File Ekstensi

Ekstensi file berfungsi untuk mengetahui atau membedakan jenis suatu file. Ekstensi file biasanya terdiri dari 3 huruf tetapi juga terdapat ekstensi yang hanya terdiri dari 2 ataupun 4 huruf. Ekstensi file terletak pada tiga huruf terakhir sesudah titik. Untuk mengetahui/menampilkan ekstensi dari suatu file caranya adalah sebagai berikut (Untuk Windows XP) : 1. Buka Windows Explorer anda 2. Pilih Tools -> Folder Options 3. Masuk ke Tab View 4. Hilangkan centang yang ada pada “Hide extensions for known file types” 5. Apply -> OK Berikut adalah beberapa ekstensi suatu file yang sering kita temui beserta penjelasan : EXE = File aplikasi (executable) Hanya bisa dibuka di sistem operasi windows DOC = File Dokumen Dapat dibuka dengan MS Word GIF = File Gambar/Animasi Dapat dibuka dengan semua aplikasi untuk edit gambar seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint, ACDSee, Ulead Gif Animator dan lain2. JPG/JPEG/BMP = File Gambar Dapat dibuka dengan semua aplikasi untuk edit gambar seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint, ACDSee dan lain2 ICO = File untuk Icon Gambar Dapat dibuka dengan semua aplikasi untuk edit gambar icon. PSD = File Image, File Photoshop Dapat dibuka dengan aplikasi Adobe PhotoShop. MP3 = File Audio Dapat dibuka dengan aplikasi audio seperti Winamp, Windows Media Player atau yang lainnya. WAV = File Audio Dapat dibuka dengan aplikasi audio seperti Winamp, Windows Media Player atau yang lainnya. MPG/MPEG = File Video Dapat dibuka dengan aplikasi video seperti Windows Media Player atau yang lainnya. AVI = File Video (Biasanya digunakan untuk format DVD) Dapat dibuka dengan aplikasi video seperti CyberLink PowerDVD atau yang lainnya.

TXT = File Teks Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Notepad. Wordpad atau yang lainnya RAR/ZIP = File Kompresi Dapat dibuka dengan aplikasi seperti WinZip atau WinRar.FLV = File Flash Video Dapat dibuka dengan aplikasi video flash seperti Total Video Player. TTF = File Font Dapat dibuka dengan aplikasi Font Viewer. BAT = File Batch Sebuah file text yang berisi beberapa perintah yang secara segaja untuk di eksekusi oleh command prompt. FLV Player atau yang lainnya. . Mozilla Firefox atau yang lainnya. Wordpad atau yang lainnya. REG = File Registry Dapat dibuka dengan aplikasi Regedit atau Notepad juga bisa. Dapat dibuka dengan aplikasi Notepad. HTM/HTML/SHTML = File Internet Document Dapat dibuka dengan Netscape Navigator. ASM = Source Code Pemrograman Assembly Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Notepad. PDF = File Dokumen dari Adobe Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Adobe Acrobat Reader. LOG = File Log Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Notepad. CDR = File Corel Draw Dapat dibuka dengan Corel Draw. MS Internet Explorer. Wordpad atau yang lainnya.

Itulah yang dinamakan ekstensi file. untuk mengedit gunakan sembarang teks editor Font Viewer Sembarang teks editor WinZip.Folder Options. seperti MS Word. Gif Construction Set. Fungsinya adalah untuk mengetahui atau membedakan jenis file. WordPad. pada bagian MS-DOS name pasti ada tulisan tiga huruf sesudah titik. seperti PhotoShop. MS Internet Explorer. Notepad. PhotoPaint. Paint. NeoPlanet Sembarang image editor. Paint. html. lalu pilih menu View . dll Corel Draw MS Word Merupakan file aplikasi Font Viewer Netscape Navigator. Microangelo Sembarang image editor. Sedangkan untuk membuat animasinya gunakan Ulead Gif Animator. NotePad. dll. Untuk mengetahui ekstensi file lainnya Anda bisa membuka Windows Explorer. Di sana terdapat puluhan dan mungkin ratusan ekstensi file. PhotoPaint. yang kami tuliskan di sini adalah beberapa jenis file yang paling umum. Semakin banyak Anda menginstall aplikasi maka daftar ekstensi file yang ada akan semakin panjang. Pindah ke tab Files Types. shtml gif Docoument MS Word Aplikasi File font Internet Document Image. Edit (pd DOS prompt) Sembarang image editor. Sembarang teks editor WinAmp Sembarang teks editor Adobe Acrobat Reader Image File registry File font Teks File kompresi Adobe PhotoShop Regedit.Mengenal ekstensi file Saat Anda mengklik kanan pad file dan memilih Properties. animasi Jenis Aplikasi yang digunakan Source code pemrograman Assembly Sembarang teks editor. Di antara beberapa ekstensi file itu adalah sebagai Ekstensi asm bat bmp cdr doc exe fon htm. seperti PhotoShop. WinRar ico jpg/jpeg log mp3 pas pdf psd reg ttf txt zip File icon Image File log Audio Source code bahasa pemrograman Pascal/Delphi . Wordpad Teks image MS Word. Nah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful