31 Poin Penting Dalam Mendidik Anak

:
–Sebuah Ringkasan Seminar Parenting– “Membangun Komunikasi yang nyaman antara Orangtua dan Anak” Bersama Abah Ihsan di Tokyo, Nagoya, Kobe Kerjasama Fahima dengan KMII Kansai, KMI Nagoya dan Sekolah Bhinneka PPI Nagoya 3-6 November, 2011 *Disusun oleh Pak Khoirul Anwar dan Tim PPA Fahima.

CATATAN.
Pesan Abah Ihsan: ”Jika Anda tidak setuju, silakan ambil bagian yang Anda setuju saja”. Karena Abah Ihsan menyampaikan dengan cukup cepat (kata beliau, ”seminar harusnya dua hari tetapi dijadikan hanya 4 jam”). Ringkasan ini bisa jadi tidak sistematis (tidak sesuai klasifikasi/urutan), tetapi semoga pesan tersampaikan dengan baik kepada pembaca sekalian.

1 Efektifitas
• Fokus Jangan ketika kerja mikirin anak. Jangan ketika main sama anak tapi mikirin kerja. • Terlibat • Anti Jaim • Konsentrasi

2. Ilmu
Simulasi 1: permainan tali. Tiap orang berpasangan, lalu mengikat tali dari tangan kiri ke tangan kanan, dengan tali yang menyilang diantara tali pasangan. Tantangan: Bagaimana melepaskan kaitan tali, tanpa melepaskan tangan dari ikatan tali? Hasil: - kebanyakan pasangan mencoba-coba dengan berbagai pose - 1 pasangan berhasil  karena sudah punya ilmunya. Ada Dua Metode Mendidik Anak jika tidak punya Ilmu: • Mendidik dengan Warisan Mendidik anak kita sebagaimana orang tua kita mendidik kita, termasuk pada saat menegur anak. Misalnya kita yang sering dicubit oleh orang tua kita biasanya menurun pada kita dan kita melakukan hal yang sama, yaitu mencubit, pada anak kita. • Mendidik dengan Trial and Error Yang ini kita agak kerepotan dan kesulitan. Ini mirip saat melepas tali. Misal, saat anak kita menonton TV dari dekat, pertama trial diberitau baik-baik belum mundur, kedua trial dengan suara agak keras belum berhasil, ketiga trial dengan sedikit berteriak/membentak, keempat bisa jadi ada yang mencubit atau semacamnya

PENTING 1: Yang terbaik adalah mendidik dengan memiliki ilmunya.
Hasil simulasi pada saat seminar membuktikan, pasangan yang belum berhasil masih tetap mencoba-coba walau pembicara sudah memasuki topik lain. Hal ini menunjukkan sifat alamiah manusia yang memiliki rasa penasaran, begitu juga dengan anak kita. Hendaknya kita bersabar saat anak tidak segera memenuhi panggilan kita karena masih asyik dengan kegiatannya, dan jangan marah karena itu akan membunuh rasa penasarannya.

PENTING 2: Rasa penasaran anak perlu difasilitasi

3. Kesabaran
Simulasi 2: Abah bertanya pada seorang peserta seminar: ”Mama lagi masak apa?”, “Dimasukkan apa saja?”, ”Mengapa dikasih gula?” dengan sederet pertanyaan yang tak hentinya. Yang ditanya saat seminar menjawab dengan sabar. Apakah pada kenyataannya, pada saat sang anak bertanya pada saat kita masak kita akan sesabar sewaktu menjawab di seminar? Seringkali kita kurang sabar menghadapi pertanyaan dari anak. Penyebabnya: waktu, atau karena pertanyaan anak tampak sepele dan sulit untuk dijawab. Solusinya: Jika sedang leluasa, ajak anak terlibat memasak sembari bercerita. Namun jika sedang mengejar waktu dan tidak bisa menjawab, jangan marah! Berikan jawaban yang baik misalnya: ”Nanti dulu nak ya, ini nanti gosong. Insya Allah selesai masak Mama jelaskan." ”

PENTING 3: Bersabar saat anak-anak bertanya.

4. Marah atau tidak marah?
Yang membuat kita marah pada anak adalah perbuatan anak yg buruk. Buktinya, kita tidak jadi marah saat anak kita baik. Pertanyaanya marah ini baik atau tidak? Jadi bukan marah yang disalahkan/dikelola, tetapi perbuatan anaklah yang harus kita kelola. Ada kalanya marah ini bermanfaat untuk membuat sebuah ketegasan. Jangan sampai ketika anak berbuat salah yang keterlaluan pun tetap tidak marah. Karena anak sedang mencoba-coba dan ingin mengetahui respon sebuah percobaan. Jika dari sebuah percobaan, hasilnya kemarahan, dia tidak akan mengulangi lagi. Contoh salah perbuatan anak yang wajib ditegur: (a). membahayakan diri sendiri, (b) Menyakiti orang lain, (c) Melanggar syariat.

Renungan 1: Untuk Apa berkeluarga?
Pada umumnya, dimanapun pertanyaan ini diberikan, jawaban dapat dikelompokkan menjadi 3: keturunan biologis nilai (misalnya untuk menyempurnakan agama)

berpikir bahwa pertanyaan ini terkait dengan hubungan biologis. Tono kan berasal dari Semarang. aku berasal dari mana?” Sebuah kisah lucu di kelas. Karena tidak akan memiliki sendi yang cukup kuat pada saat kita memiliki anak.tapi apakah istri merasa nyaman mendengarnya? Contoh 2. Banyak ulama dan ustad yang menyampaikan pentingnya keluarga.” Malamnya lagi-lagi memberi kultum. sebenarnya yang ditanyakan adalah. bukankah dalam al-Qur`an disebutkan bla2.. Tapi. sehingga keluar jawaban “berasal dari papa”..apakah yang disampaikan suami itu salah? Tidak. Sehingga mencari harga diri di luar rumah. tausiyah.. Contoh: seorang anak bertanya ”Ma. dsb..  Banyak pasangan yang siap nikah. Kebanyakan yang menjawab. enak nggak jika overdosis? Contoh 1.. alasannya karena overdosis nasehat. Nasehat itu kebenaran.. harusnya manajemen waktu itu bla2.Jawaban paling lemah adalah jawaban no 2. tapi tidak siap menjadi orang tua. PENTING 4: Kita perlu membawa diri kita kita ke pola pikir anak. Jadi. pagi hari bicara pada istrinya “Ma. Sementara sang anak sendiri tidak punya kesempatan didengar. Berapa banyak yang mempelajari metode mendidik anak sebelum memiliki anak? 5. . Aku berasal dari mana?” Hal ini menjadi contoh rendahnya kemampuan mendengar kita terhadap anak. Kenyamanan anak dengan orang tua Berapa banyak anak-anak hari ini di dekat orang tua tidak nyaman? Mengapa orang tua tidak nyaman bagi anak? Yang menyebabkan anak tidak nyaman dengan orang tua: orang tua galak tidak nyambung kebanyakan nasehat Telinga anak seringkali panas mendengar nasehat orang tua. tetapi sedikit sekali pendidikan menjadi orang tua. Tetapi. 6.Perlu konfirmasi. Jika seorang suami. Kemampuan Mengerti Anak . Sebagian besar anak harga dirinya jatuh di rumah. ”Maksud aku. Kepahaman ini bisa dipakai sebagai ukuran seberapa dekat dengan sang anak dengan orang tuanya. “rahasia mamah dan papa” dsb. Siangnya bicara lagi "Ma...".. Renungan 2: Mengapa Punya Anak? Secara umum salah satunya adalah untuk semangat hidup dan untuk melanjutkan keturunan.

. tapi tidak bersama anak se-jam pun. Jangan Menyalahkan Lingkungan Karakter anak itu dibentuk oleh orang tua. karena ada peran orang tuanya. Masalah anak Bisa berakar dari kurang perhatian. Perbedaan Karakter Anak Setiap anak mungkin memiliki karakter berbeda. bukan lingkungannya. Tentang Anak 1. Anak adalah anugrah atau beban? 2. Istimewa: waktunya habis untuk kegiatan yang penting dan tidak mendesak.. atau kapan anak laki-laki kita pertama kali mimpi basah? 7.” Jika begitu.. Anak memiliki fitrah mandiri.masya Allah sulit diatur. Sediakan waktu untuk anak Ada yang bilang 24 hours full mom. . Misal : “Anak pertama saya alhamdulillah sholihah. hal ini wajar karena masih belum bisa mengatur secara sempurna otot dan gerakannya. ? 9. Hati-hati! Trend yang sedang berkembang: 10’PC (10 minutes Parents Club): 5 menit di pagi hari: 1 menit: Bangun bangun bangun 1 menit: mandi mandi mandi 1 menit: salin salin salin (ganti baju) 1 menit: makan makan makan 1 menit: sekolah sekolah sekolah 5 menit di sore-malam hari: 1 menit: pulang pulang pulang 1 menit: mandi mandi mandi 1 menit: makan makan makan 1 menit: belajar belajar belajar 1 menit: tidur tidur tidur Ada 4 tipe manusia 1. narkoba. baik. 10.tapi adiknya. bukan karena TV. anak tidak ada yang bercita-cita menjadi buruk/jahat. Tetapi ini bukan pembenaran untuk melakukan membedakan anak sehingga tidak adil.Apakah kita dapat berbicara dengan nyaman mengenai siapa yang disukai anak kita. sepertinya ini ujian buat saya. 11. Baik: waktunya untuk hal yang penting dan mendesak. Biasa 3. Buruk: menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting 2. Anak yang hamil di luar nikah. bisa juga karena overdosis perhatian 8. dst . 4.. Anak lebih banyak memberi atau meminta? Anak Belahan Jiwa PENTING 5: Anak lahir dengan Fitrah Baik Dengan fitrahnya. Jika saat makan belepotan/tumpah. tidak perlu kita melakukan apa-apa pada anak karena semuanya ujian..

langsung ambil spidolnya. Bersama anak itu tidak bertiga dengan kompor. setidaknya. 15. tapi tampak tidak mendesak. akan keluar kata-kata yang tidak bagus. . saya akan banyak bicara saat anak berbuat baik. Ketika Anak Bertengkar/Berebut Mainan Adalah pendapat yang ngga tepat jika mengatakan ”Kakak. Siapa bilang bahwa umur menentukan kebenaran.. Banyak bertindak pada saat anak berbuat buruk. Tapi yang kurang adalah belajar mengelola emosi. Misalnya jika anak mencoret tembok dengan spidol. Aspek sentral: Kebersamaan. Jangan malah sebaliknya. 12. Lihat hak masing-masing tanpa melihat umur. karena umurnya selalu lebih besar daripada adiknya. dst. ini adalah kegiatan penting. sang kakak akan selalu salah. PENTING 6: PR1: ”Insya Allah mulai hari ini. Bisa main bola. Jika orang tua tidak paham duduk persoalannya. saya akan menyediakan waktu bersama anak. ruhiyah. Banyak orang pintar tapi kalau ngomong nyelekit. Misalnya banyak orang tua yang baru peduli setelah anaknya terkena narkoba. Namun suatu saat akan menjadi penting dan mendesak. berlima dengan tv. tidak perlu keluar satu buku penuh omelan. PENTING 7: PR 2: ”Insya Allah mulai hari ini. dsb. Jika pendapat ini dianut.Misalnya dating bersama istri berdua. memasak bersama.” 16. lalu anaknya disuruh menyelesaikan di luar kamar/tempat bermain. Sediakan kertas besar untuk anak menggambar. Jika sudah selesai. Jika paham. Main bola bersama anak.Bersama anak. 13. karena justru saat anak salah dan kita banyak ngomong.. silakan masuk. berempat dengan komputer. berbeda dengan jam belajar. Karena anak kita di Indonesia sudah kebanyakan jam belajar. bukan kedekatan. Buatlah Jam Keluarga Ini yang penting. bukan sekedar di dekat anak. Pertidaksamaan berikut ini. ngalah dong sama adik!”. 14.” Bisa ngapain saja. bukan banyak omong Pada saat anak berbuat buruk. karena kurang pernah bermain dan tidak belajar berkomunikasi. tapi akan banyakbertindak saat anak berbuat buruk. Banyaklah Bicara saat Anak Berbuat Baik Banyak-banyaklah memuji anak pada saat anak berbuat baik. 30 menit sehari. Umur kakak < Umur adik tidak akan pernah terpenuhi. silakan. langsung ambil tindakan. mainan diambil dulu.

besok tidak boleh nonton. Di Rak 1. ketika satu hal saja tidak konsisten. Saat di jalan anaknya masih ingat janjinya. anak mulai ingin coklat. meskipun orang-orang pada melihat tingkah anak Anda dan . bahasa psikologi: KONSISTEN bahasa agama: ISTIQAMAH Seringkali orang tua ingin konsisten tetapi ngga tega. nangis ingin dibelikan. Di rak 2. Berantem itu baik Konflik itu normal dan pasti ada. 19. ”mancalmancal ” menghentakkan kaki sambil nangis.memukul . tontonan apa yang boleh ditonton. dan kalau sudah besar. 18. bisa nonton berapa jam. Apakah sebaiknya tetap dibelikan? Jawabannya adalah tidak. Buat konsekuensi yang jelas 21. negosiasi . Di rak 5. Pada saat hendak meminjam barang adik atau kakak. Kita wajib memperjelas kepemilikan barang.berbicara. TEGAS itu: TEGA. Di rak 6 guling-guling di lantai. Di rak 4. Jagalah Konsistensi Yang membuat anak percaya kepada orang tua adalah konsistensi. Di rak 3. Ingin tegas tapi ngga tega. melempar sepatu. dan anak tidak patuh. Anak yang Menangis meski mengamuk di lantai. Saat sebelum berangkat. Jika anak kita berantem. apalagi di luar rumah. atau manajemen konflik. tetapi sebelumnya harus diajarkan kepemilikan terlebih dahulu. Jika di rumah saja sudah terbiasa minta izin. harus minta izin terlebih dahulu dengan yang punya. di rak 5. Mengerti kepemilikan harus dimulai dari rumah. berangkat sekolah jam berapa. tidur jam berapa.17. bisa main berapa jam. PENTING 8: TEGAS TEGAS TEGAS Usaha anak untuk mendapatkan keinginanannya: . membujuk. dan pasti anak-anak bisa menyelesaikannya sendiri. pasti akan jauh dari sifat korupsi. berilah hukuman misalnya. 20. anak berjanji untuk tidak membeli coklat. dsb.menangis Contoh. anak masih kuat. Tapi jagalah konsistensi ini. atau seminggu tidak boleh nonton. Buat aturan yang jelas Misalnya bangun tidur jam berapa. Padahal untuk bisa konsisten. boleh kita membiarkan. ingin dibelikan coklat. ”database” anak akan kocar-kacir Misalnya.mengamuk dengan bentakan . Pada saat itu anak-anak akan belajar mengelola konlfik. Ingin istiqamah tapi ngga tega. kunci nya harus tega. Ketika sudah terlalu lama. Mengajarkan Kepemilikan Adalah baik mengajarkan berbagi. Anda melarang nonton TV terlalu lama.

atau strategi kita supaya anak tenang dan ngga rewel. Tangisan anak pasti berakhir. Namun jika anak menangis karena strategi. Juga tidak sama dengan uang tabungan. 22. Buatlah jadwal membeli mainan. Contoh umum. kita wajib mendampinginya. harus dibuat kesepakatan untuk diganti di hari lain. mudah bagi Anda bahwa ini belum waktunya membeli. Tetapi uang saku ini akan memberikan efek yanglebih baik daripada uang jajan maupun uang tabungan. Katakan pada anak bahwa uang kita terbatas. dsb Misalnya membeli mainan anak setiap tanggal x. Tapi ada tangis yang kita harus perhatikan misalnya karena sakit atau sedih. membeli buku. Sekali tidak ya tidak. • menyakiti orang lain • melanggar syariat Islam 23. 24. seperti misalnya larangan memanjat. Jangan mengumbar janji hanya untuk membuat anak nurut. Jika anak menangis karena sakit atau sedih. paling lama 4 jam. Sehingga jika anak Anda melihat mainan. dan diskusikan pemakaian uangnya. Pertanggung jawabkan segala ucapan dan janji yang kita buat pada anak. 25. ia . kita wajib mempertahankan kekonsistensian kita. Karena anak memiliki ”kuasa kontrol” terhadap uang ini. PENTING 9: Ada tangisan yang boleh kita biarkan (misalnya anak yang lagi ber-strategi dengan menangis). Anak juga akan menjadi bingung jika misalnya pada saat belanja. uang saku tidak sama dengan uang jajan. Walau kecil kalau mengatakan sesuatu harus ditepati. Anda harus tetap konsisten. Kalau uang jajan biasanya diberikan per hari. tetapi kita belanja banyak.Anda. Anak baru dilarang jika perbuatannya: • membahayakan diri sendiri Tapi harus dibedakan juga jangan tercampur dengan melarang karena orang tua sebenarnya malas mengawasi/menjaga. Buatlah janji yang bisa dipenuhi. ”dame wa dame”. sebaiknya Anda pulang/tidak jadi belanja. dan uang tabungan diberikan untuk menabung. tetapi berbohong akan menjadi cikal bakal anak membangkang. Jangan Berbohong kepada Anak Anak tidak percaya kepada orang tua karena sering dibohongi. Terapkan Uang saku Perlu diperhatikan di sini bahwa. Apanya yang dilarang? apakah karena mahal? yang dilarang adalah karena buang-buang berasnya. kita bilang ngga bisa beli mainan karena ngga punya uang. Walau sepertinya hal kecil. Jangan banyak larangan Misalnya anak yang main-main beras. Jika kita tidak bisa memenuhinya. Jika tidak tahan malu.

atau lupa di saat makan. No Milk. 2011 *Disusun oleh Pak Khoirul Anwar dan Tim PPA Fahima. tetapi semoga pesan tersampaikan dengan baik kepada pembaca sekalian. Karena secara fitrah. Perhatikan pula usia anak. No Going Outside Maksudnya agar anak mau makan secara teratur. Jangan disuapin apalagi 31 Poin Penting Dalam Mendidik Anak: –Sebuah Ringkasan Seminar Parenting– “Membangun Komunikasi yang nyaman antara Orangtua dan Anak” Bersama Abah Ihsan di Tokyo. Ringkasan ini bisa jadi tidak sistematis (tidak sesuai klasifikasi/urutan). Karena Abah Ihsan menyampaikan dengan cukup cepat (kata beliau. CATATAN. sering mengemil sehingga pada jam makan sudah kenyang. Akhirnya ia akan memahami arti uang secara benar. silakan panggil anak untuk makan. Uang saku bisa diberikan mulai usia 7 tahun. ”seminar harusnya dua hari tetapi dijadikan hanya 4 jam”). biarkan saja sampai dia lapar sendiri dan datang. KMI Nagoya dan Sekolah Bhinneka PPI Nagoya 3-6 November. Anak tidak mau makan karena diberikan snack atau susu atau main di luar yang membuat dia kenyang di saat makan. seberapa untuk dibelanjakan. Masalah susah makan Permasalahan umum anak susah makan: belum lapar pada waktu jam makan. • Terlibat • Anti Jaim • Konsentrasi 2. Jika setelah dipanggil tidak mau datang.akan belajar berhati-hati menggunakannya dan belajar mengelola keuangannya. TIPS makan 1: No Snack. Uang saku bisa mulai diberikan perminggu lalu per bulan. Pesan Abah Ihsan: ”Jika Anda tidak setuju. Jangan ketika main sama anak tapi mikirin kerja. silakan ambil bagian yang Anda setuju saja”. Nagoya. Kobe Kerjasama Fahima dengan KMII Kansai. 26. . anak memiliki perut dan akan lapar. TIPS makan 2: Jika waktunya makan. 1 Efektifitas • Fokus Jangan ketika kerja mikirin anak. Ilmu Simulasi 1: permainan tali. Seberapa untuk ditabung.

tanpa melepaskan tangan dari ikatan tali? Hasil: . • Mendidik dengan Trial and Error Yang ini kita agak kerepotan dan kesulitan. Hendaknya kita bersabar saat anak tidak segera memenuhi panggilan kita karena masih asyik dengan kegiatannya. pasangan yang belum berhasil masih tetap mencoba-coba walau pembicara sudah memasuki topik lain.kebanyakan pasangan mencoba-coba dengan berbagai pose . dengan tali yang menyilang diantara tali pasangan." ” PENTING 3: Bersabar saat anak-anak bertanya. yaitu mencubit. begitu juga dengan anak kita. lalu mengikat tali dari tangan kiri ke tangan kanan. pada anak kita. Kesabaran Simulasi 2: Abah bertanya pada seorang peserta seminar: ”Mama lagi masak apa?”. saat anak kita menonton TV dari dekat. Ini mirip saat melepas tali. kedua trial dengan suara agak keras belum berhasil. Misal. Ada Dua Metode Mendidik Anak jika tidak punya Ilmu: • Mendidik dengan Warisan Mendidik anak kita sebagaimana orang tua kita mendidik kita. dan jangan marah karena itu akan membunuh rasa penasarannya. keempat bisa jadi ada yang mencubit atau semacamnya PENTING 1: Yang terbaik adalah mendidik dengan memiliki ilmunya. PENTING 2: Rasa penasaran anak perlu difasilitasi 3.Tiap orang berpasangan. 4. jangan marah! Berikan jawaban yang baik misalnya: ”Nanti dulu nak ya.1 pasangan berhasil  karena sudah punya ilmunya. termasuk pada saat menegur anak. Misalnya kita yang sering dicubit oleh orang tua kita biasanya menurun pada kita dan kita melakukan hal yang sama. Hasil simulasi pada saat seminar membuktikan. Insya Allah selesai masak Mama jelaskan. Marah atau tidak marah? . Namun jika sedang mengejar waktu dan tidak bisa menjawab. ”Mengapa dikasih gula?” dengan sederet pertanyaan yang tak hentinya. Tantangan: Bagaimana melepaskan kaitan tali. Yang ditanya saat seminar menjawab dengan sabar. Apakah pada kenyataannya. ajak anak terlibat memasak sembari bercerita. Penyebabnya: waktu. pertama trial diberitau baik-baik belum mundur. ketiga trial dengan sedikit berteriak/membentak. pada saat sang anak bertanya pada saat kita masak kita akan sesabar sewaktu menjawab di seminar? Seringkali kita kurang sabar menghadapi pertanyaan dari anak. “Dimasukkan apa saja?”. Solusinya: Jika sedang leluasa. Hal ini menunjukkan sifat alamiah manusia yang memiliki rasa penasaran. ini nanti gosong. atau karena pertanyaan anak tampak sepele dan sulit untuk dijawab.

tetapi perbuatan anaklah yang harus kita kelola. “rahasia mamah dan papa” dsb. PENTING 4: Kita perlu membawa diri kita kita ke pola pikir anak. Tapi. Buktinya. Kepahaman ini bisa dipakai sebagai ukuran seberapa dekat dengan sang anak dengan orang tuanya. sebenarnya yang ditanyakan adalah. Contoh: seorang anak bertanya ”Ma. kita tidak jadi marah saat anak kita baik. sehingga keluar jawaban “berasal dari papa”. 6. berpikir bahwa pertanyaan ini terkait dengan hubungan biologis. Jangan sampai ketika anak berbuat salah yang keterlaluan pun tetap tidak marah. Contoh salah perbuatan anak yang wajib ditegur: (a). Kebanyakan yang menjawab. Kemampuan Mengerti Anak . Karena tidak akan memiliki sendi yang cukup kuat pada saat kita memiliki anak. Renungan 2: Mengapa Punya Anak? Secara umum salah satunya adalah untuk semangat hidup dan untuk melanjutkan keturunan. jawaban dapat dikelompokkan menjadi 3: keturunan biologis nilai (misalnya untuk menyempurnakan agama) Jawaban paling lemah adalah jawaban no 2.Perlu konfirmasi. Berapa banyak yang mempelajari metode mendidik anak sebelum memiliki anak? 5. Ada kalanya marah ini bermanfaat untuk membuat sebuah ketegasan. ”Maksud aku. Aku berasal dari mana?” Hal ini menjadi contoh rendahnya kemampuan mendengar kita terhadap anak. Jika dari sebuah percobaan. dia tidak akan mengulangi lagi. (c) Melanggar syariat.Yang membuat kita marah pada anak adalah perbuatan anak yg buruk. Banyak ulama dan ustad yang menyampaikan pentingnya keluarga. hasilnya kemarahan.  Banyak pasangan yang siap nikah. tapi tidak siap menjadi orang tua. aku berasal dari mana?” Sebuah kisah lucu di kelas. Kenyamanan anak dengan orang tua . (b) Menyakiti orang lain. dimanapun pertanyaan ini diberikan. tetapi sedikit sekali pendidikan menjadi orang tua. Karena anak sedang mencoba-coba dan ingin mengetahui respon sebuah percobaan. Pertanyaanya marah ini baik atau tidak? Jadi bukan marah yang disalahkan/dikelola. Renungan 1: Untuk Apa berkeluarga? Pada umumnya. membahayakan diri sendiri. Tono kan berasal dari Semarang.

Sehingga mencari harga diri di luar rumah. 10... Jangan Menyalahkan Lingkungan Karakter anak itu dibentuk oleh orang tua.Berapa banyak anak-anak hari ini di dekat orang tua tidak nyaman? Mengapa orang tua tidak nyaman bagi anak? Yang menyebabkan anak tidak nyaman dengan orang tua: orang tua galak tidak nyambung kebanyakan nasehat Telinga anak seringkali panas mendengar nasehat orang tua.tapi apakah istri merasa nyaman mendengarnya? Contoh 2.. Anak adalah anugrah atau beban? 2. ? 9. dst . pagi hari bicara pada istrinya “Ma. tidak perlu kita melakukan apa-apa pada anak karena semuanya ujian.. atau kapan anak laki-laki kita pertama kali mimpi basah? 7. tausiyah. Apakah kita dapat berbicara dengan nyaman mengenai siapa yang disukai anak kita.tapi adiknya. Tentang Anak 1. Masalah anak Bisa berakar dari kurang perhatian.. enak nggak jika overdosis? Contoh 1.masya Allah sulit diatur. baik.. bukankah dalam al-Qur`an disebutkan bla2.. Perbedaan Karakter Anak Setiap anak mungkin memiliki karakter berbeda. Anak memiliki fitrah mandiri. bisa juga karena overdosis perhatian 8. Misal : “Anak pertama saya alhamdulillah sholihah.” Jika begitu. bukan karena TV. Tetapi ini bukan pembenaran untuk melakukan membedakan anak sehingga tidak adil.apakah yang disampaikan suami itu salah? Tidak. Sediakan waktu untuk anak ...". alasannya karena overdosis nasehat. karena ada peran orang tuanya. anak tidak ada yang bercita-cita menjadi buruk/jahat.. Jika seorang suami. narkoba. 11. Tetapi.. Jadi. Anak yang hamil di luar nikah. Nasehat itu kebenaran. bukan lingkungannya. Sementara sang anak sendiri tidak punya kesempatan didengar. sepertinya ini ujian buat saya. harusnya manajemen waktu itu bla2.. hal ini wajar karena masih belum bisa mengatur secara sempurna otot dan gerakannya.” Malamnya lagi-lagi memberi kultum.. dsb. Siangnya bicara lagi "Ma. Anak lebih banyak memberi atau meminta? Anak Belahan Jiwa PENTING 5: Anak lahir dengan Fitrah Baik Dengan fitrahnya. Sebagian besar anak harga dirinya jatuh di rumah. Jika saat makan belepotan/tumpah..

Jangan malah sebaliknya. Banyak orang pintar tapi kalau ngomong nyelekit. tidak perlu keluar satu buku penuh omelan. silakan. Bisa main bola. . Buruk: menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting 2. akan keluar kata-kata yang tidak bagus.. Misalnya banyak orang tua yang baru peduli setelah anaknya terkena narkoba. Banyaklah Bicara saat Anak Berbuat Baik Banyak-banyaklah memuji anak pada saat anak berbuat baik. Misalnya jika anak mencoret tembok dengan spidol. 15. langsung ambil tindakan. PENTING 6: PR1: ”Insya Allah mulai hari ini. Banyak bertindak pada saat anak berbuat buruk. bukan sekedar di dekat anak.” Bisa ngapain saja. berempat dengan komputer. Buatlah Jam Keluarga Ini yang penting. 14. Misalnya dating bersama istri berdua.Ada yang bilang 24 hours full mom. Tapi yang kurang adalah belajar mengelola emosi. 13. Istimewa: waktunya habis untuk kegiatan yang penting dan tidak mendesak. setidaknya. Namun suatu saat akan menjadi penting dan mendesak. Karena anak kita di Indonesia sudah kebanyakan jam belajar. Bersama anak itu tidak bertiga dengan kompor. Hati-hati! Trend yang sedang berkembang: 10’PC (10 minutes Parents Club): 5 menit di pagi hari: 1 menit: Bangun bangun bangun 1 menit: mandi mandi mandi 1 menit: salin salin salin (ganti baju) 1 menit: makan makan makan 1 menit: sekolah sekolah sekolah 5 menit di sore-malam hari: 1 menit: pulang pulang pulang 1 menit: mandi mandi mandi 1 menit: makan makan makan 1 menit: belajar belajar belajar 1 menit: tidur tidur tidur Ada 4 tipe manusia 1. Biasa 3. Sediakan kertas besar untuk anak menggambar. bukan kedekatan.Bersama anak. ruhiyah. 12. ini adalah kegiatan penting. karena justru saat anak salah dan kita banyak ngomong. dst. tapi tampak tidak mendesak. karena kurang pernah bermain dan tidak belajar berkomunikasi. 4. Baik: waktunya untuk hal yang penting dan mendesak. Aspek sentral: Kebersamaan. dsb. tapi tidak bersama anak se-jam pun. berbeda dengan jam belajar. Main bola bersama anak. berlima dengan tv.. langsung ambil spidolnya. bukan banyak omong Pada saat anak berbuat buruk. memasak bersama. 30 menit sehari. saya akan menyediakan waktu bersama anak.

Mengajarkan Kepemilikan Adalah baik mengajarkan berbagi. ketika satu hal saja tidak konsisten. tetapi sebelumnya harus diajarkan kepemilikan terlebih dahulu. atau manajemen konflik. kunci nya harus tega. Berantem itu baik Konflik itu normal dan pasti ada. TEGAS itu: TEGA. apalagi di luar rumah. bisa main berapa jam. tapi akan banyakbertindak saat anak berbuat buruk. bahasa psikologi: KONSISTEN bahasa agama: ISTIQAMAH Seringkali orang tua ingin konsisten tetapi ngga tega. Anda melarang nonton TV terlalu lama. harus minta izin terlebih dahulu dengan yang punya. berilah hukuman misalnya. boleh kita membiarkan. Buat konsekuensi yang jelas 21. Ketika sudah terlalu lama. Pada saat itu anak-anak akan belajar mengelola konlfik. Pertidaksamaan berikut ini. Pada saat hendak meminjam barang adik atau kakak. Umur kakak < Umur adik tidak akan pernah terpenuhi. Jagalah Konsistensi Yang membuat anak percaya kepada orang tua adalah konsistensi. tontonan apa yang boleh ditonton. Jika pendapat ini dianut. 18. 17. Buat aturan yang jelas Misalnya bangun tidur jam berapa. Padahal untuk bisa konsisten.PENTING 7: PR 2: ”Insya Allah mulai hari ini. dsb. bisa nonton berapa jam. Jika orang tua tidak paham duduk persoalannya. lalu anaknya disuruh menyelesaikan di luar kamar/tempat bermain. Mengerti kepemilikan harus dimulai dari rumah. sang kakak akan selalu salah. karena umurnya selalu lebih besar daripada adiknya. berangkat sekolah jam berapa. Jika sudah selesai. saya akan banyak bicara saat anak berbuat baik. Ketika Anak Bertengkar/Berebut Mainan Adalah pendapat yang ngga tepat jika mengatakan ”Kakak. Jika paham. Siapa bilang bahwa umur menentukan kebenaran. Ingin tegas tapi ngga tega. ngalah dong sama adik!”. ”database” anak akan kocar-kacir Misalnya. Kita wajib memperjelas kepemilikan barang. Ingin istiqamah tapi ngga tega. Jika di rumah saja sudah terbiasa minta izin. dan anak tidak patuh. mainan diambil dulu. 20. 19. dan pasti anak-anak bisa menyelesaikannya sendiri. Jika anak kita berantem. Lihat hak masing-masing tanpa melihat umur. silakan masuk.” 16. besok tidak boleh nonton. atau seminggu tidak boleh nonton. pasti akan jauh dari sifat korupsi. tidur jam berapa. dan kalau sudah besar. . Tapi jagalah konsistensi ini.

kita wajib mendampinginya. Buatlah janji yang bisa dipenuhi. ingin dibelikan coklat. sebaiknya Anda pulang/tidak jadi belanja. Contoh umum. Di Rak 1. seperti misalnya larangan memanjat. anak masih kuat. Tapi ada tangis yang kita harus perhatikan misalnya karena sakit atau sedih. Anda harus tetap konsisten.PENTING 8: TEGAS TEGAS TEGAS Usaha anak untuk mendapatkan keinginanannya: . nangis ingin dibelikan. anak berjanji untuk tidak membeli coklat. . meskipun orang-orang pada melihat tingkah anak Anda dan Anda. Anak yang Menangis meski mengamuk di lantai. atau strategi kita supaya anak tenang dan ngga rewel. PENTING 9: Ada tangisan yang boleh kita biarkan (misalnya anak yang lagi ber-strategi dengan menangis). Di rak 5. Di rak 6 guling-guling di lantai.menangis Contoh. Di rak 3. 22. Jangan Berbohong kepada Anak Anak tidak percaya kepada orang tua karena sering dibohongi. Tangisan anak pasti berakhir. Apanya yang dilarang? apakah karena mahal? yang dilarang adalah karena buang-buang berasnya. melempar sepatu. Anak baru dilarang jika perbuatannya: • membahayakan diri sendiri Tapi harus dibedakan juga jangan tercampur dengan melarang karena orang tua sebenarnya malas mengawasi/menjaga. Jangan mengumbar janji hanya untuk membuat anak nurut. negosiasi . • menyakiti orang lain • melanggar syariat Islam 23. Jika tidak tahan malu. Sekali tidak ya tidak. Jika anak menangis karena sakit atau sedih. tetapi berbohong akan menjadi cikal bakal anak membangkang. ”dame wa dame”. Pertanggung jawabkan segala ucapan dan janji yang kita buat pada anak. Apakah sebaiknya tetap dibelikan? Jawabannya adalah tidak.mengamuk dengan bentakan . di rak 5.berbicara. Walau sepertinya hal kecil. Di rak 2. Saat sebelum berangkat. Jangan banyak larangan Misalnya anak yang main-main beras. Saat di jalan anaknya masih ingat janjinya. ”mancalmancal ” menghentakkan kaki sambil nangis. paling lama 4 jam. membujuk.memukul . Di rak 4. Namun jika anak menangis karena strategi. Walau kecil kalau mengatakan sesuatu harus ditepati. anak mulai ingin coklat. kita wajib mempertahankan kekonsistensian kita.

Anak juga akan menjadi bingung jika misalnya pada saat belanja. atau lupa di saat makan. . akan merusak jiwa kemandiriannya. uang saku tidak sama dengan uang jajan. tetapi kita belanja banyak. Jika setelah dipanggil tidak mau datang. Karena secara fitrah. No Milk. Jika kita tidak bisa memenuhinya. Sehingga jika anak Anda melihat mainan. anak memiliki perut dan akan lapar. Anak tidak mau makan karena diberikan snack atau susu atau main di luar yang membuat dia kenyang di saat makan. Terlalu sayang. silakan panggil anak untuk makan. Masalah susah makan Permasalahan umum anak susah makan: belum lapar pada waktu jam makan. misalnya sudah besar masih disuapin. 24. kita bilang ngga bisa beli mainan karena ngga punya uang. Perhatikan pula usia anak. dan uang tabungan diberikan untuk menabung. Terapkan Uang saku Perlu diperhatikan di sini bahwa. 26. Buatlah jadwal membeli mainan. No Going Outside Maksudnya agar anak mau makan secara teratur. TIPS makan 2: Jika waktunya makan. TIPS makan 1: No Snack. seberapa untuk dibelanjakan. 25. Kalau uang jajan biasanya diberikan per hari. Katakan pada anak bahwa uang kita terbatas. 27. Uang saku bisa diberikan mulai usia 7 tahun. biarkan saja sampai dia lapar sendiri dan datang. mudah bagi Anda bahwa ini belum waktunya membeli. ia akan belajar berhati-hati menggunakannya dan belajar mengelola keuangannya. Jangan disuapin apalagi TIPS makan 3: Makan sendiri. Tetapi uang saku ini akan memberikan efek yanglebih baik daripada uang jajan maupun uang tabungan. Akhirnya ia akan memahami arti uang secara benar. dsb Misalnya membeli mainan anak setiap tanggal x. Uang saku bisa mulai diberikan perminggu lalu per bulan. Juga tidak sama dengan uang tabungan. membeli buku. Jangan mudah menyalahkan anak. Karena anak memiliki ”kuasa kontrol” terhadap uang ini. Seberapa untuk ditabung. harus dibuat kesepakatan untuk diganti di hari lain. dan diskusikan pemakaian uangnya. sering mengemil sehingga pada jam makan sudah kenyang.

29. anaknya akan dididik oleh yang lain (misalnya TV. tidak ada internet. Pentingnya Didikan dari Orang tua Mungkin orang tua kita ada yang mengatakan seperti ini: ”Mama dulu tidak sekolah tinggi. Pada saat anak bisa mengeluarkan banyak pikirannya secara leluasa kepada kita. 28. tapi anak-anak saya menjadi orang pintar semua” Pendapat ini mungkin benar. anak kita akan merasa itulah caranya supaya mendapat pengakuan dan harga diri. Dengarkan hingga tuntas dan jangan mengintervensi. mental anak menjadi kuat. karena jaman dulu tidak ada TV. dia juga akan mudah mendengar dan menerima pendapat dari kita. PENTING 12: PR3: Dengar anak bicara. Yang bahaya: jika anak kita dipuji karena merokok atau narkoba. 30. internet. anak akan mencari harga diri di luar. Penaikan harga diri di rumah Kalau harga diri di rumah terinjak.Mungkin ngga semua orang tua pernah memukul anaknya. mungkin ngga semua orang tua pernah membentak anaknya. tidak ada game. di jaman sekarang. . Tetapi. PENTING 11: Jika harga diri di rumah tinggi. jika orang tua tidak mendidik anaknya. Agar Anak dekat sama kita Dengarkan apa yang ia katakan. dll). baru kita bicara. lingkungan. tetapi sangat jarang sekali ada yang lolos untuk tidak menyalahkan anak. PENTING 10: Pahami masalah dari dua arah. Menjadi pendengar bukan berarti orang tua dikuasai anak.

Ada seorang anak yang ketika dititipkan kepada kakek atau neneknya. bahasa. pergi subuh pulang malam. dan punya anak. meski terhadap nenek atau kakeknya. PENTING 14: KARUNIA WAKTU Waktu akan berbalik Kisah ”Aku ingin seperti Mama dan Papa” Seorang pasangan mendapatkan anugerah bayi yang lucu. bekerja keras.Anak Diajar Sendiri atau Outsourcing? PENTING 13: Sebisa mungkin usahakan orang tua sendiri yang mengajar anaknya. daripada siapapun. Karena saking sayangnya sama anaknya. Suatu hari anaknya lulus sarjana. anaknya bilang nanti ketemu lagi karena ada janji sama teman. saat ditelp mengatakan: Papa dan mama tahu bahwa anaknya sibuk. PENTING 15: KARUNIA KONSISTENSI . misalnya membaca Al-Quran matematika. meski nenek dan kakeknya mengijinkan/menyuruhnya. Buatlah anak paling percaya kepada Anda Buatlah anak Anda agar paling percaya kepada Anda. Saat mau tidur. dll. sudah berkelarga. Ketika anaknya telah menikah. bersikeras tidak mau makan sebuah coklat. biologi. suatu saat nanti akan ada waktu yang indah bersama. Ketika anaknya ditelpon. tidak sempat membacakan cerita dan mereka mengatakan bahwa adik kan tahu papa dan mama sibuk. Akhirnya sang anak benar-benar menjadi seperti Mama dan Papa. 31. ?sika. Tapi suatu saat nanti akan ada waktu bersama.

Ishikawa. yang lebih utama adalah perkataan dan perlakuan penuh cinta dari orang tua. yang dilengkapi dengan catatan tim PPA Fahima. Japan Advanced Institute of Science and Technology. Pendiri Program Sekolah Pengasuhan Anak (PSPA). * Abah Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari adalah Direktur Auladi Parenting School.com . School of Information Science.Harus seimbang antara kebebasan dan ketegasan. Khoirul Anwar adalah dosen di Information Theory and Signal Processing Lab. Nagoya.com * Dr. dan diedit oleh tim PPA Fahima dan panitia Seminar Parenting Fahima Tokyo-Nagoya-Kobe. makanan. 5 November 2011.com • milis: subscribe-orangtua-shalih@yahoogroups. Kontak: divisi_ppa@yahoo. bertempat di Nagoya City Gender Equality Promotion Center Tsunagalet. Beliau mengikuti seminar parenting di Nagoya. Japan. Catatan ini disusun berdasarkan resume Pak Khoirul Anwar..com • e-mail: inspirasipspa@yahoo. yang akan menjadi warisan terindah untuk masa depan anak. inspirasipspa@yahoo. mainan dan sekolah semata yang penting. Abah Ihsan bisa dikontak di: • facebook: search dengan ”orangtua-shalih”. PENTING 16: Hormatilah jiwa anak-anak kita Bukan hanya uang.

“Do you think I am a baby? I can do it by myself!” Cerita ini adalah sebagian dari cerita pengalaman sang psikolog yang sering dipanggil Bunda Elly Risman yang diceritakannya di acara Seminar Parenting yang digelar di Gedung Suryakencana Bogor pada Sabtu. Syaratnya untuk murid hanya tidak menggunakan celana jeans dan sudah bisa buang air kecil/besar sendiri. Tentu saja asisten guru ini akhirnya mengerti mengapa si murid lama di kamar mandi karena kesusahan mengkancingkan celananya. Ketika menjadi asisten balita di sekolah ini banyak hal yang bisa ia pelajari.----------------------Seorang wanita sarjana psikologi dan kolumnis di media terkenal di Indonesia ketika sedang berada di Amerika menemani suaminya yang sedang tugas belajar mencoba melamar menjadi guru TK dalam rangka ingin mengetahui bagaimana anak-anak Amerika dididik pada usia dini. Melihat itu tentu saja ia menawarkan diri untuk menolongnya. keluarlah si murid sambil sibuk mengkancingkan celana jeansnya. Usia balita di sekolah ini mulai usia 2. Lalu setelah pintu kamar mandi beberapa kali diketok. Tapi sayang ia ditolak karena tidak memiliki sertifikat pendidikan formal keguruan TK Amerika. Dengan mimic seperti anak kecil yang keheranan melihat kegiatan dan suara menumpahkan air tersebut. Namun sayang banyak orang tua yang melarang anaknya melakukan kegiatan experimental seperti itu. Lama sang asisten guru yang lahir tahun 1951 ini menunggu sang murid. Namun dengan semangat pantang menyerah ia meminta untuk dijadikan asisten guru di sana. Suatu hari salah seorang muridnya yang berusia 2. Di seminar yang bertema Kiat Membangun Generasi Mandiri ini juga Bunda Elly memperagakan air yang ditumpahkan ke dalam gelas kosong. Dengan menyodorkan microphone ke dekat air yang tumpah itu maka para peserta seminar dapat mendengar suara gemericik air. Bunda Elly berusaha menyampaikan pesan kepada para orang tua bahwa anak-anak selalu mencoba menemukan campuran yang indah antara penglihatan. dan permintaannya ini dikabulkan. bunyi dan kegiatan. Tanpa diduga si murid yang masih segede unyil ini berkata. 29 Oktober lalu.5 tahun.5 tahun ijin buang air kecil. Hal ini mungkin dikarenakan para ibu takut lantai menjadi kotor dan malas membersihkan lantai kotor akibat kegiatan anaknya. .

merengek. mandiri. Biasanya aturan yang dibuat orangtua tidak berhasil dipatuhi anak karena si anak merasa tidak terlibat dalam proses pembuatan aturan tersebut. Dengan suasana yang sulit untuk konsentrasi. biarkan anak membuat pilihan. yaitu dari usia 12 bulan hingga 19 tahun. keamanan dan tentu saja kegiatan itu tidak mencederai si anak. para peserta seminar tetap dapat menangkap dan mendapatkan wawasan baru dalam hal mendidik anak dari beliau. mencicipi kecewa dan kita sebagai orang tua siap menjadi JPE (jaringan pengaman emosi) anak juga jangan lupa ajarkan anak life skill serta kenali usaha dan keberhasilannya. Di slide presentasinya. seperti contoh murid Bunda Elly yang tidak mau dibantu kancing celana jeans-nya di atas. . Dengan kemandirian. Dengan adanya seminar parenting seperti ini diharapkan akan menambah banyak orangtua yang mendidik anak dengan ilmu tentang cara mendidik para penerus bangsa ini sehingga pada akhirnya akan bermunculanlah manusia Indonesia yang berkualitas di masa depan nanti. dengan hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp 50 ribu saja. Seminar yang dihadiri lebih dari 400 orang dengan ruangan yang begitu luas disertai anak-anak dari para ibu peserta seminar yang berteriak. si anak akan tetap akan bisa bertahan jika kehidupannya sedang ada di bawah. Intinya pembelajaran mandiri pada anak ini agar si anak mengerti bahwa hidup ini tidak akan selalu senang dan kaya. memilih dan mengambil keputusan harus dilakukan oleh anak dan atas nama si anak. bukan? Tentunya hal ini bisa terwujud jika si anak sudah dididik untuk mandiri sejak dari kecil. Terlihat beliau sangat menjiwai psikologi anak-anak. yaitu: Berfikir. Jadi memang kebebasan eksplorasi ini harus tetap dibatasi dengan dibuat aturan-aturan yang harus dibuat bersama dan dimengerti oleh si anak dan harus disebut berulang-ulang sampai si anak benarbenar ingat dan mengerti. Alangkah indahnya jika kita memiliki anak yang mempunyai kepribadian yang teguh. saya yakin pada hari itu.menangis dan lari-lari memang sangat menantang bagi Bunda Elly ditambah kondisi badan beliau yang kurang fit namun ia tetap menyampaikan materi dengan semangat diselingi tiruan gaya anakanak menangis. Bunda Elly juga memberikan daftar kegiatan mandiri yang bisa dilakukan anak sesuai dengan perkembangan usia. dukungan dan dorongan pada anak untuk eksplorasi dan rasa ingin tahu. rangsang anak untuk mencoba dan ingin tahu. berpendirian namun menurut pada orang tua.Ada baiknya orangtua memberikan kebebasan anaknya untuk berkreativitas dan bereksplorasi dengan berpegang pada batasan kesehatan. Bila anak sudah menjalankan BMM maka tugas orang tua adalah sebagai supervisor kemandirian yang tugas detailnya adalah: memberikan cinta yang tulus. Rumus yang diberikan Bunda Elly untuk melatih anak mandiri adalah BMM.dll.

sangatlah penting bagi orangtua untuk menyediakan contoh yang baik dengan keteladanan orangtua.” Walaupun anak belum siap dengan instruksi formal.“If children are involved in making family decisions. orang tua sudah berusaha mendidik anak dan Allah mempunyai ketetapan yang lain. “ketika anak mencapai usia 3 tahun. dan seorang “perdana menteri” pada tujuh tahun ke tiga. they will get an early start on developing their own leadership skills” anonymous Islam telah membagi fase perkembangan anak menjadi tiga fase sejak lahir hingga berusia 21 tahun. kemudian ajarkan anak untuk berkata muhammadar rasulullah Kemudian ketika ia berumur 4 tahun. 7 bulan dan 20 hari. ajarkan anak shalat dan ajarkan ruku dan sujud. Ajak anak ia menghadap kiblat dan ajarkan sujud Ketika berumur 6 tahun. bukan berarti anak tidak mampu menangkap dan mengerti apapun. ajarkan mengucapkan sallalahu ‘ala muhammadin wa ala ali Muhammad Ketika ia mencapai usia 5 tahun. anak disebut sebagai tuan atau master dari orangtuanya. Tahap pertama: dari lahir hingga umur 7 tahun Pada tahap ini. kalaupun tidak. kita harus mengajarkan agama yang sangat mendasar dan simple secara bertahap. ajarkan anak untuk mencuci muka dan tangannya kemudian ajak untuk shalat . “Respect your children and teach them good behaviour. Allah will forgive (your sins). Pembagian ini didasarkan pada perkataan ali bin abi thalib: anak adalah “tuan” pada tujuh tahun pertama. Anak secara terus menerus dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggalnya. Ketika genap tujuh tahun. maka bagus. The Prophet said. Tidak sama sekali. bila ia sudah dapat membedakan antara tangan kanan dan tangan kiri. Namun. Umur 0-7 tahun adalah usia dimana anak bermain secara penuh karena anak belum siap untuk dididik melalui instruksi formal. seorang “budak” untuk tujuh tahun kedua. maka bila ia tumbuh menjadi anak yang baik dalam 21 tahun itu. karena itu. Kebertahapan adalah poin penting yang harus ditekankan pada tahap ini. ia belajar melalui observasi dan imitasi. ajarkan ia mengucapkan la illaha illallah sebanyak tujuh kali Kemudian biarkan hingga ia berumur 3 tahun.

anak sudah dapat menangkap sebab akibat. mereka bisa dengan mudah di bengkokan ke berbagai arah. Pendidikan agama sangat penting pada tahap ini agar keyakinan islam anak berdasar pada pemahaman yang benar dan pondasi yang kuat. Nabi salallahu alahi wassalam mengatakan bahwa tiga hal yang harus diajarkan pada anak laki-laki dalam tahap usia ini adalah: 1.Ini akan berlanjut hingga mencapai usia 9 tahun. Tetapi. anak muslim diharapkan menjadi pemuda yang bertanggung jawab.. 3. Sebagai contoh nabi Muhammad berkata: hak dari anak lakilaki untuk diajarkan oleh ayahnya tiga hal: diajarkan tentang alQuran. Sangatlah penting jika anak tidak hanya dididik dengan ilmu-ilmu tapi juga pada waktu yang sama ia harus dibesarkan dalam etika islami. hanya Allah yang dapat menyelamatkan dari pengaruh-pengaruh negatif. ia akan selalu dekat dengan agama Tahap kedua: umur 8 hingga 14 tahun Anak adalah budak untuk 7 tahun berikutnya. 15 dan selanjutnya. Pendidikan fisik dan bela diri. orang tua sebaiknya memperlakukan mereka seperti “teman” dari pada “budak” . daripada pendidikan fisik. Kemampuan baca tulis untuk ilmu sekuler. dan sadar akan perannya untuk membentuk masyarakat yang selalu sadar dengan kehadiran Allah. Pada usia 14. Tahap ketiga: umur 15 hingga 21 tahun. menunggang kuda dan berenang” jafar as Sadiq juga mengatakan bahwa tugas dari ayah untuk mengajarkan anaknya menulis. kemudian ia harus diajarkan ritual sesungguhnya untuk berdoa dan shalat Ketika ia melaksanakan wudu dan shalat yang benar. Kemampuan baca tulis dan mencari ilmu baik ilmu agama maupun sekuler juga ditekankan pada pendidikan anak perempuan. Anak adalah “budak” dalam artian ia harus mengikuti instruksi orangtua dan guru. Pada usia ini. 2 pengetahuan islam. berpikir secara logis. Anak adalah perdana menteri untuk tujuh tahun berikutnya. Dengan mengatakan anak adalah “budak” dari umur 8 – 14 tahun. Jika mereka tidak diberi pendidikan agama pada usia ini. berwawasan. islam mengatakan tentang subjek spesifik yang dapat membantu anak perempuan menjadi istri yang baik dan ibu pendidik. orangtua ditekankan untuk mendidik kedisplinan. Karena itu. Generasi masa depan ummat ini bagaimanapun juga bergantung pada ibu yang terpelajar. Jafar as Sadiq mengatakan: ajarkan pemudamu hadist sebelum ia didekati oleh ajaran yang salah Anak pada tahap ini seperti cabang pohon hijau yang lembut. yang berarti ia siap untuk pendidikan formal. Allah mengampuni dosa kedua orangtuanya Impresi yang didapat pada masa kanak-kanak sangat sulit untuk dihapus dan bila rasa cinta dan hormat di ajarkan pada masa ini.

The Prophet said..Ihikksss dari awal seminar. Yuk..Psi (Yayasan Buah Hati) Di share dari teman yang ikut di Jakarta.dsb . seluruh orang tua yang ada di ruangan seminar. Kondisi kematangan mental tidak dapat diukur dengan waktu atau umur. banyak yang . aku kangen nih. Dan... tapi udah soal LAMA GA ML. Pada remaja tengah dan remaja akhir.. Pada usia 21. Banyak media elektronik & cetak yang diakses anak. tidak ada yang bisa membaca sms apakah itu?Apa maksud sms tsb? Alaaahh.. M. Anak2 kita hidup di era digital... sehingga kami. tapi dibuat sedemikian rupa. orangtua harus membimbing dan menolong remaja untuk membuat keputusan yang betul untuk diri mereka sendiri.Pada tahap ini.” This lesson is based on `Allamah Sayyid Saeed Akhtar Rizvi’s The Family Life of Isam (Revised Edition.” He also said. Jakarta By Elly Risman. Jika orangtua mendidik anaknya dengan nilai islam. Udah lama kita GA ML.. Panjang tapi sangat menarik buat orang tua agar aware Seminar dibuka dengan layar presentasi yang menayangkan contoh sms anak sekarang. mata saya udah melotot lebaarr! 2. “A virtuous child is a flower from the flowers of Paradise..ML= Making Love=berhub SEX) Seisi ruangan seminar lgs heboh. 1980) Hasil Seminar tanggal 30 Oktober 2010 di kemang village. dengan huruf biasa tapi dibuat secara ALAY.. “Among the good fortunes of a man is the virtuous child. Note dr pembicara: SMS sayang2an anak sekarang udah bukan i love u/I miss u. Taaaraa.sms alay kan bisa dibaca. Demmm. anak harus mulai menjalani training atau pendidikan yang spesifik pada bidang yang diminati sehingga ia segera dapat mandiri.. Ini juga merupakan waktu dimana anak mendekati usia menikah Islam menekankan bahwa orangtua harus menikahi anak perempuan mereka sedini mungkin ketika anak sudah mencapai kematangan mental –pendidikan tinggi dapat berlangsung setelah menikah tapi menikah jangan ditunda untuk kebaikan banyak hal. ga ada satupun yang bisa baca sms tsb. Begitu pula dengan anak laki-laki. sms tsb. mumpung bonyok lagi pergi. kewajiban orangtua terhadap anaknya hampir berakhir. anaknya pastinya dapat menjadi penyejuk mata dan hati kedua orangtuanya. dibacanya harus dengan posisi HP terbalik (bagian atas HP menjadi bagian bawah)! Can u imagine thattt???? DAN isinya adalah: " Hi.ternyata selain dengan huruf alay. meski bikin mata dan otak kerja keras dulu buat tau maksudnya? NO! Totally. Dan anak diharapkan memenuhi kewajibannya terhadap orangtuanya." (sori saya agak lupa persisnya namun isinya kurang lebih spt itu . sayang. yuk kita ketemuan.

yg ternyata setelah ditelusuri adalah kepunyaan temen sekolah (wanita) anaknya yang lelaki (yang suka minjem BB beliau!). Sinetron. Kapasitas HP yang besar.----->Seisi ruangan seminar lgs heboh lagiii. Anak anda CLEAN?-->Bisa jadi dia dapat kiriman gambar/video dari temennya! Kasus : (yg pernah ditangani Ibu Elly) Ada seorang Ibu.????? b. bonus di akhir levelnya adalah ML dengan pelacur jalanan.Video2 sex tersebar melalui HP. Komik. Cursor berbentuk tangan. Dan. Televisi. Hoho. Internet. dan tinggal pilih bagian tubuh mana yang mau dipegang pertama kali dst. sinetron2 Jepang/korea . Ya. Program TV yang masih pantas diikuti. pembuatnya juga anak-anak kita juga! Bahkann. orang tua! Note: suami saya. adventure.. pas tau soal jenis games ini!!:( 6.. HP. gambar lebih realistis. jika didepan sekolah anak2 ada warnet! Jenis Games yang ada. yang tidak ada di dunia nyata.. yg datang ke beliau. ceritanya adalah tentang bagaimana “memperkosa paling asyik??????? Jadi tinggal pilih cerita yang melatarbelakangi . berdasar penelitian.. anak kita udah sampai level akhir. Siapa bilang ML harus telanjang dan harus di tempat tidur/hotel ? -->> kami ditunjukkan sekilas video ABG berseragam SMP..:( 8. terbiasa dengan kekerasan.. KOMIK. jangan salah. memungkinkan sang pemilik memiliki file2 berukuran besar seperti video dan gambar porno. yg digerakkan oleh anak2-anak kitaa. ga kalah dengan novel porno lainnya.. telenovela. komik memang bergambar kartun. film dsb. yg orang IT dan doyan maen games pun. Internet. Lainnya adalah program pembodohan. Hamil?siapa takkut!--> Bisa Aborsi ! 7. jenisnya sudah diluar perkiraan kita. pemain bisa memilih karakter apa saja. Iklan pun juga menyesatkan. Ada games yang bergenre awal action. Gambar sampul depan. Yang pertama dibahas adalah GAMES.Untuk mendapatkan uang. kemudian tinggal pilih perempuan model apa yg mau “dipilih”. modelnya ga pake baju sama sekali. dan naudzubillahimindzalik... shock karena menemukan gambar Vagina-seseorang di BBnya.mengandung unsur pornografi: Games. Situs Porno bertebaran di dunia maya. kita orang tua harus tau bahwa ceritanya ujung2nya tentang sex bebas. terkejut bukan kepalang. Bahkan lebih mengerikan karena didukung dengan gambar. murah dan gampang didapat. 4. kekerasan dan pornografi..... . Pikir baik2 jika anda ingin membelikan games atau anak anak anda beli games sendiri/ meminjam games dari teman! Dan hati-hati . Majalah dll 3. sedang ML ditangga dan berpakaian lengkap! b. bisa dihitung dengan 1 tangan. mungkin tidak menyiratkan 1 kepornoan pun. VCD. tapi didalamnya.. mereka menjual video sex mereka sendiri!--> Pas seminar kami ditunjukkan ribuan video sex yg gampang diperoleh lewat internet. Jenis Games lebih beraneka macam: Aksi. Jangan salah. namun ternyata jika.Ayoo jangan anggap enteng sinteron/filim2 korea/jepang!Lama2 anak anda terbrainwash. TV. Note dari pembicara: SUPER HATI2 dengan GAMES anak-anak anda! a.. HP. Note dari pembicara: a.:( 5. hantu. Ada games yang berjenis role playing. Games diabad 21. isinya adalah tembak2an dsb. ketrampilan lebih kompleks dan kecekatan yg lebih tinggi---> Kepuasan dan kecanduan lebih besar. Tapi soal cerita.. sex bebas! 9.Gumaman Astagfirrullah bertebarann di ruangan. Role playing.. strategi.

Industri yang terlibat Pornografi: Entertainment. Musik. tempat dibuatnya moral..Indonesia . Bagian otak yang rusak karena Narkoba: 3 bagian saja. maka yang akan terganggu adalah: Analisa. pengambilan keputusan.Kerusakan otak permanen ---> yang hasil akhir yang diinginkan adalah-->INCEST!!! 3. organisasi. 2. Hati Nurani---> Spiritualitas /Iman akan terkikis--> ANAK TUMBANG--> Mental Model Porno--->INCEST!!!! 4.. pengambilan keputusan. Pertanyaan orang tua ke anak hanya tentang les mu gimana nak? Nilaimu berapa nak? Kamu ga bolos kan?Kamu biasa ngerjain ujian kan hari ini?---> Anak2 menjadi anak yg BLASTED (Boring-->Lazzy--> Stress!) . komik.. penilaian.Yang mereka inginkan. Kesalahan Budaya. 2. Pembuat dan pemasar Video Games dll SIAPKAH KITA SEBAGAI ORTU? 1. 3.. Syukur Alhamdullillah. Pornografi. Saat anak merasa senang tsb (kebanjiran Dopamin). saya berhasil "memaksa" suami saya untuk ikut seminar ini.semuanya yg berbau NAR***. pengaturan emosi..Notes: Dari. Are u a weekend parent? Anak di ikutkan les sana-sini. Jika sudah mengalami 33-36 ejakulasi--> pecandu pornografi -->PASAR MASA DEPAN!!! Proses Kecanduan & Akibatnya. pemahaman. bila perlu baru lapor Ayah!! SALAH BESAR!---> REVOLUSI PENGASUHAN!! . A Fatherless Country???) Lihat fenomena Anak2 Jack Mania?--> Kemana AYAHmu nakkk?Kemana ibumu naak???? Note: Bukan main saya bersyukurnya saya. pas bagian ini. Majalah Porno. survey yang telah dilakukan pembicara. Jaringan TV Kabel. PFC.. (Nyambung dengan artikel pak Gendi. 2. nilai2. yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. control diri.. Kelalaian kita sebagai ortu: Orang Tua Kurang: 1. Yang mengasuh anak: IBU!! Ayah mencari Nafkah. Perfilman... hati2!! WATCH OUT!!!! APA TUJUANNYA? APA YANG MEREKA INGINKAN TERHADAP ANAK-ANAK KITA 1.. anak dan remaja kita memiliki MENTAL MODEL PORNO = perpustakaan porno. tapi oleh Pornografi/SEX: 5 bagian otak yang rusak! 5. Where’s All The Father Gone?Kemana Para Ayah?. salah satu judul games.. Didalam otak ada bagian yang disebut PRE FRONTAL CORTEX (PFC).. Sekali anak mencoba “kenikmatan” semu-->Dopamin ( ket: suatu hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus) diproduksi --> Anak merasa senang--> Kemudian timbul rasa bersalah.Sasaran tembak utama: Anak2 kita yg belum baligh.. konsekuensi. bertanggung jawab untuk: perencanaan masa depan.. 1. Mempunyai waktu dengan anak. dvd yang masuk dalam kategori “BaHAYA” adalah NAR***. Makna hubungan. PFC--> Matang diusia 25 thn..

taat kepadaNYA dari kecil. Games. Mengajarkan agama & penerapannya? ---> Eksport! Merasa cukup menyekolahkan anak2 di sekolah berbasis agama. tapi nol besar dengan pengetahuan mengenai perangkat yg dibelikan buat anak-anaknya. 3. anaknya maen ke mall hanya memakai rok mini/tanktop? Anak disuruh les ngaji? Ortunya ngaji aja ga bisa!!!! dsb. Target pengasuhan: UMUM. kurang teguh pada prinsip---> hanyut dalam TREND. keluarga & masyarakat. Televisi ---> Yakin.gimana mo ngawasin anak? Note dr pembicara: Jadi orangtua.. Ajarkan bahwa. dimanapun dia berada.. diri sendiri.. diam di rumah didepan Komputer. Hadirkan Allah/Tuhan didalam diri anak.. pengakuan dan Pujian Jangan jadikan anak anda. Anak anda AMAN???? 6...dsbb...Generasi ORTU PINGSAN!! Yang penting anak sekolah.2. Note dr pembicara: Orang Tua sekarang adalah Generasi ORTU yang ABAI. Berkomunikasi yang baik dan benar : tidak memahami perasaan anak & remaja. Anak buru2 dibelikan---> malu dibilang ga trendy? Malu anak punyanya HP jadul yg cuma bisa sms/telp?--> dibelikan BB palg mutakhir. Tanggap Teknologi & Gagap Teknologi (Gaptek) Ortu bisanya memfasilitasi. tanpa penjelasan dan tanpa persyaratan. Menyuruh anak sholat tepat waktu. Temen anak di sekolah pada punya IPOD. Bikin malu keluarga! Bapak / Ibu malu!!!---> Salah Besar. Mempunyai MODEL yang baik dan benar KOMIK • Cek bacaan anak • Baca dulu sebelum membeli • Secara Berkala periksa meja belajar/lemari/kolong tempat tidur . 5. ortu? Bolong2 sholatnya? Ortu berbaju tertutup. 4. Ajarkan untuk selalu ingat Allah. Memberikan fasilitas pada anak harus dengan landasan dan persyaratan agama yang jelas 6. Libatkan kedua-belah pihak. Allah tau apa yang dia perbuat! 2. tidak tahu akibat negatifnya. Penerapan? NOL BESAR!!!.. Mandiri & Bertanggung jawab kepada ALLAH. Notes: JANGAN SAMPAI KETAHUAN ANAK!! • Kenalkan anak pada berbagai jenis bacaan • Diskusikan bacaan dengan anak GAMES . Anak disuruh les ngaji/agama. Hindari: Jangan sampai kamu hamil ya. Jangan jadi ortu yang abai bin pin 3. Buktinya: baca sms alay aja ga bisa!. TIPS Membuat Anak Tangguh di Era Digital: 1. anak yang BLASTED! Boringg --> Lazzy --> Stressed!! 4. HP. Perbaiki pola pengasuhan/parenting. harus "GAUL" dan PINTER !!! siapa biang jadi orangtua itu gampang? 5. Memberikan anak perangkat teknologi.les. Validasi anak : penerimaan...

GTA: San Andreas mendapatkan kecaman keras dari banyak kalangan dunia seperti Jack Thompson dan Hillary Clinton. GUNAKAN 2 TELINGA lebih sering daripada satu MULUT 2. Meningkatkan diri dengan berbagai macam pengetahuan (Seminar. Perbanyak mendengarkan perasaan. karena keduanya terinspirasi setelah memainkan GTA:III. Pada tanggal 20 Oktober 2003. Orang tua harus TTS = TEGAS. . cek situs apa saja yang telah dibuka anak di computer IKHTIAR TERAKHIR 1. TEGAR.mbrebes mili. Notes: Marak video game kekerasan yang menampilkan secara gamblang adegan seksual di tengahtengah video gamenya seperti GTA: San Andreas dan Mass Effect. jika melanggar • Dampingi anak dalam membeli games dan cek selalu rating Games dalam kemasan games. TV • Atur jam menonton TV o No TV dibawah 2 thun o 5-7 tahun paling lama menonton TV: 2 jam/hari • Kenalkan dan diskusikan ttg program TV yang baik dan buruk • Perhatikan jarak menonton INTERNET • Perhatikan letak computer : tidak menghadap dinding • Lakukan filterisasi terhadap situs porno (pasang alat pemblokir situs porno) • Buat Kesepakatan tentang waktu bermain internet • Secara berkala. sedangkan Kimberley mengalami luka parah. William dan Josh Buckner. Aaron Hamel dan Kimberly Bede menjadi korban penembakan yang dilakukan oleh 2 remaja. Betapa saya merinding hebat dan pengen segera pulang memeluk anak-anak saya. pelatihan. beberapa kali. Gta IV dsb. buku parenting dan agama) 4. saya menitik-kan airmata . SABAR 3. Setelah semua upaya ---> DOA Jujur. sehingga memaksa produsennya mengganti rating ESRBnya menjadi AO (awalnya M (Mature)). Hal ini mengakibatkan profitnya turun hingga $28. pas pada saat mengikuti seminar tsb. Banyak video games ber-rating AO (Adult Only) atau M (mature) yang dibajak dengan rating ESRB (Entertainment Software Rating Board. layar tidak terlalu terang • Pilihkan meja & kursi yang ergonomis • Buat kesepakatan dengan anak tentang: o Berapa dalam seminggu o Kapan waktu yang tepat o Games apa yg boleh dimainkan o Sanksi apa yang diberlakukan .. Akibat kejadian tersebut Aaron meninggal dunia. Mass Effect. sebuah lembaga pemberi rating untuk games hiburan) diubah menjadi Teen. seperti GTA San Andreas.• Perhatikan letak computer/media video games di rumah • Perhatikan jarak antara mata anak/ruang cukup pencahayaan .8 juta.

Semoga saya bukan salah satu orangtua yg pingsan ituu...aminn. menjadi anak2 yang sholeh dan selalu dilindungi oleh Yang Maha Kuasa Amin.Ya robbal alamin.. Mohon maaf jika kurang berkenan. ... Semoga anak2 saya (kita).....

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful