Listrik dinamis

1. Syarat mengalirnya arus listrik adalah adanya selisih ... A. waktu B. Hambatan C. Tegangan D. kuat arus

2. Sekering (pengaman) dalam rangkaian listrik berfungsi untuk ... A. menahan arus listrik B. membatasi arus listrik C. mengurangi arus listrik D. mempercepat arus listrik

3. Pemasangan amperemeter dan voltmeter yang benar pada gambar ...

4. Pemasangan ampermeter pada rangkaian listrik untuk mengukur arus yang melalui R1 yang benar ditunjukkan………. A. C. R 1 A A
R
1

B.
A
R 1

D.
R 1

A

5. Perhatikan pernyataan berikut ! 1. mencegah kebakaran bila terjadi hubungan pendek 2. mencegah terjadinya kelebihan arus listrik yang masuk rangkaian listrik 3. meningkatkan efisiensi penggunaan energi listrik Fungsi sekering yang benar pada pernyataan di atas adalah nomor …… A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 1 saja

6. Kabel-kabel listrik pada umumnya mempergunakan bahan tembaga. Karena logam ini ... A. hambatan jenis besar C. berat jenisnya kecil B. selisih tegangannya besar D. hambatan jenisnya kecil 7. Perhatikan gambar di bawah ! Agar kita dapat mengetahui besar GGL dalam rangkaian tersebut, yang kita lakukan adalah .... A. Membuka saklar dan voltmeter dipasang seri. B. Membuka saklar dan voltmeter dipasang paralel dengan lampu. C. Menutup saklar dan voltmeter dipasang paralel dengan baterai. D. Membuka saklar dan voltmeter dipasang paralel dengan baterai.

. Perhatikan gambar di bawah ! Saklar saklar yang mana harus ditutup supaya hanya lampulampu A. 1 dan 2 saja C. harganya terlalu mahal. yang kita lakukan adalah . 2 dan 3 saja D. A. B. asam sulfat C.. membuka saklar dan voltmeter dipasang seri D. Elektrolit yang digunakan untuk akumulator adalah .. saklar 4. D. asam sitrat B. A.. 1 2 3 4 13. 1 dan 2 B.. Perhatikan gambar di bawah ! Agar kita dapat mengetahui besar GGL dalam rangkaian tersebut. C.. A. 3 dan 4 16. A.. Perhatikan gambar di samping ! Agar kita dapat mengetahui besar tegangan jepit dalam rangkaian tersebut. B.. Menutup saklar dan volmeter dipasang paralel dengan lampu 10. 11.. tidak praktis D. C. 2 dan 4 Yang benar ditunjukkan nomor . bejana C. elektrolit D. 1 saja . A. Pernyataan : 1. elektrolitnya berubah menjadi timbal sulfat Yang berlaku pada saat aki diisi kembali adalah . B dan C yang menyala? A. 1.8. membuka saklar .. B. C. Membuka saklar dan posisi voltmeter diparalelkan dengan baterai D... 1 dan 3 D. Kelemahan sel sederhana adalah . terbentuk elektroda PbO2 dan Pb 3. B. yang kita lakukan adalah . asam nitrat C. A. Komponen sel sederhana : 1... asam sulfida 14. Pengukuran GGL yang benar ditunjukkan gambar. S1 D. menggunakan bahan yang sulit. menutup saklar dan voltmeter dipasang paralel dengan lampu. Manakah kutub negatif pada bagan di bawah ini ? A.. 3. S1 dan S3 B. adanya peristiwa polarisasi 15. dua buah elektroda 2. Menutup saklar C.2 dan 3 B. D. terjadi perubahan listrik menjadi energi kimia 2. S2 dan S3 12.. Membuka saklar B. menutup saklar C. A.. S3 9...

50 A C. Dari daftar di atas dapat disimpulkan bahwa kuat arus listrik . C. makin besar V makin besar I dan R tetap B. 19.25 A B.0 A D. 3.. satuan kuat arus listrik adalah ampere 4. A. A. hambatan listrik (R) dan tegangan (V). Daftar di bawah ini menyatakan hubungan antara kuat arus (I). Perhatikan tabel di bawah ini ! C.... nilai R merupakan hasil kali antara V dan I D.17. 4.2 dan 4 18. berbanding terbalik dengan tegangan Pembacaan pada amperemeter adalah . 0. kuat arus listrik termasuk besaran turunan Pernyataan yang benar ditunjukkan nomor . berbanding terbalik dengan hambatan D.3 dan 4 C. dan R adalah . nilai I sebanding dengan R dan terbalik terhadap V .. Grafik yang memenuhi hukum Ohm ditunjukkan .1 dan 2 B. B. satuan kuat arus listrik adalah meter.. I. 0. A.. maka hubungan antara V. Tabel pengukuran beda potensial dan kuat arus listrik Berdasarkan tabel tersebut. sebanding dengan hambatan B...0 A 21.. A. nilai R sebanding dengan I dan V C. 2. sebanding dengan tegangan 20... kuat arus listrik termasuk besaran pokok 2. D. A.. Mengenai kuat arus listrik : 1.1 dan 3 D.

Perhatikan gambar di bawah ! Hambatan pengganti rangkaian hambatan tersebut adalah . Perhatikan gambar berikut ! Persamaan yang sesuai dengan hukum Kirchoff adalah …… A..15 Ohm B. di dalam lampu C. nilai I berbanding terbalik dengan R B. kuat arus lebih kecil dari tegangan 23.. ? I1 A. Perhatikan arus listrik yang masuk dan keluar pada titik cabang di bawah ini ! I1 = 7 mA I2 = 5 mA I3 = 15 mA Besarnya I4 = .5... 12 volt I2 I3 C.4 Ohm C. tegangan berbanding terbalik dengan kuat arus B.. nilai I berbanding lurus dengan R C.. tegangan sebanding dengan kuat arus C.5 Ohm . Perhatikan tabel hasil percobaan di bawah ! Dari data tersebut.. Ib = I1 + Ia D.. 3 volt 25... di dalam pengantar D. jika nilai I diperbesar. di dalam elemen B. 27 volt I4 B.. nilai R ikut besar D. di isolasi pengantar 27.. Ia = I1 + Ib B.. I1 = Ia + Ib + Ic + Id C. 7 volt D..13. Perhatikan gambar di bawah ! Hubungan antara arus (I) dengan beda potensial (V) dari hasil percobaan adalah .. nilai I tidak mempengaruhi nilai R 24..10. A.. Hambatan yang tidak dialami oleh arus listrik pada rangkaian tertutup di bawah ini ialah hambatan .22..5 Ohm D. A. dapat disimpulkan bahwa . kuat arus lebih besar daripada tegangan D. A. I1 = I2 = Ia + Ib 26. A.

.. 10 A C.. 4 ohm C. 25 Ohm 30... A. 29.. Rangkaian hambatan di bawah ini yang memiliki hambatan pengganti terbesar adalah . 1 . 5 A D... Perhatikan gambar di bawah ! Hambatan pengganti rangkaian hambatan tersebut adalah . 31. A.. C. 36 . 44 ohm 33. 32. Perhatikan gambar ! 12 ohm 8 ohm 24 ohm Hambatan pengganti pada rangkaian di samping adalah … A. 32 ohm D. 20 Ohm D. A. Gambar rangkaian di bawah ini yang memberikan hambatan terkecil adalah . B..... 25 A B. 5 . 20 ohm B.28. 2 A . Perhatikan gambar di samping! Arus yang mengalir pada R2 adalah . 11 .10 Ohm B. D. Perhatikan gambar ! Hambatan pengganti dari susunan hambatan di samping ini adalah .15 Ohm C.

Perhatikan gambar di bawah! Pembacaan pada amperemeter adalah . 0..5 A B. 0.. Perhatikan gambar di bawah ! Arus yang mengalir pada rangkaian adalah . 6 A C.. 7 A B.12 A C.. besar kuat arus yang mengalir adalah . 3 A D.20 A 38...5 A 39. 2 A D.6 A C. 3 V B. 2 A C. 1 V C. R2 = R3 = 2 Ohm. dan beda potensial 14 volt. A. A.. Pembacaan pada amperemeter adalah ..0 A .03 A B.. 0. 2 A C. 1 A 37.1 A 40.4 A D. Perhatikan gambar di bawah ! Bila R1 = 6 Ohm.5 A D.. A. A.. 2 V D..2. Perhatikan gambar di bawah! Beda potensial pada hambatan 1 ohm adalah .. Perhatikan gambar! Kuat arus yang mengalir melalui rangkaian listrik (I) adalah . 1.5 A 36.0 A C. 3 A B. 1 A B. A. 4 V 35.34. 0.. A..9.. 0.30 A D.7...7 A B. 1 A D.4. Perhatikan gambar di bawah ! Arus yang mengalir pada rangkaian adalah . A.

5 A 42. maka nilai yang terukur pada voltmeter adalah .5 V D. Perhatikan gambar ! Bila amperemeter menunjuk skala 0. A.6 A.. 0.. Perhatikan gambar di bawah! Arus yang mengalir pada R3 adalah . 1 A B.4 V C... 2 A D.2 V ..5 V B. 3. A. 1.41. 4. 3 A C. 6.