Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field Research dan

Library Research. 1. Field Research (riset lapangan) adalah teknik pengumpulan data primer, dilakukan dengan menggunakan instrumen angket (kuisioner) yaitu penyebaran angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan tertulis kepada responden yang menjadi sampel. 2. Library Research (studi kepustakaan) adalah teknik pengumpulan data sekunder yaitu usaha menggunakan informasi yang berhubungan dengan teori-teori dan ada kaitannya dengan masalah dan variabel-variabel yang diteliti. Dengan cara mengumpulkan dan mempelajari literatur-literatur yang berhubungan dengan obyek yang diteliti. 3.5 Uji Validitas dan Reliabilitas Keabsahan (validitas) hasil penelitian ditentukan oleh alat pengukuran (instrument) yang

digunakan dan data yang diperoleh. Jika alat pengukuran alat variabel tersebut tidak reliable dan tidak absah, maka hasilnya tidak menggambarkan keadaan yang sesungguhnya. Untuk dapat diyakinkan bahwa data tersebut valid dan handal maka perlu dilakukan dua pengujian yaitu Uji Validitas dan Reliabilitas. Instrumen yang telah dikembangkan disebar kepada populasi penelitian yang tidak termasuk responden penelitian. Hasilnya dianalisis untuk mengetahui validitas butir instrumen dan realibilitas instrumen variabel setiap penelitian. a. Uji Validitas Uji validitas bertujuan untuk mengukur kualitas instrumen yang digunakan dan menunjukkan tingkat kevaliditasan atau kesahihan suatu instrumen serta seberapa baik suatu konsep dapat didefinisikan oleh suatu ukuran . Instrumen dikatakan valid jika instrumen sudah mampu mengukur apa yang diinginkan dan mengungkapkan data yang diteliti secara tepat. Untuk menghitung validitas instrumen digunakan rumus korelasi product moment dengan rumusan sebagai berikut:

Jika r hitung > r tabel. Jika r hitung >r tabel. harga r hitung harus dikonsultasikan dengan harga r (α.dk) atau r tabel dengan α = 0.dk) atau r tabel dengan α = 0. hal: 109) mengatakan bahwa untuk keperluan mencari reliabilitas soal keseluruhan perlu juga dilakukan analisis butir soal seperti halnya soal bentuk objektif. . maka item dinyatakan reliabel. harga r hitung harus dikonsultasikan dengan harga r (α. Rumus yang digunakan adalah rumus Alpha sebagai berikut: ( Keterangan: = Reliabilitas yang dicari )( ) = Jumlah varians skor tiap-tiap item = Varians total = Jumlah item Untuk menghitung reliabilitas dari item. maka item dinyatakan valid. Skor untuk masing-masing butir soal dicantumkan pada kolom item menurut apa adanya.Keterangan : r xy = Koefisien korelasi n = Jumlah responden = Jumlah skor item ΣX ΣY = Jumlah skor total Untuk menghitung validitas item.05 dan derajat kebebasan (dk) = n – 2. Uji Reliabilitas Suharsimi Arikunto (2007.05 dan derajat kebebasan (dk) = n – 2. b.

3. Adapun yang ingin diketahui dalam analisis deskriptif adalah mean (rata-rata).4 Teknik Analisa Data Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif. analisis korelasi sederhana. Analisis Deskriptif Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui deskriptif data motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. dan uji kuadrat. dan standar deviasi. 1) Mean (Rata-rata) ̅ Keterangan: ̅ = Mean (rata-rata) = Jumlah nilai observasi = Jumlah sampel 2) Standar Deviasi √ ̅ Keterangan: = Standar deviasi = Nilai Observasi ̅ = Rata-rata = Jumlah sampel . a.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.