Diah Maya Anggraeni Ricko Refanda (04) (05) (14) (31) .Nita Andawati (02) Tiara Vista Ramadhani Ummi Robbaniyah M.

.

.

Intensitas cahaya menunjukkan pengaruh primernya terhadap fotosintesis dan pengaruh sekundernya pada morfogenetika pada intensitas rendah. Salah satu faktor eksternalnya adalah intensitas cahaya. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan terdapat faktor eksternal dan internal yang mempengaruhinya. Bagaimana pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan biji kacang hijau ? Pertumbuhan biji kacang hijau yang ditempatkan di tempat yang gelap lebih cepat dibandingkan yang ditempatkan di tempat yang terang. Cahaya dibutuhkan dalam pembentukan zat warna hijau dan kualitas produksi pertumbuhan tanaman tersebut. .Mengetahui pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan biji kacang hijau.

Intensitas cahaya Pertumbuhan biji kacang hijau o Jenis biji kacang hijau o Volume air o Jenis kapas .

• Gelas plastik • Penggaris • Benang • ATK • Kertas milimeter • Biji kacang hijau • Kapas • Air .

dan C.1. Lalu meletakkan kapas basah di dasar gelas plastik. 2. B. Merendam kacang hijau dalam air selama ½ hari untuk menentukan kacang dengan kualitas baik dan buruk. Menyiapkan alat dan bahan. Memberi nama pada gelas A. 4. 3. Menyiapkan 3 gelas plastik setelah biji kacang hijau selesai direndam dan dipilih biji yang berkualitas baik. .

dan meletakkan gelas C di tempat yang intensitas cahayanya rendah. Mengamati pertumbuhan biji kacang hijau selama 5 hari. 9. Meletakkan gelas A di tempat yang intensitas cahayanya tinggi. 8. Memasukkan 5 biji kacang hijau dalam masingmasing gelas. Meletakkan gelas B di tempat yang intensitas cahanya sedang. Menyiramkan 3 tutup botol air ke kapas pada masing-masing gelas.5. 6. Menyirami tanaman kacang hijau 2 hari sekali. . 7.

.

Perangkat percobaan GELAS A Tinggi Tanaman Jumlah 1 2 3 4 5 RataKeterangan rata 1. 2. GELAS C . GELAS B 3.No.

Dari percobaan di atas dapat dimbil suatu kesimpulan bahwa : .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful