P. 1
Pengertian Masa Nifas

Pengertian Masa Nifas

|Views: 29|Likes:

More info:

Published by: Alfred Alfanitha Ohman on Sep 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2013

pdf

text

original

Pengertian Masa Nifas » Masa nifas atau masa puerperium adlah masa setelah partus selesai dan berakhir

setelah kirakira 6 minggu (Kapita Selektas Kedokteran Jilid I : 336) » Masa nifas (puerperium) adalah masa pulih kembali, mulai dari persalinan selesai sampai alatalat kandungan kembali seperti pra hamil (Sinopsis Obstetri Jilid I : 115) » Puerperium adalah masa setelah melahirkan bayi (perawatan kebidanan Jilid 3 : 105) » Nifas (puerperium) periode waktu atau masa dimana organ reproduksi kembali kepada keadaan tidak hamil, masa ini membutuhkan wkatu sekitar 6 minggu. (Perawatan Maternitas Edisi 2 : 225) » Masa Nifas (puerperium) yaitu dimulainya setelah placenta lahir dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Masa nifas berlangsung selama kira-kira 6 minggu (YBS-PS : 122) » Puerperium adalah masa sesudah persalinan yang diperlukan untuk pulihnya kembali alat kandungan yang lainnya 4 minggu (Bagian dagin FK UNPAD, 1993, hal : 315) » Kala Puerperium berlangsung selama 6 minggu atau 42 hari, merupakan waktu yang diperlukan untuk pulihnya alat kandungan dalam keadaan yang normal. (Manuaba, 1998 : 190) » Nifas adalah masa sesudah persalinan yang diperlukan untuk pulihnya kembali alat-alat kandungan yang lamanya 6 minggu. (Sulaiman, 1983) » Masa nifas adalah masa pulih kembali, mulai dari persalinan selesai sampai alat-alat kandungan kembali seperti pra hamil. Lama masa nifas ini sekitar 6-8 minggu (Mochtar, Rustam, 1998) Periode Nifas

1. Dalam agama Islam. Involusi Tinggi Fundus Uteri Berat Uterus Bayi lahir setinggu pusat 1000 gram Uri lahir 2 jari dibawah pusat 750 gram 1 minggu pertengahan pusat simpisis 500 gram 2 minggu fundus teraba diatas simpisis 350 gram 6 minggu bertambah kecil 50 gram 8 minggu sebesar normal 30 gram . Fisiologi Nifas Yang dimaksud fisiologi nifas adalah hal-hal yang terjadi dan bersifat karakteristik dalam masa nifas artinya memberi ciri masa nifas ini adalah perubahan-perubahan yang dianggap normal dan harus terjadi untuk memenuhi sebagian dari fungsi mas nifas. Puerperium intermedial yaitu kepulihan menyeluruh alat-alat genetalia yang lamanya 6-8 minggu 3. Perubahan-perubahan yang normal dan harus terjadi adalah : 1. Remote Puerperium adalah waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna terutama bila selama hamil / waktu persalinan ada komplikasi. dianggap telah bersih dan boleh bekerja setelah 40 hari 2. Puerperium dini yaitu kepulihan dimana ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan-jalan. bulanan atau tahunan. yaitu mengembalikan keadaan seperti sebelum masa hamil. Adanya Lactasi 1). Waktu untuk sehat sempurna bisa berminggu-minggu. Involusi Involusi adalah perubahan yang merupakan proses kembalinya alat kandungan atau uterus dan jalan kelahiran setelah bayi dilahirkan mencapai keadaan seperti sebelum hamil. Adanya Infolusi 2. Adanya Lochea 3.

Dinding vagina yang tegang akan kembali seperti sebelumnya. 2). Otot-otot dinding perut akan berinvolusi pada 6-7 minggu pasca persalinan. Kira-kira setelah 3 minggu. Lochea Rubra . Segera setelah melahirkan. luka pada vagina dan servic yang tidak luas akan sembuh primer. serta fasia yang menegang sewaktu kehamilan dan partus berangsur-angsur kembali seperti semula. tangan pemeriksa masih dapat dimasukkan kedalam cavum uteri. b.Berlangsung 2 hari pasca persalinan . Ligamen-ligamen Ligamen. Servic Servic agak terbuka seperti corong pada pasca persalinan dan konstipasi lunak. Yang dimaksud dengan lochea adalah cairan yang dikeluarkan dari uterus melalui vagina dalam masa nifas. Regenerasi endometrium terjadi dari sisa-sisa desidua basalis yang memakan waktu 2-3 minggu. Lochea dibagi dalam beberapa jenis a. Luka jalan lahir Luka jalan lahir seperti episiotomi yang telah di jahit. Perubahan pada Endometrium Pada hari pertama Endometrium yang kira-kira setebal 2-5 mm itu mempunyai permukaan yang kasar akibat pelepasan desidua dan selaput janin. Setelah 1 minggu hanya dapat dimasukkan 1 jari. Lochea Lochea adalah suatu istilah berasal dari bahasa Yunani lochea yang artinya kelahiran anak.a. c. Setelah 3 hari permukaan endometrium mulai teraba akibat lepasnya sel-sel dari bagian yang mengalami degenerasi. diafragma pelvis. Legamentum Rofundum dapat mengendor sehingga pada hari ke-2 pasca persalinan harus dilakukan latihan senam. d. Sebagian besar endometrium terlepas.

Cairan darah putih 3). makanan yang bersifat alamiah. meconium b. . ibunya.Keluar cairan susu jolong dan ductus lactiferous disebut colostrum berwarna kuning / putih susu. bagi tiap ibu yang melahirkan bayi akan tersedia makanan bagi bayinya dari ia sendiri. merasa tentram. aman.Hari ke 5-7 pasca persalinan .Cairan agak kuning d. Makanan yang terbaik bagi bayi. . akan kasih syang.Hari ke 7-14 pasca persalinan . dimana vena-vena berdilatasi sehingga tampak jelas. Untuk menghadapi masa laktasi (menyusui) sejak dini kehamilan setelah terjadi perubahan-perubahan pada kelenjar mammae yaitu : . Lochea Serosa .. dan bagi si anak akan lebih merasa puas dalam pelukan ibunya.Proliferasi jaringan pada kelenjar-kelanjar alvedi dan jaringan lemak bertambah .Berisi darah segar (warna merah dan hitam).Darah + lendir (berwarna merah kuning) c. Laktasi Laktasi dapat diartikan dengan pembentukan dan pengeluaran air susu ibu. hangat. sel-sel desidua. Lochea Sanguiolenta .Hipervaskularisasi pada permukaan dan bagian dalam. vernix casiosa. Bagi ibu yang menyusui akan terlalu dekat dengan anaknya. Air susu ibu ini merupakan makanan pokok bagi bayi. Lochea Alba . sisa-sisa selaput ketuban.Setelah 2 minggu pasca persalinan .

psikologi Distres waktu persalinan segera di stabilkan dengan sikap badan atau keluarga yang menunjukan .hisapan bayi pada putting susu memacu atau merangsang kelenjar hipofise anterior untuk mempruduksi atau melepaskan proklatin sehingga terjadi sekreksi ASI Hal-hal yang mempengaruhi pembentukan dan pengeluarkan ASI -Faktor antomi payudara -Faktor fisilogis nutrisi ibu -Faktor istirahat -Faktor isapan bayi -Obat-obatan -Psikologi 4.2.LokheaRubra Lokhea ini berwarna merah segar seperti darah haid karena banyak mengandung darah segar dan sisa-sisa selaput ketuban . b.lanugo meconium.penggeluarannya pada hari ke 3-7 hari post partum c.makanan bergizi.fisik Istirahat. Kebutuhan masa nifas a.sel-sel decidua.Lokhea serosa Lekhea ini berwarnah kuning kecoklatan atau serum.vernix caseosa.udara segar.fisiologi laktasi itu sendiri adalah pada saat persalinan hormone estrogen dan progesteronmenurun sedangkan prolaktin meningkat.pengeluarnnya pada hari 7-14 post Partum.lingkungan yang bersih b.lokhea sanguinolenta Lokhea ini berwarna merah kuning berisi darah dan lendir karena pengaruh plasma darah.Lokhea Lokhea adalah sekret luka yang berasal dari luka dalam rahim terutama luka plasenta dan keluar melalui fagina . 3.pengeluarannya segera setelah persalinan sampai 2hari post partum jumlah makin sedikit.Lokhea di bedakan sesuai tingkat penyembuhan luka yaitu: a. d Lokhea Alba berupacairan putih kekuningan pengeluran Setelah 2 minggu hari port partum kadang-kadang Bila lokhea tetap berwarna merah setelah2 minggu post partum kemungkinantertinggal sisa plasenta atau selaput amnion.Laktasi laktasi adalah proses pembentukan dan pengeluaran ASI. Masalah-masalah pada masa nifas -Suhu badan -Rasa nyeri -urine -Darah -penurunan berat badan -Defekasi 5.

perhatian ibu terhadap kebutuhan dirinya.jalan.Social -Menemani ibu bila kelihatan kesepian -Ikut menyayangi anaknya -menangapi bila memperhatikan kebahagiaan -Menghibur bila terlihat sedih d.Tubuh ibu telah sembuh. 2.timbul kurang percaya diri sehingga mudah mengatakan tidak mampu melakukan perawatan.Kegiatan seksualnya telah dilakukan kembali . Fase letting Go atau saling ketergantungan dimulai sekarang minggu ke 5-6 pasca kelahiran.Pada saat ini sangat dibutuhkan sistem pendukung terutama bagi bagi ibu muda atau primipara karena pada phase ini seiring dengan terjadinya post partum blues.menghargai.Phase taking in atau tahap tergantungan Terjadi pada hari 1-2 post partum.melakukan aktefitas duduk.pasif dan tergantung.sebagai mana adanya. Phase Taking Hold Phase ini berlangsung sampai kira-kira 10 hari.mengakui.Dalam phase ini yang diperlukan ibu adalah informasi tentang bayinya.Psikososial 1. c.secara fisik ibu mampun menerima tanggung jawab normaldan tidak lagi menerima peran sakit.misalnya kelancaran miksi dan defikasi.Ibu tidak menginginkan kontak dengan bayinya bukan berarti tidak memperhatikan.belajar tentang perawatan diri dan bayinya.Ibu berusaha mandiri dan berinisiatif.simpati.perhatian terhadap dirinya mengatasi tubuhnya. 3.bukan cara merawat bayi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->