Tutorial Foto Jadi Kartun

http://www.karbazon.co.

cc

CopyRight©2011

1

MEMBUAT FOTO MENJADI GAMBAR KARTUN DENGAN ADOBE PHOTOSHOP Membuat foto menjadi Gambar Kartun dapat dilakukan dengan banyak cara, seerti dengan menggunakan software khusus untuk membuat foto menjadi kartun seperti “Photo to Cartoon” atau dengan menggunakan Adobe Photoshop. Di internet memang sudah banyak kita temui berbagai macam cara membuat Foto menjadi kartun menggunakan photoshop dari cara yang mudah hanya dengan menggunakan filter-filter sampai cara yang sulit seperti melukis menggunakan Photoshop. Tutorial kali ini akan saya berikan cara membuat Foto menjadi Kartun dengan menggunakan Adobe Photoshop yang menurut saya tutorial yang saya berikan ini relatif lebih mudah hanya diperlukan kemampuan dasar-dasar dari photoshop seperti Tehnik Seleksi objek dengan Pen Tool dan tehnik pewarnaan saja. Contoh hasil Foto menjadi Gambar Kartun

FOTO AWAL

GAMBAR AKHIR

1. Siapkan foto yang akan kita ubah menjadi gambar kartun, Sebaiknya gunakan foto dengan kualitas yang bagus, tidak kabur atau buram dan foto dengan resolusi tinggi lebih baik karena akan diperoleh hasil gambar kartun yang bagus 2. Buka foto langsung menggunakan Photoshop Saya menggunakan foto OKI SETIANA DEWI, Lalu lakukan seleksi terhadap objeknya menggunakan Pen Tool

co. Lalu hilangkan Lambang mata pada layer Background untuk menghilangkan Latar belakang gambar sehingga sekarang hanya terlihat objek saja tanpa ada latar belakang 4. Setelah terseleksi. Pilih Layer 1 Copy. kemudian Buka menu IMAGE > ADJUSTMENTS > Pilih DESATURATE (SHIFT + CTRL + U) maka foto akan berubah menjadi hitam putih .http://www. Buka Menu EDIT > pilih COPY lalu Buka Lagi menu EDIT > Pilih PASTE maka otomatis akan terbentuk layer baru (Layer 1) di atas layer Background.cc CopyRight©2011 2 3. Duplikat layer 1 (CTRL + J) maka akan kita peroleh layer baru (Layer 1 Copy).karbazon.

Maka sekarang foto menjadi tidak terlihat dan ditutupi oleh warna putih 6. Untuk gambar ini saya menggunakan Radius 8 Pixel.cc CopyRight©2011 3 5. Tetap dilayer yang sama Kemudian ambil Menu FILTER > BLUR > GAUSSIAN BLUR atur nilai Radiusnya antar 3 Pixel – 10 Pixel (Tergantung kualitas foto anda) atau anda atur sendiri Nilai radiusnya sampai gambar anda terlihat jelas seperti sketsa. Terakhir Klik OK .karbazon. Pilih layer tersebut lalu Pilih menu IMAGE > ADJUSTMENTS > Pilih INVERT maka foto akan menjadi seperti negatif film.http://www. Lalu ubah Blending Mode dari NORMAL menjadi COLOR DODGE.co. Duplikat Layer 1 Copy (Ctrl + J) Sehingga akan kita peroleh layer baru dengan nama Layer 1 Copy 2.

pertama-tama saya akan menseleksi bagian Jelbab/Kerudungnya. lalu pilih layer 1 dan mulai seleksi bagian Jelbab/Kerudungnya saja menggunakan Pen Tool 9. Dari gambar yang saya jadikan contoh.cc CopyRight©2011 4 7. lalu aktifkan seleksinya dengan cara Tekan dan tahan Tombol CTRL pada keyboard lalu dengan tombol CTRL masih ditahan Klik 1 Kali Gambar pada layer Jelbab maka akan muncul Seleksi bagian jelbab saja . Ambil Menu EDIT > Pilih COPY. Terlebih dahulu Sembunyikan Layer 1 Copy dan Layer 1 Copy 2 dengan cara klik lambang mata sehingga yang aktif hanya layer 1. bisa menggunakan Pen Tool atau Tool seleksi lainya setelah itu baru diwarnai. Terlebih dahulu kita harus menseleksi setiap bagian-bagian dari objek kita. Setelah terseleksi bagian Jelbab/Kerudung.http://www.karbazon. Kini langkah awal sudah selesai sekarang dilanjutkan dengan langkah Mewarnai.co. kemudian Pilih Layer 1 Copy 2 kemudian Buka lagi Menu EDIT > Pilih PASTE maka diperoleh layer baru di atas Layer 1 Copy 2. 8. Ganti nama layer baru yang kita peroleh menjadi ‘Jelbab” Kemudian Pilih layer Jelbab.

maka seluruh bagian jelbab/kerudung terisi warna. Hilangkan seleksi dengan cara CTRL + D dan ubah Blending Option dari NORMAL menjadi MULTIPLY lalu munculkan kembali Layer 1 Copy dan Layer 1 Copy 2 yang tadi disembunyikan dengan cara klik pada lambang mata disamping layer. Dengan bagian Jelbab/kerudung masih terseleksi masuk ke menu EDIT > Pilih FILL pada kotak dialog yang muncul pada bagian “Contents – USE pilih COLOR maka akan muncul kotak warna isikan kode warna (untuk gambar ini saya pakai kode #3ad2b9) yang sesuai dengan warna dari foto asli (atau boleh juga pilih warna sesuai selera) Klik OK 2 kali.cc CopyRight©2011 5 10. maka bagian jelbab/kerudung sudah terwarnai dengan sempurna .http://www.co. 11.karbazon.

karbazon. Untuk selanjutnya lakukan seleksi dan pewarnaan untuk bagian WAJAH. Pada Bagian BIBIR juga dilakukan Seleksi dan Pewarnaan dengan cara yang sama (bagian Gigi tidak ikut diseleksi). Layer baru hasil Seleksi diganti nama menjadi Bibir dan warna kode warna untuk Bibir #a60b0a (0=Nol) Blending Mode : Multiply dan tambahan agar warna pada bibir tidak begitu pekat maka jangan lupa mengurangi nilai Opacity dari 100% menjadi 24 % (atau sesuai selera) .http://www. (Bagian Gigi tidak ikut diseleksi) caranya sama seperti langkah pada Poin 8 sampai 11. tetapi jangan lupa untuk mengubah nama layer baru hasil seleksi menjadi Wajah dan letak layer wajah berada di atas layer Jelbab serta kode warna untuk wajah adalah #fbd884 13.cc CopyRight©2011 6 12.co.

Terakhir seleksi pada bagian kedua MATA dengan cara yang sama. perhatikan setiap bagian layer. Layer Baru hasil seleksi diganti nama menjadi “Mata”. 15. Ambil Brush Tool bentuk lingkaran (Hard Round) (Ukuran Brush disesuaikan) lalu Tekan tombol D pada Keyboard untuk menormalkan warna. Aktifkan Layer Mata. lakukan pewarnaan secara manual menggunakan Brush Tool. (Bulu mata tidak ikut diseleksi).http://www. lalu pilih Layer paling atas (Layer Mata).cc CopyRight©2011 7 14. jika terdapat ada bagian yang tidak terwarnai.karbazon. Langkah terakhir Lakukan proses Finishing. tekan tombol kombinasi Shift + Ctrl + Alt + E sehingga akan kita peroleh Layer Baru (Gabungan semua layer) yang terletak paling atas (Layer 2) . lalu ganti warna Putih untuk mewarnai bagian pinggir mata. Sembunyikan Layer 1 (Klik Lambang mata). Kemudian untuk pewarnaan pada bagian mata kita lakukan secara manual menggunakan Brush Tool. 16. Setelah itu Pilih warna hitam dan mulai mewarnai menggunakan Brush Tool dengan warna hitam pada bagian tengah mata.co.

17.karbazon. maka akan muncul lembar kerja baru 18.co. pada menu yang muncul pilih DUPLICATE LAYER kemudian akan muncul kotak dialog. Maka hasil akhir tampak seperti dibawah ini . tempatkan Layer Gambar Background/Latar belakang tepat di bawah gambar Kartun. Siapkan gambar Background lalu Pada lembar kerja baru.cc CopyRight©2011 8 Sampai langkah 16 di atas . Foto telah sempurna berubah menjadi gambar kartun. Jika kita ingin memberikan Background/Latar belakang pada gambar kartun ini dapat dilakukan dengan cara Pilih layer paling atas (Layer 2) lalu Klik kanan. Pada bagian “Destination – Ducuments pilih NEW Klik OK.http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful