Cara Mudah Instal Windows Melalui Flashdisk via SARDU

Sebelum kita masuk ke tutorial cara penggunaan Sardu Anda harus mempersiapkan file ISO dengan ketentuan sebagai berikut: Nama File ISO untuk Windows XP:  XP Home: Install_XP_Home.iso  XP Professional: Install_XP_Pro.iso  XP 64-bit : Install_XP_x64.iso Nama File ISO untuk Windows Vista dan 7:  Vista: InstallVista.iso  Win 7: InstallWin7.iso Nama File ISO untuk Linux:  Ubuntu: ubuntu.iso  Kubuntu: Kubuntu.iso Hiren's BootCD: hiren.iso Nama File ISO untuk RescueDisk:  AVG RescueDisk: avg_.iso  Kaspersky RescueDisk: kav_rescue_10.iso

Bila Anda sudah mengganti nama file iso tersebut, maka kita langsung ke Tutorial Cara Membuat MultiBoot melalui Sardu: 1. Ekstrak folder aplikasi sardu yang telah Anda download 2. Format Flashdisk Anda ke format FAT32 3. Jalankan file Sardu.exe, sedangkan untuk pengguna 64-bit jalankan sardu_x64.exe 4. Klik gambar iso, seperti gambar berikut:

5. Lalu akan terbuka browser baru untuk mencari file iso yang akan dibuat bootable, Anda tentukan dimana letak file ISO yang akan Anda buat menjadi bootable.

6. Bila file iso berhasil terdeteksi maka ukurannya akan menjadi sesuai dengan ukuran file iso Anda (perhatikan ukuran 2.34 GB di bawah logo Sardu).

Selanjutnya proses pembuatan bootable melalui sardu dimulai. atau juga dapat dapat memasukkan satu per satu karena sardu mendukung pembuatan bootable berulang-ulang. Lalu Anda klik search USB agar Sardu mendeteksi USB Flashdisk Anda. Seperti gambar berikut: 9. Anda bisa memulai prosesnya dengan klik lambang Flasdisk 10. Dan Anda tinggal munggu hingga selesai . tapi bila Anda ingin membuat multibootable maka bisa dimasukkan dalam 1 folder atau drive.7. Bila USB Flashdisk sudah terdeteksi. Dalam 1 folder atau drive yang Anda pilih terdapat file ISO yang nama filenya sesuai dengan ketentuan nama file ISO yang mendukung Sardu seperti yang telah disebutkan di atas maka semua file ISO tersebut akan secara otomatis terdeteksi dan masuk dalam rencana proses pembuatan Multiboot oleh Sardu. Sehingga Anda harus cermat dalam meletakkan file iso Anda. 8.

Bila proses sudah selesai. Selanjutnya Anda tinggal memilih menu tersebut (sesuai dengan jenis installan yang Anda buat) 15. rescuedisk. 12. Setelah USB dijalankan sebagai primer boot. ubah bootable primer-nya menjadi USB Flashdisk yang telah diisi Multibootable tadi.11. Sebagai tambahan bagi yang belum pernah atau belum berhasil install ulang melalui Flashdisk. linux. maka akan tampil installasi menggunakan Sardu seperti gambar berikut: 14. setelah proses install ulang pertama (setelah restart komputer pertama saat install ulang) Anda pergi lagi ke BIOS lalu kembalikan primer boot menjadi harddisk (HDD) agar proses tidak berulang-ulang (tak kunjung usai). atau hiren's bootcd menggunakan Bootable USB Flasdisk. Selanjutnya Anda pergi ke BIOS PC/ Laptop/ Netbook yang akan Anda install ulang. maka kini flashdisk Anda sudah dapat digunakan untuk melakukan install ulang windows. 13. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful