TARI PANJI SEMIRANG

A. LATAR BELANGKANG Tari Panji Semirang adalah Tari yang menceritakan seorang wanita yang bernama Galuh Candra KIrana yang menyamar menjadi laki-laki dalam perjalanan mencari kekasihnya. Pencipta Tari ini adalah Bapak I Nyoman Kaler pada tahun 1942, dan penari pertamanya adalah Luh Cawan

B. FUNGSI TARI Fungsi tari ada 3 yaitu : a. Sebagai sarana upacara (tari wali) b. Sebagai saraba hiburan (tari bebali ) c. Sebagai sarana pertunjukan (tari bebalian) Sedangkan fungsi tari Panji Semirang adalah sebagai sarana

pertunjukan (tari bebali), dimana fungsi sebagai sarana pertunjukan ini masuk dalam contoh tari kekebyaran. Selain itu tari ini juga biasanya untuk menghibur wisatawan. C. JENIS TARI Tari ini termasuk tari tunggal serta tari kekebyaran.

Manis Cerunggu : ekspresi senyum dengan mata yang galak Encah Cerunggu : perubahan dari suatu mimik ke mimik lain Luru : rasa gembira yang luar biasa yang diwujudkan dengan mimik B. Ngeseh : gerakan menggetarkan bahu 5. Ngumbang : gerakan berjalan yang dilakukan dengan badan sedikit merendah (ngeed). 3. 3. yaitu : 1. PAILEH TARI : Pada tari Panji semirang ada 4 paileh Tari . Ngangsel : gerakan untuk memberi tanda kepada penabuh. levelnya tidak berubah dan disertai dengan gerakan kepala ke kiri dan ke kanan sesuai dengan hentakan kaki. 2. Pengecek 4. Sikap tari dalam Bentuk Ekspresi 1. Agem kiri dan kanan : sikap pokok dalam tari bali . 4. Pekaad C. Pameson 2. Mungkah lawang : gerakan membuka tangan perlahan didepan wajah. 2. Pengawak 3. dan berfungsi untuk mengubah posisi dari kiri kekanan atau sebaliknya.UNSUR UNSUR TARI BALI A. Nelik : mata di buka lebar untuk menunjukkan ekspresi marah dalam tari Bali. GERAKAN 1. 4.

Ombak Segara kanan dan kiri : gerakan berjalan kekanan atau kiri membentuk angka delapan 19. sebelum gerakan ngumbang 18.Ngambil Kancut : gerakan mengambil ujung kamen.Gandang-gandang : gerakan berjalan pelan-pelan disertai dengan ayunan tangan dan kaki yang dapat memperlihatkan kegagahan dalam pentokohan tari.Ngukel : gerakan memutar tangan ke tengah 20. 14. Miles : gerakan kaki memutar kedepan diikuti gerakan tangan. Gelatik nut papah : gerakan kaki ke samping kiri atau kanan lebih dari satu kali 8.Kipek : gerakan kepala menuju kearah pojok 15. dan satu kaki yang lain agak berdiri D.6.Ngenteb Batis : gerakan menghentakan kaki 17. di mana posisi tangan maupun kaki serba melintang demikian pula hentakan-hentakan tangan dakaki serba melintang . Luk Nerutdut : gerakan ayunan kedua tangan.Ngelier : gerakan mata melirik kesamping 12. IRINGAN : .Ulap-ulap : gerak maknawi dalam tari bali yang dilakukan dengan melambaikan tangan didepan muka seperti orang yang ingin melihat sesuatu yang berada jauh.Nyeledet : gerakan mata dari tengah kemudian meliri kekanan dan kiri 11.Metimpuh : Gerakan satu kaki kanan/kiri tertengkuk kebawah . 13.Nyalud : gerakan tangan memutar kebelakang kemudian ngukel didepan 16. yang diikuti pula untuk berpindah agem 10. turun naik 7. Ngangget : gerakan tangan menepuk dada dibarengi dengan gerakan mata 9.

Kendang = 2 . 1 wadon 3. Jublag 9. Kantikan 5. Ugal = 2 2. 1 lanang.Reong 12. Ceng-ceng 4.Klenang 13. Gangsa 6. Gong 10. Pembeda Alur Cerita Mergepati Tentang Gerak Singa Panji Semirang Gerik Tentang Perempuan laki-laki 2.Kempli 16. Gerak yang menyamar sebagai . bagian-bagiannya adalah : 1.Terompong 14.Kajar 15. Suling 7.Rebab Iringan pada Panji Semirang sama dengan Mergepati akan tetapi nadanya yang berbeda.Kempur 11. Pemade 8.Iringan yang digunakan adalah gong kebyar. No 1.

Gandang Kuri 2. Nyeledet 4. Tata Busana pada bagian badan 2. TATA RIAS DAN TATA BUSANA : a. Penari Pertamanya sama-sama Luh Cawan E. Dekorasi 4. 5. RITME Ritme yang digunakan adalah Kenyang Lempung yang artinya Keras Lembut F. ada sedikit sentuhan sedih cerita Persamaan pada tarian Panji Semirang dan Mergepati adalah : 1. Penciptanya sama-sama bapak I Nyoman Kaler 7. Jenis Tarian 6. Gerakan kesamping 5. 4. lincah Lembut. Fungsi 5. Tata Rias No. Nama Alat Letak . Tidak Ada Ada Udeng terbuka Udeng Tertutup Tidak menggunakan Menggunakan kipas kipas Keras.1. Tata ias 3. Agem 3. Metimpuh Bentuk Gelungan Properti Jenis tarian ada Tidak ada Ngraja Singa (tangannya Biasa (tangannya biasa) Lembut Ada agak tinggi) Galak menghadap Tidak Ada 3.

Eye shadow : warna yang digunakan umunya adalah merah. Susu pembersih : untuk membersihkan wajah 2. 3. Lipstik : sebagai pemerah bibir b.Susu 1. Bedak Tabur : melapisi bedak dasar agar terlihat mulus 5. 2. 4. 5. Pelembab : agar bedak tidak luntur 3. Bedak dasar : dasar/awal dari pemakaian make up lainnya 4.biru . Tata Busana No. Nama Alat Kamen prada Sabuk dalam Sabuk prada Tutup dada Letak Badan Badan Badan Badan . 1. Pensil alis : digunakan untuk membuat cundang (cunda manik) yang terletak diantara alis. 6. 4. 8. 9. Pemerah pipi : agar terlihat lebih merah dan menyala 9. membuat caling kidang yang terletak disamping telinga 8. Bedak padat : sama dengan bedak tabur 6. 7. 2. kuning. 3. alat ini adalah untuk mempertajam dan memeprindah mata 7. pembersih Pelembab Bedak dasar Bedak Tabur Bedak padat Eye shadow Pensil alis Pemerah pipi Lipstik wajah wajah wajah wajah wajah Mata Alis Pipi Bibir Kegunaannya adalah : 1.

Ampok-ampok Badong kain Gelang kana Gelungan Bunga imitasi emas / Badan Badan Badan Kepala bunga Rambu t Rambu t Bunga mawar merah 1. Ampok-ampok : satu jenis pakaian tari yang menghiasi bagian pinggang 6. Badong kain 7. Gelungan : hiasan kepa yang dibuat dari kulit di tatah dan dipulas dengan cat emas (prada) a. Sabuk dalam 3. Kepala : 1. Bunga imitasi / bunga emas b. 6. Sabuk prada 4. Gelang kana : hiasan tangan yang di tatah. Tutup dada 5. 9. 7. 8. 9. dipulas dengan cat emas serta dipakai pada lengan bagian atas dan pada pergelangan tangan . Bunga mawar merah 2. Badan : 1.5. Kamen prada  model kekancutan 2.

Kami dapat mengenal tentang tarian Bali lebih luas 2. Kami juga mengetahui tentang unsur-unsur tari Bali. Kami sedikit bingung.PENUTUP Kesan : Kesan kami setelah mendapatkan tugas ini 1. bukan hany mengetahui tentang gerakan sja tapi juga nama dari geakan tersebut 3. karena tidak terlalu mengetahui tariannya Saran : Saran yang dapat kami berikan adalah .

atas bimbingan dan bantuannya selama kami mengerjakan tugas ini serta kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan laporan ini.Dengan adanya laporan atau tugas ini. karena berkat rahmat-Nya penulis dapat menyusun laporan tentang Tari Margapati. Bagi anak – anak remaja hendaknya lebih melihat kebudayaan yang telah ada di Bali serta melestarkannya KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa. kami berharap dapat lebih mudah mempelajari tari ini Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada Ibu Mulyani.1. Kami menyadari keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan guna kesempurnaan laporan ini. selaku pembina mata pelajaran Tari. .

Santhi.Om. Santhi. Om Gianyar. Agustus 2012 . Santhi.