74/PW.105/MPPT-85 Tentang Peraturan Usaha Pondok Wisata perlu disesuaikan dengan keadaan saat ini bahwa perekonomian rakyat harus diperluas dan dikembangkan ke arah paradigma baru yaitu bagaimana mengembangkan usaha kecil serta masyarakata setempat .KEPMEN PARPOSTEL NO : KM.

  Sebagai acuan berwirausaha bagi masyarakat serta pemberian gambaran dan pemahaman mengenai usaha pondok wisata (homestay) Membuka peluang kepada masyarakat lokal untuk meningkatkan taraf hidup mereka dalam pengembangan pariwisata .

Meningkatkan kualitas pelayanan usaha pondok wisata 2. Berkembangnya usahausaha pondok wisata 3.Sasaran yang diharapkan dengan adanya pembinaan ini adalah : 1. . pelayanan dan lingkungan. tata cara pengelolaan. baik fisik. Terwujudnya pengelolaan pondok wisata yang memenuhi kelayakan hunian yang memadai bagi tamunya / wisatawan.

baik secara perorangan maupun secara berkelompok.Home Stay adalah RUMAH TINGGAL yang dijadikan tempat menginap/disewakan oleh pemilik asli rumah tersebut. Artinya. baik dalam lingkup keluarga ataupun komunitas dimana keluarga itu tinggal. Penyewa dan pemilik rumah TINGGAL BERSAMA dalam satu atap. . baik sebagian maupun keseluruhan waktu. TINGGAL BERSAMA adalah : Penyewa/pelancong/wisatawan yang tinggal dirumah tersebut ikut berinteraksi dalam keseharian pemilik rumah.

.

.

.

.

Pembangunan homestay BERTUJUAN : mengembangkan pendapatan masyarakat setempat dengan tetap menerapkan batasan-batasan dari konsep pengembangan wisata • Homestay merupakan salah satu sarana akomodasi di daerah tujuan wisata yang bernuansakan . -kedaerahan (tradisional) -unsur sapta pesona • .

Ditinjau dari strategi operasionalnya. Karena dengan adanya aktifitas-aktifitas masyarakat menjadikan wisatawan dapat merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. . pembangunan sarana akomodasi HOMESTAY merupakan cara yang dapat meningkatkan jumlah serta lama kunjungan wisatawan yang datang. sehingga bagi wisatawan penyuka kegiatan seperti ini dapat mendapatakan pengalaman yang sangat luar biasa.

 .Kemudian Homestay yang dikelola dengan profesional akan menjadi nilai tambah tersendiri yang bisa memberikan dampak positif pada pelaksaan pemasaran wisata untuk daerah wisata tersebut  Turut mengembangkan pendapatan masyarakat setempat dengan tetap menerapkan batasan-batasan dari konsep pengembangan wisata.

Dalam sosialisasi Homestay kepada masyarakat setempat. yang terpenting selain PELAYANAN YANG BAIK 1. Pentingnya menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan tempat tinggal 2. Memiliki pengaturan yang baik didalam pengelolaan keuangan agar dapat tercapainya perolehan keuntungan melalui homestay .

sehat dan produktif .Pola pembangunan homestay harus dapat menjadi rumah contoh untuk masyarakat setempat. dalam mengelola rumah yang bersih.

Syarat-syarat rumah warga yang akan dijadikan homestay . Setiap kamar yang disewakan harus dilengkapi kamar mandi/WC di dalamnya . 1.

bersih. Kondisi rumah yang asri. Sebagian pemiliknya (paling tidak) dapat menggunakan bahasa asing serta memiliki keramah tamahan dan kesopanan. tidak adanya polusi suara/tidak ribut. .2.