GLIKOLISIS Glikolisis merupakan serangkaian reaksi yang mengubah gula heksosa (gula berkarbon 6), biasanya glukosa menjadi asam

piruvat. Persaamaan reaksi keseluruhan dapat di tuliskan sebagai berikut : C6H12O6 2C3H4O3 + 4H Dari persamaan tersebut terlihat bahwa satu molekul glukosa diubah menjadi dua molekul asam piruvat. Glokolisis bukan merupakan hasil reaksi satu tahap, tetapi adalah serangkaian reaksi yang erat berkaitan yang mengarah ke pembentukan piruvat. Reakasi glikolisis berlangsung didalam sitoplasma dan tidak memerlukan adanya oksigen. Glikolisis dapat dibagi menjadi dalam dua tahap utama, yaitu fase persiapan dan fase oksidasi. Pada tahap pertama glukosa diubah menjadi dua senyawa tiga karbon; dan pada fase oksidasi kedua senyawa tiga karbon itu selanjutnya diubah menjadi asam piruvat. Lima reaksi yang terjadi pada fase persiapan : 1. glukosa difosfolirasi olah ATP dan enzim heksokinase membentuk glukosa6- fosfat dan ADP. 2. reaksi perubahan gula aldosa menjadi gula ketosa. Reaksi ini dikatalis oleh enzim fosfoglukoisomerase dan menyebabkan glukosa-6-fosfat menjadi fruktosa-6-fosfat. 3. fruktosa-6-fosfat.difosfolirasi dengan adanya ATP dan enzim fosfofruktokinase menghasilkan fruktosa-1,6-bifosfat dan ADP. 4. fruktosa-1,6-bifosfat dipecah menjadi 2 molekul senyawa tiga karbon yaitu 3-fosfogliseraldehid dan dehidroksiaseton fosfat dengan bantuan enzim aldolase. Antara kedua senyawa tiga karbon tersebut terdapat suatu kesetimbangan, dikatalis oleh enzim fosfotriosa isomerase. 5. 3-fosfogliseraldehida diubah menjadi 1,3 bifosfogliserat yang melibatkan penambahan fosfat anorganik pada karbon pertama 3-fosfogliseraldehida dan molekul NAD+ menjadi NADH2. Reaksi ini dikatalis oleh fosfogliseraldehida dehidroenase. Penambahan fosfat dalam oksidasi 3fosfogliseraldehida itu penting, karena fosfat itu terlibat di dalam sintesis ATP dalam reaksi berikutnya.

dengan adanya ADP dan piruvat kinase. 3. asam 3-fosfogliserat kemudian diubah menjadi asam 2-fosfogliserat oleh aktivitas enzim fosfogliseratmutase. 2.Tahapan fase oksidasi. pelepasan air 2-fosfogliserat dari oleh enzim enolase membentuk asam fosfoenolpiruvat.3 bifosfogliserat diubah menjadi asam 3-fosfogliserat dan ATP dibentuk dengan adanya ADP dan enzim fosfogliseratkinase yang dihasilkan dai raeksi sebelumnya. Pada proses glikolisis berperan dalam mensuplai energi dari senyawa-senyawa perantara tertentu yang dapat digunakan untuk sintesis. perubahan satu molekul glukosa menjadi dua molekul asam piruvat (tanpa oksigen) menghasilkan keuntungan bersih dua molekul ATP . Jumlah ATP yang dihasilkan pada glikolisis adalah : Pada fase persiapan dua ATP digunakan untuk setiap molekul glukosa diubah menjadi dua molekul senyawa tiga karbon. kedua senyawa tiga karbon itu selanjutnya diubah menjadi asam piruvat : 1. Jika diperhatikan seluruh jalur glikolisis. Tetapi dalam fase oksidasi. Dengan terbentuknya piruvat maka berakhirlah proses glikolisis. empat ATP dibentuk. asam fosfoenolpiruvat diubah menjadi piruvat. asam 1. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful