P. 1
Ukhuwah Islamiyah

Ukhuwah Islamiyah

|Views: 14|Likes:
Published by Ruma Slalu

More info:

Published by: Ruma Slalu on Sep 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/11/2012

pdf

text

original

UKHUWAH ISLAMIYAH

Disampaikan oleh: Al-faqir Ilallah

Budaya. 3. Struktur. Anggota. Rekrutment. 6.  Kenyataannya islam terpecah dalam beberapa golongan. Misi. 7.Dasar Berfikir  Islam awalnya adalah satu. 5. 9. 4. seperti yang dicontohkan oleh Rasul dan sahabat. Sejarah berdiri Visi. 8. Masing2 mempunyai:        NU Muhammadiyah HT JT Ikhwanul Muslimin Salaf dll 1. 2. Program. dll .

UKHUWAH TIDAK TERJALIN  SKI TERPECAH BELAH. Tidak jarang.  Tujuan Pembahasan:   Tidak memahami nilai penting Ukhuwah islamiyah. Tidak mengetahui bagaimana metode/ cara membangun ukhuwah isamiyah dengan adanya perbedaan golongan.  Golongan-golongan tersebut juga mempunyai pengaruh di SKI-SMADA. Memahami nilai penting ukhuwah islamiyah Memahami metode/ cara membangun ukhuwah islamiyah khususnya di SKI SMADA yang terdiri dari berbeda golongan. SKI SMADA Programnya tidak berjalan dengan baik. Dampak:      Sebab:   Muncul banyak perbedaan pemikiran di SKI. seakan menjadi musuh besar melebihi orang kafir. Saling membenci. . saling mengopinikan/ memberi stigma negatif.

 Pengertian Ukhuwah Islamiyah.GAMBARAN PEMBAHASAN  Pengantar (DB – Gambaran Pembahasan). .  Nilai penting Ukhuwah Islamiyah.  Metode/ cara membangun ukhuwah islamiyah.  Penutup.

Pengertian Ukhuwah Islamiyah  Etimologi    Terminologi Berasal dari kata arab “Akhun” = Suadara. dan “Islam” = tunduk. Nilainya  dunia dan akherat. Daya ikatnya  lebih kuat dari ikatan sedarah. patuh. berserah diri terhadap dari Allah. Motifnya  karena iman.  . Kesimpulan  “Persaudaraan antar sesama muslim”  Perbedaan dengan Persaudaraan yang selainnya:   Persaudaraan antar sesama muslim atas dasar akidah/ nilai-nilai islam. karena mengikat seseorang dari berbagai golongan atas dasar iman.

.” (HR. 3:103 “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah.Nilai penting Ukhuwah Islamiyah  Merupakan perintah Allah & Rasulnya   Hadits ‫ال َ تَدخلُْىَ الجٌة حتى تؤهٌْا ّال َ تؤهٌْا حتى تَحبثُّْا أَّال َ أَدلُّكُن علَى شيء إِذَا فعلتوٍْ تَحبثَجتن أَفْشْا السالَم ثَيٌكُن‬ ٍ ْ َ َ ْ ُ َ ْ َ َّ َ َ ْ ْ ُْ َ ُ ُ َُْ َ َّ َ َّ َ َ َّ َ ْ ُ ْ ُ ُِ ُْ َ ُِ ُْ ‫ْ َة‬ ٌ ‫إًَِّوب الوؤهٌْىَ إِخو‬ ُِ ْ ُ ْ َ “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara…. .” QS. lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai ? Sebarkanlah salam diantara kalian.  QS. QS. lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu. maka Allah mempersatukan hatimu. Muslim). orang-orang yang bersaudara. agar kamu mendapat petunjuk”. dan kamu telah berada di tepi jurang neraka. Al Hujuraat [49]:10 “Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman dan tidak akan sempurna iman kalian sampai kalian saling mencintai. dan janganlah kamu bercerai berai. dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan.

Bukhari dan Muslim). Merupakan hubungan yang kekal sampai akherat/ Surga (QS. Bagi SKI SMADA:      SKI jadi bersatu untuk mewujudkan tujuan bersama. Program berjalan dengan lancar. Menjadi suri tauladan bagi adik-adik dan selainnya. Dari Anas bin Malik radliyallahu „anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam bersabda: َ‫ال َ يؤهي أَحدكُن حتى يحت ألَخيَ هب يحِتُّ لٌِفس‬ ِ ِ ْ َ َّ ِ ُ َّ َ ْ ُ َ ُ ِ ْ ُ ُ َ ِ ِ “Tidak sempurna keimanan salah seorang dari kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya. SKI menjadi tambah maju.     Syarat sempurnanya iman.” (HR. . “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa”.Az-Zukhruf(43):67). Timbul rasa kasih sayang dan tolong menolong sesama muslim. Menguatkan Persatuan islam  islam menjadi kuat  Islam maju  Ajaran rahmatan lil a‟lamiin. Islam menjadi ajaran rahmatan lil a‟lamiin di SMADA (dapat mewarnai).

Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai ? Sebarkanlah salam diantara kalian. Saling mengenal sesama. Mengembalikan ke tujuan bersama di SKI. Jika ada konflik karena perbedaan pandangan  didamaikan (QS. 49:10). saling salam.” (HR.  dan tidak akan sempurna iman kalian sampai kalian saling mencintai.     “Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman  Menjaga silaturrahmi. Didiskusikan dengan guru pembina/ guru agama islam. . Muslim).Metode/ cara membangun ukhuwah islamiyah   ٍْ‫ال َ تَدخلُْىَ الجٌة حتى تؤهٌْا ّال َ تؤهٌْا حتى تَحبثُّْا أَّال َ أَدلُّكُن علَى شيء إِذَا فعلتو‬ ٍ ْ َ َ ْ َ َ ُ ُ َُْ َ ُ ْ َّ َ َّ َ َ َّ َ ْ ُِ ُْ َ ُِ ُْ َ‫ُتَحبثَجتن أ‬ ْ ‫َ ْ ُ ْ فشْا السالَم ثَيٌكُن‬ ْ َ ْ َ َّ ُ Menyamakan tujuan di SKI SMADA. Dialog terbuka Didiskusikan bersama.

sekalipun mereka dalam kesusahan. atas diri mereka sendiri. dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin). mereka (Anshor) 'mencintai' orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya.  Menghindari asshobiyah kelompok dengan cara terbuka dalam dialog dan pemikiran.” (QS.membantu saudara yang lain ‫ّالَّريي تَجَْءّا الداز ّاْليوبىَ هي قجلِِن يحجُّْىَ هي ُبجس إِلَيِن‬ ِ ُ ْ ِ َْ ْ ِ َ ِ ْ َ َ َّ َ ِ َ ْ ِ ْ َ َ َ ْ َ ُ َّ ‫ّال يَجِدّىَ فِي صدّزُن حبجة هوب أّتْا ّيؤثِسّىَ علَى‬ َ َ ُ ُ ْ ُ َ ُ ُ َّ ِ ً َ َ ْ ِ ِ ُ ُ ُ َ ِ ِ ْ َّ ُ َ ُ ْ َ َ ٌ َ َ َ ْ ِ َ ْ َ ْ ِ ِ ُ ْ ‫أًَفسِن ّلَْ كبىَ ثِِن خصبصة ّهي يْق شح ًَفسَ فأّلَئِك‬ َ َ‫ُن الوفلِحْى‬ ُ ْ ُ ْ ُ ُ  Saling “Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin). Al Hasyr [59]: 9). . Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin). mereka itulah orang orang yang beruntung.

Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang (QS.Muttafaq Alaihi). Hati-hatilah terhadap prasangka. Menghindari  saling suudzan & Ghibah. Sesungguhnya prasangka adalah omongan paling dusta." (HR.  ‫يَب أَيُِّب الَّريي آهٌْا اجتٌِجْا كثِيسا هي الظَّي إِى ثَعض الظَّي إِثن‬ َ ْ َّ ِّ َ ِ ً َ ُ َ ْ َ ٌ ْ ِّ َُ َ ِ ‫ّال تَجسسْا ّال يَغتت ثَعضكُن ثَعضب أَيحت أَحدكُن أَى يَأكل‬ َ ُ ْ ْ ْ ُ َ ُّ ِ ُ ً ْ ْ ُ ْ ْ َ ْ َ َ ُ َّ َ ‫لَحن أَخيَ هيتب فكسُتوٍْ ّاتَّقْا اللََّ إِى اللََّ تَْاة زحين‬ َّ َ ُ َ ُ ُ ُ ْ ِ َ َ ًَْ ِ ِ َ ْ ٌ ِ َ ٌ َّ َ Hai orang-orang yang beriman. jauhilah kebanyakan dari prasangka. Bukhari) . sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. (HR. sebab prasangka buruk adalah ucapan yang paling bohong. Dan bertakwalah kepada Allah. Al-hujurat (49):12) Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Jauhkanlah dirimu dari prasangka buruk.

2:191. 217) Cara menghindarinya (QS. 49:6-8)  Tabayyun    Tidak langsung percaya berita. Jika ada informasi selalu meminta bukti/ kritis. . Menghindari dari segala bentuk fitnah: “Fitnah lebih kejam dari pembunuhan” (QS. tapi mengkrosceknya/ membuktikannya. Tidak mudah menginformasikan sesuatu yang belum jelas buktinya  setiap informasi akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah.

 Mewujudkan ukhuwah islamiyah dengan metode yang benar.  Motivasi: “Saat kita berbeda pandangan. kita harus tetap ingat bahwa kita adalah SAUDARA. . tapi membesarkan islam dan membesarkan SKI SMADA”. SAUDARA karena IMAN dan ISLAM dan tujuan kita adalah bukan membesarkan golongan.Penutup  Ukhuwah islamiyah sangat penting untuk dijaga terutama di SKI SMADA.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->