Ciri Khusus Beberapa Hewan dan Tumbuhan

Posted on 18 Agustus 2010 Seorang anak staf BPM Kota Banda Aceh, kelas VI MIN Jambo Tape Banda Aceh, bernama Samirul Fuadi minta dicarikan bahan tentang Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan. Ini ada beberapa bahan untuk menambah khasanah anak-anak tingkat SD Kelas VI tentang ciri khusus beberapa hewan dan tumbuhan. semoga bermanfaat. Ciri Khusus Hewan 1. Kelelawar
 

     

Merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Jenisnya terdiri atas : kelelawar buah (pemakan buah), kelelawar ikan (pemakan ikan), kelelawar lidah panjang (pemakan nektar), kelelawar katak (pemakan katak), dan kelelawar vampir (penghisap darah). Hidup di gua yang lembab dan gelap atau di pohon yang tinggi. Mencari makan pada waktu malam hari (nocturnal). Tidur pada siang hari dengan keadaan menggantung terbalik. Memiliki daya pendengaran yang tajam. Memiliki kemampuan ekolokasi yaitu menggunakan gelombang bunyi untuk mengetahui posisi mangsanya. Pada saat terbang kelelawar mengeluarkan bunyi berfrekuensi tinggi (ultrasonik) yang jika mengenai benda akan menimbulkan pantulan. Pantulan bunyi ini ditangkap oleh telinga kelelawar sehingga dapat mengetahui ukuran, jarak, dan arah benda pada waktu singkat.

2. Cecak atau Tokek
   

Dapat merayap di dinding. Pada telapak kakinya terdapat struktur lapisan yang bersifat lengket dan tampak seperti guratan-guratan yang berfungsi sebagai alat pelekat. Untuk mempertahankan diri dari musuh, cicak memutuskan ekornya dengan tujuan untuk mengelabui musuhnya (autotomi). Ekor cicak tersebut dapat tumbuh kembali.

3. Ikan Lele dan Serowot
  

Hidup di air tawar Tidak mengandalkan mata untuk mencari makan yang tersembunyi di dasar sungai yang berlumpur dan gelap. Mengandalkan kumis (misai) yang merupakan organ indra khusus.

Dapat minum dengan menundukkan kepalanya. Bunglon      Dapat mengubah warna tubuhnya sebagai tanggapan terhadap perubahan suhu dan cahaya di sekitarnya. Tupai   Memakan buah berkulit keras seprti buah kenari. dab buah cemara. 5. Memiliki lidah panjang dan lengket untuk menangkap mangsa dan membawanya ke rahang.Kebanyakan memiliki penglihatan yang buruk    Membuat jaring untuk menangkap mangsa Jaring terbuat dari bahan yang berasal dari organ khusus dalam abdomen (perut) yang disebut alat antih. Memiliki kaki yang dapat mencengkeram seperti tangan agar dapat menggenggam dengan kuat. chestnut. ikan lele dan serowot menyapu dasar sungai dengan misainya untuk mengenali rasa binatang di dekatnya. Memiliki ekor yang panjang berumbai dan hampir sama panjang dengan badannya. lele kampung lele dumbo 4. Memiliki mata yang dapat berputar dan dapat melihat ke segala arah. Misai memiliki kuncup pengecap.    Misai berbentuk embelan panjang pada bibir bawah dan bibir atas ikan. Kemampuan untuk menyamar membantu bunglon untuk menangkap mangsa dan menghindari pandangan musuh. Mengandalkan indra peraba pada kakinya untuk memeriksa apakah terdapat mengsa dalam jaringnya. Laba-laba . 7. Memiliki katup kecil pada bagian dalam pembuluh darah di kepalanya sehingga saat ketinggian kepala jerapah berubah. hazelnut. Ketika berenang di air. Jerapah    Memiliki leher yang panjang sehingga memungkinkan untuk memakan tunas dan daun muda. katup tersebut dapat mencegah tekanan darah yang tinggi naik ke kepala. . 6.

Dapat jatuh bebas dari ketinggian 9 meter dan mendarat dengan mulus di atas keempat kakinya. 10. Paus tergolong binatang menyusui. Paus betina menyemprotkan susu ke dalam mulut. Bulu sayap burung hantu sangat halus dan lembut sehingga burung hantu dapat terbang tanpa suara dan dapat menyambar mangsanya dengan diam-diam. Memiliki lapisan lemak yang tebalnya sekitar 50 cm yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap 34⁰C – 37⁰C. Ketika berburu burung hantu mengeluarkan suara sehingga membuat takut mangsanya. Mata paus ditutupi lapisan berminyak untuk melindungi dari berbagai efek yang membahayakan dari air laut. Dapat melompat dari air untu menyergap serangga yang hinggap di daun atau dahan yang menggantung di atas air. Menyerang mangsa yang berada di atas air tempat tinggalnya. Memiliki mata yang jeli untuk memperkirakan jarak yang tepat. 9. Dapat dengan cepat memusatkan bola mata dalam kegelapan. Paus      Tulang paus berupa bahan berongga berisi minyak sehingga dapat mengapung di permukaan air. Burung Hantu       Mencari mangsa pada waktu malam hari dan tidur pada waktu siang hari. Gerakan mangsa yang ketakutan terdengar oleh burung hantu sehingga dapat menemukan letak mangsanya. Ikan Penyumpit     Hidup di perairan pantai serta air tawar dari India hingga Australia. Dapat melompat dari ujung dahan ke dahan lain sejauh 4 meter. Pada saat melompat kaki depan dan belakang direnggangkan dan melayang serta ekor dipipihkan. sehingga burung hantu dapat melihat walau cahaya sedikit. Menggunakan mata dan telinga yang tajam untukmenangkap mangsanya. Pupil mata dapat menyerap cahaya yang ada di malam hari.     Ekor berfungsi sebagai alat keseimbangan dan kemudi. susu masuk ke dalam mulut dan terlarut dalam perut bayi paus. Mampu menyemprotkan air ke udara untuk menjatuhkan serangga dari tumbuhan atau udara. 8. Susu paus bukan berbentuk cair tetapi padatan yang sangat berlemak. Bebek . 11. sehingga memudahkan tupai melompat dari satu pohon ke pohon lain.

Di daratan ikan gelodok bergerak meloncat-loncat. Memiliki kaki yang tebal untuk dapat berjalan di padang pasir yang panas. Memili ukuran kecil dan gerakan yang sangat lincah. Memiliki sisik yang tebal dan keras. Ikan Gelodok (mudskipper)     Hidup di daerah payau yang banyak terdapat hutan bakau.   Memiliki kaki yang berselaput sehingga memudahkan untuk berenang. . 15. dan dapat menggulung tubuhnya seperti bola untuk melindungi diri. Memiliki dua jari kaki yang bersatu untuk mencegah tenggelam di dalam pasir. Bulu bebek selalu berminyak sehingga bebek tidak basah walaupun berendam lama di dalam air. Hidup berkelompok sampai ratusan ribu dan saling mendekatkan diri agar tidak banyak panas yang dikeluarkan dan terlindung dari udara dingin. Penguin    Dapat hidup di daerah bersuhu sangat rendah. Memiliki bulu mata yang panjang untuk melindungi mata dari pasir. Memiliki lubang hidung yang dapat tertutup untuk melindungi hidung saat terjadi badai pasir. 13. Rubah Artik   Dapat hidup di daerah bersuhu sangat rendah. Memiliki paruh yang berbentuk pipih dan lebar untuk memudahkan mencari cacing di dalam lumpur. Dapat berjalan di daratan atau memanjat pohon. Memiliki telinga yang berukuran kecil dan tubuh yang berwarna putih yang membuat rubah artik mampu menjaga panas sehingga tidak banyak keluar dari tubuh. Punuk terdiri dari lapisan lemak. Trenggiling    Memiliki cakar yang kuat untuk menarik rayap/semut dari sarangnya Tidak memiliki gigi. tetapi memiliki lidah yang panjang dan lengket yang dapat dijulurkan untuk memperdaya mangsanya. Unta        Hidup di padang pasir (daerah minim air) Memiliki kemampuan tidak makan atau tidak minum selama berhari-hari karena memiliki punuk yang merupakan tempat cadangan makanan. 16. Memiliki bulu tebal dan lemak di bagian bawah lapisan kulitnya sehingga seperti memakai baju berlapis-lapis. 12. 14.

 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful