Pengelompokan seni rupa secara garis besar

mengelompokkan seni rupa secara umum, sebelumnya kita juga sudah membahas tentang Pengertian Seni Audio Visual dan Audiovisual jugaPembagian Seni, adapun pengelompokan senirupa secara garis besar sebagai berikut:

A. Seni Murni (Fine Art/Pure Art) Seni murni adalah bentuk seni rupa diciptakan secara lebih mengutamakan unsur ekspresi jiwa pembuatnya (seniman) tanpa mencampuradukannya dengan fungsi maupun kegunaan tertentu. Tujuan seni murni diciptakan khusus untuk dinikmati segi estetik serta artistiknya. Kebebasan berekspresi sangat penting dalam berkarya seni murni. Kelompok seni mudrni ini terdiri atas seni lukis juga seni patung.

Seni Lukis Seni lukis adalah salah satu seni rupa berwujud dua dimensi. Seni ini termasuk seni rupa sudah berumur tua, terbukti adanya goresan-goresan di dinding gua sudah ada sejak zaman prasejarah. walaupun awalnya goresan-goresan itu dibuat untuk ritual. setelahnya, seni lukis berkembang dengan munculnya macam-macam aliran seperti kubisme, naturalis, serta realistis.

Seni Patung Seni patung adalah bentuk seni rupa tiga dimensi. Seni patung sudah berumur tua. Pada awalnya patung-patung tersebut untuk ritual pemujaan. Patung-patung itu ada terbuat dari kayu juga bongkahan batu. Sampai sekarang, teknik mematung terus mengalami perkembangan.

B. Seni Pakai (Applied Art) Seni pakai biasa disebut seni terapan merupakan karya seni rupa yang mengutamakan fungsi tertentu, tidak melepas aspek estetis. Seni terapan itu diantaranya seni dekorasi, seni reklame, seni ilustrasi, seni kerajinan/kriya, seni arsitektur, keramik, seni batik, dan grafika (seni cetak mencetak). pembagiannya kita bahas lain waktu.

yaitu seni yang dapat dinikmati melalui kata. seni tari. Seni audio (auditory art) Senia audio adalah seni yang dapat dinikmati dengan indera pendengaran (telinga). Contoh seni audio adalah sebagai berikut: a. c. 1. dan visual. yang meliputi ruang dan wujud yang bisa dicoba. dan seni sinematologi. nada. teknik yang dipergunakan. Seni sastra. Misalnya : seni patung. merupakan perpaduan gerak dan nada. seorang seniman selalu berhubungan dengan media yang dipilih. dan gerak. atau pertunjukan piano. Seni tari. cahaya. c. Misalnya : seni lukis. arsitektur. Misalnya : pertunjukan band. Berdasarkan hal tersebut. Seni dua dimensi. dan visual. b. seni visual. Seni drama. Contoh dari seni visual antara lain adalah sebagai berikut : a. Misalnya pertunjukan gamelan.Pembagian Seni Dalam proses penciptaan karya seni. warna. Seni suara. dan pantomime. yang meliputi : garis. . yaitu seni yang dapat dinikmati melalui nada. Contoh dari seni audio visual antara lain adalah sebagai berikut ini : a. seni dapat dibagi menjadi seni audio. b. Seni audio visual (auditory visual art) Seni audio visual yaitu seni yang dapat dinikmati oleh indera pendengaran dan indera penglihatan. Seni visual (visual art) Seni visual adalah seni yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan (mata). bentuk. Misalnya : pembacaan puisi atau pun drama. Seni music. merupakan perpaduan dari gerak. merupakan perpaduan dari gerak. Seni opera. yaitu seni yang dapat dinikmati melalui nada dan kata. Seni tiga dimensi. kata. 3. seni grafis. 2. b. dan seni audio visual. serta cara untuk menikmatinya.

meja. patung. Kriya juga lebih seringmengikuti tradisi daripada penemuan yang sering ditemukan secara individuoleh seorangperupa. dan volume. dan seni kerajinan.produk. warna. perkumpulan. tekstur. seni grafis. Kriya Kriya adalah kegiatan seni yang menitik-beratkan kepada keterampilantangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan dilingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai. Seni rupa biasanya memanfaatkan unsure garis. Contoh hasil karya seni rupa adalah : lukisan. Untuk menghasilkan siluet. reklame. kursi.Siluet juga bisa dihasilkan dengan menghalangi pantulan cahaya objekutama secara selektif. dan mewakili suatu arti dari perusahaan. yaitu sebagai berikut ini : 1. cahaya dari bagianbelakang objek harus sangat terang kemudian ditangkap dengan mengukurluminitascahaya latar belakang. dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yangsingkat dan mudah diingat sebagai ganti dari nama sebenarnya . kaligrafi. Logo Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan artitertentu. bidang. diorama. namun tetapdengan tidak terlalu berkonsentrasi kepada kepuasan emosi seperti lazimterjadi misalnya pada karya lukis dan patung.Kriya bisa "meminjam" banyak pengetahuan dalamseni rupa murniseperticara mematung atau mengukir untuk menghasilkan produk. spanduk. Seni rupa Karya seni rupa dapat dinikmati dengan indera penglihatan (visual) dan peraba. negara. tetapi jugabernilaiestetis. Siluet Siluet adalah efek yang dihasilkan dalamfotografi karena adanya perbedaansignifikanantara pantulancahayaobjek utama di bagian depan gambardengan latar belakangnya.Pembagian seni secara umum berdasarkan penikmatnya dibagi menjadi lima cabang. poster. daerah.

puisi. irama.2. latar. dan drama. Seni tari Seni tari adalah seni yang diwujudkan melalui gerak. Seni teater Seni teater adalah seni yang memadukan unsure gerakan dan kata. Karya seni ini dapat dinikmati dengan indera penglihatan dan indera pendengaran (audio visual). Sumber: http://id. waktu. 5. tulisan. Biasanya dalam teater terdapat naskah. dan alat pengiring. dan kalimat yang mengandung nilai estetis untuk mendapatkan kepuasan rohaniah. Seni music Karya seni music dapat dinikmati dengan indera pendengaran (auditory) yang dibentuk dari unsure nada dan bunyi dalam alat music. suara dari manusia (vocal). penokohan. dan susunan unsur gerak tubuh secara teratur dan menurut pola-pola tertentu sehingga menimbulkan gerakan yang indah dan memesona. wiraga.shvoong. Bentuk karya sastra dapat berupa prosa. atau pun gabungan dari keduanya. ruang. 4. 3. Seni sastra Seni sastra adalah seni yang mengungkapkan pengalaman jiwa dan perasaan dalam bentuk bahasa.com/humanities/arts/2238885-pembagian-seni/#ixzz264YxzckW . Seni teater dapat dinikmati dengan indera penglihatan dan indera pendengaran (audio visual). tempat. Contoh teater terkenal adalah teater koma. wirasa.

(4)seni Instalasi. kemudian muncul pengaruh hindu buda dengan peninggalan bentuk-bentuk wayang di hampir semua wilayah indonesia terutama wilayah jawa. yang selanjutnya disebut jaman Klasik Dan setelah Indonesia merdeka Sampai sekarang kita kenali Lukisan itu beragam dan aneh-aneh yang kemudian kita sebut sebagai seni lukis Jaman Kontemporer.(8)koreografi dan (9)Fotografi 1. Roder lukisan gua di Sulawesi Selatan . SENI LUKIS Beberapa sumber literatur dapat kita kenali seni lukis sudah ada sejak jaman primitif. antara lain melihat pameran senirupa. Lukisan di dinding gua di Maluku ditemukan oleh J.Contoh contoh karya seni A. lukisan di dinding GOA merupakan contohnya.(2)Seni grafis.(6)Seni keramik. Seni rupa murni Untuk mengenali karya seni murni dibutuhkan banyak kegiatan. DIY. Seni Rupa Murni dikenali sebagai berikut : (1)Seni Lukis. dan bali.(5)Seni Pertunjukan. mengunjungi sanggar seni lukis. banyak melihat artikel tentang senirupa nusantara baik media cetak maupun elektronik.(7)Seni Film.(3)Seni patung.

Sulawesi Tenggara  CONTOH LUKISAN JAMAN KLASIK Lukisan Kaca Cirebon oleh seniman Bambang lukisan klasik Bali .Lukisan gua-gua yang berada di Pulau Muna.

Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan. biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa. Berikut adalah beberapa contoh seni grafis: . bukan sebuah salinan. ini yang disebut dengan proses cetak. Lukisan atau drawing. Namun bukan impression yang biasa kalian lihat di program PPC yang kalian ikuti :D. Namun matrix yang umum digunakan adalah: plat logam. proses pembuatannya memungkinkan untuk menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak. pada masa seni rupa modern masing-masing karya ditandatangani dan diberi nomor untuk menandai bahwa karya tersebut adalah edisi terbatas. menciptakan karya seni orisinil yang unik. batu digunakan untuk litografi. Karya-karya yang dicetak dari sebuah plat menciptakan sebuah edisi. papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Tiap salinan karya tersebut dikenal dengan nama 'impression'. Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil. di sisi lain.2 . yang diberi nama matrix. Kecuali pada teknik Monotype. SENI GRAFIS dan DESAIN Seni grafis adalah salah satu cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni grafis ini. biasanya seni grafis dibuat dengan media kertas.

SENI KRIYA .3.

dan grafika (seni cetak mencetak).mpokan seni rupa secara garis besar maksudnya mengelompokkan seni rupa secara umum. teknik mematung terus mengalami perkembangan. seni reklame. Seni Lukis Seni lukis adalah salah satu seni rupa berwujud dua dimensi. seni ilustrasi. setelahnya. walaupun awalnya goresan-goresan itu dibuat untuk ritual. sebelumnya kita juga sudah membahas tentang Pengertian Seni Audio Visual dan Audiovisual jugaPembagian besar sebagai Seni. seni arsitektur. Kelompok seni mudrni ini terdiri atas seni lukis juga seni patung. serta realistis. B. Seni ini termasuk seni rupa sudah berumur tua. Sampai sekarang. Seni Murni (Fine Art/Pure Art) Seni murni adalah bentuk seni rupa diciptakan secara lebih mengutamakan unsur ekspresi jiwa pembuatnya (seniman) tanpa mencampuradukannya dengan fungsi maupun kegunaan tertentu. Seni Pakai (Applied Art) Seni pakai biasa disebut seni terapan merupakan karya seni rupa yang mengutamakan fungsi tertentu. Patung-patung itu ada terbuat dari kayu juga bongkahan batu. Kebebasan berekspresi sangat penting dalam berkarya seni murni. seni kerajinan/kriya. Seni terapan itu diantaranya seni dekorasi. keramik. pembagiannya kita bahas lain waktu. naturalis. Pada awalnya patung-patung tersebut untuk ritual pemujaan. Seni Patung Seni patung adalah bentuk seni rupa tiga dimensi. terbukti adanya goresan-goresan di dinding gua sudah ada sejak zaman prasejarah. seni lukis berkembang dengan munculnya macam-macam aliran seperti kubisme. tidak melepas aspek estetis. Tujuan seni murni diciptakan khusus untuk dinikmati segi estetik serta artistiknya. Seni patung sudah berumur tua. . adapun pengelompokan senirupa secara garis berikut: A. seni batik.