P. 1
Pedoman PKL

Pedoman PKL

|Views: 959|Likes:

More info:

Published by: Benny Wahyuadi Siradj on Sep 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/13/2013

pdf

text

original

PEDOMAN PELAKSANAAN PKL MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAMULANG

Program Studi Jurusan

: Strata I (S1) : Teknik Industri

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAMULANG TAHUN 2011/2012

Kampus:
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan Telp. 021-7412566

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat allah subhanahu wataala atas rahmat, hidayah dan petunjukNya serta kesehatan yang diberikan, sehingga dapat terselesaikan buku pedoman pelaksanaan dan penulisan laporan praktek kerja lapangan (PKL). Selama ini masih ada mahasiswa prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pamulang, mengalami kesulitan-kesulitan dalam penulisan laporan praktek kerja lapangan. Laporan PKL merupakan suatu bentuk penelitian yang dilakukan secara mandiri serta untuk persyaratan dalam mengajukan proposal judul skripsi. Pentingnya pembuatan laporan Praktek Kerja Lapangan bagi para mahasiswa, maka merasa perlu untuk disusun sebuah buku pedoman penyusunan dan penulisannya, agar para mahasiswa lebih mudah di dalam pembuatan laporan PKL. Dengan adanya buku pedoman penyusunan dan penulisan PKL, diharapkan mahasiswa dan dosen pembimbing dapat melakukan suatu hubungan (interaksi) agar menghasilkan suatu laporan penelitian atau karya ilmiah yang lebih baik dan berbobot dengan sistematika penyusunan dan penulisan yang sesuai dengan kaedah-kaedah karya ilmiah. Pedoman penyusunan dan penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan ini berisikan sistematika dan penjelasan mengenai ruang lingkup dari persyaratan PKL, format skripsi dan PKL, pengajuan proposal skripsi, seminar hasil dan ujian komprehensive, masalah penelitian, dosen pembimbing dan tata cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Buku pedoman penyusunan dan penulisan laporan PKL ini, diharapkan akan dapat lebih mempercepat bagi para mahasiswa dalam penyelesaian penulisan dan laporan PKL nya.

Pamulang, Agustus 2012 Jurusan Teknik Industri

Ketua,

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

1

DAFTAR

ISI

KATA PENGANTAR DAFTAR ISI I. PETUNJUK UMUM A. Pengertian PKL B. Tujuan PKL C. Ruang Lingkup D. Persyaratan Mengikuti PKL E. Laporan PKL F. Teknik Penulisan PKL II. PETUNJUK TEKNIS A. Pelaksanaan PKL B. Laporan PKL III. PETUNJUK PENULISAN PKL A. Bahan dan Ukuran Kertas B. Aturan Pengetikan C. Awal Kalimat D. Judul BAB E. Rincian ke Bawah F. Penomoran Halaman G. Tabel dan Gambar H. Penggunaan Bahasa I. Pengutipan Literatur J. Daftar Pustaka K. Jumlah Halaman LAMPIRAN 1. Tata Tertib Peserta Mahasiswa PKL 2. Flowchart sistematika PKL.

Halaman 1 2 3 3 3 3 3 4 4 8 8 8 9 9 9 9 10 10 10 10 11 12 12 13 15

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

2

I. PETUNJUK UMUM. A. Pengertian. Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan mandiri yang berupa observasi dan orientasi yang dilakukan oleh seorang mahasiswa pada suatu perusahaan atau instansi, baik milik pemerintah atau swasta yang mempunyai beban sebesar 2 SKS. Dalam pelaksanaan PKL seorang mahasiwa terikat kepada peraturan dan hukum yang dikeluarkan oleh negara, perusahaan atau instansi dan peraturan mengenai tata tertib selama pelaksanaan PKL yang dikeluarkan oleh prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pamulang. B. Tujuan PKL. Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan adalah agar para mahasiswa : 1. Belajar mempersiapkan diri turun ke masyarakat dengan bekal ilmu yang sudah didapat dan mampu membandingkan antara ilmu yang didapat selama dibangku perkuliahan dengan kenyataan yang ada di masyarakat. 2. Mampu menganalisa dan memahami permasalahan dalam sistem yang lebih kompleks dan luas. 3. Belajar sedapat mungkin dan sebanyak mungkin untuk menerapkan ilmu yang telah didapat dan dikuasai selama dalam masa perkuliahan. C. Ruang Lingkup PKL. Ruang lingkup dari pelaksanaan PKL atau sasaran yang akan dicapai oleh mahasiswa adalah untuk mendapatkan pengalaman belajar diluar perkuliahan melalui pengamatan dan analisis pada bidang-bidanag antara lain yaitu : 1. Ergonomi 2. Teknik Manufaktur 3. Analis Sistem Industri 4. Pengendalian Kualitas 5. Lean Six Sigma, dll. D. Persyaratan Mengikuti PKL. 1. Mahasiswa yang berhak mengikuti PKL adalah mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa FT - Unpam, yang telah menyelesaikan mata kuliah minimal 119 SKS dengan IPK minimal 2,00 (ditunjukkan dengan bukti SPP dan KHS). 2. PKL dapat dilaksanakan pada perusahaan atau instansi, milik pemerintah dan swasta, yang dapat dipilih sendiri oleh mahasiswa (dibuktikan dengan surat kesediaan dari perusahaan/instyansi yang bersangkutan) dengan persetujuan Ketua Program Studi. 3. PKL dilaksanakan selama lebih kurang 45 hari kerja (dibuktikan dengan absensi selama PKL) pada Semester Genap. 4. Dalam satu perusahaan/instansi dapat terdiri dari 1 sampai dengan 5 orang mahasiswa yang melaksanakan PKL.
Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

3

5. Mahasiswa yang melaksanakan PKL, berhak memperoleh dosen pembimbing PKL yang ditetapkan oleh Ketua Jurusan. 6. Mahasiswa yang melaksanakan PKL diharuskan membayar dana PKL (besarnya dana PKL ditetapkan oleh Bagian Akademis). E. Laporan PKL. Mahasiswa prodi Teknik Industri FT – Unpam Tangsel, yang telah selesai melaksanakan Praktek Kerja Lapangan diharuskan: 1. Setiap mahasiswa untuk membuat laporan PKL 2. Laporan PKL sesuai dengan kaedah-kaedah yang berlaku di dalam penulisan suatu karya ilmiah. 3. Laporan PKL dibuat sebanyak 2 (dua) rangkap dengan warna cover atau warna kulit biru muda. 4. Bentuk atau format laporan PKL (bentuk tulisan dan sistematikanya) harus sama dengan bentuk atau format yang dikeluarkan oleh Jurusan Teknik Informatika. 5. Laporan PKL diserahkan kepada dosen pembimbing selambat-lambatnya 1 (satu) minggu setelah berakhirnya PKL. 6. Minimal laporan PKL sebanyak 20 (dua puluh) halaman, tidak termasuk cover, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan lampiran. F. Teknik Penulisan PKL 1. Huruf Times New Roman, size 12 , spasi 1,2 antar baris kecuali cover /lembar pengesahan (lihat contoh formatnya). 2. Untuk cover Verdana, size dan spasi menyesuaikan (lihat contoh cover) 3. Penulisan istilah/kata asing dicetak miring (italic) 4. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 5. Judul dan Sub Judul dicetak tebal (untuk judul size 14, sub judul size 12) 6. Kertas HVS 80 gram ukuran kuarto (standar) 7. Batas penulisan. a. Margin atas : 4 cm Margin kiri : 4 cm b. Margin kanan : 3 cm Margin bawah : 3 cm 8. Nomor halaman diketik di Tengah Bawah pada halaman setiap judul BAB dan halaman selanjutnya dicetak pada Kanan Atas. 9. Untuk Gambar, diketik ditengah bawah gambar dan dicetak tebal 10. Untuk Tabel, diketik disebelah kiri atas tabel dan dicetak tebal 11. Penomoran Gambar/Tabel adalah menurut nomor BAB yang diikuti oleh urutan gambar/tabel tersebut pada bab yang bersangkutan. Contoh : Gambar 2.1: Struktur Organisasi Perusahaan, yang artinya gambar ke 1 pada BAB 2. 12. Penomoran BAB, dengan huruf Romawi, dicetak tengah, capital dan tebal.

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

4

Contoh format sistematika laporan PKL

Cover judul laporan PKL (lihat contoh) Lembar pengesahan PKL (lihat contoh) Kata pengantar Daftar isi Daftar tabel (jika ada) Daftar gambar (jika ada) BAB I. DESKRIPSI PERUSAHAAN/INSTANSI 1.1. Tinjauan umum Perusahaan/Instansi 1.2. Struktur Organisasi 1.3. Kegiatan perusahaan/instansi BAB II. PEMBAHASAN DAN HASIL 2.1. Sistem Industri yang ada 2.2. Data –data /fakta-fakta 2.3. Proses Industri (value stream) 2.4. Analisa Sistem Produksi (berdasarkan sistem industri yang ada) 2.5. Analisa SWOT (Strong, Weakness, Oppurtunities, Thread) 2.6. Rekayasa Manajemen Industri (Output, Input, Database, Interface) BAB III. PENUTUP 3.1. Kesimpulan 3.2. Saran LAMPIRAN a. Daftar Absensi (tanggal, nama pimpinan dan cap asli) b. Daftar Penilaian (tanggal, nama pimpinan dan cap asli)

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

5

Contoh format cover judul laporan PKL

LAPORAN

(size 18 bold)

PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) MAHASISWA FT - UNPAM (size 16)

Program Studi Jurusan

: Strata-1 (S-1) : Teknik Industri (size 14)

NAMA NIM

: ZAHRA ALI : 0610031802001 (size 12)

UNIVERSITAS PAMULANG FAKULTAS TEKNIK (size 10/14 bold) PRODI TEKNIK INDUSTRI (size 11 bold)

TAHUN 2012

(size 14 bold)

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

6

Contoh format lembar pengesahan laporan PKL

Laporan Praktek Kerja Lapangan (size 16 bold)
PENERAPAN PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK PADA PEMBUATAN SEPATU DI PERUSAHAAN SEPATU SAVAAT MALANG (size 14)

Disusun Oleh : (size 12)

NAMA NIM

: ZAHRA ALI : 0610031802001 (size 12)

Disahkan Oleh : (size 12)

Pembimbing Prodi Teknik Industri

Pembimbing/Pengawas Perusahaan/Instansi

(Karpen, M.T. )

( Dr. Ir. Putri Dewi, MSIE ) (size 12)

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

7

II. PETUNJUK TEKNIS A. Pelaksanaan PKL. 1. Pelaksanaan PKL mahasiswa prodi Teknik Industri FT – Unpam Tangsel, dilaksanakan pada bulan Juli s/d Agustus setiap tahunnya, setelah Ujian Akhir Semester Genap. 2. Sebelum melaksanakan PKL, seluruh mahasiswa akan diberi pengarahan oleh Ketua/Pembantu Ketua/Ketua Jurusan. 3. Mahasiswa yang kurang mampu minimal dibidang aplikasi (Ms. Office), dapat diadakan pelatihan terlebih dahulu (dengan persetujuan Ketua/Pembantu Ketua). Jadwal pelatihan akan disesuaikan, 4. Setiap mahasiswa akan diantarkan ketempat PKL oleh dosen pembimbing atau staf Akademis (bila memungkinkan) 5. Setiap mahasiwa peserta PKL akan mendapatkan : 1. Bed Nama 2. Buku kegiatan dan absensi selama PKL 3. Format penulisan laporan PKL dan skripsi 4. Sertifikat PKL (bias dari tempat PKL/Akademis jika memungkinkan) 6. Keberangkatan ketempat PKL, dapat ditanyakan langsung kepada Dosen pembimbing atau staf akademis yang telah ditunjuk. 7. Jika mengalami kesulitan selama PKL, dapat langsung menghubungi dosen/staf akademis yang mengantar ketempat PKL (yang masih berhubungan dengan kegiatan PKL) 8. Mahasiswa yang melaksanakan PKL, diharuskan memakai pakaian hitam putih (disarankan memakai jaket almamater FT-Unpam Tangsel) 9. Jadwal jam masuk dan jam keluar kegiatan PKL, disesuaikan dengan tempat dimana PKL diadakan 10. Mahasiswa yang telah selesai PKL, dapat dijemput kembali oleh dosen pembimbing/staf akademis yang mengantar sebelumnya (dapat digantikan oleh dosen/staf yang lainnya), bila memungkinkan. 11. Selama kegiatan PKL berlangsung, seluruh biaya ditanggung oleh mahasiswa peserta PKL.

B. Laporan PKL. 1. Laporan harus dibuat sesuai dengan buku pedoman penyusunan dan penulisan PKL yang dikeluarkan oleh prodi Teknik Industri FT – Unpam Tangsel. 2. Mengenai isi laporan PKL, dapat dikoordinasikan dengan dosen pembimbing/staf akademis yang mengantar atau yang telah ditunjuk. 3. Laporan PKL dipertanggung jawabkan kepada Instansi/tempat PKL dan dosen pembimbing. 4. Laporan harus dibuat oleh setiap mahasiswa (meskipun dalam instansi/kantor dan bagian yang sama) 5. Laporan PKL yang telah di-acc atau disetujui oleh dosen pembimbing untuk dapat dilakukan penjilidan
Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

8

6. laporan PKL yang sudah dijilid, dikumpulkan kepada Pembimbing yang telah ditunjuk atau Ketua prodi Teknik Industri FT – Unpam Tangsel. 7. Jika memungkinkan laporan PKL akan diseminarkan (jadwal akan ditentukan kemudian). III. PETUNJUK PENUSUNAN PENULISAN PKL A. Bahan dan Ukuran Kertas 1. Laporan PKL, Proposal, Seminar Hasil dan Tugas Akhir diketik di atas kertas kwarto ukuran 21,59 cm x 29,74 cm dengan berat 80 gram 2. Tidak boleh diketik secara timbal-balik 3. Batas pengetikan yaitu : a. Batas atas (top) = 4 cm b. Batas kiri (left) = 4 cm c. Batas bawah (bottom) = 3 cm d. Batas kanan (right) = 3 cm B. Aturan Pengetikan 1. Penulisan skripsi, Proposal, Seminar hasil dan laporan PKL diketik dengan menggunakan font Times New Roman dengan size 12. 2. Untuk pengetikan Cover dan lembar pengesahan, dan lainnya ukurannya dapat dilihat pada sudut kanan (lihat contoh formatnya). 3. Jarak pengetikan antara dua baris, dibuat 2 (dua) spasi (double). 4. Abstrak, tabel, gambar, symbol, daftar isi diketik dengan jarak 1 (satu) spasi (single). 5. Penggunaan rumus-rumus, diketik dengan jarak spasi sesuai kebutuhan. 6. Alinea baru, dibuat dalam 7 ketukan atau dengan 1 x Tab. 7. Ruangan naskah pengetikan harus diisi secara penuh, artinya dimulai dari batas tepi kiri sampai dengan batas tepi kanan dan batas tepi kiri atas sampai dengan batas kanan bawah. 8. Bilangan harus diketik dengan angka, misalnya 10 kg (kecuali pada awal kalimat) 9. Bilangan desimal yang digunakan harus diatndai dengan koma, bukan dengan titik misalnya 10,5 kg 10. Untuk penggunaan satuan yang akan dipakai di dalam penulisan, harus menggunakan satuan internasional (SI) dan dinyatakan dengan singkatan resmi tanpa titik dibelakangnya, misalnya m, gr, kg, cm, mm, m dan seterusnya. C. Awal Kalimat 1. Kata sambung seperti, dan, tetapi atau yang lainnya tidak boleh dijadikan sebagai awal kalimat. 2. Bilangan, lambang atau rumus, yang dijadikan sebagai awal kalimat penulisannya harus dieja, misalnya dua puluh tahun berikutnya (bukan ditulis 20 tahun berikutnya).

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

9

D. Judul bab, Sub judul, Sub-sub judul dan lainnya 1. Judul bab harus diketik dengan huruf besar semua, diketik tebal, terletak ditengah, diberi nomor huruf romawi dan diakhiri dengan tanda titik dengan size 14. 2. Sub judul ditulis mulai dari tepi kiri, semua kata diawali dengan huruf besar (kecuali kata penghubung, kata depan). Diketik tebal, tanpa diakhiri dengan tanda titik. Kalimat pertama sesudah sub judul dimulai dengan alinea/paragraph baru (7 spasi atau 1 x tab). 3. Sub-sub judul diketik mulai dari batas tepi kiri, diketik tebal, kata pertama diawali dengan huruf besar, tanpa diakhiri dengan titik. Kalimat pertama sesudah sub-sub judul dimulai dengan alinea/paragraf baru. E. Rincian ke Bawah 1. Jika pada naskah pengetikan laporan PKL, Proposal, Seminar Hasil dan ujian comprehensive/skripsi ada rincian (urutan yang disusun ke bawah), dapat menggunakan angka atau huruf sesuai dengan derajat rinciannya. 2. Penggunaan tanda -, *, +, , , , , , ,  atau simbol yang semacamnya, tidak dibolehkan. F. Penomoran Halaman 1. Abstrak, halaman persembahan/motto, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar diberi nomor halaman dengan angka Romawi kecil, misalnya i, ii, iii dan seterusnya yang berada halaman tengah bawah. 2. Mulai dari halaman awal bab sampai halaman terakhir, termasuk lampiran diberi nomor halaman dengan angka Arab, misalnya 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. 3. Setiap halaman dari judul bab, nomor halaman berada ditengah bawah, selanjutnya berada dipojok kanan atas.

G. Tabel dan Gambar G.1. Tabel 1. Tabel diberi nomor urut Arab, misalnya Tabel 1, Tabel 2 dan seterusnya. 2. Tabel yang dibuat harus berada ditengah halaman 3. Penulisan judul tabel dimulai dimulai dari kiri atas tabel, tanpa diakhiri dengan titik 4. Setiap kata dari judul tabel ditulis dengan huruf besar (capital). 5. Tabel tidak boleh dipenggal, kecuali kalau tidak mungkin diketik dalam satu halaman. Pada halaman lanjutan tabel dicantumklan nomor tabel dan ditulis kata “lanjutan” tanpa judul. 6. Kalau tabel dibuat memanjang, maka bagian atas tabel (judul tabel) harus diletakkan disebelah kiri dan nomor halaman tetap. 7. Tabel yang lebih dari 2 (dua) halaman atau yang harus dilipat, ditempatkan pada lampiran.

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

10

8. Kutipan/sumber dari tabel ditulis dalam tanda kurung, tereletak dibawah tabel sebelah kiri dengan format (nama pengarang, judul buku, tahun terbit), dengan size 10 tebal. G.2. Gambar 1. Bagan, grafik, peta dan foto semuanya disebut dengan gambar (tanpa dibedakan) 2. Gambar diberi nomor urut Arab, misalnya Gambar 1, Gambar 2 dan seterusnya. 3. Gambar yang dibuat harus berada ditengah halaman 4. Penulisan judul gambar diletakkan di tengah bawah gambar, tanpa diakhiri dengan titik 5. Setiap kata dari judul gambar ditulis dengan huruf besar (capital). 6. Keterangan gambar dituliskan pada tempat yang kosong pada halaman yang sama (bila memungkinkan) 7. Bila gambar dibuat melebar, maka bagian atas gambar diletakkan disebelah kiri dan nomor halaman tetap. 8. Untuk gambar grafik, skala dan satuan harus dibuat dengan sejelas mungkin. 9. Kutipan/sumber dari gambar ditulis dalam tanda kurung, terletak dibawah gambar sebelah kiri dengan format (nama pengarang, judul buku, tahun terbit), dengan size 10 tebal. H. Penggunaan Bahasa dan Kalimat 1. Proposal, seminar hasil dan skripsi ditulis dalam bahasa Indonesia yang baku, sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). 2. Sedapat mungkin gunakan istilah Indonesia atau yang sudah diindonesiakan. 3. Jika terpaksa menggunakan istilah atau kata-kata asing, harus dijelaskan atau ditulis dengan tanda khusus secara konsisten (misalnya ditulis dengan miring). 4. Pemenggalan kata supaya disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar. 5. Kata hubung, misalnya ‘sehingga’, ‘sedangkan’, ‘meskipun’, ‘dan’, tidak boleh dipakai sebagai awal kalimat. 6. Awalan ‘ke’ dan ‘di’ harus dibedakan dengan kata depan ‘ke’ dan ‘di’ 7. Kata ‘dimana’ dan ‘dari’, sebagai terjemahan dari ‘where’ dan ‘of’ dalam bahasa inggris kurang tepat pemakaiannya dalam bahasa Indonesia yang baku. 8. Kalimat sedapat mungkin ditulis tanpa menggunakan kata ganti orang, misalnya kami, kita, penulis (kata penulis hanya dapat digunakan pada kata pengantar, bukan pada isi skripsi, proposal, seminar hasil dan laporan PKL).

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

11

I. Pengutipan Literatur Metode pengutipan literature atau kepustakaan sangat bervariasi, tergantung pada kebiasaan seorang penulis. Pengutipan kepustakaan pada umumnya yang dilakukan adalah melalui dua (2) cara yaitu dengan kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Pengutipan literatur yang digunakan pada penulisan skripsi dan laporan PKL pada prodi Teknik Industri FT – Unpam Tangsel adalah dengan berpedoman kepada kutipan tidak langsung sebagai berikut : L.1. Kutipan tidak langsung Kutipan tudak langsung adalah pengutipan yang berisi sari pendapat lain dari suatu sumber kepustakaan, atau setidaknya mengutip maksud dan isi suatu pernyataan dari peneliti/penulis yang lain. Nama pengarang/sumber pustaka dapat di depan atau di belakang kalimat yang dikutip diikuti tahun terbit dan nomor halaman. Kalimat kutipan dapat didahului dengan kata menurut, melaporkan, menyatakan, mengemukakan atau dilaporkan. Contoh-1. Menurut Amir Husin (2007:29) sistem informasi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam perkembangan teknologi dunia dewasa ini. Contoh-2. sistem informasi merupakan sesuatu yang sangat penting perkembangan teknologi dunia dewasa ini (Amir Husin, 2007:29)

dalam

L.2. Kutipan dari Internet. Untuk menambah referensi agar penelitian yang dilakukan maksimal, maka dianjurkan untuk mencari referensi dengan menggunakan media elektronik, misalnya dengan internet. Untuk kutipan dari internet, harus ditulis dengan lengkap. Contoh. Http://www.itb.ac.id/pemrograman/modul/struktur/kondisi.html,December,08 Http://www.ilmu teknikindustri.com/berkas/rekam.html, September, 2007

CATATAN. 1. Dalam penulisan nama pengarang yang lebih dari dua orang, hanya disebutkan nama pengarang pertama diikuti dengan dkk.. 2. Derajat kesarjanaan dan gelar lainnya tidak boleh dicantumkan dalam penulisan nama, kecuali dalam kata pengantar. J. Daftar Pustaka Sumber pengutipan tidak langsung pada bagian isi dari suatu tulisan karya ilmiah semuanya harus dicantumkan ke dalam daftar pustaka. Penyusunan nama pengarang dalam daftar pustaka lazimnya menggunakan urutan abjad dari nama
Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

12

famili pengarang, tanpa diberi nomor urut. Penamaan daftar kepustakaan atau literature inipun sangat bervariasi. Penulisan daftar pustaka untuk skripsi dan laporan PKL bagi mahasiswa prodi Teknik Industri FT – Unpam Tangsel, dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Nama pengarang/penulis disusun berdasarkan abjad. Bila dijumpai nama pengarang yang sama, maka dilakukan pengurutan berdasarkan tahun terbit. Bila keduanya sama pula, diurut berdasarkan nomor penerbit. 2. Penulisan daftar pustaka tanpa nomor urut 3. Penulisan nama pengarang/penulis, ditulis secara terbalik 4. Baris pertama ditulis mulai dari pinggir teks, dan baris berikutnya dimulai dari ketukan ke 8 (delapan) dengan jarak 1 (satu) spasi. 5. Derajat kesarjanaan dan gelar lainnya tidak boleh dicantumkan 6. Daftar pustaka ditulis dengan format nama pengarang, (tahun penerbitan: nomor halaman), judul buku, edisi, nama penerbit, kota penerbitan. 7. Setiap judul buku ditulis dengan miring (italic) 8. Nama pengarang/penulis yang lebih dari dua orang, harus ditulis semuanya. 9. Daftar pustaka yang diambil dari surat kabar, majalah popular ditambahkan dengan tanggal dan nomor penerbitan. 10. Susunan penulisan daftar pustaka, diurut berdasarkan abjad secara ascending setelah dibalik setiap nama pengarangnya. 11. jumlah judul buku yang dijadikan referensi minimal 5 buah, tidak termasuk yang diambil/down load dari internet. K. Jumlah Halaman PKL 1. Isi keseluruhan pada Laporan PKL, minimal 20 lembar tidak termasuk kata pengantar, abstrak, daftar tabel, gambar, simbol dan lampiran pelengkap.
Contoh format penulisan daftar pustaka.

Draper, N.R. and Smith, H.,(2011:102) Applied Regression Analysis, 2nd ed., John Wiley and Sons, New York. Husin, Amir .,(2007:24), Sistem Teknologi Industri moderen, Edisi I, Gramedia, Jakarta. hal 25,

Nasution, Andi Hakim., (2011:21), Penggunaan simulasi komputer dan factor – faktor lingkungan dalam pemanfaatan teknologi industri, hal 54, Andi Offset, Jokjakarta. Http://www.itb.ac.id/ti/modul/struktur/kondisi.html,December,2008 Http://www.awl.com/corp/disciplines/highered.html,Maret,2005 Http://www.pbg.mcgraw-hill.com,April,2007

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

13

Judul Buku

: BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN PKL MAHASISWA PRODI TEKNIK INDUSTRI Disiapkan Oleh : Prodi Teknik Industri FT – Unpam Tangsel Mulai Berlaku : Tahun Akademis 2011/2012 Disahkan Oleh :

Dekan Fakutas Teknik

Ir. Sewaka, M.M.

Ketua Prodi Teknik Industri

Ir. Dadang Kurnia, M.M

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

14

TATA TERTIB PESERTA PRAKTEK KERJA LAPANGAN MAHASISWA PRODI TEKNIK INDUSTRI

1. Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL)/Magang, harus mengikuti disiplin yang ditetapkan pada instansi/perusahaan tempat PKL/Magang 2. Berpenampilan yang rapi, pakai baju putih, celana hitam dan memakai sepatu serta memakai kokarde. 3. Bekerja dengan penuh tangggung jawab, hormat dan santun pada seluruh karyawan dilingkungan intansi/perusahaan tempat PKL/Magang. 4. Tidak melakukan pekerjaan yang bertentangan dengan aturan yang berlaku pada instansi/perusahaan tempat PKL/Magang, dan yang bertentangan dengan norma-norma susila, adat istiadat, agama serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. 5. Senantiasa berperilaku terpuji, jujur, taat pada perintah atasan, disiplin dan menjadi teladan yang baik bagi lingkungannya.

Pamulang, September 2012 Ketua Prodi,

Ir. Dadang Kurnia, M.M.

Pedoman Pelaksanaan PKL Mahasiswa FT - Unpam

15

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->