P. 1
Pengaruh Cahaya (Bio)

Pengaruh Cahaya (Bio)

|Views: 10|Likes:
Published by Laras Chu Taemin

More info:

Published by: Laras Chu Taemin on Sep 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/06/2014

pdf

text

original

.

I Gst Ayu Intan Widiasih Luh Gede Kharisma Jayanti Laras Ayu Agustina Ni Komang Lilik Handayani (19) (22) (23) (25) .

Tujuan Membuktikan bahwa cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang merah B. Alat dan Bahan Pot 2 buah Penggaris Biji kacang merah (10 buah) Air Tanah .A.

kemudian sajikan dalam bentuk grafik! 8. Dari data yang diperoleh. Buatlah kesimpulan dari percobaan yang telah dibuat! .C. Ambilah 10 biji kacang merah dengan kondisi yang baik! Isilah pot A dan pot B dengan tanah yang sama keadaannya! Tanami setiap pot dengan 5 biji kacang merah! Siramlah setiap pot dengan air! Letakan pot A pada tempat yang langsung terkena cahaya matahari dan pot B pada tempat teduh! 6. kemudian tulislah hasil pengukurannya pada sebuah tabel! 7. 4. 2. 3. analisislah data tersebut. 5. Langkah kerja : 1. Amati dan ukurlah tinggi kecambah kacang merah setiap hari selama tujuh hari.

2 cm 11.D.3 cm 8 cm 9 cm 10. Dalam tabel Pengukuran hari ke1 2 3 4 5 6 7 Rata-rata tinggi kecambah pada pot A (di tempat terang) 0 cm 1.8 cm 17 cm .7 cm Rata-rata tinggi kecambah pada pot B (di tempat gelap) 0 cm 2 cm 4.3 cm 14.2 cm 1.1 cm 8.5 cm 5. Hasil pengamatan 1.

Hari pertama .

Hari ke-2 .

Hari ke-3 .

Hari ke-4 .

Hari ke-5 .

Hari ke-6 .

Hari ke-7 .

Dalam grafik Pertumbuhan Kacang Merah 18 16 14 12 10 8 6 4 2 0 1 2 3 4 5 6 7 Pertumbuhan hari ke- Rata-rata tinggi batang Pot A (terang) Pot B (gelap) .b.

sedangkan yang di tempat gelap tampak layu  Di tempat terang kecambah akan tumbuh lebih lambat daripada di tempat gelap  Batang kecambah yang tumbuh di tempat terang berwarna hijau dan kuat. sedangkan yang di tempat gelap warna daunnya kuning (pucat)  Daun kecambah di tempat terang tampak segar. Analisis  Daun kecambah yang di tempat terang berwarna hijau. sedangkan batang kecambah yang tumbuh di tempat gelap berwarna putih susu dan lemah .E.

Sebaliknya tumbuhan yang tidak mendapatkan cahaya matahari akan tumbuh dengan layu. Tumbuhan yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup akan tumbuh dengan kuat dan sehat.F. . rapuh dan tidak sehat. Kesimpulan Cahaya merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->