KLIPING SENI RUPA MURNI MANCANEGARA

Disusun Oleh:

LILI KARTIKA Kelas IX6

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 KOTA SOLOK 2012 SENI RUPA MURNI MANCANEGARA

Lukisan Mona Lisa Mona Lisa. yang terbit 31 tahun setelah ia meninggal dunia. dan desain. bidang. mitologi. Nama atau judul lukisan Mona Lisa berasal dari biografi Giorgio Vasari tentang Leonardo da Vinci. kriya. tekstur. istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts. dan parodi. yaitu seni rupa murni atau seni murni. Di dalam buku ini disebutkan bahwa wanita dalam lukisan ini adalah Lisa Gherardini. 1. atau La Gioconda (La Joconde). Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. istri seorang pengusaha Firenze yang kaya bernama Francesco del Giocondo. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern. Lukisan ini dimiliki oleh pemerintah Perancis dan dipamerkan di Musée du Louvre di Paris. 2. Patung Liberty . warna. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan ekskresi pribadi. bentuk. sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi. studi. adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16.Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. garis. volume. Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori. dan pencahayaan dengan acuan estetika. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian.

yang ternyata didesain oleh pemahat Prancis. 4. Frederic-Auguste Bartholdi pertama kali dibangun dan disusun di Prancis pada tahun 1874. Patung Dewi Kemerdekaan tersebut dipersembahkan oleh rakyat Prancis kepada rakyat Amerika. Patung Buddha Bamiyan Patung Buddha dari Bamiyan dahulu merupakan monumen yang terdiri dari dua patung Buddha yang berdiri dan diukir di sisi sebuah jurang di lembah Bamiyan. Kemungkinan besar patung-patung ini dibuat pada abad ke-5 atau ke-6 dan merupakan perpaduan klasik antara seni gaya Yunani dan seni Buddha. 3. di tengah Afganistan.Patung Liberty. kebanggaan dan simbol Kota New York. Lokasi patung berada kurang lebih 230 km arah barat laut Kabul pada ketinggian 2500 meter. Patung tersebut. ternyata bukan dibuat di New York. sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke-100. Patung Pieta .

Dapat juga diartikan “calon Buddha“. 6. kapel pertama di kanan basilika pada abad ke-18. Bodhisattva (bahasa Sanskerta) atau Bodhisatta (bahasa Pali) atau Photishat (bahasa Thai: ) adalah makhluk yang mendedikasikan dirinya demi kebahagiaan makhluk selain dirinya di alam semesta. tetapi kemudian dipindahkan ke lokasinya yang sekarang. seorang Bodhisatwa. Patung Ganesya . Patung tersebut dibuat sebagai monumen di makam kardinal Perancis Jean de Billheres.Patung Pietà (1498-1499) adalah sebuah patung marmer karya Michelangelo yang terletak di basilika Santo Petrus di Roma. Italia yang merupakan karya pertama dari sekian banyak karya dengan tema yang sama oleh Michelangelo. Patung Bodhisatwa Dalam ajaran agama Buddha. 5.

Lukisan dan patungnya banyak ditemukan di berbagai penjuru India. mirip dengan gambar visualisasi permukaan laut bumi yang diambil oleh NASA dari angkasa. Dalam relief. Winayaka dan Pilleyar. 7. Vincent van Gogh. ia sering digambarkan berkepala gajah. Dalam tradisi pewayangan. yang memiliki gelar sebagai Dewa pengetahuan dan kecerdasan.Ganesa adalah salah satu dewa terkenal dalam agama Hindu dan banyak dipuja oleh umat Hindu. dan dianggap merupakan salah satu putera Bhatara Guru (Siwa). Lukisan Starry Night Pelukis pasca-impresionis asal Belanda. sangat mengagumkan. Ia dikenal pula dengan nama Ganapati. Tibet dan Asia Tenggara. Dewa penolak bala/bencana dan Dewa kebijaksanaan. termasuk Nepal. Satu lukisannya berjudul 'The Starry Night' atau 'Malam Berbintang'. patung dan lukisan. . Dewa pelindung. yang dibuat pada 1889. berlengan empat dan berbadan gemuk. ia disebut Bhatara Gana.

8. sebuah aliran seni modern. dengan putaran arus yang ada di permukaan laut berwarna biru. Sosok wanita dalam lukisan minyak dengan media kanvas berukuran 130 cm x 97 cm ini tak lain adalah kekasih Pablo. Lukisan Girl with a Pearl Earring. Pablo Picasso merupakan pelukis yang pertama kali mengenalkan Cubism. 9. diantara cahaya bintang dan bulan. Gambaran penderita epilepsi itu hampir sama dengan visualisasi NASA. Salah satu lukisan Pablo yang terkenalya itu Le Reve (The Dream dalam bahasa Perancis) yang ia buat pada tahun 1932. Lukisan The Dream Pablo Picasso memelopori gerakan seni modern disebut Kubisme dan secara luas diakui sebagai artis yang paling penting dari abad ke-20. .Sapuan kuas Van Gogh di atas kanvas dalam lukisan itu menunjukkan seperti adanya putaran arah angin yang menyelimuti angkasa di waktu malam. Ia juga dianggap sebagai sosok seniman paling berpengaruh sepanjang abad 20.

Lukisan karya Jan Vermeer ini menggambarkan foto diri seorang gadis. Lukisan ini bahkan mendapat julukan “Mona Lisa of the north” atau “The Dutch Mona Lisa”. Titik pandangan lukisan ini terletak pada permainan warna di latar lukisan dan di bagian anting telinga. uang diasumsikan hendak melangsungkan pernikahan. Saat ini. . yang telah mengilhami banyak karyanya. Lukisan From the Lake Georgia O'Keefe menghabiskan hari-harinya di Danau George. lukisan ini tersimpan di The Maurtshuis in The Hague. 10. New York pada awal 1900-an. Saking populernya “Girl with a Pearl Earring sering disandingkan dengan “Mona Lisa” karya Leonardo Da vinci. Lukisan ini menampilkan gelombang lembut dan riak Danau George.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful