P. 1
Sambal Roa

Sambal Roa

|Views: 48|Likes:
Published by d14n4d

More info:

Published by: d14n4d on Sep 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2012

pdf

text

original

Sambal Roa

Bahan:
• • • • •

10 bh ikan roa panggang, siap pakai 1 bh tomat merah, iris dadu kecil 1 sdt garam (secukupnya) 1 sdt gula pasir 50 ml minyak goreng Bumbu Halus:

• • •

20 bh cabai merah 10 btr bawang merah 6 siung bawang putih Cara Membuat:

1. Buang kulit dan tulang ikan roa, ambil dagingnya, haluskan dan sangrai. 2. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng agak banyak, masukkan roa, aduk terus. Tambahkan garam, gula dan tomat. Aduk rata. 3. Hidangkan sambal ikan roa dengan bubur manado atau tinotuan. Untuk 6 porsi Nilai gizi per porsi: Energi: 87 Kal Protein: 10,9 g Lemak: 3,2 g Karbohidrat: 1,9 g Sumber : tabloid-nakita.com

6 Tips Memanggang Seafood
Hare gene enggak bisa memanggang? Wah, kuno! Tampaknya memang mudah, ya? Ada baiknya simak dulu 6 tips yang perlu diperhatikan agar hasil panggangan jadi istimewa!

1. Alat Memanggang Mengingat semua jenis ikan amat mudah lengket ke alat pemanggang, pastikan alatnya dalam keadaan bersih dan sudah diolesi minyak. Jika tidak, ikan akan lengket dan hancur ketika Anda mencoba mengangkatnya. Sayang sekali, bukan? Gunakan kuas besar untuk mengolesi minyak ke seluruh permukaan alat pemanggang. Atau, Anda bisa memanfaatkan semprotan khusus yang biasa digunakan di dapur. Pastikan alat pemanggang dalam keadaan mati (tak tersambung aliran listrik) dan penyemprot tidak mengeluarkan percikan api yang bisa membahayakan Anda. 2. Seafood Segar Sebisa mungkin pilihlah ikan segar daripada yang sudah dibekukan atau disimpan dalam kulkas. Selain lebih mudah mengolahnya, citarasa ikan segar pasti jauh lebih nikmat. Agar tampil cantik saat disajikan, pastikan setiap ikan memiliki berat dann jenis yang sama. 3. Memanggang Ikan Anda dapat langsung meletakkan ikan di atas pemanggang, namun sebaiknya pilih ikan yang berdaging tebal seperti tuna, salmon, atau ikan pedang. Sedangkan untuk memanggang aneka seafood lainnya, sebaiknya gunakan keranjang khusus. Keranjang ini akan mencegah jenis seafood berukuran kecil berjatuhan, selain dapat membantu menjaga fillet ikan tetap lembut. 4. Atur Suhu Untuk memanggang ikan, sebelumnya setel jarum pengatur suhu di posisi melebihi medium-hot sampai hot. Jika alat pemanggang di rumah tak dilengkapi termometer, tangan Anda bisa dijadikan “termometer” sementara. Caranya? Letakkan tangan sekitar 12 cm di atas pemanggang. Jika Anda hanya mampu bertahan selama 2 detik, artinya suhu tergolong panas. Bila mampu bertahan sekitar 3-4 detik artinya cukup panas. Saat memanggang ikan utuh, dibutuhkan temperatur sedikit lebih rendah agar tidak gosong. Anda bisa memperkirakan lamanya memanggang dengan mengukur ketebalan daging ikan, yakni kira-kira 10 menit setiap balikan. Ikan akan terpanggang sempurna bila terlihat buram/ tak tembus cahaya dan mulai mengelupas. Prinsipnya, lebih baik kurang matang sedikit ketimbang hangus. 5. Marinade (bumbu perendam) Merendam ikan ke dalam bumbu perendam merupakan pilihan tepat untuk menambah citarasa dan kelembapannya sebelum dipanggang. Hanya perlu waktu 30-60 menit untuk merendam ikan dalam marinade. Merendam ikan terlalu lama hanya akan membuat aneka asam yang terkandung dalam marinade akan “memasak” ikan. Akibatnya? Struktur daging akan rusak, sementara citarasa ikan menjadi kacau. Sebetulnya, tak semua jenis ikan perlu direndam dalam bumbu perendam. Sebelum memanggang, ikan yang

berdaging tipis perlu dilumuri marinade untuk menjaganya agar tak cepat gosong. Dan ikan berdaging tebal (tuna dan salmon) tak perlu direndam, meski boleh-boleh saja dilumuri marinade untuk meningkatkan citarasanya. 6. Potongan Seafood Sebelum memanggang, pastikan udang, kerang, dan potongan ikan betul-benar-benar sempurna masuk ke dalam tusukan. Susun bergantian antara seafood dengan potongan sayur/ buah dalam tusukan untuk mendapatkan kebab atau BBQ seafood yang istimewa. Bila menggunakan tusukan kayu, pastikan untuk merendamnya lebih dulu dalam air, setidaknya 30 menit sebelum digunakan, untuk mencegah tusukan habis dimakan api saat dipanggang. Nah, memang bukan hal sulit, kan, urusan panggang-memanggang? Kendati demikian, sebagai pemula Anda tetap butuh latihan agar makin terampil. Perluas wawasan Anda mengenai hal ini, dan jangan segan untuk menerapkan tips yang diperoleh. Sumber : Tabloid-nova.com

Tips Membuat Kopi
Minum kopi bersama sahabat atau pasangan adalah salah satu hal yang paling menyenangkan. Jangan lupa untuk menyimak tips yang satu ini sebagai panduan anda. 1. Gunakan air dengan kualitas baik, karena air yang mengandung zat

besi akan mengubah rasa kopi. Bila Anda menggunakan coffee maker, pastikan tempatnya bersih dari sisa-sisa kopi sebelumnya, karena akan menimbulkan bau apek pada kopi baru yang akan dibuat. 2. Gunakanlah air yang telah mendidih benar agar seluruh rasa kopi lebih tajam saat diminum. Lalu, tunggulah sekitar 30-60 detik sebelum menuangkannya ke dalam gelas. Sumber : Tabloid-nova.com

RESEP OTAK-OTAK
BAHAN :
• • • •

200 gram ikan tengiri giling 25 gram tepung hunkwe 7 sendok makan air es 1 sendok teh daun seledri, dicincang halus

• • • • • • • • • •

garam dan merica secukupnya daun pisang untuk membungkus lidi untuk menyemat minyak untuk mengoles daun SAUS : 50 gram kacang tanah goreng 1 buah cabe merah, digoreng sebentar 25 gram gula merah 1 sendok teh cuka (sesuai selera) 1 sendok teh air jeruk limau 30 ml air CARA MEMBUAT :

1. Campurkan semua bahan otak-otak lalu uleni hingga tercampur rata. otak 2. Siapkan daun pisang, olesi dengan minyak goreng. Bungkus satu sendok makan adonan otak otakotak seperti pepes. 3. Kukus adonan selama kurang lebih 20 20-25 menit. 4. Untuk saus, haluskan kacang tanah, cabe merah, dan gula merah. Campur dengan cuka, air jeruk limau, dan air matang, aduk rata. 5. Hidangkan otak-otak bersama sausnya. otak untuk 20 bungkus Sumber : Tabloid-nakita.com

Resep Kua Terang Ikan Roa Recipe
July 16th, 2011 Resep | Recipe

Kali ini ResepRecipe.Com menghadirkan resep Kua Terang Ikan Roa, salah satu kreasi Resep , Masakan Manado, bagi Anda semua yang gemar bereksperimen dengan dapur Anda tercinta. Resep ini kami peroleh dari berbagai sumber referensi yang terpercaya, jadi silahkan langsung aja disimak baik-baik ya. Dijamin top deh hasilnya :) baik

Bahan Kua Terang Ikan Roa
• •

2 potong ikan roa, bisa diganti ikan kembung 3 gelas air

• • • • • • •

Garam 2 ikat daun kemangi 5 butir bawang merah, iris halus 3 batang daun bawang, iris halus 1 lembar daun kunyit, iris halus 7 buah belimbing sayur atau tomat hijau, potong potong-potong 5 buah cabai merah, iris halus

Cara Membuat Kua Terang Ikan Roa
• •

Rebus air dan garam hingga mendidih, masukkan ikan roa, masak hingga ikan matang. Masukkan daun kemangi, bawang merah, daun bawang dan daun kunyit, masak sebentar. Terakhir masukkan tomat dan cabai merah iris.
Posted in Resep Masakan Manado

Ikan Tongkol / Cakalang Manado ( Ikan Sous)
Kategori: Gaya Pertimbangan Khusus: Layanan

Jun 19, '08 7:50 AM untuk

Daging & Makanan Laut Makanan Jiwa Cepat dan Mudah 10 porsi

Deskripsi: Udah lama banget ga mosting resep, foto2nya sih ada beberapa dan udah di draft recipe, hanya ngetik resepnya itu lho...kudu nunggu mood lewat. Ini ga tau mood gatau setan yg lewat..hihi.. Aku suka bgt masakan Manado, versi halal ya, karena pedas dan enaak. Dulu sampai mesen ikan roa langsung dari temen kantor yg pulang kampung ( Marni ) which is asli Gorontalo ( gorontalo kan tetanggan sama Menado ya dan resepnya mirip2 toh?). Tau ga, ngasih duit 100ribu dapat ikan roa satu dus indomie campur cabe sulawesi yg pedesnya ngelebihin cabe rawit merah ). Ampe bingung, apa ga ketauan ya dipesawat bawa ikan asep segitu banyak, kan bau asep tar tuh bagasi. eniwei, pokoknya nyambel roa asep tiap hari, sedaappp, sampe akhirnya hamil dan ga berani makan pedes2. Ngelantur deh.. Okeh. Resep dibawah didapat dari Merriane Magdalena Umboh, temen sd,smp. Menado asli dan kawin dengan orang Menado pula. Poll bgt Menado Menado-nya kann.. Dulu jaman SMP-SMA kalau dia Natalan kita SMA anak2 segeng suka rame2 ke rumahnya, dan takjub ada hidangan manado lengkap di rumahnya. Dari yg hidangan sering kita (anak2 yg muslim) liat seperti ayam buluh, dabu dabu sampe yg kita jarang liat ( guguk rica2 atau babi rica2 ) hua....Seru deh, jadi ajang wisata kuliner, mata doang yg wisata tapinya. Dan juga jadi

ajang becandaan, seperti "anjing tetangga mana Mer yg lo culik" hhiihihi...Tentu kita yg muslim hanya ng berani makan yg dijamin halal oleh Mery yaitu ayam buluh (nanya dulu ke mamanya pakai darah atau minyak babi ga) , ikan cakalang rica ( segede paus :P ), dabu2 dan yg selalu dinanti fruit punch andalan dabu2 keluarganya (ntar minta resepnya lagi ah..). Akhir kata, pas kemarin ketemuan lagi dengan Merry, dalam rangka kawinan teman yg sekalian jadi ajang reunian, mulai sering kontak2an lagi deh kita. Ujung2nya nodong resep keluarganya. Dikasih 2, yaitu woku belanga (buat lusa deh), dan balado ikan cakalang ini.Tapi masih ada lagi yg mau nyusul, Ikan Bobara Panggang Rica2, mau ditelpon ke mamanya dulu, Asiik . Nafsu bener nih mau tau resepnya Bobara Bakar (ikan kue), soalnya pernah makan di resto menado di TIS square, enak bgt Ikan Bobaranya, pedes2 wangi oalnya dan minimalis. Besok deh aku telpon lagi si Merry, moga2 dapet resep2 lainnya.... Bahan-bahan: 1 ekor Ikan tongkol yg sedang (kalau ada cakalang lebih sip kata Merry) 1 jeruk nipis&garam 10 siung bawang merah iris2 ( tadinya Merry bilang kira2 aja, untung diperjelas, ternyata kira2nya orang Sunda dan orang Menado beda ye,10 siung gitu loh yg sedang, untung aku ga bikin 5 siung seperti biasanya ) 15 cabai rawit merah diulek (kalau ga tahan pakai cabe merah aja, dan kalau mau mantap cari cabe rawit ulek sulawesi kata Merry lagi) Garam dan vetsin kalau suka ("AWAS jgn pakai gula Sher, kita orang Menado ga suka pakai gula masaknya", kata Merry galak bgt deh..) 2 Tomat iris2 Petunjuk 1. Ikan di potong2, dijerukin dan digaramin, ga lama kemudian di goreng. 2. Bawang merah ditumis ("bawang harus sampai matang dan kecoklatan mendekati garing kalau nggak, nggak enak Sher, langu...", Ini masih Merry yg ngomong lho) 3. Masukan cabai ulek, dan ( tumis sampai matang bgt, lagi kata Merry) 4. Tomat dimasukin sampai matang sekali ( bawel nih sumpah yg ngasih resep, takut aku salah praktek, but i luv u Merr..thx resep2nya ) 5. Baru terakhir ikan gorengnya dimasukkin.. Sekian reportasenya... Btw fotonya udah sore, kurang banyak sambelnya, udah abis digadoin sama nasi dari pagi, salah nih, bener kata Merry, enakkan pakai rawit merah, mungkin akan puas walau sedikit, jadi ga ngambil sambel mulu..Soalnya cabe rawit merah habis stocknya di kulk kulkas.... btw, ini resep ga pake daun jeruk dan sereh ya, yg woku belanga sih pake lengkap merry ngasih taunya, yg ini gak kenapa ya...apa aku lupa nyatet? atau ada bbrp versi dari ikan cakalang goreng sambel ini ya temans? Btw ini ternyata katanya namanya Ikan Sous.. kan

Resep Bubur Ketan Leci Recipe
July 16th, 2011 Resep | Recipe

Kali ini ResepRecipe.Com menghadirkan resep Bubur Ketan Leci, salah satu kreasi Resep , Kudapan, bagi Anda semua yang gemar bereksperimen dengan dapur Anda tercinta. Resep ini kami peroleh dari berbagai sumber referensi yang terpercaya, jadi silahkan langsung aja disimak baik baikbaik ya. Dijamin top deh hasilnya :)

Bahan Bubur Ketan Leci
Bahan Yang Dibutuhkan:
• • • • • •

250 gr beras ketan putih 750 ml santan cair 150 gr gula pasir 1 sdm esens leci 1/2 sdt garam Buah leci kaleng secukupnya siap beli

Saus:

100 ml sirup frambozen, siap beli

Cara Membuat Bubur Ketan Leci
• • • • •

Rendam beras ketan putih selama 3 jam, cuci bersih, tiriskan. Campur beras ketan, santan cair, gula pasir, garam dan esens leci. Masak hingga ketan matang dan mengental. esens Siapkan mangkuk saji, tuang bubur hingga hampir penuh. Taruh beberapa buah leci di atas bubur, tuangi dengan saus merah. Sajikan hangat atau dingin.
Posted in Resep Aneka Bubur, Resep Berbuka Puasa, Resep Kudapan

Resep Bubur Kacang Tanah Recipe
July 16th, 2011 Resep | Recipe

Kali ini ResepRecipe.Com menghadirkan resep Bubur Kacang Tanah, salah satu kreasi Resep , Kudapan, bagi Anda semua yang gemar bereksperimen dengan dapur Anda tercinta. Resep ini kami peroleh dari berbagai sumber referensi yang terpercaya, jadi silahkan langsung aja disimak baik baikbaik ya. Dijamin top deh hasilnya :) Bahan Bubur Kacang Tanah
• • • • •

750 cc santan 1 lembar daun pandan, potong-potong potong 1 lembar daun jeruk purut 1/2 sdt garam 200 gr gula pasir

• • • • • •

25 gr gula pasir 25 gr tepung beras putih 200 gr kacang tanah, rebus sampai lunak, buang kulit arinya 75 gr manisan pepaya, potong tipis Sirup merah secukupnya es serut secukupnya

Cara Membuat Bubur Kacang Tanah
• • • •

Rebus 500 cc santan bersama daun pandan, daun jeruk, garam, dan gula pasir. Aduk dan jaga supaya santan jangan pecah dengan cara terus diaduk. Larutkan tepung beras dan tepung ketan dengan sisa santan. Tuangkan larutan tepung kedalam santan mendidih sambil diaduk rata sampai menjadi bubur matang. Angkat. Masukkan kacang tanah rebus, aduk rata. Hidangkan di mangkuk, taburkan manisan pepaya, lalu tambahkan sirup merah dan es serut.
Posted in Resep Aneka Bubur, Resep Berbuka Puasa, Resep Kudapan

Resep Bubur Kacang Hijau Recipe
July 16th, 2011 Resep | Recipe

Kali ini ResepRecipe.Com menghadirkan resep Bubur Kacang Hijau, salah satu kreasi Resep , Kudapan, bagi Anda semua yang gemar bereksperimen dengan dapur Anda tercinta. Resep ini kami peroleh dari berbagai sumber referensi yang terpercaya, jadi silahkan langsung aja disimak baik baikbaik ya. Dijamin top deh hasilnya :) min Bahan Bubur Kacang Hijau
Bahan Yang Dibutuhkan:
• • • • •

250 gr kacang hijau 175 gr gula pasir 1 liter air 1/2 sdt garam 1/2 sdt vanila bubuk

Saus:
• •

200 ml santal kental 1/4 sdt garam

2 lembar daun pandan

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau
• • • •

Rendam kacang hijau selama 6 jam, cuci bersih, angkat dan tiriskan. Didihkan air, garam, dan vanili bubuk. Masukkan kacang hijau, masak hingga kacang empuk dan air berkurang. Masukkan gula pasir, masak hingga bubur mengental, angkat, sisihkan. Sajikan segera bubur dengan sausnya.
Posted in Resep Aneka Bubur, Resep Berbuka Puasa, Resep Kudapan

Resep Bubur Delima Recipe
July 14th, 2011 Resep | Recipe

Kali ini ResepRecipe.Com menghadirkan resep Bubur Delima, salah satu kreasi Resep Kudapan, , bagi Anda semua yang gemar bereksperimen dengan dapur Anda tercinta. Resep ini kami peroleh dari berbagai sumber referensi yang terpercaya, jadi silahkan langsung aja disimak baik baik-baik ya. Dijamin top deh hasilnya :) Bahan Bubur Delima
Bahan Yang Dibutuhkan:
• • • • • •

200 gr biji delima, siap beli 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air 125 gr gula pasir 1/2 sdt garam 750 gr air 2 lembar daun pandan

Saus:
• • • •

150 gr santan kental 1/4 sdt garam 1 sdt gula pasir 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Bubur Delima

• • •

Rendam biji delima dalam air selama 30 menit, angkat, tiriskan. Rebus air, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan delima. Masak hingga biji delima mekar dan kenyal. Tambahkan gula pasir. Aduk rata bubur, kentalkan dengan maizena cair. Masak hingga bubur matag. Angkat dan sisihkan.

Saus:
• •

Campur semua bahan, rebus hingga mendidih sambil diaduk terus agar santan tidak pecah. bus Sajikan bubur delima hangat dengan sausnya.
Posted in Resep Aneka Bubur, Resep Berbuka Puasa, Resep Kudapan

Resep Bubur Candil Hijau Recipe
July 14th, 2011 Resep | Recipe

Kali ini ResepRecipe.Com menghadirkan resep Bubur Candil Hijau, salah satu kreasi Resep , Kudapan, bagi Anda semua yang gemar bereksperimen dengan dapur Anda tercinta. Resep ini kami peroleh dari berbagai sumber referensi yang terpercaya, jadi silahkan langsung aja disimak baik baikbaik ya. Dijamin top deh hasilnya :) min Bahan Bubur Candil Hijau
Bahan Yang Dibutuhkan:
• • • • • •

200 gr tepung terigu 4 sdm tepung kanji 100 ml air daun suji dan 300 lembar daun suji yang ditumbuk 1 sdm air kapur sirih 3 tetes pewarna hijau 125 ml air hangat

Bahan Kuah:
• • • • • •

100 ml air daun suji dari 20 lembar daun suji yang ditumbuk 1500 santan dari 1 butir kelapa 300 gr gula pasir 1 1/4 sdt garam 250 gr tepung ketan 25 gr tepung kanji

Bahan Saus:

400 ml santan dari 1/2 butir kelapa

• •

1/2 sdt garam 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Bubur Candil Hijau
• • • •

Aduk bahan candil hingga kalis, bulatkan lali rebus dalam air mendidih hingga terapung. Sisihkan. Didihkan santan, air daun suji, gula dan garam sambil diaduk. Ambil satu sendok sayur lalu tuang ke dalam campuran tepung ketan dan tepung kanji yang telah di dicairkan dengan 100 ml air. Tuangkan campuran tepung kedalam rebusan kuah, tambahkan candil, aduk rata. Angkat. Setelah dingin tuang ke atas bubur.
Posted in Resep Aneka Bubur, Resep Berbuka Puasa, Resep Kudapan

Tuna Goreng Tepung
Posted by: / Category: Resep Daerah

Bahan :
• • • • •

250 gram ikan tuna fillet, potong tipis sesuai selera 2 sdm air jeruk nipis garam secukupnya tepung instant untuk goreng ik ikan/ ayam (sudah berbumbu) minyak untuk menggoreng

Cara membuat : 1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan beri garam. Diamkan 15menit agar amisnya hilang. Kemudian cuci bersih, dan tiriskan. 2. Gulingkan ikan ke tepung instan, dua kali agar tepung lebih tebal. 3. Diamkan 10 menit agar tepung menempel sempurna. 4. Panaskan minyak, dan goreng ikan hingga kuning, angkat tiriskan. Saran penyajian : hidangkan bersama sayur asem dan sambal terasi.

Resep Masakan Sambal Bakasang
Bahan Sambal Bakasang :
• • • • • • • • •

Bakasang / Terasi, 2 sendok teh, bakar Ikan cakalang, 4 ruas jari, bakar as Bawang merah, 4 butir, bakar hingga layu Tomat, 1 buah, bakar hingga layu Cabai merah, 2 buah Cabai rawit, 5 buah atau sesuai selera Jahe, 1/2 cm Garam, secukupnya Air jeruk limau, 1 sendok teh

Cara membuat Sambal Bakasang : 1. Haluskan bakasang, ikan cakalang, bawang merah, tomat, cabai merah, cabai rawit, g, jahe dan garam hingga halus. 2. Tambahkan air jeruk, aduk rata. 3. Sajikan sambal. Untuk 4 porsi Tips Sambal Bakasang :
• • •

Untuk mendapatkan aroma yang nikmat sebaiknya bakar bahan sambal di atas arang. Sambal ini cocok disajikan sebagai pelengkap ikan, udang dan makanan seafood lainnya. Sambal ini akan lebih nikmat jika disajikan dengan pelengkap daun kemangi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->