P. 1
contoh

contoh

|Views: 273|Likes:
Published by Wahyondi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Wahyondi on Sep 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2014

pdf

text

original

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM TERPADU TIGA

LANTAI TAHAP II STAIN PALANGKA RAYA

PEMBIMBING I : ALMUNTOFA PURWANTORO, ST,. MT NIP. 19760922 200501 1 003

PEMBIMBING II : DEWANTORO, ST,. MT NIP. 19760502 200312 1 002

Oleh : KRISTIANA NOVIA MIRANDA DAB 106 046

JURUSAN/PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PALANGKA RAYA PALANGKA RAYA 2012

LATAR BELAKANG
1. Teknologi informasi membawa dampak positif dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah komputer 2. Menggunakan teknologi informasi perusahaan dapat mengatur sistem informasinya 3. Dalam penelitian ini pembangunan gedung laboratorium terpadu 3 lantai tahap II adalah kegiatan proyek yang akan dianalisa. Karena perusahaan masih menggunakan sistem manual, maka konsep yang baik untuk menangani permasalahan ini adalah dengan membuat sistem informasi manajemen.

RUMUSAN MASALAH
Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini : 1. Bagaimana merancang dan membuat sistem informasi rencana anggaran biaya (RAB) proyek pembangunan gedung Lab. Terpadu tiga lantai tahap II STAIN Palangka Raya ? 2. Bagaimana perbandingan RAB manual dengan RAB hasil komputerisasi ?

BATASAN MASALAH
Batasan masalah yang akan dijadikan dasar pembuatan aplikasi : 1. Sistem dirancang untuk digunakan pada sistem operasi windows dengan basis data Microsoft Acces 2007 2. Pembuatan sistem informasi RAB menggunakan bahasa pemprograman Borland Delphi 7.0 3. Pembuatan sistem multireport untuk laporan RAB dan laporan material serta upah pekerja. 4. Pembuatan time schedule yang terdiri dari progres chart dan gantt chart.

TUJUAN PENELITIAN
1. Merancang dan membuat sistem informasi rencana anggaran biaya (RAB) proyek pembangunan gedung Lab. Terpadu tiga lantai tahap II STAIN Palangka Raya ? 2. Menguji kalkulasi RAB manual dengan RAB hasil komputerisasi ?

MANFAAT PENELITIAN
1. Aplikasi ini dapat menjadi alat bantu untuk mengetahui jenis pekerjaan dalam suatu proyek secara umum maupun terperinci 2. Aplikasi ini menjadi alat bantu dalam menyusun RAB secara otomatis 3. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan 4. Penelitian ini juga diharapkan dapat membantu site manager memantau kinerja 5. Memperluas pengetahuan dan wawasan akademisi mengenai sistem informasi dan pengaplikasiaannya dalam bidang teknik sipil.

APAKAH SISTEM INFORMASI ITU ?
SISTEM INFORMASI :
DATA

TUJUAN

PROSEDUR KERJA

ORANG

TEKNOLOGI INFORMASI

Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi yang bersifat managerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan (Jogianto, 2005).

Komponen-komponen dalam sistem informasi adalah, sebagai berikut :
INPUT TECNOLOGI
MODEL

OUTPUT CONTROL

DATABASE

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sebuah sistem manusia/ mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Keluaran dari SIM, berupa : 1. Rencana & anggaran 2. Laporan yang terjadwal 3. Laporan khusus 4. Analisis suatu masalah 5. Keputusan 6. Jawaban

Manajemen Proyek adalah proses merencanakan, mengorganisir, memimpin, dan mengendalikan kegiatan proyek untuk mencapai tujuan proyek ( Imam Soeharto, 1995)
Tolak ukur keberhasilan proyek (Nancy Minggus, 2002) :

WAKTU

KUALITAS SUMBER DAYA

BIAYA

CAKUPAN

SEGITIGA MANAJEMEN

Rencana anggaran biaya (RAB) adalah perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lainya yang berhubungan dengan pelaksanaan proyek. Skema penyusunan RAB, sebagai berikut :
DAFTAR UPAH

ANALISA DAFTAR HARGA BAHAN JUMLAH TIAP PEKERJAAN ANGGARAN

Penjadwalan (Time Schedule) adalah mengatur rencana kerja dari satu bagian atau unit pekerjaan.

Kegiatan ini meliputi :

KEBUTUHAN TENAGA KERJA

KEBUTUHAN MATERIAL/ BAHAN

KEBUTUHAN WAKTU

TRANSPORTASI

Flowchart atau bagan alir adalah bagan yang
menunjukan alir prosedur sistem 2004).

di dalam program atau secara logika (Jogianto,

Simbol-simbol flowchart :

Dokumen

Dokumen-dokumen

Decision/ keputusan

Data (input/output)

Proses manual

Proses komputer

Media penyimpanan

Arus dokumen/ proses

Terminal

Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu network yang menggambarkan suatu sistem automatic/
komputerisasi, manualisasi atau gabungan dari keduanya yang penggambarannya disusunan dalam bentuk komponen sistem yang saling berhubungan sesuai dengan aturan mainnya (Tata Sutabri, 2004). Simbol-simbol DFD :
Simbol Keterangan Eksternal entity, simbol ini digunakan untuk menggambar asal dan tujuan data, dapat berupa orang, organisasi atau sistem yang berada di luar sistem tetapi berinteraksi dengan sistem Proses, simbol ini digunakan untuk proses pengolahan atau informasi data. Aktivitas atau fungsi yang dilakukan untuk alasan bisnis yang spesifik, bisa berupa manual atau terkomputerisasi Data Flow, untuk menggambar aliran data yang berjalan. Data flow selalu diawali dan berakhir pada suatu proses Data store, diginakan untuk menggambarkan data flow yang sudah disimpan. Data yang mengalir disimpan di dalam data store

Entity

menjelaskan

tentang data tersimpan (storage data) dalam sistem secara abstrak (Al-Bahra Ladjamudin, 2005).

Relationship

Diagram

(ERD)

Simbol-simbol ERD :
Simbol Keterangan
Entinitas merupakan "sesuatu" atau "objek" di dunia nyata yang dapat dibedakan dari semua objek lain Artibut merupakan suatu himpunan entinitas diwakili oleh satu set atribut. Atribut adalah properti deskristif yang dimiliki oleh masingmasing anggota dari sebuah himpunan entitas Relasi (Relationship) adalah beberapa himpunan entitas asosiasi antara

Database

adalah kumpulan file-file atau tabel yang saling berelasi atau berhubungan antara satu dengan yang lain (Andi Sunyoto, 2007).

Borland Delphi 7.0 database).

merupakan perangkat lunak pengembang aplikasi (game hingga

Microsoft Access

adalah suatu program aplikasi database komputer relasional yang digunakan untuk merancang dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yang besar.

System

adalah proses pengembangan sistem atau perangkat lunak untuk memnuhi persyaratan tertentu.

Development

Life

Cycle

(SDLC)

Tahapan kegiatan SDLC :
Planning

Analisys

Design

Implementasi

METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem dalam penelitian ini adalah SDLC.

Lokasi penelitian : proyek pembangunan gedung laboratorium terpadu tiga lantai tahap II STAIN Palangka Raya.

Menuju Bundaran Besar

Menuju Bundaran Kecil

Jln. Yos Sudarso

Jln. G. Obos

UNPAR

Jln. Galaxi Raya

Lab. STAIN

LOKASI PENELITIAN

DATA PRIMER JENIS DATA DATA SEKUNDER

Cara Pengolahan Data :

TAHAP PENELITIAN :
Mulai Pengumpulan Data Identifikasi Masalah Analisis Data

Desain Sistem Uji Coba

Tidak

Ya
Keluaran Sistem

Implementasi Selesai

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->