P. 1
Pengertian Rasi Bintang

Pengertian Rasi Bintang

|Views: 2,571|Likes:
Published by Agus Gooners

More info:

Published by: Agus Gooners on Sep 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

TUGAS IPA PENGERTIAN RASI BINTANG

DIKERJAKAN OLEH, NAMA KELAS SD : Dzaky Priceliano Razzaq : IV A : SDN RANCAMANYAR II

SDN RANCAMANYAR II KABUPATEN BANDUNG 2012

Pengertian Rasi Bintang

Pada belahan bumi (hemisfer) utara. sekalipun beberapa yang sangat mudah dikenali biasanya seringkali ditemukan. sehingga setiap arah hanya dimiliki oleh satu rasi bintang saja. Bintang-bintang pada rasi bintang atau asterisma jarang yang mempunyai hubungan astrofisika. dan mengandung simbolsimbol Zodiak. yaitu yang dikenal luas oleh masyarakat tapi tidak diakui oleh para ahli astronomi atau Himpunan Astronomi Internasional. Himpunan Astronomi Internasional telah membagi langit menjadi 88 rasi bintang resmi dengan batas-batas yang jelas. kebanyakan bintang yang kita amati tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya. juga disebut asterisma. kebanyakan rasi bintangnya didasarkan pada tradisi Yunani. Manusia memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mengenali pola dan sepanjang sejarah telah mengelompokkan bintang-bintang yang tampak berdekatan menjadi rasi-rasi bintang. dan kebudayaan yang berbeda akan memiliki rasi bintang yang berbeda pula. yang diwariskan melalui Abad Pertengahan. gugus bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus. Pengelompokan bintang-bintang menjadi rasi bintang sebenarnya cukup acak. Beragam pola-pola lainnya yang tidak resmi telah ada bersama-sama dengan rasi bintang dan disebut asterisma. seperti Bajak (juga dikenal di Amerika Serikat sebagai Big Dipper) dan Little Dipper. tetapi dapat terlihat seperti berkelompok pada bola langit malam.Suatu rasi bintang. . Susunan rasi bintang yang tidak resmi. misalnya Orion atau Scorpius. mereka hanya kebetulan saja tampak berdekatan di langit yang tampak dari Bumi dan biasanya terpisah sangat jauh. Dalam ruang tiga dimensi.

Tidak ada literatur kuno yang menyebut Crux sebagai Layang-layang. bangsa Barat mengenal rasi ini dalam pemahaman keagamaan. Rasi bintang ini berbentuk pari/layang-layang/salib dan bisa kita lihat pada langit malam dengan arah agak ke selatan. Salib Selatan Jika etnis Nusantara mengenal Crux dalam pemahaman masyarakat agraris dan maritim. RASI BINTANG PARI : Rasi bintang yang bisa ditemukan dan bisa dilihat di langit adalah rasi bintang pari/crux. salah satu fungsi rasi bintang juga adalah sebagai petunjuk arah pada malam hari kalo tiba-tiba kita kehilangan arah. Yah. Pada setiap rasi bintang. Mereka menamai Crux sebagai Southern Cross (Salib Selatan).Nama Layang-layang untuk Crux baru muncul dalam era Nusantara modern. dan biasanya dalam peta rasi bintang diberi simbol α (lihat gambar) . ada satu bintang yang paling terang.

yang artinya adalah pemburu. Ternyata kedua nama itu adalah nama bintang. Regulus. rasi bintang ini didedikasikan bagi Orion. Selain sebagai petunjuk arah barat. tentunya setelah liat peta rasi bintang adalah rasi bintang orion/pemburu. Satu lagi yang menarik bagi di rasi orion ini adalah adanya bintang Bellatrix dan Betelgeuse pada konstelasinya. termasuk Sirius. seorang pemburu terbaik di dunia. . Rasi bintang ini dapat dilihat di langit sebelah barat. Dinamai Orion. Orion ini mudah dikenali dengan adanya 3 bintang kembar yang berjajar membentuk sabuk Orion (Orion Belt). sedangkan Betelgeuse adalah salah satu judul film anak2 waktu dulu.RASI BINTANG ORION/WALUKU : Rasi bintang kedua yang bisa ditemukan sendiri di langit. Remus. Bellatrix identik dengan tokoh dalam Harry Potter. dan lain-lain dalam dunia perfilman. rasi bintang orion ini/waluku dalam bahasa Indonesia sering dijadikan sebagai tanda bagi para petani jaman dulu untuk mulai menggarap sawah dan ladangnya. putera Neptune.

Rasi bintang ini terlihat sepanjang tahun di langit utara. dan terdiri dari 7 buah bintang. Bentuknya seperti gayung. . karena itu juga terkadang rasi bintang ini disebut sebagai konstelasi bintang tujuh.RASI BINTANG GREAT BEAR/BIDUK : Rasi Bintang ketiga yang mungkin paling populer dan dapat dikenali. menjadi petunjuk arah utara adalah rasi bintang Biduk/Great Bear/Beruang besar yang menunjukkan arah utara.

RASI BINTANG SCORPIO : Rasi bintang keempat yang bisa dikenali dan menjadi petunjuk arah adalah rasi bintang scorpio. salah satu bintang paling terang yang pernah ditemukan. Orion. Pada konstelasi ini juga terdapat bintang Antares. Rasi Scorpio ini menjadi petunjuk arah tenggara/timur langit. Rasi bintang satu ini agak susah dicari. . Scorpio ini adalah utusan Apollo untuk membunuh sang Pemburu. karena jumlah bintang yang membentuk konstelasinya cukup banyak. Dalam mitologi yunani kuno.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->