P. 1
Proxy Server - Instalasi Dan Dasar

Proxy Server - Instalasi Dan Dasar

|Views: 11|Likes:
Published by Komarudin Syarif
Tutorial proxy dari www.edusoftcenter.com ,kursus komputer di solo, kursus proxy
Tutorial proxy dari www.edusoftcenter.com ,kursus komputer di solo, kursus proxy

More info:

Published by: Komarudin Syarif on Sep 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2013

pdf

text

original

Proxy Server

Konsep Proxy Server
Squid secara sederhana dapat dikatakan sebagai software yang diaplikasikan untuk membuat http atau ftp cache. Hal yang biasanya terjadi sewaktu kita surfing di internet adalah browser membuat cache lokal dalam hardisk. Selanjutnya untuk mengakses site yang sama, browser menampilkan data yang ada di cachenya. Analogi ini mirip dengan cara kerja squid. Squid kurang lebih adalah cache kepunyaan bersama sebuah jaringan. Semua host yang diijinkan dapat meminta data cache ke squid server. Keuntungan dari penggunaan cache ini adalah efisiensi. Misalnya sebuah host meminta squid server untuk mengambilkan data suatu site, maka squid akan mengambilkan dan meletakkannya di hardisk server. Suatu saat ada host lain yang menginginkan site yang sama dan memintanya kepada squid server. Server ini tidak perlu lagi mendownload dari site tersebut, tapi cukup memberikan apa yang ada di dalam cache. Jelas ini lebih cepat daripada mengambil langsung dari site yang bersangkutan. Selain lebih cepat squid juga menghemat akan penggunaan bandwith.

Instalasi Squid
Menginstal squid sangatlah mudah, semudah menginstal aplikasi lain dari repositori Ubuntu.
sudo apt-get install squid

Untuk menjalankan squid, bisa menggunakan perintah,
sudo /etc/init.d/squid start

Untuk mematikan squid, bisa menggunakan perintah,
sudo /etc/init.d/squid stop

Konfigurasi Squid
File squid.conf merupakan file konfigurasi squid yang biasanya terletak di direktori /etc. ini adalah satu-satunya file konfigurasi milik squid. Pada direktori yang sama terdapat file squid.conf.default yang merupakan file konfigurasi squid dengan option yang sangat lengkap. Berikut adalah file konfigurasi squid:

http_port 8080 Ini menunjukkan nomor port yang dipakai untuk menjalankan squid. Nomor port ini akan dipakai untuk berhubungan dengan client dan peer.

icp_port 3130 ICP (Internet Cache Protocol) dipakai untuk berbicara dengan peer. Nomor port ini default. Tidak perlu diubah kecuali akan berhubungan dengan peer yang nomornya selain 3130.

hierarchy_stoplist cgi-bin ? Ini menyatakan apa yang harus tidak diminta dari peer melainkan langsung server yang bersangkutan.

cache_mem 8 MB cache_mem dimaksudnya sebagai batas atas jumlah memori yang digunakan untuk menyimpan: In transit object, object yang dalam masa transisi antara waktu cache mendownload object sampai object disampaikan kepada client. Hot object, object yang sering diakses.

cache_swap_low

90

cache_swap_high 95 squid akan mulai menghapus object yang ada dalam hardisknya jika mulai penuh. Ukuran penuh ini yang diset pada cache_swap_low dan cache_swap_high.

cache_dir ufs /cache 1000 16 256 ini menjelaskan direktori cache yang akan dipakai. Pertama jenis file sistem pada konfigurasi ini diisi dengan ufs (unix file system) yang merupakan tipe default. Lalu /cache adalah nama direktorinya. Ukuran cache sebesar 1000 MB lalu 16 dan 256 adalah jumlah direktori yang terdapat di dalam /cache pada level 1 dan 2. Artinya dibawah direktori /cache terdapat 16 direktori dan masing-masingnya mengandung 256 direktori lagi. Direktori utama /cache harus dibuat manual sedangkan direktori yang ada dibawahnya dibuat oleh squid. Jangan lupa untuk mengubah owner dari direktori /cache menjadi kepunyaan user dan group squid.

cache_access_log /usr/local/squid/logs/access.log cache_log /usr/local/squid/logs/cache.log

cache_store_log none mime_table /usr/local/squid/etc/mime.conf pid_filename /usr/local/squid/logs/squid.pid semua sintaks diatas mengacu pada file log, mime table dan pid (process identity). Seluruh file tersebut harus dibuat secara manual kecuali mime table yang sudah tersedia dan pid_namefile yang terbuat otomatis sewaktu squid dijalankan. Bila tidak menginginkan file logging dicatat terus-menerus (karena menghapus space hardisk) bisa di disable dengan nama file none, seperti yang terlihat pada cache_store_log diatas.

Menjalankan Squid
Setelah selesai menyunting berkas konfigurasi untuk menerapkan perubahan yang baru dibuat, Anda bisa merestart squid.
sudo /etc/init.d/squid restart

Tapi proses restart biasanya akan agak lama. Untuk mempermudah, tanpa perlu melakukan restart squid, jalankan saja perintah berikut.
sudo squid -k reconfigure

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->