masukkan air ke dalam panci samapai kira – kira terisi seperempat lalu panaskan hingga mendidih. 3. Tujuan : 1. Sambil mengipas – ngipas. Ada dua teknik pembuatan yang menghasilkan tapai biasa. diamkan selama 1-2 hari hingga sudah terasa lunak dan manis. Kupas singkong dan kikis bagian kulit arinya hingga kesat. Cuci hingga bersih singkong yang telah dipotong. dan tapai kering. 2. Setelah singkong benar – benar dingin. 5. Wadah itu terdiri dari baskom yang bawahnya dilapisi dengan daun pisang. teman satu kelompok kami menyiapkan wadah sebagai tempat untuk mengubah singkong menjadi tape. Alat : 1. 4. Sementara menunggu singkong kering. 8. 6. kira – kira ketika ‘daging’ singkong sudah bisa ditusuk dengan garpu. Saat itulah singkong telah menjadi tape. 9. angkat singkong yang telah ¾ masak lalu taruh di suatu wadah. Untuk mengetahui cara penerapan bioteknologi dengan fermentasi tape. Singkong ini harus benar – benar tertutup agar mendapatkan hasil yang maksimal. 2. kemudian didinginkan 8. 6. yang lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan.

sehingga singkong akan menjadi lunak. AIR D. tape terasa manis apabila sudah matang walaupun tanpa diberi gula sebelumnya. dan digunakan pada produksi makanan. melalui fermentasi akan menghasilkan etanol (2C2H5OH). A. MEMBUAT TAPE UBI 2. 3. Kegagalan dalam pembuatan tape biasanya dikarenakan enzim pada ragi Saccharomyces cereviceae tidak pecah apabila terdapat udara yang mengganggu proses pemecahan enzim tersebut. PLASTIK 4. Oleh karena itu. Pembuatan tape termasuk dalam bioteknologi konvensional (tradisional) karena masih menggunakan cara-cara yang terbatas. B. Reaksi fermentasi ini dilakukan oleh ragi. 3. ragi (Saccharomyces cereviceae) mengeluarkan enzim yang dapat memecah karbohidrat pada singkong menjadi gula yang lebih sederhana. CARA KERJA . fruktosa. 4. TUJUAN . Kupas dan bersihkan ubi kayu yang akan dibuat tape. Rebus ubi tersebut hingga matang dan empuk. Setelah dingin taburkan ubi dengan ragi secukupnya hingga rata. 2. Setelah ubi empuk. Pada proses pembuatan tape. RAGI C. D. UBI KAYU B. JUDUL . MENGAMATI PROSES FRAGMENTASI JAMUR PADA PEMBUATAN TAPE. Persamaan Reaksi Kimia: C6H12O6 + 2C2H5OH + 2CO2 + 2 ATP Penjabarannya: Gula (glukosa. MEMBUAT TAPE UBI 1.Reaksi Reaksi dalam fermentasi singkong menjadi tape adalah glukosa (C6H12O6) yang merupakan gula paling sederhana . dimkan ubi dalam suatu wadah hingga dingin. jamur tersebut akan merubah glukosa menjadi alkohol. A. atau sukrosa) + Alkohol (etanol) + Karbon dioksida + Energi Kesimpulan: 1. . C. ALAT DAN BAHAN . Dalam pembuatan tape. jamur ragi akan memakan glukosa yang ada di dalam singkong sebagai makanan untuk pertumbuhannya.

kemudian dicuci bersih. #. dan menyenangkan. murah. cobek / cowek dan munthunya untuk menepungkan ragi tape. ragi tape yang manis ( dapat dibeli di toko bahan kue / pasar tradisional ).E. Tape singkong sudah terkenal di mana-mana. Peuyeum Bandung banyak yang menyukainya. ragi ditumbuk sampai halus. 6. KESIMPULAN . lezat. karena manis rasanya dan tidak berair. Bungkus ubi tadi dengan plastik selama beberapa hari. karena caranya tidaklah sukar. Simpan di tempat yang teduh / gelap selama 3 hari . HASIL DAN PEMBAHASAN . kemudian ditempatkan dalam bakul bambu yang sudah dialasi / dilambari daun pisang secara rapat / merata. setelah itu singkong diangkat dan ditata / diangin-anginkan di atas nyiru sampai dingin. Lalu ditanak dalam panci sampai setengah matang. nyiru / tampah bambu. Andapun dapat membuat tape sendiri. kompor. daun pisang secukupnya dan bakul dari bambu. serta kerataan dalam mem beri ragi. Sedangkan alat-alat yang diperlukan: pisau pengupas. panci untuk mengukus plus tutupnya. Adapun bahanbahannya adalah: singkong yang sudah tua 2 kg. Bagus tidaknya atau manis tidaknya tape di tentukan dengan ubi kayu sebagai bahan pokok dan ragi. dipotong-potong atau dibiarkan utuh. singkong dilumuri tepung ragi satu persatu sampai merata betul. #. isi sampai bakul tsb penuh. Tape ubi sudah sedia di konsumsi. setelah penuh tutup rapat bakul dengan daun pisang dan tambahkan kain yang diikat rapat sebagai penutup bagian atas bakul. Bahwa ubi yang di hasilkan agak lambat untuk menjadi tape di karenakan kebanyakan dalam memberi ragi. Cara pembuatannya adalah: singkong dikupas kulitnya. F. 5. Tape yang sudah terkenal adalah tape ( peuyeum ) bandung.