P. 1
ayen (1)

ayen (1)

|Views: 127|Likes:
Published by neya_air18293

More info:

Published by: neya_air18293 on Sep 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2012

pdf

text

original

NAMA NPM KELAS

: Ayen Febriani : 10311042 : IV B

TUGAS TEKNOLOGI SEDIAAN CAIR NON STERIL (TSCNS) 1. Macam – macam zat pensuspensi Bahan pensuspensi atau suspending agent dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

a. Bahan pensuspensi dari alam Bahan pensuspensi alam dari jenis gom sering disebut gom/hidrokoloid. Gom dapat larut atau mengembang atau mengikat air sehingga campuran tersebut membentuk mucilago atau lendir.

Termasuk golongan gom adalah :  Acasia ( pulvis gummi arabici) Didapat sebagai eksudat tanaman akasia sp, dapat larut dalam air, tidak larut dalam alkohol, bersifat asam. Viskositas optimum dari mucilagonya antara pH 5 – 9.. Mucilago gom arab dengan kadar 35 % kekentalannya kira-kira sama dengan gliserin.  Chondrus Diperoleh dari tanaman chondrus crispus atau gigartina mamilosa, dapat larut dalam air, tidak larut dalam alkihol, bersifat alkali. Ekstrak dari chondrus disebut caragen, yang banyak dipakai oleh industri makanan.  Tragacanth Merupakan eksudat dari tanaman astragalus gumnifera. Tragacanth sangat lambat mengalami hidrasi, untuk mempercepat hidrasi biasanya dilakukan pemanasan, Mucilago tragacanth lebih kental dari mucilago dari gom arab  Algin

Peristiwa ini disebut tiksotrofi. Untuk memper-oleh viskositas yang baik diperlukan kadar  1 %. Apabila tanah liat dimasukkan ke dalam air mereka akan mengembang dan mudah bergerak jika dilakukan penggojokan.Sehingga bahan tersebut banyak digunakan sebagai bahan pensuspensi.Tanah liat yang sering dipergunakan untuk tujuan menambah stabilitas suspensi ada 3 macam yaitu bentonite.tidak beracun dan tidak mengiritasi kulit. rute atau usia pasien yang berbeda dari informasi yang . Bahan pensuspensi sintetis  Derivat selulosa Termasuk dalam golongan ini adalah metil selulosa (methosol. Kadar yang dipakai sebagai suspending agent umumnya 1-2 %. tylose). Golongan bukan gom Suspending agent dari alam bukan gom adalah tanah liat. Contoh off label Obat Off Label : Obat-obat yang diresepkan dokter dengan indikasi tidak lazim. hidroksi metil selulosa. b. kekentalan cairan akan bertambah sehingga stabilitas dari suspensi menjadi lebih baik.Merupakan serbuk putih bereaksi asam. serta sedikit pemakaiannya. hectorite dan veegum.  Golongan organik polimer Yang paling terkenal dalam kelompok ini adalah Carbophol 934 (nama dagang suatu pabrik) . Karena peristiwa tersebut. Algin merupakan senyawa organik yang mudah mengalami fermentasi bakteri sehingga suspensi dengan algin memerlukan bahan pengawet. karboksi metil selulosa (CMC). 2. indikasi baru dengan dosis.Diperoleh dari beberapa species ganggang laut. Dalam perdagangan terdapat dalam bentuk garamnya yakni Natrium Alginat. sedikit larut dalam air.

Vitamin A pada anak sebagai obat off label diindikasikan untuk memperbaiki mukosa saluran cerna pada kasus diare pada anak. sebagai obat off label di indikasikan sebagai immunodulator. Levamisol . 1. 2.tercantum dalam brosur yang di setujui oleh FDA (Food and Drug administration) dan obat tetap memenuhi kriteria keamanan dan efikasi. sebagai obat off label adalah untuk menginduksi persalinan. 4. obat-obat antikonvulsan generasi baru untuk mengatasi nyeri neuropati . mencegah ulcus lambung. Informasi obat off label biasanya kita dapatkan dari jurnal ilmiah kedokteran maupun farmasi . 5. Contoh 10 sediaan cair untuk pengobatan mata dosis tunggal dan ganda . 3. Misoprostol. Metformin dan Pioglitazon yang di ketahui untuk OAD (Oral Antidiabetika ) . 3. Siproheptadin. Beberapa contoh obat off label . sebagai obat off label di indikasikan untuk PCOS (Polycystic Ovary Syndrom) yaitu adanya ketidakseimbangan hormone pada wanita dimana adanya peningkatan hormone androgen dan gangguan ovulasi . antihistamin sebagai obat off label di indikasikan untuk penambah nafsu makan.

Itrasal. Zicho. ISOPTO-DEX Deksamethason 0. Zithromax Aturan pakai : Dosis umum : Anak-anak 6 bulan : 5 . Zibramax. Anak ≥ 1 tahun dan dewasa : opthalmik : teteskan 1 tetes pada mata yang terinfeksi 2 kali sehari ( selang 8 .12 mg/kg diberikan sekali sehari ( maksimum 500mg/hari) atau 30 mg/kg sebagai dosis tunggal ( maksimum 1500 mg). Zycin. KM: botol 15 ml tetes mata 2. ALBALON-A Tiap ml tetes mata: nafazolin-hcl 0. Produsen : Allergan. COLME EYE DROP Komposisi : Chloramphenicol 0.1% Produsen : Alcon 4. Mezatrin.Benzalkonium chloride 0.12 jam) selama 2 hari.5%. Zarom. Zisim. KM: 5ml tetes mata 0. Zistic.4%.004%. CENDOMETASON Tiap ml: deksamethason 1mg/ml tetes mata Produsen : Cendo 3. BRAITO EYE DROP Komposisi : Tetrahydrozoline HCL 0. antazolina fospat 0. Darya Varia Aturan pakai: 1-2 tetes pada mata setiap 3-4 jam .5% Aturan pakai : Dewasa dan anak-anak 1-2 tetes 3 kali sehari Produsen : PT Itrasal.01% Aturan pakai : 2-3 kali sehari.05%. benzalkonium klorida 0.1. PT bayer indonesia 5. PT Aventis. polivinil alkohol 1. PT aventis 6.05%. 1-2 tetes kedalam mata yang sakit Produsen: PT.1%. Produsen : Indica . AZITHROMYCIN Komposisi : Aztrim. Binozid. kemudian 1 tetes sekali sehari selama 5 hari.

nafazolin hcl 0. Pengertian air pencuci soflens adalah suatu cairan steril yang digunakan untuk membunuh sebagian besar bakteri dan mencegah infeksi mata serta menjaga soflens agar tetap bersih. ZINCOPTO Tiap ml tetes mata: Zn sulfat 0. 8. Kemasan : Tetes mata 2 % x 5 mL. CENDO FLUORESCEIN TETES MATA Komposisi: Na fluorescein. Salah satu pembersih itu adalah Aquasoft. dilengkapi dengan poloxamer sebagai pembersih dan mencegah melekatnya mikroorganisme tertentu. Air cuci soflens merk aquas Lensa kontak harus rajin dicuci dengan cairan khusus. Selain itu. steril dan segar . Pengertian. komposisi dan kemasan sediaan pencuci kontak lensa a. Pembersih ini mengandung polihexanida yang efektif membasmi dan mencegah mikroorganisme. .10% KM: 10 ml tetes mata Produsen : Armoxindo 9. CROM OPTHAL Komposisi: Kromolin natrium 20mg/ml tetes mata Aturan pakai: 1-2 tetes pada mata yang sakit sampai 4 kali sehari Produsen: Sanbe farma 4. FLAMAR Komposisi: Natrium diklofenak 1mg/ml tetes mata Aturan pakai: 3 kali sehari 1 tetes Produsen : Sanbe farma 10. Aturan pakai: Teteskan satu atau dua tetes sebagai dosis tunggal.25%.7.

Formulanya dirancang seimbang dengan membawa beberapa komponen penting dengan konsentrasi yang rendah. tetapi tetap efektif Aquasoft diperkaya pula dengan Borix Borax (buffer) sebagai larutan penyangga yang menjaga pH cairan sama dengan pH air mata. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->