P. 1
Materi Perangkat Lunak . . . Etika INTERNET

Materi Perangkat Lunak . . . Etika INTERNET

|Views: 185|Likes:
Published by Deny Sepriadi

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Deny Sepriadi on Sep 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2012

pdf

text

original

INTERNET

      

Perangkat Lunak Internet Sistem Kerja Internet ISP User ID & Password DNS Manfaat Layanan Internet Etika Berinternet

Perangkat lunak untuk mengakses internet, antara lain :
1. 2. 3. 4.

Sistem Operasi Web Browser E-mail Client Instant Messaging Client

Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Sistem operasi merupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di kenal oleh mesin komputer (bahasa mesin). Penggunaan processor, memory, hardisk dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi. Contoh Sistem Operasi : - Disk Operating System (DOS), - Microsoft Windows, - Linux, dan - Unix.

Contoh Sistem Operasi

Browser berfungsi untuk membaca halaman-halaman web yang tersimpan dalam server web melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protokol). Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web (WWW).

Contoh Web Browser “Internet Explorer”

Untuk mengirim, menerima, dan mengelola e-mail diperlukan perangkat lunak pengelola e-mail (disebut juga e-mail client). Contohnya adalah :  Microsoft Outlook Express (bagian dari browser Microsoft Internet Explorer),  Netscape Mail (bagian dari browser Netscape Communicator), dan  Thunderbird (bagian dari browser Mozilla Firefox).

Contoh Program Pengelola E-mail “Outlook Express”

Instant messaging client sebagai sarana chatting, yaitu melakukan percakapan dengan saling mengirim dan menerima pesan berupa teks. Untuk dapat menggunakan layanan chatting, di dalam komputer perlu diinstal perangkat lunak pengelola chatting (disebut juga IRC client) seperti mIRC, Yahoo! Messenger, MSN Messenger, GTalk, atau ICQ dll.

Contoh Aplikasi Pengelola Chatting

Proses internet dapat berlangsung karena diatur oleh protokol. Protokol merupakan suatu tata cara atau aturan yang disepekati oleh semua pihak untuk mengatur atau mengizinkan terjadinya hubungan, komunikasi dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Internet sendiri berbasis protokol yang bernama TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol), yakni; protokol yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer.

Model TCP/IP mempunyai 4 lapisan (layer) yaitu;

Application Transport Network Data Link

merupakan penyatuan dari tiga buah lapisan OSI (Open System Interconnection) yakni; (Session,

Presentation, Application). Lapisan aplikasi pada protokol Internet ini berfungsi menangani masalah representasi data, manajemen hubungan, dan cara aplikasi-aplikasi saling berkomunikasi.

berfungsi mendefinisikan cara pengiriman data antara dua proses yang sedang berlangsung. Lapisan ini yang mengandung TCP yang berfungsi untuk menjamin pertukaran data antara host-host pada jaringan.

lapisan ini adalah tempat dimana IP beroperasi. Fungsinya mendefinisikan cara memindahkan data antara satu komputer ke komputer lainnya.

berfungsi mendefinisikan cara memindahkan data antara komputer yang terhubung ke media jaringan fisik yang sama.

Terdiri dari bilangan biner sepanjang 32 bit yang dibagi atas 4 segmen. Tiap segmen terdiri atas 8 bit yang berarti memiliki nilai desimal 0-255 (28). Range alamat (address) yang bisa digunakan harus dalam bentuk kode biner, yang dimulai dari 00000000. 00000000. 00000000. 00000000 – 11111111. 11111111. 11111111. 11111111. Jadi TCP/IP dengan 32 bit address ini mampu menampung sebanyak 232, ini berarti ada lebih dari 4 miliar host tepatnya 4.294.467.296 alamat yang dapat terhubung dengan alamat ini.

Untuk memudahkan pembacaan dan penulisan, alamat IP biasanya direpresentasikan dalam bilangan desimal. Jadi range address di atas dapat diubah menjadi address 0.0.0.0 sampai address 255.255.255.255. Sebagai contoh sebuah alamt IP 167.205.9.35 yang jika dinyatakan dalam bilangan biner menjadi :
Desimal Biner 167 205 9 35

NetId

HostId

 Format Alamat :  NetId menyatakan alamat jaringan (network)  HostId menyatakan alamat lokal (host/router)

Di dalam TCP/IP juga berjalan protokol-protokol untuk aplikasi, misalnya;

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

fungsi utama SMTP adalah menyampaikan E-Mail dari suatu host ke host lainnya dalam jaringan. Protokol ini tidak memiliki kemampuan untuk melakukan penyimpanan dan pengambilan E-Mail dari suatu mailbox. mengatur tata cara e-mail salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antar server komputer dalam internet berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang men-support TCP/IP protokol(upload – download file)

 •

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

FTP (File Transfer Protocol)

ISP adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan (penyedia layanan/penyedia jasa internet). Berbagai macam Internet Service Provider;  http://www.indosat.net.id  http://www.telkom.net.id  http://www.metro.net.id  http://www.metra.net.id  http://www.netura.net.id

  

User adalah pengguna komputer, sedangkan ID adalah identitas User ID merupakan nama, nomor atau identitas yang dimiliki dan yang berhak untuk menggunakan komputer (example : namauser@yahoo.com, namauser@plasa.com, dan sebagainya) Password adalah nomor sandi atau kata sandi yang bersifat rahasia (tampilannya berupa karakter (*))

 

DNS digunakan untuk memetakan nama domain dan nomor IP Bentuk umum pemberian nama menurut DNS adalah; nama_komputer.nama_subdomain.nama_top_domain • nama_komputer; nama komputer yang bersangkutan • nama_subdomain; bisa berupa nama organisasi (dec, ibm), jenis organisai (net, go), atau nama gerbang (gateway) • nama_top_domain; nama domain tingkat atas seperti nama negara (id, us) atau nama-nama seperti com, gov, edu untuk komputer-komputer yang berada di lingkungan AS. - misalnya : indo.net.id

Ada 2 (dua) jenis pembagian domain;  Domain Negara digunakan untuk menunjukkan lokasi negara tempat server hosting berada (seperti; .id untuk Indonesia, .hk untuk Hongkong, .us untuk Amerika Serikat, .my untuk Malaysia, .si untuk Singapura dst)  Domain General Digunakan oleh perusahaan atau bidang-bidang tertentu (seperti; .com untuk perusahaan komersial, .edu untuk pendidikan, .ac untuk akademi pendidikan dst)  Domain Gabungan seperti; lembaga pendidikan yang berada di wilayah Indonesia menggunakan domain .ac.id (www.ugm.ac.id, www.itb.ac.id)

…..berikut nama top_domain yang khusus berada di AS:
internet gateway dan jaringan-jaringan utama/penyedia jasa network semua organisasi yang tidak termasuk salah satu di atas (organisasi nonkomersial) khusus untuk ARPAnet

com

organisasi komersial

net

edu

semua instansi yang terkait dalam bidang pendidikan semua instansi pemerintah Amerika

org

gov

arpa

mil

instansi militer

int

organisasi internasional

a. b. c. d. e. f. g. h. i.

sebagai media melakukan transfer file sebagai sarana mengirim surat (e-mail) sebagai pusat pembelajaran dan pendidikan sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran melakukan mailing list, newsgroup dan konferensi chatting mesin pencari (search engine) untuk mengirim sms ke telepon seluler sarana entertainment dan permainan

Hal-hal yang sebaiknya dihindari dalam berkomunikasi di internet antara lain; a. pemakaian akronim yang berlebihan sewaktu menulis e-mail atau berdiskusi b. jangan menulis ulang semua isi e-mail atau diskusi yang akan kita balas. Tulis hanya bagian-bagian yang memang hendak diberi tanggapan c. jangan menulis e-mail atau diskusi dengan huruf besar semua, karena selain akan lebih sukar dibaca, juga memberikan kesan marah d. jangan menulis e-mail lebih dari 70 karakter dalam satu baris, hal ini membuat mail kita sukar dibaca e. untuk menyatakan ekspresi kita pada forum diskusi dan e-mail, berikut ini beberapa simbol yang dapat digunakan :

:-) :) :-( :-D :-I :-O

tersenyum bebas merasa senang, gembira tidak setuju akan sesuatu hal menertawai seseorang tersenyum acuh harap tenang (oops…)

:-X | -I | -O

diam seribu bahasa sedang mengantuk sedang menguap atau mendengkur he…he penulis sedang berteriak penulis sedang menangis

| -) :-@ :’-(

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->